free page hit counter
Tips Memilih Aplikasi Keuangan yang Aman. | via goodscoop.id
Tips Memilih Aplikasi Keuangan yang Aman. | via goodscoop.id

6 Tips Memilih Aplikasi Keuangan yang Aman, Lancar, Bebas Error

Artikel diperbarui pada 13 Maret 2023.

Tips memilih aplikasi keuangan memang perlu diketahui untuk kepentingan siapa saja yang ingin menggunakannya. Apalagi saat ini muncul berbagai aplikasi yang bisa digunakan.

Tips ini nantinya akan memudahkan seseorang dalam memilih aplikasi yang tepat. Karena tidak semua aplikasi keuangan mudah dioperasikan. Ada beberapa aplikasi yang tergolong sulit untuk digunakan.

Apa yang Dimaksud Aplikasi Keuangan?

Aplikasi keuangan hadir untuk memudahkan siapa saja dalam mengelola uang. Baik uang untuk keperluan pribadi, bisnis, maupun perusahaan besar. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat membantu. Namun sayangnya tidak semuanya memiliki hal itu.

Diperlukan tips memilih aplikasi keuangan agar mengetahui mana aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan mana yang tidak. Hebatnya lagi, aplikasi ini dapat membantu kamu dalam memantau berbagai aktivitas keuangan.

Mulai dari transaksi jual beli dan sebagainya. Sehingga kamu bisa mengetahui untung dan ruginya transaksi tersebut. Karena teknologi yang semakin berkembang pesat, siapapun tidak perlu repot-repot lagi mengelola keuangan dengan buku.

Beberapa Tips Memilih Aplikasi Keuangan

Semuanya dapat terpantau hanya dengan menggunakan aplikasi keuangan ini. Makanya harus pandai-pandai dalam memilihnya dan ketahui tips dalam memilih aplikasi keuangan agar kecewa ke depannya.

Ada beberapa tips memilih aplikasi keuangan yang bisa kamu coba. Tips ini membantu dalam memilih aplikasi yang dapat memantau kesehatan keuangan. Karena soal uang sangat riskan dan tidak boleh sembarangan. Berikut di antaranya:

1. Tentukan Sebuah Tujuan Terlebih Dahulu

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk memilih aplikasi keuangan adalah menentukan tujuan terlebih dulu. Karena setiap aplikasi tentu memiliki kelebihan masing-masing. Kadang ada yang mengunggulkan fitur ini, ada juga yang mengunggulkan fitur itu.

Contoh tujuan yang dimaksud adalah misalnya pengguna menginginkan apa pada aplikasi yang akan diunduh. Mungkin ingin mengetahui panduan atau bantuan menentukan kebutuhan khusus. Atau juga bisa digunakan untuk membuat anggaran keuangan.

Ada juga yang bertujuan untuk melacak pengeluaran keuangan. Dengan adanya tujuan tersebut, seseorang bisa menentukan aplikasi mana yang cocok untuk digunakan. Karena sekali lagi, kadang aplikasi tidak bisa melakukan semua yang diinginkan.

2. Kenali Fitur-Fitur Aplikasi Keuangan Tersebut

Ketika sudah mempunyai tujuan, langkah selanjutnya akan lebih mudah dalam menentukan aplikasi keuangan. Karena pengguna dapat menentukan aplikasi mana yang cocok dengan tujuan tersebut.

Agar lebih mantap, tips memilih aplikasi keuangan kedua ini patut dicoba, yakni mengenal atau mencari tahu fitur-fitur aplikasi keuangan yang akan dipilih. Fitur-fitur yang dimiliki pada tiap-tiap aplikasi berbeda. Satu dengan yang lainnya mungkin malah jauh berbeda.

Pilihlah aplikasi yang mempunyai fitur sesuai dengan keinginan. Cara untuk mengetahui fitur apa saja yang ada di dalamnya yakni dengan melihat ulasan dari pengguna sebelumnya. Jika dirasa cocok, maka langsung saja diunduh lalu digunakan.

3. Lihat Rating Penilaian

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang wajib dilakukan. Rating penilaian aplikasi memang sangat penting diketahui. Agar pengguna mengetahui aplikasi ini bagus atau hanya sekadar aplikasi abal-abal.

Cara melihatnya pun cukup mudah. Di Play Store, semua aplikasi pasti mempunyai rating penilaian. Biasanya rating tersebut disimbolkan dengan bintang. Apabila ratingnya di atas 4, aplikasi keuangan tersebut tergolong bagus.

4. Lihat Ulasan yang Diberikan oleh Pengguna Sebelumnya

Tips memilih aplikasi keuangan yang keempat adalah dengan melihat ulasan. Di Play store sendiri bukan hanya rating yang diberikan. Tetapi juga ulasan dari pengguna sebelumnya. Ulasan tersebut berbentuk komentar.

Kamu bisa membaca-baca ulasan tentang aplikasi keuangan yang akan dipilih. Apabila ulasan yang diberikan semuanya positif. Maka bisa dipastikan jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang tepat.

5. Pertimbangkan Biaya dan Waktu

Aplikasi keuangan dibagi menjadi dua. Ada aplikasi yang gratis dan ada juga yang berbayar. Tentu keduanya memiliki berbedaan yang signifikan. Mungkin aplikasi berbayar memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

Apabila pengguna memilih yang berbayar dengan berbagai alasan, akannya mempertimbangkan terlebih dulu biaya yang akan dikeluarkan. Takutnya uang yang keluar tidak sesuai dengan penghasilan.

Aplikasi keuangan berbayar biasanya memberlakukan sistem berbeda. Ada yang hanya dibayar di awal dan ada juga yang sifatnya berlangganan (membayar bulanan).

6. Pilihlah Aplikasi yang Dapat Menyimpan Data Pribadi dengan Aman

Privasi diri memang perlu diperhatikan. Apalagi berkaitan dengan uang. Karena akan menyimpan data pribadi soal keuangan, sebaiknya memilih aplikasi keuangan yang dapat dipercaya. Tips memilih aplikasi keuangan yang keenam ini akan memberi tahu caranya.

Cara pertama untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut aman atau tidak, dari beberapa ulasan yang ada. Lalu yang kedua melihat dari perusahaan yang mengembangkan aplikasi tersebut. Di Playstore biasanya ada informasi siapa yang membuat aplikasi tersebut.

Apabila perusahaan tersebut terdaftar dan malah merupakan perusahaan terkenal. Maka aplikasi tersebut dijamin aman. Karena semuanya sudah diatur oleh perundang-undangan.

Keamanan privasi diri harus tetap terjaga. Tips memilih aplikasi keuangan tersebut memang perlu diketahui agar bisa memilih aplikasi yang benar-benar sesuai dengan tujuan.