free page hit counter

Cara Menutup Kartu Kredit BNI Hasanah, Bantu Kontrol Finansial

Artikel diperbarui pada 10 Januari 2023.

Kartu kredit BNI Hasanah merupakan kartu untuk berbagai pembayaran dengan sistem tanpa bunga. Bentuk kartu tersebut berwarna gold dan berkonsep syariah. Namun, tidak sedikit yang mencari cara menutup kartu kredit BNI Hasanah karena berbagai alasan.

Penggunaan kartu kredit ketika belanja memang sangat memudahkan proses pembayaran. Akan tetapi, terlalu sering menggunakan kartu kredit akan membuat pemiliknya menjadi ketagihan untuk belanja dan akhirnya membuat tagihan kartu kredit menjadi sangat banyak.

Jika dirasa pemilik kartu kredit sudah tidak bisa membayar tagihan kartu tersebut, maka menutup kartu adalah solusinya. Berikut ini adalah informasi cara menutup kartu kredit BNI Hasanah secara lengkap antara lain:

Apa Itu Kartu Kredit BNI Hasanah?

Merupakan produk credit card yang dikeluarkan oleh BNI Syariah dimana konsep pembayaran dengan kartu kredit ini juga syariah. Bagi orang yang tidak mau bersinggungan dengan sistem bunga dalam bank bisa memilih kartu ini.

Hampir sama dengan kartu kredit dari banyak Bank lain, syarat untuk bisa mendaftar kartu kredit Hasanah ini adalah memiliki usia paling muda 21 tahun. Selain itu, pendaftar juga harus memiliki pendapatan paling tidak 3 juta.

Batas maksimal usia pendaftar kartu kredit Hasanah adalah 65 tahun.  Terkait berkas persyaratan yang harus dibawa saat mendaftar hampir sama seperti mendaftar kartu kredit lainnya, namun untuk lebih jelasnya ditanyakan terlebih dahulu kepada pihak BNI.

Fasilitas Dalam Kartu Kredit BNI Hasanah

Kartu kredit edisi Hasanah dari BNI juga memiliki banyak penawaran fasilitas yang akan didapatkan oleh siapapun yang menggunakannya. Berbagai fasilitas yang diberikan BNI Syariah kepada siapa saja yang menggunakan kartu kredit Hasanah antara lain:

1. Bisa Digunakan Di Seluruh Dunia

Salah satu fasilitas yang akan didapatkan oleh pengguna kartu kredit Hasanah adalah kartu bisa digunakan untuk pembayaran belanja yang dilakukan di luar negeri. Hal ini dikarenakan kartu kredit BNI Hasanah diterima untuk pembayaran luar negeri.

2. Terdapat Pelayanan Via Telepon Selama 24 Jam

Apabila ada pertanyaan ataupun masalah yang terjadi ketika penggunaan kartu ini, pemilik kartu kredit bisa menanyakannya kepada petugas BNI dari BNI Call. Fasilitas layanan telepon ini bahkan bisa dihubungi kapan saja selama 24 jam.

3. Ada Fasilitas Smart Bill Dan Smart Spending

Fasilitas Smart Bill juga akan didapatkan oleh pengguna. Smart Bill ini bisa dipakai untuk membayar tagihan rutin bulanan. Selain itu, ada juga fasilitas Smart Spending yang bisa merubah metode pembayaran belanja jadi cicilan dengan syarat.

4. Fasilitas E-Katalog Dan E-Billing

Pengguna kartu kredit Hasanah dari BNI akan memperoleh laporan setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu ini dari email pengguna. Selain itu, Setiap kali ada promo terbaru pengguna juga akan mengetahui perkembangannya melalui email.

5. Bisa Mengaktifkan Dan Mengganti PIN Dari SMS

Selain laporan dan promosi yang diterima dari email, ada juga fasilitas ganti PIN yang bisa dilakukan dari SMS. Dengan demikian, apabila pengguna akan mengganti PIN kartu kredit Hasanah ini bisa dilakukan dengan menggantinya dari SMS.

6. Fitur Transaksi Yang Bisa Dilakukan Dari ATM BNI

Menggunakan kartu kredit BNI Hasanah, pengguna juga bisa melakukan banyak transaksi sendiri di ATM BNI. Beberapa transaksi yang bisa dilakukan pakai kartu ini yaitu beli tiket perjalanan pesawat, beli pulsa, hingga bayar UKT untuk kampus.

Syarat Mengajukan Penutupan BNI Hasanah

Cara menutup kartu kredit BNI Hasanah tidak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa syarat yang harus dilakukan jika ingin menutup kartu kredit tersebut. Jika ada satu saja syarat tidak terpenuhi maka penutupan kartu belum bisa dilakukan.

Syarat penutupan kartu yang ditentukan oleh BNI bertujuan agar tidak ada proses tagihan yang masih berjalan setelah kartu ditutup, sehingga tidak ada pihak yang rugi. Adapun syarat sebelum menutup kartu kredit BNI Hasanah antara lain:

  • Pengguna kartu kredit harus membayar terlebih dahulu semua tagihan yang masih belum selesai yang menggunakan kartu kredit BNI Hasanah.
  • Pengguna harus memeriksa apakah mendapatkan reward dari BNI atau tidak, jika ternyata pengguna mendapatkannya maka harus memanfaatkan reward itu terlebih dahulu.
  • Pengguna harus menghubungi pihak Call Centre dari Bank BNI untuk melaporkan bahwa kartu kredit pengguna mau ditutup.
  • Semua tagihan yang dilakukan pakai kartu kredit BNI Hasanah harus dinonaktifkan terlebih dahulu agar tidak ada tagihan yang masih berjalan.
  • Pengguna harus mendatangi cabang BNI yang terdekat dari tempat tinggal pengguna dan melakukan semua proses penutupan kartu di kantor tersebut.
  • Jangan sampai pengguna lupa meminta bukti menutup kartu kredit yang telah dilakukan.
  • Syarat selanjutnya adalah gunting kartu agar rusak dan tidak bisa disalahgunakan.

Cara Menutup Kartu Kredit BNI Hasanah

Untuk menutup kartu kredit BNI Hasanah, pengguna harus melakukannya di cabang Bank BNI terdekat. Penutupan kartu kredit dilakukan secara langsung agar proses bisa dilakukan dengan efektif dan tidak memakan waktu yang lama.

Terkait langkah yang dilakukan ketika menutup kartu kredit BNI Hasanah, langkahnya tidak akan menyulitkan pengguna karena akan dibantu oleh pegawai. Berikut ini langkah cara menutup kartu BNI Hasanah antara lain:

  • Langkah awal dari cara ini pastilah dengan mendatangi cabang Bank BNI yang terdekat.
  • Jangan lupa untuk membawa bukti identitas sebagai warna Indonesia atau identitas sebagai pengguna kartu kredit BNI Hasanah, bisa menggunakan Ktp, SIM ataupun Paspor.
  • Ketika sudah berada di Bank BNI, ambillah nomor antrian dan tunggulah nomor pengguna dipanggil.
  • Ketika nomor antrian sudah mencapai nomor pengguna maka petugas akan memanggil dan memberitahukan pengguna harus duduk di mana. Datangilah petugas yang ditunjuk untuk melayani dan beritahukan bahwa pengguna akan menutup kartu kredit Hasanah.
  • Petugas akan memeriksa segala tagihan yang ada di kartu kredit pengguna, jika ternyata masih ada tagihan yang belum selesai pengguna akan diminta untuk melunasinya terlebih dahulu.
  • Jika segala tagihan sudah selesai, petugas akan melanjutkan proses penutupan kartu tersebut.
  • Tunggulah hingga petugas selesai. Petugas akan memberitahukan jika proses penutupan kartu telah selesai.
  • Kemudian petugas akan memberikan bukti penutupan kartu kredit Hasanah tersebut. Jika petugas tidak memberikannya, ingatkan petugas untuk memberikan surat bukti tersebut.
  • Setelah itu, guntinglah kartu hingga tidak bisa digunakan, dan proses pun selesai.

Demikian ulasan tentang kartu kredit BNI Hasanah serta cara menutup kartu kredit BNI Hasanah. Menutup kartu bukan berarti tidak bisa memiliki kartu kredit lagi. Pemilik bisa mencoba membuat kartu kredit baru dengan limit lebih kecil sedikit.

Dengan mengganti jenis kartu menjadi kartu kredit, maka belanja pun akan lebih terkontrol. Untuk pengajuan kartu kredit jenis lain dari BNI bisa dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada pihak Bank BNI.

Dalam proses pengajuan menutup kartu kredit, perlu dipastikan bahwa pemilik sudah siap untuk menutupnya. Selain itu, segala tagihan yang masih tertinggal perlu dibayar semuanya agar proses menutup kartu kredit bisa cepat dilakukan dan segera diferivikasi.

Artikel Lainnya Terkait Tips Bank BNI & BNI Syariah: