free page hit counter
aplikasi pencatatan keuangan usaha

10 Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha untuk Segala Bisnis [Gratis & Berbayar]

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi pencatatan keuangan usaha jadi tolok ukur kesuksesan bisnis yang dijalankan. Alasannya, aplikasi ini memuat aktivitas transaksi usaha dan menjadi bukti sehat atau tidaknya keuangan perusahaan. Kalau kamu baru saja mulai usaha, ada beberapa aplikasi pencatatan keuangan yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keluar-masuk uang usaha kamu.

Pencatatan keuangan sangat dibutuhkan ketika memiliki sebuah usaha. Untungnya, sekarang sudah tersedia aplikasi pencatatan keuangan usaha yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola keuangan perusahaan tersebut. Berikut beberapa referensi aplikasi keuangan usaha yang sudah dijamin kualitasnya dan bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha:

1. Teman Bisnis – Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha Gratis

Membuat laporan bisnis terasa lebih menyenangkan ketika menggunakan aplikasi ini. Tak mengapa jika bisnisnya hanya kecil-kecilan dan pengetahuan mengenai akuntansi minim karena aplikasi ini bisa membantunya. Aplikasi ini pun tersedia secara gratis sehingga siapapun boleh menggunakannya tanpa harus mengeluarkan usaha yang lebih.

Pelaku usaha yang ingin melakukan pembukuan online shop sangat diperkenankan menggunakan aplikasi ini karena fitur yang dimiliki sangat sederhana. Tak hanya itu saja, aplikasinya juga bisa digunakan untuk pelaku usaha produksi, reseller, dan lainnya yang skala usahanya belum terlalu besar dan rumit.

2. Quickbooks – Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha dengan Foto dan Faktur

Membuat faktur menjadi pekerjaan yang mudah melalui aplikasi pencatatan keuangan usaha ini. Bahkan, pengguna juga bisa melampirkan foto beserta catatan untuk fakturnya. Hal tersebut akan semakin memudahkan pengguna untuk membuat laporan keuangan karena semua informasi telah tersedia secara komplit pada aplikasinya.

Pelaku bisnis bisa membuat beragam laporan keuangan mulai dari laba rugi, laporan pembelian, laporan neraca, dan lainnya. Untuk bisa membuat laporan tersebut, maka pelaku bisnis harus mengerti sedikit demi sedikit mengenai ilmu akuntansi agar tidak salah dalam membuat laporan keuangannya.

3. Freshbooks – Aplikasi Laporan Keuangan Berbasis Cloud

Memiliki usaha yang masih terbilang kecil juga tidak luput menggunakan aplikasi pencatatan keuangan agar lebih tertata rapi. Beruntungnya sekarang ada aplikasi yang tersedia khusus untuk usaha kecil. Freshbooks adalah aplikasi yang dasarnya seperti cloud sehingga semua data akan aman terkendali.

Aplikasi ini melayani pembukuan berupa report, invoice, time tracking, dan lainnya. Beberapa fitur yang tersedia sangat membantu pelaku usaha dalam proses melacak pendapatan yang dilakukan secara otomatis. Fitur yang sangat berguna adalah adanya pengingat untuk melakukan pembayaran sehingga tidak akan lupa.

4. Jubelio – Aplikasi Catat Keuangan Bisnis di Marketplace

Aplikasi pencatatan keuangan usaha yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah Jubelio.  Keunggulan yang diberikan oleh pengembang yaitu mampu menyelaraskan antara marketplace yang dimiliki dengan pembukuannya. Hal tersebut menjadikan data keuangan akan tersedia secara otomatis tanpa harus input secara manual terlebih dahulu.

Waktu pemilik usaha pun bisa digunakan untuk kegiatan lainnya seperti mengurus dagangan, menyediakan stok, dan lainnya. Beberapa fitur yang telah dibuat oleh pengembang yaitu laporan keuangan, pembuatan faktur, pelacakan persediaan, dan lainnya. pengguna yang ingin mencoba aplikasi ini pun tersedia gratis.

5. Wave – Aplikasi Transaksi Keuangan dengan Invoice dan Kwitansi Online

Wave termasuk aplikasi yang dibuat langsung oleh warga Amerika. Saat ini pengguna aplikasi ini pun sangat banyak yaitu mencapai ratusan ribu. Hal-hal yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini yaitu mencatat keuangan, mengirim invoice, dan membuat kwitansi online. Sedangkan untuk inventory dan stok belum tersedia.

Pada dasarnya aplikasi Wave memang dirancang untuk orang Kanada dan Amerika Serikat sehingga terdapat beberapa fitur yang dianggap aneh oleh orang Indonesia. Terdapat pula fitur yang tidak bisa digunakan untuk melakukan pembukuan sehingga pengguna harus bersabar dalam menggunakannya.

6. Akuntansi Keuangan – Aplikasi Pembukuan Transaksi untuk HP Android

Menggunakan aplikasi pencatatan keuangan usaha ini bisa dinikmati menggunakan HP Android ataupun versi iOS sekalipun. Melakukan pembukuan menggunakan HP tentu akan lebih mudah dan fleksibel karena bisa diakses dimanapun tempat. Menariknya, aplikasi ini bisa diakses secara gratis sehingga tidak akan merugikan.

Fitur yang bisa digunakan yaitu melakukan pencatatan keuangan yang dibingkai dalam bentuk pembukuan. Pada aplikasi ini pun akan ditemukan fitur buku besar, pilihan jurnal, laba rugi, neraca, dan lainnya. Pembukuan secara komplit pun bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini sehingga pengguna tak perlu khawatir.

7. Buku Warung – Aplikasi Pencatatan dan Pembayaran PPOB

Tak hanya mampu digunakan untuk melakukan kegiatan akuntansi saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Penggunaan secara personal maupun bisnis pun bisa dilakukan hanya dengan 1 aplikasi ini sehingga semakin memudahkan semua penggunanya yang memanfaatkan aplikasinya.

Buku Warung sengaja dibuat untuk memberikan solusi kepada pelaku bisnis agar lebih mudah untuk melakukan pencatatan keuangan secara aman, gratis, dan terjamin. Melakukan pembayaran seperti mengirim uang sampai PPOB pun bisa dilakukan tanpa harus ribet. Memang aplikasi ini sengaja dibuat agar penggunanya tidak perlu susah payah.

Keunggulan yang dimiliki aplikasi Buku Warung adalah desain interfacenya simple, bisa digunakan secara offline, dan yang paling penting kapasitasnya memadai. Memori pengguna pun akan aman karena aplikasi ini tidak akan memakan tempat yang banyak pada memori HP yang dimiliki sehingga begitu menguntungkan.

8. Finansialku – Aplikasi Perencanaan Keuangan Tersertifikasi

Pemilik bisnis yang baru saja ingin merintis bisnis sangat direkomendasikan sekali menggunakan aplikasi ini. Melakukan perencanaan bisnis pun lebih tepat karena aplikasi ini menjadi satu-satunya yang memberikan jasa konsultasi secara online gratis. Perencanaan keuangannya pun sudah tersertifikasi CFP sehingga sudah terjamin.

Pengetahuan mengenai keuangan pun akan diberikan kepada pengguna melalui artikel yang telah dibuat, atau video yang telah disediakan. Lebih canggih lagi, terdapat podcast yang bisa didengarkan untuk memperkaya ilmu terkait akuntansi dagang. Tak hanya bisa mengelola aplikasinya saja, namun pengetahuan pun semakin kaya.

9. Catatan Keuangan – Aplikasi Pencatat Pemasukan dan Pengeluaran Usaha

Saat ini rating dari aplikasi Catatan Keuangan bisa mencapai 4,8 sehingga bisa disimpulkan bahwa aplikasinya begitu banyak penggemar. Bahkan, sudah lebih dari 5 ribu pengguna yang memutuskan untuk mengunduh aplikasi ini. Kegunaan utama aplikasinya yaitu melakukan pencatatan pemasukan serta pengeluaran uang di perusahaan tersebut.

Fitur yang tidak kalah dengan aplikasi pencatatan keuangan usaha lainnya yaitu menghitung selisih dan pembuatan laporan harian hingga bulanan. Laporan tersebut pun tersedia dalam versi excel, pdf, dan csv sehingga bisa dipilih sesuai dengan minat penggunanya. Supaya file tidak berubah, bisa memilih versi pdf.

Keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Catatan Keuangan yaitu dari segi desain interface yang super sederhana dan juga ringan sehingga memudahkan setiap penggunanya. Terdapat pula persentase penggunaan dananya sehingga bisa dilihat dengan jelas bagian mana yang paling banyak menghabiskan anggaran dari bisnis yang dijalankan.

10. Akuntansi UKM – Aplikasi Pencatatan Keuangan Usaha Gratis

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan mampu digunakan secara offline sehingga lebih irit kuota internet. Meskipun tersedia secara gratis, namun pengguna aplikasi tidak akan menemukan iklan sama sekali sehingga tidak akan mengganggu penggunanya. Tanpa ada batasan waktu, pengguna bisa secara bebas menggunakannya.

Periode laporan keuangan pun tidak dibatasi oleh pengembang aplikasi agar bisa dinikmati sepuasnya lebih pelaku bisnis. Desain interfacenya pun tidak ribet sehingga mampu digunakan dengan mudah. Memanfaatkan aplikasi ini untuk bisnis menengah, bisnis kecil, ataupun untuk keperluan pribadi pun bisa saja dilakukan.

Penutup

Beberapa aplikasi pencatatan keuangan usaha yang telah disajikan di atas sangat direkomendasikan sekali dijadikan pilihan dalam memulai sebuah bisnis. Seleksi terlebih dahulu aplikasinya dan pilih yang paling baik untuk bisa membantu proses pelaksanaan keuangan pada bisnis yang dijalankan. Pastikan aplikasi tersebut bisa dipertanggungjawabkan.

Artikel Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: