free page hit counter
aplikasi keuangan pribadi

10 Aplikasi Keuangan Pribadi Terbaik untuk Lacak Pengeluaran

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi keuangan pribadi berfungsi untuk melacak pengeluaran dan pendapatan serta mengatur kemana perginya uang kamu dalam periode tertentu. Kamu memerlukan aplikasi manajemen keuangan ini agar bisa membuat pos-pos pendapatan dan pengeluaran. Dengan cara ini, diharapkan kamu bisa meraih goal finansial yang ingin kamu capai.

Beberapa orang pada masa sekarang merasa kurang percaya diri dengan cara mengatur uang yang dimiliki sehingga membutuhkan bantuan sebuah aplikasi. Untung saja, ada beberapa jenis aplikasi keuangan pribadi yang populer yang bisa digunakan dengan mudah termasuk jika baru pertama kali.

Ada banyak aplikasi yang tidak hanya cocok untuk mengatur keuangan dari bisnis yang dimiliki, namun juga keuangan pengguna yang pribadi. Setiap aplikasi yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan lainnya sehingga sebaiknya sejak awal dipahami dahulu uraian dan rekomendasinya berikut ini:

1. Money Lover – Aplikasi Keuangan Pribadi dengan Banyak Fitur

Aplikasi MoneyLover membantu kamu mengelompokkan jenis pengeluaran dengan berbagai perangkat
Aplikasi MoneyLover membantu kamu mengelompokkan jenis pengeluaran dengan berbagai perangkat. | via goodscoop.id

Pertama, ada sebuah aplikasi yang dikenal dengan nama Money Lover yang sangat cocok untuk membantu mengatur uang yang dihasilkan penggunanya. Hal yang paling menarik dari aplikasi ini terletak pada kemudahannya untuk dihubungkan dengan rekening pribadi sehingga bisa langsung mengatur uangnya.

Setidaknya tampilan yang disediakan oleh aplikasi ini juga termasuk sederhana sehingga tidak lagi merasa bingung apalagi jika baru pertama mencoba. Para pengguna juga akan dimudahkan dengan membantu beberapa pengelolaan dana terutama untuk suatu acara yang penting di kemudian hari kelak.

Ada beberapa menu yang telah ditampilkan sejak awal di aplikasi, mulai dari menu bernama Budgets untuk menuliskan jumlah pemasukan dahulu. Kemudian ada juga menu tambahan seperti Savings yang dikhususkan untuk uang yang dijadikan sebagai tabungan dan uang untuk event yang khusus.

2. Monefy – Aplikasi Keuangan Pribadi yang Bisa Dikustomisasi

Monefy hadir sebagai aplikasi pencatatan keuangan yang bisa dikustomisasi oleh pengguna sesuai keperluan
Monefy hadir sebagai aplikasi pencatatan keuangan yang bisa dikustomisasi oleh pengguna sesuai keperluan. | via goodscoop.id

Sementara itu, untuk aplikasi keuangan pribadi yang kedua ini lebih dikenal karena sebuah fitur canggih yang berbeda dari aplikasi lainnya. Sejak awal ditawarkan kepada publik, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk menampilkan bagian persentase pengeluaran rutin dari para penggunanya.

Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan juga banyak dipakai saat ini, berkaitan dengan tampilan yang simpel dan sangat ramah untuk pemula. Ada juga menu yang wajib mulai dari untuk menulis bagian pemasukan sampai pada pengeluaran setiap bulan yang dilakukan oleh pengguna masing-masing.

3. Catatan Keuangan Harian – Aplikasi Keuangan Pribadi yang Ringan

Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini berukuran kecil dan bisa dijalankan di ponsel Android keluaran lama
Aplikasi Catatan Keuangan Harian ini berukuran kecil dan bisa dijalankan di ponsel Android keluaran lama. | via goodscoop.id

Sama seperti nama yang dipakai dahulu, aplikasi ini memang banyak diincar karena memang cocok untuk pengguna yang merasa boros setiap hari. Melalui bantuan dari aplikasi ini, nantinya setiap pengguna bisa mencoba untuk memeriksa secara rutin sebanyak apa pengeluaran yang dilakukan sebelumnya.

Aplikasi ini cocok untuk digunakan ketika ingin mengubah manajemen uang rutin setiap hari terutama untuk urusan makan minum dan transportasi. Selain itu, aplikasi ini masih termasuk yang disediakan dengan tampilan atau model yang cukup simpel tanpa harus membuat pengguna bingung.

Tanpa harus merasa khawatir juga, para pengguna juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melihat seberapa banyak selisih yang bisa dilihat dari pengeluaran yang telah dilakukan. Ada juga menu khusus untuk membantu dalam membuat sebuah rencana yang khusus di masa depan terutama jika ingin lebih hemat.

4. Finansialku – Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Finansialku merupakan aplikasi perencanaan keuangan dari Indonesia dengan fitur lengkap dan bersertifikat
Finansialku merupakan aplikasi perencanaan keuangan dari Indonesia dengan fitur lengkap dan bersertifikat. | via goodscoop.id

Jangan sampai dilewatkan untuk dicoba, ada juga aplikasi keuangan pribadi terbaik bagi pengguna. Aplikasi ini banyak dicari sekarang karena menawarkan sebuah jasa khusus untuk proses konsultasi keuangan terutama bagi yang baru saja bekerja.

Disediakan dalam visual yang menarik, banyak yang memilih memakai aplikasi ini, terutama untuk keperluan rutin. Ada banyak menu untuk memasukkan seberapa banyak pendapatan yang masuk ditambah dengan pengeluaran yang ada, terutama ketika membutuhkan untuk konsumsi.

5. UangKu – Aplikasi Transfer Uang Digital & Keuangan Pribadi

Fitur aplikasi UangKu yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi digital
Fitur aplikasi UangKu yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi digital. | via goodscoop.id

Jika benar-benar termasuk seorang pemula, maka sebaiknya mencoba saja sebuah aplikasi yang lebih menarik namun sederhana seperti pilihan berikutnya ini. Aplikasi ini juga ditawarkan dengan memori yang lebih sedikit ketimbang beberapa pilihan yang lain sehingga cocok untuk berbagai jenis HP.

Bagi para pemula, terutama untuk yang baru saja menerima pekerjaan, bisa memulai dengan menerima banyak saran yang ada di sana. Saran tersebut tidak hanya seputar dengan cara untuk menghabiskan uang namun juga dengan cara untuk menabung apalagi demi masa depan.

6. Money Manager – Aplikasi Keuangan dengan Tampilan Modern

Aplikasi Money Manager juga bisa mengatur pengeluaran kamu dengan tampilan modern dan simple
Aplikasi Money Manager juga bisa mengatur pengeluaran kamu dengan tampilan modern dan simple. | via goodscoop.id

Ditawarkan dalam bentuk yang lebih praktis, tidak heran jika jenis aplikasi keuangan pribadi ini justru banyak dicari dan digunakan sekarang. Aplikasi ini mungkin awalnya terdengar asing, namun sebenarnya bisa dipakai dengan begitu mudah untuk mencatat semua pengeluaran yang telah dilakukan.

Hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan, aplikasi ini bisa dicoba langsung terutama ketika membutuhkan panduan untuk memeriksa pengeluaran melalui kartu debit. Menariknya, aplikasi ini sejak awal sudah disediakan untuk bisa terhubung dengan internet dan juga laptop sehingga para pengguna lebih fleksibel.

7. Mint – Aplikasi Keuangan Pribadi Favorit Milenial

Sebagai salah satu aplikasi pencatatan pengeluaran yang populer di antara Milenial, Mint berhasil menjadi salah satu aplikasi budget tracker paling banyak di download
Sebagai salah satu aplikasi pencatatan pengeluaran yang populer di antara Milenial, Mint berhasil menjadi salah satu aplikasi budget tracker paling banyak di download. | via goodscoop.id

Menyediakan berhasil fitur yang unik, jenis aplikasi untuk keuangan berikutnya ini tentu saja jangan sampai ketinggalan untuk dicoba secara langsung. Nantinya para pengguna bisa mengetahui seperti apa pengeluaran yang telah dilakukan sejak lama atau yang paling baru untuk membandingkan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini banyak dianggap sebagai solusi terbaik bagi para pengguna, terutama bagi anak muda yang lebih sering boros. Aplikasi ini juga menampakkan model scoring secara rutin untuk menunjukkan seperti apa perkembangan manajemen keuangan yang dilakukan oleh para pengguna.

8. AndroMoney – Aplikasi Pencatat Pengeluaran Ukuran Kecil

Dengan rata-rata meraih bintang 4 dan 1 juta lebih download, aplikasi AndroMoney masuk dalam jajaran aplikasi lacak pengeluaran yang direkomendasikan
Dengan rata-rata meraih bintang 4 dan 1 juta lebih download, aplikasi AndroMoney masuk dalam jajaran aplikasi lacak pengeluaran yang direkomendasikan. | via goodscoop.id

Sudah terhubung dengan begitu aman dengan aplikasi seperti Google Docs, aplikasi keuangan pribadi yang selanjutnya ini ternyata juga banyak digemari. Aplikasi ini juga masih memiliki koneksi dengan aplikasi penyimpanan data lainnya sehingga para pengguna pun tidak merasa khawatir ketika memakainya.

Mirip seperti beberapa aplikasi yang sudah ada, jenis aplikasi ini menyediakan berbagai kategori yang menarik yang memudahkan para pengguna nantinya. Ada kategori untuk pengeluaran rutin yang tidak dapat dielakkan dan ada juga kategori yang khusus untuk beberapa pengeluaran yang bersifat mendadak.

9. Wallet – Aplikasi Keuangan & Dompet Digital untuk Berbagai Mata Uang

Aplikasi Wallet membantu kamu merencanakan anggaran keuangan
Aplikasi Wallet membantu kamu merencanakan anggaran keuangan. | via goodscoop.id

Cocok dipakai oleh para pemula, aplikasi ini dibuat dengan desain yang ramah sehingga setiap hari tidak akan merasa bosan ketika memakai.  Menariknya pun si aplikasi ini ditawarkan dengan kemudahan untuk dihubungkan dengan rekening bank yang sedang dipakai oleh para pengguna.

Para pengguna aplikasi ini bahkan dijamin akan merasa nyaman menggunakannya tanpa harus memeriksa bagian memori yang bisa saja menjadi penuh. Ada juga beberapa fitur khusus seperti mata uang selain Rupiah jika ada beberapa pengguna yang membutuhkan bantuan untuk melakukan konversi.

10. Credit Karma – Aplikasi Transfer Uang Digital & Catat Transaksi

Aplikasi Credit Karma yang dulunya bernama Penny ini tersedia secara gratis dan berbayar untuk pencatatan pengeluaran dan transaksi digital
Aplikasi Credit Karma yang dulunya bernama Penny ini tersedia secara gratis dan berbayar untuk pencatatan pengeluaran dan transaksi digital. | via goodscoop.id

Secara sederhana, jenis aplikasi keuangan pribadi yang terakhir ini termasuk yang sering dipakai oleh pengguna namun untuk urusan khusus bisnis. Namun ternyata semakin ke sini jenis aplikasi ini mulai ditampilkan dengan beberapa fitur yang baru untuk membantu mengatur keuangan pribadi. 

Menawarkan beberapa alat untuk menghitung, aplikasi ini juga bisa dipakai setiap hari, terutama demi bisa mengecek apakah ada batas pengeluarannya. Aplikasi ini juga bisa memeriksa dan membuat perbandingan yang jelas, antara pemasukan yang sudah masuk dengan bagian keuangan yang keluar.

Penutup

Dari beberapa jenis aplikasi keuangan pribadi yang sudah dijelaskan dan direkomendasikan, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Ada yang menawarkan kemudahan untuk bisa terhubung secara tidak langsung dengan rekening dan ada juga yang menyiapkan tabel khusus untuk presentasi.

Selain itu, beberapa aplikasi di atas juga memiliki ukuran berbeda. Jika ponsel kamu termasuk ponsel low-end, maka kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan pribadi dengan ukuran kecil. Sedangkan jika ponsel kamu termauk ponsel mid-end atau bahkan high-end, kamu bisa menggunakan aplikasi yang lebih canggih.

Artikel Aplikasi Keuangan Lainnya: