free page hit counter

Inilah Proses Penutupan Kartu Kredit BCA Online dan Syarat Pengajuannya!

Artikel diperbarui pada 9 Januari 2023.

Dalam penutupan kartu kredit BCA online terdapat syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan penutupan onlinenya. Mungkin sebagian orang lebih banyak memanfaatkan kartu kredit daripada debit. Karena menggunakan kartu kredit dinilai sangat mempermudah dan tidak merepotkan untuk selalu membawa-bawa uang cash.

Orang yang sering menggunakan pembayaran dengan kartu kredit tidak perlu lagi membawa uang cash dan takut uangnya akan dicopet. Apalagi kartu kredit memiliki limit yang besar, sehingga dapat digunakan untuk membeli barang dengan mudah. Tidak jarang pula terjadi beberapa masalah.

Penutupan kartu kredit selintas terlihat sangat mudah, namun ternyata tidak mudah. Banyak nasabah yang baru saja melakukan penutupan kartu kredit akan kesulitan. Nasabah harus memahami prosedurnya, adapun prosedur yang bisa dilakukan sebagai berikut!

Persyaratan Menutup Kartu Kredit BCA

Untuk dapat melakukan penutupan kartu kredit BCA online perlu terpenuhi terlebih dahulu syarat agar pengajuan dapat diterima. Syarat-syarat tersebut haruslah dipenuhi, sifatnya wajib agar pengajuan penutupan kartu kredit dapat diproses segera. Adapun persyaratannya yang perlu dipenuhi, sebagai berikut!

1. Lunasi Tagihan

Sebelum mengajukan penutupan kartu kredit BCA, baik online maupun offline harus melunasi terlebih dahulu tagihan yang ada. Sebagai pemilik kartu, haruslah sering-sering untuk mengecek tagihan yang tersisa kemudian untuk segera melunasinya. Jika semua tagihan tersebut belum dibayar, maka tidak bisa diterima.

Terdapat 2 jenis tagihan yang perlu dilunasi oleh pemilik kartu kredit agar pengajuan bisa diproses. Adapun jenis tagihan tersebut yakni tagihan transaksi dan iuran tahunan bila ada, maka dari itu perlu adanya pengecekan berkala. Lunasi tagihan tersebut di customer service.

2. Non-aktifkan Pembayaran Otomatis

Umumnya sebagian orang mengatur kartu kredit sebagai pembayaran otomatis untuk segala jenis tagihan. Tagihan yang lazimnya dibayar menggunakan kartu kredit, seperti BPJS, PDAM, kemudian tagihan listrik, dan sebagainya. Jika ingin menutup kartu kredit, ada baiknya untuk tidak mengaktifkan pembayaran otomatis dengan kartu kredit.

Terlebih dahulu setelah melunasi semua tagihan, kemudian non-aktifkan dahulu semua metode pembayaran otomatis yang menggunakan kartu kredit. Hal ini dilakukan agar tidak ada masalah yang timbul kedepannya. Nasabah bisa memindahkan pembayaran tersebut dengan kartu kredit lain, atau metode yang lain.

3. Simpan Bukti Tercetak

Jika telah melakukan proses penutupan kartu kredit BCA, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyimpan bukti yang tercetak. Penyimpanan bukti tercetak dari penutupan kartu kredit BCA tersebut diperlukan untuk berjaga-jaga.

Adanya bukti tercetak dari penonaktifan kartu tersebut akan menguatkan bahwa benar kartu telah dinonaktifkan. Apabila masih ditemukan transaksi menggunakan kartu kredit BCA yang telah dinonaktifkan tersebut, maka dapat mengajukan protes dengan membawa bukti tersebut.

4. Habiskan Semua Bonus

Sebelum mengajukan penutupan kartu kredit, yang perlu dilakukan yakni menghabiskan semua bonus. Bonus-bonus yang hanya bisa dinikmati oleh pemilik kartu, akan sangat disayangkan bila tidak digunakan sebelum ditutup. Ada banyak bonus yang diberikan, berupa potongan harga atau harga khusus apapun.

Jangan lupa bahwa pemilik perlu membayar reward yang digunakan, maka dari itu perlu ketelitian dalam menggunakan reward dari kartu kredit. Apabila semua bonus telah digunakan, dan tagihan reward telah dibayarkan, barulah bisa mengajukan untuk penutupan kartu kredit.

Penutupan Kartu Kredit BCA Secara Online Melalui Hallo BCA

Penutupan kartu kredit dapat dilakukan melalui layanan Hallo BCA, sebelumnya pastikan bahwa pulsa tersedia untuk melakukan panggilan. Sebelum itu, siapkan pula nomor kartu kredit BCA yang hendak ditutup. Jangan lupa pula untuk memeriksa kembali syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan.

Jika sudah dilakukan semuanya, ikutilah semua rangkaian cara berikut ini:

  • Pastikan sinyal tersedia, dan juga pulsa mencukupi kemudian hubungi layanan Hallo BCA.
  • Jika telah tersambung, tekan angka 1 untuk mengatur panggilan menggunakan bahasa Indonesia.
  • Kemudian tekan angka 2 untuk layanan kartu kredit.
  • Bila telah tersambung dengan customer service, selanjutnya sampaikan bahwa ingin melakukan penutupan kartu kredit.
  • Selanjutnya, customer service akan melakukan proses validasi data dengan meminta untuk menyebutkan nomor kartu kredit, identitas, kemudian alasan penutupan.
  • Tunggu untuk customer service melakukan pengecekan kartu kredit, apakah masih ada tagihan yang perlu dibayar atau tidak.
  • Tetaplah pada keinginan apabila pihak customer service membujuk agar tidak melakukan penutupan.
  • Customer service akan memproses permintaan penutupan. Dan akan diinformasikan bahwa pihak BCA akan melakukan konfirmasi ulang penutupan kartu BCA melalui panggilan telepon.
  • Setelah mendapat panggilan dari BCA, silahkan konfirmasi ulang bahwa benar-benar hendak menutup kartu kredit.
  • Dan proses telah selesai.

Tenang saja, pihak BCA tidak bisa menolak permohonan penutupan kartu kredit dan tidak dikenakan denda atau biaya penutupan. Apabila tagihan sudah dibayar dan tidak ada denda dari kartu kredit tersebut, pihak bank berhak menutupnya.

Penutupan Kartu Kredit BCA Secara Offline Lewat Bank BCA

Penutupan kartu kredit dapat dilakukan secara langsung dengan mendatangi bank pusat BCA atau bank BCA cabang. Tentu ada dokumen tertentu yang harus dibawa, yakni identitas dan kartu yang hendak ditutup.

Pastikan semua tagihan dan denda telah lunas. Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengajuan penutupan kartu kredit BCA:

  • Datangi bank BCA terdekat kemudian ambil nomor antrian untuk customer service.
  • Bila tiba nomor antrian dipanggil, temui customer service dan sampaikan tujuan untuk menutup kartu kredit.
  • Pihak customer service akan meminta kartu identitas, yakni KTP beserta kartu kredit untuk melakukan proses validasi data.
  • Petugas akan melakukan pengecekan apakah masih terdapat tagihan dan denda yang belum lunas.
  • Apabila tidak ada, petugas selanjutnya memberikan formulir kepada pengadu untuk penutupan kartu kredit.
  • Isi formulir tersebut dengan benar beserta tanda tangan dan nama terang.
  • Petugas akan segera melakukan penutupan kartu kredit, jangan lupa untuk meminta bukti cetak penutupan kartu kredit.
  • Proses akan berlangsung sekitar 3-14 hari setelah pengajuan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pihak bank tidak akan menolak pengajuan penutupan kartu kredit apabila terbukti tidak ada tagihan dan denda. Pihak bank juga tidak berhak untuk meminta uang pelayanan penutupan kartu kredit.

Penutupan kartu kredit BCA bisa terjadi karena beberapa alasan, mungkin karena biaya tahunan atau kartu sudah jarang digunakan. Karena walaupun tidak pernah digunakan, pemilik kartu harus membayar biaya tahunan. Atau mungkin terdapat alasan-alasan lainnya, sehingga pemilik memutuskan untuk menutup kartu.

Apabila masih ragu mengenai langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, silahkan untuk menghubungi call center BCA. Dan apabila pemrosesan penutupan kartu kredit lebih dari 14 hari, ajukan pertanyaan langsung menuju bank BCA. Untuk mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan proses penutupan CC.

Demikian pembahasan mengenai penutupan kartu kredit BCA online dan persyaratannya yang perlu dipenuhi agar pengajuan diproses. Ada berbagai alasan seseorang melakukan penutupan kartu kredit BCA, namun sebenarnya penggunaan kartu kredit yang benar akan menguntungkan penggunanya.