free page hit counter
aplikasi keuangan rumah tangga

8 Aplikasi Keuangan Rumah Tangga yang Sangat Perlu untuk Dicoba

Melakukan pengelolaan terkait keuangan di dalam keluarga memang bukanlah hal yang mudah bagi banyak orang. Oleh sebab itu, saat ini ternyata sudah ada aplikasi keuangan rumah tangga yang sangat bisa membantu terkait masalah tersebut.

Dengan adanya aplikasi sejenis itu, maka orang-orang pun nantinya dapat melakukan pengelolaan pada pemasukan dan pengeluaran di dalam rumah tangganya. Alhasil, keuangan rumah tangga yang dimiliki orang-orang pun akhirnya bisa stabil, sehingga kehidupan kekeluargaan dapat lebih bahagia.

Kemudian, dalam penggunaannya pun juga tentunya akan sangat mudah karena bisa diakses dimana saja melalui smartphone. Oleh sebab itu, maka berikut ialah beberapa rekomendasi terkait aplikasi yang bisa mengelola keuangan rumah tangga:

1. Money Lover

Rekomendasi pertama untuk aplikasi keuangan rumah tangga yang sangat bisa membantu orang-orang, yakni Money Lover. Dengan adanya aplikasi ini, maka orang tentunya akan langsung dapat menghubungkan fitur dompet Money Lover ke rekening yang dimiliki.

Alhasil, nantinya pengguna akan secara otomatis bisa mengetahui riwayat transaksi pengeluaran dan pemasukan di dalam rumah tangganya. Selain itu, di dalam Money Lover ini juga memiliki beragam fitur lainnya yang pastinya sangat berguna dalam melakukan pengelolaan keuangan.

Adapun contoh fitur tersebut, seperti budgeting yang mampu membuat anggaran dan rancangan keuangan milik pengguna dan keluarganya. Kemudian, ada juga events yang berguna sebagai pengatur anggaran ketika ingin melakukan kegiatan di luar.

2. Finansialku

Berikutnya ini ada Finansialku yang juga termasuk pilihan terbaik bagi orang-orang yang mencari aplikasi keuangan rumah tangga. Pasalnya, Finansialku ini memang sangat bisa membantu orang-orang untuk mengelola dan juga membuat perencanaan terkait keuangan.

Dengan begitu, maka para penggunanya bisa lebih mengontrol pengeluaran dan pemasukan di dalam rumah tangganya. Bahkan, perlu diketahui juga bahwa aplikasi ini ternyata telah memiliki sertifikat untuk keberhasilan dalam melakukan tugasnya.

Kemudian, bagi orang yang menggunakan Finansialku, maka nantinya juga akan memperoleh informasi tentang keuangan dalam bentuk video, artikel, hingga podcast. Alhasil, kegiatan mengelola keuangan di dalam rumah tangga pun pastinya akan lebih terasa mudah dan juga praktis.

3. Catatan Keuangan Harian

Pilihan lainnya bagi orang-orang yang ingin mengelola keuangan rumah tangganya dengan mudah, yaitu bisa menggunakan aplikasi Catatan Keuangan Harian. Hal tersebut dikarenakan, aplikasi ini memang telah terbukti mampu melakukan tugasnya dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran keluarga.

Selain itu, dalam penggunaannya pun juga sangatlah mudah karena Catatan Keuangan Harian memiliki interface yang sederhana. Tidak hanya itu, para penggunanya juga akan lebih merasa terbantu dengan adanya fitur lengkap yang telah tersedia.

Adapun contoh fitur yang menarik tersebut, seperti catatan pendapatan, pembelanjaan uang harian, laporan bulanan, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya hal itulah, maka para pengguna akhirnya bisa membuat keuangan di dalam rumah tangganya lebih stabil.

4. Dompet Manager

Aplikasi keuangan rumah tangga lainnya yang juga bisa menjadi rekomendasi tepat untuk orang-orang ialah Dompet Manager. Adapun untuk penggunaannya, aplikasi ini terbilang sangat praktis karena memiliki desain tampilan yang sederhana.

Walaupun terlihat simpel, Dompet Manager ternyata mempunyai beragam fitur yang semakin memudahkan para penggunanya. Adapun dalam melakukan tugasnya, aplikasi ini akan melakukan pencatatan terkait aktivitas keuangan dalam jangka waktu tertentu.

Terkait hal itu, Dompet Manager nantinya akan menampilkan laporan tersebut dalam bentuk grafik dengan mencantumkan keterangannya. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa melakukan backup dan import pada data pengeluaran maupun pemasukan di dalam rumah tangga.

5. Keuangan Keluargaku

Seperti pada namanya, aplikasi Keuangan Keluargaku ini memang sangat handal dalam melakukan pengaturan pengeluaran dan pemasukan di dalam rumah tangga. Hal tersebut pun juga telah dibuktikan dengan cara kerjanya yang real time dalam mengelola keuangan secara bersama di antara keluarga.

Adapun yang membuatnya lebih menarik lagi, yaitu adanya fitur laporan lengkap terkait keuangan di dalam rumah tangga sebagai bentuk pengelolaannya. Hal itu tentunya akan sangat berguna untuk bahan evaluasi jika ada kesalahan dalam pengeluarannya.

Selain itu, aplikasi ini ternyata juga mampu memberikan layanan belajar mengenai keuangan. Dengan adanya hal itu, maka nantinya keluarga bisa menambah wawasan dalam pengelolaannya. Kemudian, aplikasi ini pun mempunyai fitur yang bisa menambah penghasilan dengan mengikuti program reseller.

6. Mint

Aplikasi Mint ini juga sangat sesuai untuk orang-orang yang ingin keuangan di dalam rumah tangganya lebih stabil. Bahkan, aplikasi yang satu ini pun juga telah lama diminati oleh banyak kalangan masyarakat dari muda hingga tua.  

Adapun yang membuatnya populer, yakni tentunya karena adanya beragam fitur menarik untuk membantu dalam pengelolaan keuangan. Terkait hal itu, contoh fitur yang sering kali digunakan, seperti portofolio investasi, kredit, tagihan bulanan, dan juga giro.

Lalu, Mint ini juga nantinya dapat melakukan pengelompokan untuk uang yang sudah dikeluarkan berdasarkan beberapa kategorinya. Selain itu, aplikasi ini pun akan memberikan layanan pelacakan terkait tagihan dan memberikan pengingatnya ketika mendekati temponya.

7. UangKu

Rekomendasi lainnya untuk aplikasi keuangan yang sangat berguna bagi kehidupan di dalam rumah tangga, yaitu UangKu. Pasalnya, aplikasi yang satu ini memang menawarkan fitur yang terbilang cukup terperinci untuk membantu melakukan pengelolaan keuangan.

Walaupun begitu, desain tampilan dari UangKu ini masih terlihat sederhana, sehingga orang-orang akan lebih mudah untuk menggunakannya. Adapun dalam melakukan tugasnya, aplikasi ini nantinya akan meminta pengguna untuk mengisi target tabungan dan pemasukan bulanan.

Dari data yang telah didapatkan tersebut, maka aplikasi UangKu akan mampu memberikan saran pengeluaran harian yang tepat bagi kehidupan di dalam rumah tangga. Alhasil, pemasukan dan pengeluaran yang dimiliki oleh keluarga pun bisa lebih stabil.

8. Catatan Keuangan – Manajemen Keuangan, Anggaran

Bagi yang masih mencari rekomendasi tepat untuk mengelola keuangan di dalam rumah tangga, maka akan cocok jika memiliki aplikasi ini. Hal tersebut pun dibuktikan dengan adanya fitur perencanaan anggaran dan pemangkasan untuk pengeluaran yang disediakan oleh Catatan Keuangan ini.

Selain itu, penggunanya juga akan memperoleh notifikasi otomatis saat anggaran di dalam rumah tangga sudah mencapai batasan yang sudah ditentukan. Kemudian, aplikasi ini pun ternyata mampu memberikan pengingat ketika tagihan yang dimiliki sudah mendekati temponya.

Demikianlah ulasan terkait beberapa rekomendasi aplikasi keuangan rumah tangga yang sangat berguna bagi banyak orang. Dengan adanya informasi yang penting tersebut, maka nantinya orang-orang pun bisa melakukan pengelolaan di dalam rumah tangganya secara mudah dan praktis.

Hal itu pun dikarenakan, aplikasi ini tentunya bisa diakses dimana dan kapan saja hanya melalui perangkat smartphone yang tersedia. Bahkan, dari semua rekomendasi tersebut juga menyediakan berbagai fitur menarik yang sangat bisa membantu dalam melakukan pengelolaan keuangan ini.

Dengan begitu, maka nantinya orang-orang bisa memiliki pengeluaran dan pemasukan yang lebih stabil. Alhasil, kehidupan rumah tangga dapat terasa lebih bahagia karena terhindar dari risiko terjadinya krisis atau masalah keuangan.