free page hit counter

6 Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di Smartphone

Artikel diperbarui pada 11 Maret 2023.

Aplikasi pencatat keuangan gratis bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin mengatus pemasukan dan pengeluaran harian. Sehingga bisa jadi pengingat dan lebih bijak dalam menggunakan uang.

Apalagi kini akses ke belanja online mudah dilakukan. Menjadikan banyak orang tergoda banyak berbelanja tanpa menyadari besarnya pengeluaran. Oleh karena itu beberapa rekomendasi aplikasi di bawah patut kamu pertimbangkan.

Tentunya bisa digunakan baik pengguna iOS atau Android. Nantinya dengan menggunakan aplikasinya, bahkan kamu bisa tahu uang digunakan di mana. Misal untuk keperluan harian, kesehatan, pendidikan, liburan, dan sebagainya.

2 Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis: Finansialku dan Teman Bisnis

Tidak hanya berguna sebagai pencatat pengeluaran dan pemasukan, bahkan ada juga app yang dapat melaporkan untung, rugi, hingga utang bisnis. Lebih detail, berikut adalah spesifikasi Finansialku dan Teman Bisnis.

1. Finansialku

Ingin lebih berfokus pada catatan tabungan, maka Finansialku ini bisa jadi pilihan tepat. Karena pada dasarnya memberikan catatan proses menabungmu. Menjadikan lebih mudah dalam mencapai tujuan finansial.

Cara menggunakan aplikasi pencatat keuangan gratis ini mudah. Pengguna hanya perlu mengisikan nominal tabungan yang ingin diperoleh. Jangan lupa isikan tujuan tabungan tersebut, misal untuk beli kendaraan, rumah, dan sebagainya.

2. Teman Bisnis

Selanjutnya ada Teman Bisnis yang cocok jadi solusi pencatat keuangan bisnis atau usaha milikmu. Tepat bagi pengusaha kecil hingga menengah untuk mencatat berbagai pemasukan maupun pengeluaran berbisnis.

Kelebihan aplikasi pencatat keuangan gratis untuk berbisnis ini adalah ada laporan setiap bulannya. Laporan diberikan secara otomatis, berisikan keuntungan, kerugian, utang, hingga arus kas bisnis milikmu.

Wallet dan Monefy, Permudah Catat Keuangan Harian Milikmu

Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di HP Android & iPhone. | via goodscoop.id
Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis di HP Android & iPhone. | via goodscoop.id

Fitur berbeda juga dapat kamu temukan pada aplikasi berikutnya ini. Di mana ada fitur untuk sinkronisasi akun, sehingga dapat digunakan bersama. Berikut adalah detail dari dua rekomendasi berikutnya, Wallet dan Monefy.

1. Wallet

Aplikasi pencatat keuangan gratis bernama Wallet ini dapat diunduh di smartphone iOS maupun Android. Meskipun ada pilihan fitur berbayar, pada fitur gratis sudah membantu kamu dalam mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Nantinya pengguna dapat menuliskan income maupun outcome berdasarkan kategori. Misal kamu ingin menuliskannya dalam kategori belanja, bayar tagihan listrik, makan, kesehatan, dana cadangan, dan lainnya.

Setiap akhir bulan, Wallet ini akan berikan penggunanya grafik detail mengenai keuangannya. Bahkan kamu dapat menyambungkannya dengan rekening bank dan dompet digital loh! Sehingga permudah sebagai pencatatan keuangan.

2. Monefy

Menjadi aplikasi pencatat keuangan gratis yang direkomendasikan berikutnya, Monefy punya fitur menarik untuk pengguna. Yaitu sinkronisasi akun, sehingga menjadikan pengguna satu dan lainnya dapat terhubung.

Karenanya kamu juga dapat melihat catatan pengguna yang terhubung, misal keluarga, menggunakan fitur ini. Kamu langsung dapat mengunduhnya di Google Play maupun App Store tanpa berbayar.

2 Rekomendasi Aplikasi Pencatat Keuangan Gratis: Buku Warung dan Spendee

Buku Warung serta Spendee menjadi aplikasi berikutnya yang kami rekomendasikan. Keduanya tentu punya fitur menarik tersendiri untuk penggunanya. Pengguna iOS maupun Android yang tertarik, ini dia detail keduanya.

1. Buku Warung

Buku Warung kami rekomendasikan karena cocok digunakan untuk kepentingan personal maupun bisnis. Tentunya punya berbagai fitur menarik dalam mencatat, mengatur, serta memonitor keuangan dari pengguna akunnya.

Salah satu fitur menariknya adalah “Catat Utang”. Menggunakan fitur ini, kamu dapat menulis dan tahu berapa sisa utang dengan mudah. Nantinya ada nama beserta riwayat utang maupun tunggakan perlu dibayarkan.

Aplikasi pencatat keuangan gratis tersebut akan mengirimkan pesan mengenai pengingat utang secara otomatis. Kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk menyimpan data dengan online. Jadi tidak akan hilang meskipun ganti smartphone.

2. Household

Rekomendasi terakhir dari kami adalah Household yang pastinya punya fitur menarik tersendiri. Kegunaan utamanya sudah pasti untuk mencatat pemasukan berikut pengeluaran kamu, tetapi masih ada fitur berguna lainnya.

Pertama adalah bisa membantu penggunanya membuat perencanaan budget setiap bulan. Sehingga ketika uang yang dikeluarkan lebih dari budget, akan diberikan pemberitahuan untuk pengguna dapat mengontrol pengeluaran.

Aplikasi pencatat keuangan gratis ini juga dapat dihubungkan dalam pengeluaran sehari-hari. Sehingga banyak sekali kegunaannya, jadi dapat dimanfaatkan untuk mencatat keuangan ketika bepergian ke luar negeri.

Kesimpulan

Selain enam rekomendasi di atas, tentunya masih ada beberapa aplikasi lain khusus kamu manfaatkan dalam pencatatan keuangan. Contohnya ada aplikasi Money Lover, Google Sheet, Catatan Keuangan Harian, serta Spendee.

Semua aplikasi tersebut memiliki fitur menarik masing-masing. Namun intinya adalah untuk menuliskan pemasukan berikut pengeluaranmu. Bahkan ada juga yang menyediakan fitur pencatatan untuk keuntungan, kerugian, hingga utang pada bisnis.

Fitur menarik lain misalnya memberikan pengingat ketika pengeluaran sudah melebihi budget bulanan. Apabila tertarik menggunakannya, pengguna iOS maupun Android dapat download aplikasi pencatat keuangan gratis ini langsung pada store.