free page hit counter
aplikasi pencatatan pengeluaran

10 Aplikasi Pencatatan Pengeluaran Android & iOS Terbaik 2022

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi pencatatan pengeluaran bertujuan untuk membantu untuk mengatur keluar masuk uang secara periodik. Aplikasi keuangan seperti ini sering digunakan untuk membantu kamu meraih goal finansial, seperti menabung, mengurangi pengeluaran, pembayaran hutang, hingga merencanakan investasi.

Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur uang bulanan sehingga belum sampai di akhir bulan uang sudah habis entah kemana. Maka dari itu, hendaknya mencatat pengeluaran bulanan tersebut. Agar lebih efisien bisa gunakan aplikasi pencatatan pengeluaran yang tersedia.

Beruntung orang di jaman sekarang, banyak aplikasi yang sudah dikembangkan untuk kemudahan manusia. Seperti salah satunya ada aplikasi pencatatan pengeluaran. Berikut ini rekomendasi aplikasi yang bisa dicoba:

1. UangKu – Aplikasi Pencatatan Pengeluaran Terstruktur

Fitur aplikasi UangKu yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi digital
Fitur aplikasi UangKu yang juga bisa digunakan untuk bertransaksi digital. | via goodscoop.id

Untuk mencapai pengaturan keuangan yang lebih terstruktur, maka bisa mencatat keuangan.  Adapun aplikasi pencatatan pengeluaran  yang akan dibahas pertama adalah UangKu. Aplikasi ini cukup mudah untuk dioperasikan sehingga para pemula bisa mencoba UangKu ini. 

Sehingga, dengan adanya aplikasi ini akan membuat pengguna lebih mempermudah pengeluarannya. Aplikasi UangKu juga memberikan banyak fitur yang sangat lengkap, namun pengoperasiannya sederhana. Tentunya hal tersebut membuat para pengguna pemula bisa menikmati aplikasi ini. 

Cara penggunaan aplikasi UangKu ini bisa dilakukan dengan mengisi baik target menabung atau pengeluaran tiap bulannya. Sehingga sistem akan mengarahkan batas pengeluaran setiap harinya. Maka dari itu, pengguna bisa lebih mudah dalam mencapai target keuangannya.

2. Wallet – Aplikasi Pelacak Anggaran Keuangan

Aplikasi Wallet membantu kamu merencanakan anggaran keuangan
Aplikasi Wallet membantu kamu merencanakan anggaran keuangan. | via goodscoop.id

Jika dilihat dari namanya Wallet yang artinya dompet. Tentunya aplikasi ini pasti dikembangkan untuk mempermudah penggunanya dalam mengatur keuangannya. Hal tersebut juga dibuktikan dengan adanya berbagai fitur yang bisa mempermudah dalam hal transaksi yang terhubung langsung dengan bank.

Jadi, pengguna bisa tau selama ini uang mengalir untuk apa saja. Selain itu, keunggulan dari Aplikasi Wallet ini adalah aplikasi bisa mendukung banyak mata uang jadi, jika berpenghasilan dollar sekalipun aplikasi tetap bisa melakukan pencatatan dengan baik.

Tidak hanya itu, hasil pencatatan tersebut akan dikemas dalam data yang rapi. Jika pengguna ingin mengekspor data juga bisa dilakukan, pasalnya sudah dilengkapi dengan berbagai jenis file yang terhubung langsung dengan cloud sync.

3. Money Lover – Aplikasi Manajemen Budget Lintas Perangkat

Aplikasi MoneyLover membantu kamu mengelompokkan jenis pengeluaran dengan berbagai perangkat
Aplikasi MoneyLover membantu kamu mengelompokkan jenis pengeluaran dengan berbagai perangkat. | via goodscoop.id

Selanjutnya ada aplikasi pencatatan pengeluaran yang cocok untuk kalangan milenial. Pasalnya aplikasi ini cukup praktis untuk digunakan. Selain itu ada banyak fitur yang mendukung untuk mendapatkan pengalaman mencatat keuangan dengan nyaman dan mudah.

Adapun fitur yang dilengkapi di aplikasi Money Lover ini adalah  Budget, saving, event. Jadi, menggunakan aplikasi ini pengguna tidak perlu repot-repot menulis rincian pengeluaran setiap harinya. Sebab aplikasi ini sangat membantu dalam hal tersebut.

4. Cash Droid – Aplikasi Pencatatan Pengeluaran Terbaik & Paling Ringan

Dengan tampilan jadul, aplikasi CashDroid ringan dijalankan di ponsel Android lawas
Dengan tampilan jadul, aplikasi CashDroid ringan dijalankan di ponsel Android lawas. | via goodscoop.id

Kemudian aplikasi yang bisa mempermudah penggunanya dalam mencatat keuangan yang akan dibahas selanjutnya adalah Cash Droid. Para pemula sangat bisa menggunakan aplikasi ini, pasalnya tampilannya cukup sederhana dan tidak rumit.

Jadi, walaupun masih pertama memakainya pasti tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Selain itu, aplikasi ini juga dianggap jadi salah satu aplikasi pengatur keuangan terbaik. Pasalnya pengguna bisa dengan mudahnya melihat grafik dengan tampilan yang simpel sehingga bisa dipahami dengan baik.

5. Level Money – Aplikasi Atur Keuangan Sederhana

Level Money termasuk aplikasi ringan yang memberikan prediksi pengeluaran kamu secara harian
Level Money termasuk aplikasi ringan yang memberikan prediksi pengeluaran kamu secara harian. | via goodscoop.id

Kemudian masih ada aplikasi pencatatan pengeluaran yang bisa dicoba yaitu Level Money. Umumnya aplikasi ini digunakan oleh para Pengguna iOs. Menggunakan aplikasi ini, para pengguna bisa mengatur uang yang sudah dihubungkan dengan rekening bank.

Jadi, pengguna Level Money bisa dengan mudah mengatur uang masuk maupun keluar, sehingga pengguna Level Money tidak akan “kecolongan”. Sebab, data uang masuk dan keluar akan tercatat dengan baik. Jangan khawatir mengenai keamanan dan kenyamanan dari aplikasi ini tidak bisa diragukan lagi.

6. Mint – Aplikasi Budget Tracker Terkenal Milenial

Sebagai salah satu aplikasi pencatatan pengeluaran yang populer di antara Milenial, Mint berhasil menjadi salah satu aplikasi budget tracker paling banyak di download
Sebagai salah satu aplikasi pencatatan pengeluaran yang populer di antara Milenial, Mint berhasil menjadi salah satu aplikasi budget tracker paling banyak di download. | via goodscoop.id

Selanjutnya ada aplikasi pencatatan pengeluaran yang bisa digunakan selanjutnya adalah Mint. Aplikasi ini sendiri cukup terkenal di kalangan milenial. Hal yang membuat para milenial betah menggunakan aplikasi ini karena kelengkapan fitur didalamnya.

Cukup dengan satu aplikasi Mint saja, pengguna sudah bisa mengatur keuangan dalam sehari-hari. Mulai dari rekening bank, tagihan bulanan, Giro dan masih banyak fitur lainnya. Selain itu, pengguna aplikasi ini juga bisa dikategorikan pada beberapa kelompok.

Untuk catatan keuangan pengguna bisa ditampilkan dalam bentuk grafik dan bagan. Selain itu, pengeluaran bisa dicatat dengan baik. Maka, saat terjadi pembengkakan maka pengguna akan diberikan notifikasi peringatan.

7. Monefy – Aplikasi Pencatatan Pengeluaran yang Bisa Kamu Kustomisasi

Monefy hadir sebagai aplikasi pencatatan keuangan yang bisa dikustomisasi oleh pengguna sesuai keperluan
Monefy hadir sebagai aplikasi pencatatan keuangan yang bisa dikustomisasi oleh pengguna sesuai keperluan. | via goodscoop.id

Jika masih belum puas dengan berbagai informasi mengenai aplikasi pencatatan pengeluaran yang sudah dipaparkan diatas. Maka jangan khawatir, masih akan dibahas aplikasi selanjutnya yaitu Monefy. Dimana aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai kustomisasi sehingga aplikasi bisa menyesuaikan kebutuhan.

Selain itu, satu aplikasi Monefy juga bisa digunakan oleh beberapa akun. Namun, jangan khawatir data akan saling campur. Pasalnya terkait catatan, akan disampaikan terpisah oleh sistem dari aplikasi Monefy sendiri.

Kemudian menggunakan aplikasi ini pengguna bisa melakukan pengelompokan pengeluaran, sehingga pengaturan keuangan jadi semakin jelas dan rapi. Sebagai bahan evaluasi keuangan tahunan, aplikasi ini juga bisa diandalkan.

Pasalnya sistem dalam aplikasi ini akan secara otomatis memberikan persentase pengeluaran, pada setiap harinya bahkan juga tahun. Agar tidak diganggu oleh banyaknya iklan yang masuk di aplikasi ini, maka ada baiknya pengguna berlangganan aplikasi Monefy ini. 

8. Finansialku – Aplikasi Budgeting dengan Sertifikat CFP

Finansialku merupakan aplikasi perencanaan keuangan dari Indonesia dengan fitur lengkap dan bersertifikat
Finansialku merupakan aplikasi perencanaan keuangan dari Indonesia dengan fitur lengkap dan bersertifikat. | via goodscoop.id

Masih belum ada yang cocok dari aplikasi yang sudah dipaparkan diatas? Jangan khawatir pengguna bisa mencoba aplikasi Finansialku. Aplikasi ini sendiri sudah mengantongi sertifikat CFP. Sertifikat CFP (Certified Financial Planner) sendiri adalah sertifikat yang diberikan kepada perencana keuangan. jadi tidak heran jika Finansialku cukup direkomendasikan oleh pembaca.

Pengeluaran dan pemasukan bisa dikontrol dengan baik. Pengguna juga bisa menentukan berapa budget yang peruntukkan kepada pengguna dimana penentuan ini juga didasarkan dengan keuangan yang ada di rekening pengguna.

9. AndroMoney – Aplikasi Lacak Pengeluaran dengan 1 Juta Download

Dengan rata-rata meraih bintang 4 dan 1 juta lebih download, aplikasi AndroMoney masuk dalam jajaran aplikasi lacak pengeluaran yang direkomendasikan
Dengan rata-rata meraih bintang 4 dan 1 juta lebih download, aplikasi AndroMoney masuk dalam jajaran aplikasi lacak pengeluaran yang direkomendasikan. | via goodscoop.id

Salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang selanjutnya ada AndroMoney. Dimana aplikasi ini akan sangat membantu penggunanya dalam kaitannya melacak kemana saja uang bulanan habis. Tidak hanya itu, bisa juga digunakan untuk mengetahui berapa pemasukan setiap bulannya.

Data terkait pengeluaran dan pemasukan akan dicatat dengan sangat terperinci dan juga rapi. Jadi, bagi yang malas untuk mencatat secara manual bisa coba menggunakan aplikasi satu ini. Kemudian yang menjadi menarik dari aplikasi ini adalah mampu menampilkan hasil data dengan grafik.

10. Credit Karma

Aplikasi Credit Karma yang dulunya bernama Penny ini tersedia secara gratis dan berbayar untuk pencatatan pengeluaran dan transaksi digital
Aplikasi Credit Karma yang dulunya bernama Penny ini tersedia secara gratis dan berbayar untuk pencatatan pengeluaran dan transaksi digital. | via goodscoop.id

Aplikasi yang sangat cocok digunakan oleh pengguna iOS yang akan dibahas kali ini adalah aplikasi Credit Karma. Menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mengatasi permasalahan keuangan. Pasalnya Aplikasi yang dulunya bernama Penny ini akan membantu penggunanya dalam kaitannya pengaturan keuangan. 

Dimana aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur andalannya. Untuk kegunaan dari fitur-fitur tersebut membuat pengguna lebih mudah dalam mengetahui informasi uang yang dihabiskan. Kemudian tagihan bulanan yang harus dibayar dan sebagainya.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi Credit Karma ini bisa langsung mengunduhnya secara gratis. Akan tetapi, pengembang aplikasi ini memberikan versi berbayarnya. Tentunya versi berbayar tersebut memiliki fitur tambahan yang tidak ada di versi biasa.  

Penutup

Demikian daftar aplikasi pencatatan pengeluaran yang terbaik untuk digunakan. Tentunya dengan adanya aplikasi tersebut semakin mempermudah dalam mengatur keuangan tiap bulannya. Sehingga deretan aplikasi tersebut tentunya semakin mempermudah kegiatan dalam mencatat keuangan penggunanya. 

Artikel Aplikasi Keuangan Lainnya: