free page hit counter
aplikasi keuangan pc offline

11 Aplikasi Keuangan PC Offline Gratis Untuk Pelaku Usaha

Artikel diperbarui pada 11 Agustus 2022.

Aplikasi keuangan PC offline gratis untuk Windows berfungsi untuk melancarkan proses pencatatan keuangan suatu bisnis. Dengan menggunakan aplikasi keuangan gratis, kamu bisa menekan pengeluaran untuk membeli lisensi aplikasi atau membayar subscription aplikasi tersebut. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi keuangan untuk PC Windows yang bisa digunakan secara gratis tanpa perlu koneksi internet.

Aplikasi keuangan pc offline sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha untuk mencatat berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan keuangan. Perhitungan keuangan atau kas adalah kegiatan yang akan selalu ada dalam dunia bisnis. Seiring berkembang teknologi pencatatan keuangan tidak harus dilakukan secara manual.

Saat ini pencatatan keuangan atau kas bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau PC. Dengan perkembangan bisnis yang cukup pesat maka elemen yang harus dihitung juga akan bertambah banyak. Aplikasi keuangan bisa digunakan untuk menghitung gaji karyawan, tagihan-tagihan. Sewa dan lain sebagainya. Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan di PC atau komputer:

1. Manager – Aplikasi Keuangan Offline Open Source Gratis untuk PC Windows

Manager merupakan aplikasi keuangan pc offline yang bisa digunakan oleh para pebisnis. Aplikasi ini adalah software open source yang bisa diunduh dengan gratis di pc. Aplikasi Manager sudah terbukti resmi atau legal dan tidak memerlukan bantuan cracker yang sering berisi virus yang berbahaya.

Pada aplikasi Manager terdapat banyak fitur yang bisa digunakan oleh penggunanya. Namun UInya sangat dasar dan cocok dipakai oleh pengusaha yang telah mahir dan sering memakai HTML. Pada aplikasi ini juga ada layanan cloud berlangganan untuk dapat melindungi data selain penyimpanan pada komputer atau PC kantor.

2. SlickPie – Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Gratis

Aplikasi Slickpie dapat dinikmati penggunanya secara gratis. Layanan gratisnya seperti pembuatan invoice yang tidak ada batasnya dan email yang mendukung membuat usaha lebih professional. Pada aplikasi SlickPie satu akun bisa untuk membuat 10 laporan perusahaan yang berbeda-beda. Aplikasi ini juga bisa disinkronkan dengan berbagai dompet digital misalnya Stripe dan Paypal.

SlickPie juga memiliki kekurangan. Pada SlickPie gratis tidak disediakan laporan keuangan yang penting bagi perusahaan. Entah itu laporan keuangan besar atau kecil. Untuk bisa memakai layanan tersebut maka pengguna harus mengupgrade nya dengan layanan yang berbayar.

3. Akaunting – Aplikasi Keuangan Windows PC Offline dengan Fitur Sederhana

Tidak kalah populer dengan aplikasi keuangan pc offline lainnya, aplikasi akaunting selalu masuk dalam halaman pertama pada pencarian. Akaunting dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mengelola keuangan tanpa mengeluarkan biaya sepersen pun. Akaunting memiliki fitur dasar yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan manajemen tagihan, pembukuan, dan juga invoice.

Namun ada beberapa fitur yang hanya bisa dibuka dengan cara berlangganan. Fitur tersebut yaitu fitur pembayaran online pelanggan. Jika penggunaan fitur pembayaran online tidak terlalu dibutuhkan maka pengguna bisa mengunduh dan menikmati fitur gratis aplikasi ini.

4. ZipBooks – Aplikasi Keuangan Terintegrasi Pembayaran dan Akuntansi

ZipBooks termasuk dalam aplikasi keuangan PC offline yang menyediakan fitur yang lengkap dan juga gratis. Pelaku bisnis kecil pasti akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ZipBooks ini. Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu pengusaha mengatur keuangan atau akuntansi perusahaan, mengatur invoice, dan menerima pembayaran. Pembayaran yang bisa dilakukan pada aplikasi ini yaitu melalui kartu kredit dan Paypal.

Meskipun terbilang cukup lengkap fiturnya akan tetapi pada versi gratis fitur yang bisa dipakai tetap terbatas. Terdapat berbagai fitur yang tidak dapat dipakai tanpa berlangganan. Seluruh data keuangan akan tersimpan di Cloud.

5. Paper.id – Aplikasi Keuangan Digital dengan Fitur Kelola Kwitansi dan Stok

Aplikasi keuangan pc offline yang satu ini merupakan pelopor aplikasi atau software keuangan yang berfokus pada pengiriman invoice digital. Aplikasi ini juga memudahkan pembuatan laporan keuangan, pengelolaan kwitansi dan juga stok. Sampai saat ini sudah ada 25.000 pebisnis yang telah bergabung dengan paper.id.

Aplikasi Paper. Id menawarkan pelatihan secara langsung. Selain itu Paper. Id juga basisnya di Indonesia. Berbagai fitur yang disediakan Paper.id bisa dinikmati secara gratis. Dengan banyaknya pengguna aplikasi ini maka sudah tidak diragukan lagi kualitas dan peranannya dalam melakukan pencatatan keuangan.

6. Quicken – Aplikasi Unggulan Menggantikan Buku Kas Jadul

Quicken adalah aplikasi yang recomended untuk mengatur keuangan secara offline. Aplikasi Quicken unggul sebagai aplikasi yang membantu pengelolaan keuangan yang menggantikan buku kas. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun laporan keuangan.

Laporan yang bisa dikerjakan pada aplikasi ini yaitu laporan investasi, anggaran, perbankan dan lain sebagainya. Fitur yang sering digunakan yaitu fitur anggaran untuk bisa tahu jumlah pembelian dan pendapatan. Selain itu fitur tagihan juga tidak kalah sering digunakan untuk mengetahui biaya apa yang harus dibayar serta jumlah sisa uang yang ada.

7. GnuCash – Aplikasi Pencatat Keuangan Bisnis untuk Windows, Linux, & Mac

Aplikasi keuangan pc offline ini sangat kompatibel untuk dipakai dalam Linux, Mac dan Windows. Aplikasi ini diciptakan untuk melakukan kegiatan dasar akuntansi. Kegiatan dasar akuntansinya meliputi pelacakan rekening, melacak pendapatan dan pengeluaran, serta mengetahui pergerakan harga saham.

Pengguna aplikasi GnuCash dapat memantau perkembangan dimana saja asal ada PC. Selain bisa digunakan pada PC aplikasi ini juga bisa terhubung pada smartphone android. GnuCash memang berfokus pada pengembangan bisnis UMKM jadi sangat cocok digunakan oleh pelaku usaha yang sedang merintis usahanya.

8. Kledo – Aplikasi Keuangan Gratis dengan Fitur Cloud & Offline

Aplikasi kledo adalah aplikasi keuangan pc offline yang dibuat oleh orang Indonesia. Aplikasi Kledo sudah menyediakan berbagai fitur yang menarik untuk versi gratis. Pengguna dapat membuat laporan keuangan perusahaan dan juga mengawasi aktivitas keluar masuknya uang secara jelas. Namun jika menggunakan versi gratis tentu fitur yang dapat digunakan sangat terbatas.

Jika memang memerlukan fitur yang lebih lagi maka pengguna bisa mengupgrade ke layanan berbayar. Biaya untuk mengupgrade ke layanan Pro yaitu 100 ribu perbulannya. Jika menggunakan fitur yang berbayar maka akan memperoleh fitur pembayaran secara online, kapasitas cloud yang lebih luas, dokumen inventory serta layanan selama 24 jam.

9. Money Lover – Pengatur Aktivitas Keuangan & Lacak Anggaran

Money Lover memiliki tampilan yang interaktif dan cukup popular untuk mengatur aktivitas keuangan. Fitur yang ada di aplikasi ini berupa melacak anggaran, membuat laporan keuangan yang berbentuk dan diagram yang lengkap. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan laporan laba yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Aplikasi ini sangat cocok bagi pengusaha pemula yang ingin mengatur kegiatan keuangan pada bisnisnya. Versi gratis dari aplikasi ini juga sudah cukup lengkap. Akan tetapi jika a menggunakan fitur yang jauh lebih lengkap maka dapat berlangganan. Selain dapat digunakan pada PC aplikasi ini juga bisa disambungkan ke smartphone android.

10. PostBooks – Aplikasi untuk Membuat Neraca, Mengelola Inventaris, dan Mengatur Stok Barang

PostBooks ditujukan bagi pelaku usaha kecil maupun besar. Aplikasi keuangan pc offline ini dapat diakses secara gratis. Pengguna bisa membuat neraca, mengelola inventaris, membuat pesanan pembelian, membuat laporan keuangan dan lain sebagainya.

PostBooks merupakan aplikasi open source yang memiliki fitur keuangan atau akuntansi yang lengkap dan terintegrasi. Aplikasi ini mempunyai kekuatan serta fleksibilitas yang cukup tinggi pada berbagai macam usaha dan industri. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini meliputi akuntansi, CRM, Pembelian, definisi produk, dan masih banyak yang lainnya.

11. BS1 Accounting – Aplikasi Keuangan PC Offline untuk Windows yang Gratis

Aplikasi atau perangkat lunak BS1 Accounting merupakan aplikasi yang bisa dinikmati secara gratis dan juga aman. Pengusaha kecil atau menengah bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatur keuangan. Kegiatan keuangan yang bisa dilakukan pada aplikasi ini yaitu riset pasar, buku besar, utang piutang, inventaris, dan lain sebagainya.

BS1 Accounting termasuk aplikasi keuangan pc offline gratis yang terbaik di Windows 2. Freeware pada aplikasi ini bekerja dengan seluruh model mata uang untuk kegiatan export dan import. Fitur ini juga memudahkan penggunanya untuk mengawasi hutang piutang untuk fluktuasi nilai ubah, mata uang, dan untung rugi.

Penutup

Demikian pembahasan tentang 11 aplikasi keuangan pc offline gratis yang wajib dicoba. Pengelolaan keuangan pada aplikasi-aplikasi diatas sangat mudah dan juga gratis. Fitur-fiturnya pun juga terbilang cukup lengkap.

Artikel Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: