free page hit counter
penutupan kartu kredit citibank

Penutupan Kartu Kredit Citibank: Online & Offline, Anti Ribet

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Bagi nasabah yang ingin berhenti memakai layanan Citibank, perlu beberapa cara menutup kartu kredit di Citibank dengan benar. Penutupan kartu kredit Citibank ini dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu lewat online dan offline.

Citibank menjadi salah satu bank dalam divisi konsumen dan jasa keuangan terbesar sedunia, yang berpusat di New York, AS. Kartu kredit Citibank memiliki banyak peminat dan mengundang perhatian masyarakat Indonesia, khususnya di perkotaan.

Penggunaan Citibank didorong oleh kelebihan yang ditawarkan kepada nasabah. Citibank memberi kemudahan dalam menggunakan layanan dan transaksi. Namun untuk beberapa alasan, para nasabah memutuskan berhenti berlangganan. Untuk cara dan langkah-langkah menghentikan layanan, simak berikut ini:

Tentang Penutupan Kartu Kredit Di Citibank

Bagi nasabah yang ingin menutup layanan kartu kredit Citibank, perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tagihan yang belum terlunasi. Nasabah yang pembukuan tagihannya belum dilunasi maka pihak Citibank berhak melakukan penagihan sesuai peraturan yang berlaku.

Jika pelunasan belum dilakukan, nasabah tidak bisa menutup kartu begitu saja. Namun jika seluruh kewajiban tagihan sudah lunas, dari pihak Citibank akan memberikan persetujuan penutupan kartu dengan tenggat waktu maksimal tiga hari kerja.

Namun jika terdapat saldo kredit pada saat dilakukan penutupan kartu, Citibank akan mengembalikan sisa saldo tersebut. Pengembalian saldo dilakukan pada rekening pemilik kartu Citibank atau bank lain yang disepakati jika tidak memiliki rekening di Citibank.

Di sisi lain, Citibank memiliki hak untuk tidak memperpanjang kartu nasabah yang habis waktu atau masih berlaku. Pemberhentian secara sepihak ini dilakukan atas pertimbangan dan kebijakan Citibank atas ketentuan dan peraturan perundangan yang ditetapkan.

Pemberhentian layanan kartu ini dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu lewat online dan offline. Pemberhentian secara offline dilakukan dengan mendatangi secara langsung KC Citibank untuk melakukan penutupan kartu kredit dengan membawa persyaratan.

Untuk cara online yaitu dengan memanfaatkan layanan yang membantu nasabah melalui transaksi lewat telepon. Layanan tersebut adalah Citiphone, yaitu layanan Call Center dari Citibank.

Syarat-syarat Melakukan Penutupan Kartu Kredit Di Citibank

Dalam melakukan penutupan kartu kredit Citibank, ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dilengkapi. Hal ini karena pada saat penutupan, baik secara online maupun offline, pihak Citibank akan melakukan verifikasi data nasabah. Untuk syarat-syaratnya sebagai berikut:

  • Buku tabungan nasabah
  • Kartu Identitas Diri, antara lain KTP, Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Paspor.
  • Credit card Citibank yang akan ditutup.
  • Uang untuk pembayaran tagihan (Permintaan pembayaran tagihan akan dilakukan jika masih ada tagihan di kartu kredit Citibank).

Pelanggan yang telah memiliki persyaratan tersebut maka pengajuan penghentian layanan kemungkinan akan cepat diterima. Apalagi jika melakukan penutupan secara offline yang mengharuskan datang ke kantor cabang Citibank terdekat.

Sebab itulah, nasabah yang ingin menutup kartu kredit Citibank untuk diproses dengan cepat, nasabah dapat mempersiapkan persyaratan dan dokumen terlebih dahulu. Jika persyaratan dipenuhi, pihak Citibank tidak membutuhkan waktu lama untuk menyetujui perjanjian.

Waktu Yang Tepat Untuk Penutupan Kartu Kredit

Penutupan kartu kredit dilakukan karena beberapa alasan tersendiri, namun penutupan kartu kredit juga dapat dilakukan karena alasan di luar teknis. Berikut ini beberapa waktu yang tepat saat ingin melakukan penutupan kartu kredit Citibank:

  • Pertama, penutupan kartu kredit ketika kartu kredit nasabah hilang. Kehilangan kartu kredit ini bisa karena di rampok atau nasabah secara tidak sengaja menghilangkannya di suatu tempat. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, maka lebih baik menutupnya.
  • Kedua, berlebihan dalam memakai kartu kredit. Ketagihan disini dimaksudkan dengan keinginan berbelanja barang dengan kartu kredit yang sebenarnya kurang penting. Hal ini merupakan bentuk konsumerisme yang dapat dihentikan dengan menutup salah satu kartu kredit.
  • Ketiga, jumlah tagihan yang mencapai jumlah minimum atau terlalu lama. Tagihan yang lama dibayar dapat membuat bunga semakin besar. Dengan tagihan yang banyak tersebut menandakan kondisi keuangan sedang tidak baik maka sebaiknya ditutup saja.

2 Cara Untuk Menutup Kartu Kredit Di Citibank

Karena beberapa alasan yang mengharuskan nasabah untuk melakukan pemberhentian layanan penggunaan kartu kredit di Citibank. Dalam melakukan penutupan kartu kredit tersebut, bisa dikatakan mudah dan sulit. Untuk prosesnya bisa melalui dua cara sebagai berikut:

1. Cara Menutup Kartu Kredit Di Citibank Melalui Cara Offline

Cara pertama yang bisa dilakukan dalam penutupan kartu kredit Citibank adalah melalui offline atau datang langsung ke kantor cabang Citibank. Pastikan sudah melengkapi syarat-syarat penutupan. Jika sudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Datanglah ke kantor cabang Citibank yang paling dekat dengan rumah sambil membawa persyaratan.
  • Setelah itu, ambillah nomor antrian dan tunggu sampai mendapat giliran.
  • Saat nomor tersebut dipanggil, datanglah ke bagian CS dan sampaikan maksud dan tujuan penutupan kartu kredit.
  • Lalu, pihak CS akan meminta persyaratan dokumen untuk keperluan pengecekan.
  • Saat pengecekan selesai, CS akan memberikan 9 tagihan yang harus dibayar terlebih dahulu.
  • Jika sudah terbayar, infokan kepada CS.
  • Selanjutnya nasabah akan  melengkapi data di formulir yang diberikan CS.
  • Setelah itu proses penutupan kartu akan dilakukan jadi nasabah harap tunggu sampai proses selesai.
  • Jika penutupan kartu kredit berhasil, nasabah akan mempunyai bukti penutupan kartu kredit, sedangkan kartu kredit yang sudah ditutup langsung dipotong untuk menghindari pemanfaatan yang merugikan.

2. Cara Menutup Kartu Kredit Di Citibank Lewat Online

Cara online ini bisa dilakukan nasabah jika tidak mempunyai cukup waktu untuk datang langsung ke kantor cabang Citibank. Layanan pemberhentian menggunakan Citiphone ini membantu nasabah melalui transaksi lewat telepon. Untuk cara-caranya, simak langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, hubungi Call Center Citiphone menggunakan nomor 1500335 atau 2529999.
  • Pilih bahasa yang dikehendaki.
  • Apabila panggilan tersebut berhasil tersambung dengan pihak customer service, sampaikanlah maksud dan tujuan tentang kartu kredit Citibank.
  • Nasabah bisa menyebutkan alasan yang kuat agar customer service bisa langsung memproses penutupan tersebut.
  • Setelah disetujui, nasabah akan diminta untuk melakukan verifikasi data nasabah.
  • Saat verifikasi diterima, CS akan memberikan info tentang tagihan yang harus dibayar.
  • Untuk lebih lanjut pada proses penutupan, klien harus melunasi sejumlah tagihan terlebih dahulu.
  • Proses berikutnya, jika sudah terlunasi, maka kartu kredit akan di blokir dan proses penutupan akan berlangsung dalam jangka waktu maksimal 20 hari.
  • Proses penutupan kartu kredit Citibank selesai, nasabah akan menerima bukti penutupan dan kartu kredit yang ditutup akan dipotong.

Demikian metode dan langkah-langkah yang harus diketahui saat penutupan kartu kredit Citibank. Penutupan ini memang sedikit sulit karena harus mematuhi berbagai persyaratan dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh kedua belah pihak.

Selain itu, penghentian atau pemblokiran layanan kartu kredit ini bisa saja dilakukan sepihak Citibank Indonesia sendiri. Hal ini dilakukan ketika nasabahnya menyalahi berbagai Syarat dan Ketentuan berlaku yang telah disepakati sebelumnya.

Meski harus melakukan beberapa prosedur dalam proses penutupan kartu kredit, dari dua cara tersebut bisa dipilih sesuai kemampuan dan ketersediaan. Selain kemudahan saat menggunakan layanan, pihak Citibank juga memberi kemudahan pemberhentian melalui dua layanan tersebut.