free page hit counter
aplikasi keuangan pribadi excel

10 Aplikasi Keuangan Pribadi Excel Paling Mudah Dipakai [Gratis Legal]

Artikel diperbarui pada 10 Agustus 2022.

Aplikasi keuangan pribadi dengan Excel memang memudahkan kamu untuk mengatur keluar-masuk pengeluaran. Dalam artikel ini, kamu bisa membaca rekomendasi aplikasi keuangan pribadi Excel yang paling mudah digunakan. Beberapa rekomendasi aplikasi tersebut antara lain WPS Office, Catatan Keuangan Harian, hingga Sribuu.

Mengatur keuangan pribadi sangat baik untuk dilakukan karena orang yang memiliki uang akan mengetahui catatan keuangan miliknya secara lengkap. Misalnya saldo, pengeluaran, pemasukan dan sebagainya. Cara mengatur uang bisa dilakukan menggunakan aplikasi sehingga lebih mudah dan praktis. Aplikasi keuangan pribadi Excel bisa menjadi pilihan untuk mencatat keuangan tersebut.

Dengan begitu, pemilik uang pun dapat mengatur supaya uang miliknya cukup digunakan bahkan bisa lebih untuk ditabung. Adanya catatan tersebut juga bermanfaat bagi yang ingin berhemat. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk mencatat dana pribadi yang direkomendasikan:

1. WPS Office – Aplikasi Keuangan Pribadi Excel Gratis Legal

Adapun aplikasi keuangan pribadi Excel yang pertama adalah WPS Office. Diketahui, aplikasi ini bisa digunakan di ponsel sehingga bisa dipakai kapan pun secara cepat. Selain itu, WPS Office juga bisa dipakai secara gratis dan juga legal.

Aplikasi ini mirip dengan Microsoft Office yang biasanya terpasang di komputer. WPS Office adalah versi lebih ringan, gratis dan bisa dipakai di smartphone. Di sini pengguna bisa menggunakan spreadsheet untuk mencatat keuangan pribadi. Bentuknya pun mirip Excel yang ada di Microsoft Excel.

Pengguna dapat membuat tabel sendiri sesuai dengan kebutuhan. Lalu, masukkan catatan apa saja di bagian kolom yang tersedia. Contohnya pemasukan bulan ini, rincian pengeluaran, tagihan yang harus dibayar, sisa saldo yang tidak dipakai dan lainnya. Pengguna juga tidak perlu menghitung secara manual, karena bentuknya spreadsheet sehingga bisa diatur secara otomatis.

2. Catatan Keuangan Harian – Aplikasi Keuangan Pribadi di-export Format Excel

Berikutnya, ada aplikasi Catatan Keuangan Harian yang dapat didownload melalui Play Store secara gratis. Sama seperti sebelumnya, pengguna dapat mencatat berbagai aktivitas keuangan sehari-hari milik pribadi. Selain itu, tampilannya pun cukup sederhana dan mudah dipakai oleh para penggunanya.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur unggulan yang bisa digunakan. Contohnya adalah pengeluaran harian, catatan pendapatan, laporan keuangan bulanan, selisih pendapatan, dan masih banyak lagi. Kemudian, catatan tersebut juga dapat disimpan dalam bentuk Excel dan bisa dilihat kembali lain waktu.

3. DompetKu: Catatan Keuangan & Hutang – Catat Keuangan Pribadi dengan Akun Google

Lebih lanjut, aplikasi keuangan pribadi Excel berikutnya adalah DompetKu. Di aplikasi ini pengguna dapat mencatat berbagai pengeluaran dan pemasukan harian sehingga lebih terkontrol. Lalu, jika pengguna memiliki hutang maka bisa pula mencatatnya di sini supaya mengetahui rinciannya secara jelas dan tidak lupa.

Untuk fitur-fitur yang ada di aplikasi ini contohnya adalah catatan keuangan, baik itu saldo, pengeluaran, tagihan dan lainnya. Lalu ada laporan keuangan yang disertai grafik sehingga pengguna dapat mengetahui hal apa saja yang paling banyak menghabiskan uang dan mana saja pengeluaran paling sedikit.

Kemudian, aplikasi DompetKu juga dilengkapi dengan keamanan sehingga pengguna tidak perlu khawatir catatan keuangannya dilihat oleh orang lain. Selain itu, data-data yang ada di sini pun dapat dicadangkan dan dipulihkan kembali menggunakan akun Google.

4. Mint – Catat Hutang dan Cicilan Jatuh Tempo

Bagi orang-orang yang memiliki cicilan sehingga harus membayar hutang tiap bulan atau tanggal tertentu maka dapat memanfaatkan aplikasi ini. Mint merupakan sebuah aplikasi pengingat apabila penggunanya memiliki tagihan yang akan jatuh tempo. Dengan begitu, pengguna dapat bersiap-siap dan terhindar keterlambatan tanggal bayar.

Lalu, ada pula fitur saran khusus yang diberikan kepada penggunanya. Dengan menggunakan fitur ini, Mint akan memberikan saran keuangan sehingga pengguna dapat mengontrol keuangan miliknya dengan lebih baik.

5. QuickBooks – Aplikasi Keuangan Pribadi Otomatis dengan Excel

Selanjutnya, ada aplikasi QuickBooks yang bisa digunakan oleh orang-orang dengan berbagai kesibukan sehingga tidak sempat  mengatur keuangan secara manual. Di sini, pengguna dapat menghubungkan rekening maupun kartu kredit sehingga akan muncul pengaturan secara otomatis. Pengguna akan dimudahkan karena dapat mengatur keuangannya menggunakan satu aplikasi saja.

6. AndroMoney – Aplikasi Smartphone untuk Catat Pemasukan & Pengeluaran

Berikutnya, aplikasi keuangan pribadi Excel yang bisa menjadi pilihan adalah AndroMoney. Aplikasi ini dapat digunakan menggunakan smartphone dengan mudah. Fiturnya pun cukup lengkap sehingga pengguna bisa mengelola keuangan miliknya serta dapat melacak data-data pengeluaran maupun pemasukan miliknya.

Kemudian, pengguna dapat menyimpan hasil catatan keuangan tersebut dan mengirimkannya kepada orang lain. Lalu, pengguna bisa pula mencetaknya menggunakan kertas supaya lebih jelas. AndroMoney memiliki penyimpanan berbasis cloud sehingga pengguna tidak perlu khawatir catatan yang sudah dibuat akan hilang. Dengan adanya penyimpanan tersebut, maka data bisa dicadangkan kembali.

Selain dapat digunakan sebagai pencatat dana pribadi, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencatat keuangan milik perusahaan. Karena menggunakan smartphone maka penggunaannya pun lebih praktis.

7. Money Lover – Aplikasi Catatan Keuangan Lengkap

Diketahui, Money Lover adalah aplikasi untuk mencatat keuangan pribadi selanjutnya. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin memiliki catatan keuangan secara lengkap. Selain pemasukan dan pengeluaran, pengguna juga dapat mencatat adanya tagihan tertentu. Lalu, aplikasi ini dilengkapi dengan notifikasi otomatis sehingga lebih memudahkan penggunanya.

Pengguna dapat menyimpan catatan yang sudah dibuat secara online menggunakan Dropbox. Kemudian, catatan tersebut juga dapat dicetak menggunakan kertas. Namun, jika ingin mencetaknya maka pengguna perlu menginstal software lain sebagai bantuan.

8. Expense Manager – Aplikasi Sederhana untuk Catat Anggaran

Lalu, aplikasi yang direkomendasikan lainnya adalah Expense Manager. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Meskipun sederhana, future tersebut cukup lengkap untuk mencatat keuangan milik pribadi. Dengan catatan tersebut, pengguna bisa mengelola anggaran miliknya dengan lebih baik.

Di aplikasi Expense Manager, pengguna bisa menyimpan hasil perhitungan dana pribadinya menggunakan cloud secara online yaitu Google Drive dan Dropbox. Dengan begitu, catatan pun tidak akan hilang dan dapat diakses kembali kapan saja saat dibutuhkan.

9. 1Money – Aplikasi Atur Keuangan Lengkap secara Online

Adapun aplikasi keuangan pribadi Excel berikutnya yaitu 1Money. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, di sini pengguna bisa memasukkan catatan keuangan miliknya mulai dari pemasukan, pengeluaran, saldo, catatan hutang piutang, tabungan dan masih banyak lagi. Pengguna dapat membuat catatan tambahan sewaktu-waktu kapan saja.

Lalu, penggunaannya pun tidak sulit. Aplikasi ini juga mendukung penyimpanan cloud secara online sehingga catatan tidak mudah hilang. Ada pula informasi berbentuk grafik sehingga pengguna tidak bosan dan dapat mengetahui anggaran dana pribadinya digunakan untuk apa saja. Catatan tersebut akan membantu pengguna untuk mengelola keuangan miliknya dengan mudah.

10. Sribuu: Aplikasi Atur Keuangan – Aplikasi Keuangan Pribadi Excel dengan Analisis Laporan

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan adalah Sribuu. Di sini pengguna bisa mengecek aktivitas pengeluaran maupun pemasukan secara otomatis yang ada di bank, maupun dompet digital. Lalu, pengguna bisa mengatur keuangan miliknya sehingga tidak digunakan untuk hal-hal yang kurang penting.

Ada pula analisis laporan keuangan pribadi sehingga mengurangi pemborosan. Pengguna juga bisa mendapatkan tips-tips untuk mengatur keuangannya supaya dapat dikelola dengan baik. Dengan menggunakan catatan keuangan Sribuu, pengguna tidak perlu bingung kemana perginya uang miliknya. Lalu, catatan ini juga membantu pengguna untuk rajin menabung.

Penutup

Demikianlah beberapa aplikasi keuangan pribadi Excel yang dapat dipilih oleh pengguna. Manfaat penggunaan aplikasi tersebut adalah pengguna dapat mengelola dan mengatur anggaran belanja baik itu harian maupun bulanan sehingga lebih hemat. Dengan memiliki catatan keuangan, pengguna dapat mengalokasikan dana secara tepat sesuai prioritasnya masing-masing.

Aplikasi Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: