free page hit counter

Cara Cicil di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit dan Langkahnya, Anti Ribet

Artikel diperbarui pada 14 Januari 2023.

Tokopedia memberikan berbagai opsi pembayaran kepada pelanggan termasuk dengan cicilan. Namun ternyata ada cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit juga. Hal ini tentu sangat ditunggu-tunggu bagi pelanggan yang tidak memiliki kartu kredit bukan?

Pembayaran dengan metode cicilan mempermudah pembelian yang dilakukan dalam jumlah besar. Total tagihan akan sangat besar dan sulit jika harus dibayar sekaligus. Maka dari itu, pelanggan Tokopedia bisa memanfaatkan fitur kredit atau bayar nanti yang disediakan Tokopedia

Pasalnya, tak semua orang memiliki kartu kredit untuk melakukan cicilan. Apakah mungkin cicilan dilakukan tanpa kartu kredit? Tenang saja, ternyata selain kartu kredit, masih banyak metode lain yang bisa digunakan jika ingin mencicil barang belanja di Tokopedia.

Cara Mencicil Tanpa Menggunakan Kartu Kredit di Tokopedia

Jika berbicara tentang cicilan pasti akan langsung terbayang dengan kartu kredit. Lalu bagaimana jika pelanggan tidak memiliki kartu kredit? Apakah cicilan tetap bisa dilakukan? tenang saja karena ada cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit berikut ini:

1. Menggunakan BRI Ceria

BRI sudah lama menjadi bank andalan orang Indonesia. Banyak layanan yang ditawarkan dan yang terbaru adalah BRI Ceria. Layanan yang satu ini memiliki sistem serupa dengan kartu kredit namun BRI memberikan kemudahan dengan tidak mewajibkan kartu kredit.

BRI Ceria bisa digunakan melalui aplikasi. Singkatnya ini seperti aplikasi pinjaman dan cicilan online. Kini, BRI ceria sudah tertaut dengan Tokopedia. Hal ini memungkinkan pelanggan Tokopedia yang menggunakan BRI Ceria bisa menautkan akunnya.

2. Menggunakan Aplikasi Kredivo

Siapa yang tak kenal aplikasi kredit dan pinjaman online Kredivo. Aplikasi ini memfasilitasi pelanggan untuk melakukan kredit yang semua transaksinya dilakukan secara online. Sekarang, Tokopedia sudah menjalin kerjasama dengan Kredivo sebagai metode pembayaran bayar nanti.

Karenanya, Kredivo bisa dijadikan salah satu cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit. Jika pelanggan merupakan pengguna Kredivo, akun Kredivo bisa langsung ditautkan ke Tokopedia. Nantinya, Kredivo bisa digunakan untuk membayar transaksi di Tokopedia.

3. Menggunakan Home Credit

Satu lagi aplikasi Fintech yang terhubung dengan Tokopedia adalah Home Credit. Seperti namanya aplikasi ini menyediakan kredit instan untuk seluruh penggunanya. Terlebih lagi semua transaksi dilakukan dari dalam aplikasi dan tidak memerlukan transaksi dengan kontak.

Hal ini didukung dengan Home Credit yang tetap bisa berjalan meski pengguna tidak memiliki kartu kredit. Home Credit bisa digunakan sebagai pembayaran cicilan di berbagai aplikasi salah satunya Tokopedia dengan segala kemudahan yang ada untuk pelanggan.

4. Menggunakan Pinjaman Online Julo

Jika mencari aplikasi Fintech yang terpenting adalah aplikasi tersebut harus sudah diawasi OJK. Salah satu aplikasi yang baru namun sudah memiliki izin OJK adalah Julo. Seperti aplikasi Fintech pada umumnya, Julo melayani pinjaman dan cicilan online.

Beberapa waktu belakangan, Tokopedia merilis daftar platform yang mendukung pembayaran cicilan di Tokopedia. Dari daftar ini bisa diketahui bahwa Julo bisa menjadi cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit karena Julo sudah bekerjasama dengan Tokopedia.

5. Menggunakan BFI FInance Jaminan

BFI Finance sudah sejak lama menjadi perusahaan keuangan yang melayani cicilan, pinjaman, kredit dan lain sebagainya. Untuk menyeimbangkan pengalaman dengan kebutuhan masa kini, BFI Finance juga mengeluarkan program jaminan online.

Sekarang BFI Finance jaminan sudah menjalin kerjasama dengan Tokopedia. Pelanggan bisa memilih BFI Finance sebagai metode pembayaran dengan mode cicilan. Dengan begitu penggunaan kartu kredit tidak lagi dibutuhkan dalam transaksi ini.

6. Menggunakan Adira Finance

Seperti BFI Finance, Adira juga sudah menjadi perusahaan keuangan andaan orang Indonesia sejak lama. Sejak hadirnya aplikasi Adira, transaksi bisa dilakukan tanpa harus mendatangi kantor Adira. Bahkan transaksi bisa dilakukan tanpa kartu kredit.

Ditambah lagi dengan Adira yang sudah menjalin kerjasama dengan Tokopedia. Kini, akun Adira Finance bisa dimanfaatkan sebagai metode pembayaran cicilan di Tokopedia. Dengan begitu, pengguna Adira Finance bisa langsung menautkan akunnya di Tokopedia.

7. Menggunakan Indodana

Yang terakhir adalah aplikasi Indodana. Aplikasi ini sudah menjadi salah satu andalan untuk cicilan dan pinjaman online. Selain karena penggunaan yang mudah, Indodana tidak mengharuskan penggunanya untuk memberikan jaminan dan menggunakan kartu kredit.

Kerjasama Indodana dengan Tokopedia tentu saja menjadi cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit yang tepat. Dengan rekam jejak Indodana yang baik tentu saja banyak pelanggan Tokopedia kemudian beralih untuk menggunakan Indodana untuk cicilannya.

Langkah Mencicil di Tokopedia Tanpa Menggunakan Kartu Kredit

Agar bisa menggunakan cara-cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit diatas, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah ini tidak sulit. Namun memang semua caranya harus diikuti dengan benar agar pembayaran lancar. Berikut ini pembahasannya:

  • Untuk bisa melakukan transaksi cicilan tanpa menggunakan kartu kredit, pelanggan Tokopedia harus memiliki aplikasi Tokopedia dan salah satu aplikasi kredit di ponselnya.
  • Masuk ke akun Tokopedia dan aplikasi kredit yang dipilih oleh pelanggan untuk mulai melakukan transaksi.
  • Buka aplikasi Tokopedia dan pilih semua barang yang akan dibeli kemudian klik Checkout.
  • Sesuaikan semua jenis, jumlah, beserta alamat tujuan dan ekspedisinya.
  • Setelah itu, pergi ke bagian metode pembayaran yang ada di bagian bawah halaman pesanan.
  • Pilih metode pembayaran cicilan untuk transaksi ini.
  • Pilih platform cicilan sesuai dengan akun platform apa yang dimiliki atau dikehendaki oleh pelanggan.
  • Pastikan total biaya transaksi tidak melebihi limit yang dimiliki.
  • Nantinya Tokopedia akan mengalihkan ke aplikasi kredit yang dipilih untuk menyelesaikan transaksi.
  • Pilih jumlah tenor pembayaran yang diinginkan untuk transaksi ini.
  • Setelahnya, ikuti saja semua instruksi untuk menyelesaikan pembayaran.
  • Jika semua data sudah benar, ajukan cicilan dan aplikasi akan memverifikasinya.
  • Saat pembayaran disetujui, pesanan di Tokopedia sudah berhasil dibeli dan akan segera diproses oleh penjual.

Kelebihan Menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Mencicil menggunakan kartu kredit sudah terdengar sangat biasa. Namun kini, pengguna Tokopedia bisa mencicil tanpa kartu kredit dengan berbagai kelebihan. Apa saja kelebihan yang diberikan? Berikut ini diantaranya:

  • Registrasi untuk cicilan sangat mudah, dilakukan secara online, dan persyaratan tidak sulit.
  • Cicilan memiliki tenor yang fleksibel sesuai dengan kemampuan pengguna.
  • Bunga yang dikenakan cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan kredit dengan kartu.
  • Banyak promo yang bisa didapatkan dengan metode pembayaran cicilan tanpa kartu.
  • Tidak mengganggu cash flow yang sudah diatur untuk setiap bulannya.

Nah itulah dia sekian pembahasan tentang cara cicil di Tokopedia tanpa kartu kredit yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Tokopedia. Caranya pun mudah dan tidak memerlukan berbagai syarat. Pelanggan tak perlu lagi khawatir akan pembayaran dalam jumlah banyak.

Yang terpenting adalah pelanggan tak perlu sulit melakukan pembuatan kartu kredit terlebih dahulu. Kartu kredit cenderung memakan waktu untuk pembuatannya. Selain itu, banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan jika memang ingin membuat kartu kredit.

Untuk menghindari kerumitan ini, gunakan saja cara-cara yang sudah disebutkan diatas. Tanpa kartu kredit pun, pembayaran cicilan bisa dilakukan. Dengan begitu, kegiatan belanja pelanggan akan tetap mudah, simpel, dan tentunya pelanggan tidak harus melalui langkah panjang.