free page hit counter

Cara Kredit Motor Bekas di Bank BRI: Simulasi, Cara, Syarat, & Fasilitas

Artikel diperbarui pada 17 Januari 2023.

Banyak cara bisa dilakukan untuk memiliki motor baik baru maupun bekas sebagai kendaraan pribadi. Salah satunya dengan mengajukan kredit ke Bank BRI. Pembeli harus mengetahui cara kredit motor bekas di Bank BRI agar lebih mudah.

Tentunya dengan memiliki kendaraan akan membuat biaya yang dikeluarkan menjadi lebih banyak. Dengan menggunakan kredit akan membantu pembeli mengelola keuangannya. Kini sudah banyak perbankan yang menawarkan kredit kendaraan.

Selain itu banyak perbankan yang menawarkan berbagai fasilitas hingga kemudahan. Tidak selalu untuk kendaraan baru tetapi juga kendaraaan bekas. Hal ini tentu akan sangat menarik bagi yang memang membutuhkan kendaraan untuk pekerjaannya.

Cara Kredit Motor Bekas Di Bank BRI

Untuk mengajukan kredit motor di Bank BRI, pembeli harus mengetahui dulu bagaimana cara mengajukannya. Tentu kebijakan dan peraturan tiap bank tiap tahun bisa berubah dan berbeda. DI bawah adalah cara untuk mengajukan melalui Bank BRI:

1. Hitung Simulasi Kredit

Sebelum mengajukan kredit ada baiknya pembeli melakukan perhitungan simulasi bagaimana cara pembayaran dan jumlah yang harus dibayarkan. Cara ini dilakukan untuk menyesuaikan kemampuan dari pembeli.

Simulasi ini akan memberikan gambaran berapa jumlah angsuran yang harus dibayarkan beserta bunganya. Jika jumlah tidak terlalu memberatkan, pembeli dapat mengaturnya dan menyesuaikan sesuai dengan kemampuan.

Untuk mencoba simulasi ini cukup mudah. Pembeli cukup membuka website bri.co.id dan pilih menu Simulasi Cicilan Kendaraan Bermotor (KKB) atau simulasi BRIGUNA. Pilih simulasi yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Penuhi Persyaratan

Cara kredit motor bekas di Bank BRI selanjutnya adalah memahami dan memenuhi persyaratan yang ditentukan. Setiap bank terutama Bank BRI tentu memiliki persyaratan yang berbeda dengan bank lainnya.

Pembeli yang ingin mengajukan kredit wajib memenuhi persyaratan tersebut. Seperti diketahui bersama jika Bank BRI mempunyai 2 program kredit yaitu KKB dan BRIGUNA. Keduanya memiliki persyaratan yang berbeda juga.

3. Temui CS Bank BRI

Untuk cara kredit motor bekas di Bank BRI selanjutnya, pembeli dapat datang langsung datang ke Bank BRI terdekat dan bertemu dengan bagian CS. Sampaikan maksud dan tujuan dengan jelas. Pembeli datang dengan membawa persyaratan lengkap.

Jika pembeli tidak dapat hadir, bisa juga melalui sambungan telepon. Pembeli dapat menghubungi nomor 14017 dan 1500 017 pada saat jam kerja.

Untuk cara pengajuan ini bisa dilakukan untuk kendaraan bermotor baru dan bekas. Tidak ada perbedaan. Selain itu pembeli juga bebas memilih jenis dan merek motor yang diinginkan. Jadi tidak ada batasan untuk jenis motor yang bisa diajukan kredit.

Selain itu kredit yang diberikan pun mempunyai jangka waktu yang cukup lama. Untuk jenis kendaraan baru jangka kredit diberikan selama 5 tahun. Sedangkan untuk kendaraan bekas hanya 4 tahun. Waktu ini dirasa cukup untuk melakukan pelunasan kredit ke bank.

Syarat Kredit Motor Bekas di Bank BRI

Agar bisa membeli motor bekas secara kredit di BRI, pembeli harus memenuhi persyaratannya. Pembeli tidak perlu kuatir karena syarat cukup mudah untuk dipenuhi. Apa saja syaratnya? Simak di bawah ini:

1. Isi Formulir

Pembeli harus mengisi formulir yang bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi KBB BRI. Di sana pembeli bisa melakukan pengisian formulir. Isi formulir dengan jelas dan lengkap sesuai dengan data diri yang sah.

Jangan sampai ada yang terlewatkan dan salah dalam melakukan pengisian. Kesalahan pengisian akan berpengaruh terhadap kredit yang diajukan karena dianggap data tidak valid. Ada baiknya berhati-hati dalam melakukan pengisian.

2. Batas Usia

Batas usia minimal untuk pembeli yang ingin mengajukan kredit adalah 21 tahun. Namun jika belum 21 tahun tetapi sudah menikah juga sudah bisa mengajukan kredit. Usia ini sudah dianggap legal untuk mengajukan kredit.

3. Memiliki Rekening BRI

Jika mengajukan kredit di bank, pembeli harus membuat rekening bank tersebut. Termasuk juga Bank BRI. Pembeli harus membuat rekening BRI Britama. Bagi yang belum memiliki, bisa menjadi nasabah BRI terlebih dahulu.

4. Dokumen Pendukung

Ada dokumen pendukung yang perlu disiapkan seperti fotocopy KTP dan KK serta NPWP yang sah. Pembeli harus melampirkan dokumen yang sah. Selain itu juga harus melampirkan foto terbaru dan surat keterangan gaji.

5. Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi tempat tinggal pembeli harus berada di sekitar kantor cabang dimana mengajukan. Oleh sebab itu biasanya pembeli akan diarahkan ke kantor cabang yang terdekat dengan domisilinya.

Syarat di atas cukup mudah untuk dipenuhi. Sangat mungkin jika nasabah BRI yang mengajukan akan cepat disetujui. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika pengajuan ditolak karena faktor lain yang mungkin tidak sesuai.

Ada kemungkinan penyebab kegagalan pengajuan ini antara lain terkena BI checking atau memiliki credit score yang buruk. Bank akan melihat track record dari pembeli yang mengajukan kredit apakah kompatibel atau tidak.

Fasilitas Kredit Motor Bekas di Bank BRI

Cara kredit motor bekas di Bank BRI yang mudah bukanlah satu-satunya kelebihan Bank BRI. Pembeli yang mengajukan kredit juga akan merasakan beberapa fasilitas lainnya Tentunya ini juga berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan oleh masing-masing bank. Di bawah ini fasilitas yang diperoleh:

1. Pembayaran Otomatis

Salah satu fasilitas yang diberikan Bank BRI adalah pembayaran otomatis yang bisa dilakukan melalui Automatic Fund Transfer atau Automatic Grab Fund. Dengan cara ini pembeli tidak perlu takut lupa bayar. Pastikan saldo rekening mencukupi untuk pembayaran.

2. Pembayaran Awal Bulan

Pada saat pembayaran angsuran pertama, pembeli akan membayar 1 bulan mundur. Perhitungan mundur ini dihitung dari tanggal realisasi kredit. Jadi bukan dihitung saat realisasi kredit itu cair.

3. Asuransi

Seperti halnya dengan leasing, bank terutama Bank BRI juga akan memberikan asuransi terhadap kendaraan yang diajukan. Asuransi yang diberikan pun bersifat all risk yang artinya mengcover seluruh kerugian yang mungkin timbul.

Asuransi ini diberikan karena secara tidak langsung motor tersebut masih milik Bank BRI sampai kredit lunas. Oleh karena itu, guna mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan maka pihak bank akan melakukan asuransi terhadap setiap kendaraan kredit.

Selain fasilitas tersebut diatas, pembeli juga dapat menikmati beberapa kemudahan dan keuntungan lainnya. Jika pada kredit lain DP kendaraan yang ditentukan bisa sangat tinggi sedangkan pada Bank BRI untuk DP kendaraan dimulai dari 25% dan ini sudah sesuai dengan ketentuan dari BI.

Cara kredit motor bekas di Bank BRI sangat mudah dan cepat. Pembeli tidak perlu ragu dan takut saat mengajukan kredit ini. Selain itu pembeli juga akan merasa aman jika melakukan pengajuan kredit di bank.

Dalam mengajukan kredit tentu ada bunga yang harus dibayarkan. Untungnya suku bunga dari Bank BRI tidak terlalu besar, sehingga tidak akan memberatkan pembeli dalam membayar angsuran tiap bulannya.

Pembayaran tepat waktu akan menghindarkan pembeli dari denda atau teguran lain yang diberikan oleh bank. Oleh sebab itu pembeli harus disiplin dalam melakukan pembayaran angsuran pada tiap bulannya beserta dengan bunga yang diberikan.