free page hit counter
cara mendaftar bni mobile banking lewat hp

Cara Mendaftar BNI Mobile Banking Lewat HP dan Fitur Unggulannya

Artikel diperbarui pada 22 Juli 2022.

Bertujuan untuk memberi layanan praktis dan mudah, bank BNI menawarkan fitur mobile banking bagi setiap nasabahnya. Salah satu kemudahan pertama yang perlu diketahui adalah cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP dengan lebih sederhana dan efisien.

Selain itu, nasabah juga perlu mengetahui berbagai syarat ketentuan untuk melakukan aktivasi layanan mobile banking. Penawaran fitur-fitur terbaik dari BNI Mobile Banking beserta keunggulan penggunaannya juga menjadi informasi alternatif yang vital untuk diketahui.

Syarat Ketentuan Daftar BNI Mobile Banking

Pengguna yang ingin menggunakan fitur layanan BNI Mobile Banking, maka perlu mengetahui informasi tentang syarat dan ketentuannya. Syarat dan ketentuan yang ada tidak berbeda jauh dengan peraturan yang diatur oleh beberapa bank di Indonesia, pengguna hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan dan persyaratan umum lainnya.

Syarat utama yang menjadi sebuah kewajiban yang harus diikuti adalah tentu pengguna merupakan nasabah aktif dari bank BNI. Untuk aktivasi BNI Mobile Banking, pengguna wajib memiliki rekening BNI, seperti BNI Taplus, BNI Taplus Anak dan lain-lain.

Syarat ketentuan untuk melengkapi cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP tidak sulit dan sederhana. Namun, pastikan pengguna wajib melengkapi syarat dan ketentuan tersebut dengan baik. Berikut syarat ketentuan memiliki BNI Mobile Banking:

  • Identitas diri.
  • Buku tabungan dan kartu debit BNI.
  • Kuota internet.
  • E-mail pribadi yang aktif.
  • Nomor HP pribadi aktif.

Cara Daftar BNI Mobile Banking dengan HP

Jika nasabah sudah memahami dan melengkapi persyaratan dan ketentuan wajib dari bank BNI. Maka selanjutnya adalah informasi cara daftar BNI Mobile Banking dengan menggunakan HP. Seperti halnya sesuai dengan namanya, BNI Mobile Banking hanya dapat digunakan untuk smartphone atau telepon genggam.

Maka dari itu, aspek penting yang harus dimiliki nasabah alah smartphone dengan koneksi internet yang stabil. Untuk lebih jelasnya, nasabah yang ingin melakukan proses aktivasi atau cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP dapat menyimak 5 langkah mudah berikut ini:

1. Unduh Aplikasi BNI M-Banking

Pertama, yang harus dipersiapkan adalah download dan install BNI Mobile Banking pada smartphone milik pengguna. BNI Mobile Banking sebagai aplikasi resmi untuk sistem operasi Android dan juga iOS. Maka dari itu, pengguna dapat mencari di Play Store dan App Store.

Pastikan pengguna memiliki jaringan internet yang baik dan stabil serta smartphone dengan spesifikasi mendukung agar dapat sukses untuk mengunduh aplikasi ini. Saat BNI Mobile Banking sudah terpasang di smartphone masing-masing, maka pengguna wajib mengikuti langkah selanjutnya.

2. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Langkah cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP berikutnya adalah melengkapi dokumen persyaratan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa pengguna yang ingin mendaftar atau aktivasi BNI Mobile Banking harus menyiapkan berbagai dokumen pribadi untuk kelengkapan persyaratan.

Dokumen-dokumen persyaratan tersebut terdiri dari NIK yang terdapat pada kartu identitas, alamat domisili, kode referral dan e-mail serta nomor telepon aktif. Data-data ini bersifat vital, maka dari itu pengguna wajib untuk melengkapi dengan sebenar-benarnya.

3. Masukkan Informasi Rekening dan Kartu Debit

Langkah berikut yang harus pengguna lakukan adalah memasukkan informasi rekening dan kartu debit BNI. Hal ini untuk mempercepat proses verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak BNI. Informasi-informasi rekening dan kartu debit BNI yang harus dimasukkan adalah sebagai berikut:

  • Nomor rekening tabungan BNI.
  • 8 angka terakhir nomor kartu debit BNI.
  • PIN kartu debit BNI.
  • Tanggal lahir pemegang rekening tabungan BNI.

4. Buat User ID dan Kata Sandi

Membuat User ID dan password atau kata sandi menjadi langkah cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP yang harus dilalui oleh pengguna. Kedua aspek ini sangat penting untuk pengguna mobile banking. Ketika membuat User ID dan password pastikan pengguna mempersiapkan kombinasi huruf dan angka yang mudah diingat.

Hal tersebut dapat bertujuan agar pengguna tidak lupa password yang mana akan berakibat pada pemblokiran penggunaan mobile banking. Pengguna wajib membuat password sebanyak 8-12 karakter yang di dalamnya harus terdapat perpaduan huruf dan angka.

5. Lakukan Proses Verifikasi

Jika sudah melengkapi dan menyimak langkah-langkah di atas. Maka langkah final yang dapat pengguna lakukan adalah melakukan proses verifikasi. Pada tahap ini, pengguna perlu memeriksa e-mail dan SMS pengguna, karena pihak BNI Mobile Banking akan mengirimkan kode OTP.

Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa pengguna perlu mendaftarkan e-mail dan nomor telepon aktif. Kode OTP yang dikirimkan akan menjadi modal untuk pengguna dapat sukses menggunakan aplikasi BNI Mobile Banking dan menikmati berbagai fitur serta layanan unggulannya.

Fitur Unggulan BNI Mobile Banking

Jika sudah mengetahui persyaratan dan cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP dengan baik dan sukses, maka selanjutnya pengguna perlu mengetahui berbagai fitur unggulan yang dapat menjadi pertimbangan pengguna. Terdapat 4 fitur unggulan dari BNI Mobile Banking, yaitu:

1. Login dengan Biometric

Fitur unggulan pertama adalah login mobile banking dengan menggunakan teknologi biometric. Fitur ini memudahkan pengguna dapat proses login, yang mana BNI Mobile Banking tidak hanya menggunakan User ID dan password. Tetapi juga secara otomatis dapat login dengan sidik jari.

Hal ini tentu sangat bermanfaat dari segi kemudahan dan keamanan. Maka dari itu, disarankan ketika pengguna mendaftarkan User ID dan password pada BNI Mobile Banking, daftarkan juga fitur biometric dengan pemindaian sidik jari.

2. BNI Chat 24 Jam

Fitur unggulan lainnya adalah BNI Chat yang dapat memungkinkan pengguna agar dapat mengakses layanan customer service 24 jam penuh. Sebelum pengguna menggunakan fitur ini, sebaiknya memasukkan nama, e-mail dan nomor telepon terlebih dahulu. Setelah itu, sistem akan menghubungkan dengan CS.

Pengguna dapat melakukan berbagai konsultasi seperti kehilangan kartu debit, konsultasi mengenai layanan bank BNI, konsultasi berhubungan dengan aplikasi dan lain-lain. Customer service akan selalu stand by untuk membantu pengguna.

3. Pengajuan Pinjaman Kredit

Pada BNI Mobile Banking terdapat fitur bernama Digital Loan, yang berfungsi untuk pengguna yang ingin mengajukan pinjaman Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Adanya fitur ini membuat pengguna tidak perlu datang ke cabang bank terdekat.

Limit pinjaman yang ditawarkan pun cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 500 juta. Maka dari itu, pengguna yang ingin meminjam uang kepada bank BNI tanpa harus repot datang ke bank, gunakan aplikasi BNI Mobile Banking di smartphone pengguna.

4. Auto Debit Life Goals

Fitur unggulan terakhir yang patut diketahui pengguna BNI Mobile Banking adalah Auto Debit Life Goals yang merupakan tabungan perencanaan masa depan. Fitur ini dapat membantu pengguna yang sedang merencanakan biaya pendidikan, asuransi, membeli barang elektronik hingga biaya liburan.

Auto Debit Life Goals menjadi fitur menarik sekaligus bermanfaat bagi pengguna yang hobi melakukan deposit atau pengguna yang ingin mengatur kehidupan masa depan. Pihak bank BNI akan secara otomatis memotong tabungan pengguna untuk dialokasikan ke tabungan perencanaan yang dipilih.

Kesimpulannya, cara mendaftar BNI Mobile Banking lewat HP sangat praktis dan efisien bagi pengguna yang tidak ingin repot datang ke cabang bank BNI atau ke mesin ATM. Pastikan pengguna melengkapi syarat ketentuan yang ada, sehingga dapat menikmati fitur-fitur terbaik BNI Mobile Banking.