free page hit counter

Cara Cicil di Shopee Pakai Akulaku: Mudah, Praktis, Berhasil

Artikel diperbarui pada 19 Januari 2023.

Ternyata berbelanja di Shopee bisa menggunakan cicilan melalui aplikasi Akulaku. Dua aplikasi untuk berbelanja tersebut telah melakukan kerja sama. Namun sebenarnya, bagaimana cara cicil di shopee pakai akulaku yang mudah dan simple?

Adanya sistem tersebut mempermudah pengguna untuk berbelanja. Belanja pun bisa dilakukan melalui cicilan dari aplikasi Akulaku. Limit yang tersedia di aplikasi Akulaku, dapat dimanfaatkan untuk berbelanja di aplikasi Shopee.

Tentunya harus ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin berbelanja di Shopee melalui Akulaku. Terdapat juga berbagai kelebihan serta kekurangan dari adanya sistem berbelanja yang satu ini.

Di bawah ini akan diberikan cara untuk melakukan cicilan di Shopee menggunakan Akulaku beserta informasi lainnya. Mari, perhatikan saja untuk cara yang lebih lengkapnya!

Cara Berbelanja di Shopee Melalui Akulaku

Di bawah ini akan diberikan cara cicil di Shopee pakai Akulaku dengan menggunakan cara yang praktis dan juga simple. Semua orang pasti bisa menggunakan cara yang akan dijabarkan di bawah ini. Langsung saja, mari ikuti tutorial lengkapnya berikut:

1. Membuat Akun Akulaku

Sebelum memulai transaksi, pengguna harus membuat akun dari aplikasi Akulaku terlebih dahulu dengan benar. Dengan membuat akun, pengguna akan memiliki limit yang bisa digunakan untuk berbelanja. Inilah langkah lengkapnya:

  • Unduh aplikasi Akulaku yang ada di Play Store, lalu masuklah menggunakan nomor yang akan digunakan untuk mendaftar.
  • Biasanya aplikasi akan mengirimkan sebuah kode rahasia melalui nomor yang digunakan tadi.
  • Masukkan kode tersebut ke dalam kotak yang tersedia di aplikasi Akulaku.
  • Lalu langsung akan masuk ke dalam halaman dari aplikasi Akulaku.
  • Buatlah akun untuk mendapatkan limit yang sesuai.
  • Pengguna akan disuruh untuk mengisi beberapa data, isilah dengan benar untuk memperoleh limit.
  • Data tersebut akan diverifikasi dan akan memperoleh limit sesuai dengan kemampuan si akun tersebut.

2. Hubungkan Akun

Untuk cara cicil di Shopee pakai Akulaku yang selanjutnya adalah dengan menghubungkan akun Shopee dengan akun Akulaku. Untuk menghubungkannya bisa menggunakan langkah yang akan dijabarkan di bawah ini:

  • Bukalah akun Akulaku yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Lalu carilah menu “Otorisasi Akun” pada halaman aplikasi tersebut.
  • Kemudian pilihlah aplikasi Shopee dan masuklah ke dalam akun Shopee yang akan dihubungkan.
  • Kedua akun tersebut pun sudah terhubung.
  • Aplikasi Akulaku sudah bisa digunakan untuk berbelanja melalui Shopee.

3. Lakukan Transaksi

Apabila sudah melakukan hal di atas, langkah yang berikutnya yaitu dengan melakukan transaksi. Tentunya menggunakan akun Shopee namun pembayaran menggunakan akun Akulaku yang sudah ada limitnya. Berikut cara untuk melakukannya:

  • Bukalah aplikasi Shopee dan masuklah menggunakan akun yang sudah terhubung dengan aplikasi Akulaku.
  • Kemudian carilah barang atau produk yang ingin dibeli di aplikasi Shopee tersebut.
  • Lalu masukkan produk tersebut ke dalam keranjang jika ingin membelinya nanti, namun bisa juga dengan klik “Beli Sekarang” bila ingin langsung membelinya.
  • Setelah itu langsung saja klik menu “Checkout” untuk melakukan transaksi pembayaran.
  • Pengguna bisa menggunakan voucher yang disediakan Shopee untuk mendapatkan potongan harga.
  • Selanjutnya pilihlah metode pembayaran, pilihlah menggunakan “Merchant Akulaku”.
  • Kemudian pilih tenor cicilan yang akan digunakan, biasanya dari 3, 6, hingga 12 bulan.
  • Pilihlah yang paling sesuai dan tentunya sesuai dengan kemampuan dan langsung klik menu “Konfirmasi”.
  • Lalu akan muncul rincian dari pembayaran serta jumlah yang harus dibayarkan di setiap bulannya.
  • Setelah itu Shopee dengan otomatis akan langsung membuat pesanan tersebut dan menggunakan Akulaku sebagai sistem pembayarannya.

Kelebihan Bisa Mencicil Shopee Pakai Akulaku

Setelah mengetahui cara cicil di Shopee pakai Akulaku, sekarang saatnya untuk mengetahui berbagai kelebihan dari adanya sistem pembayaran ini. Di bawah ini akan diuraikan dengan lebih jelas tentang kelebihan tersebut, diantaranya:

1. Mempermudah Transaksi Belanja

Untuk kelebihan yang pertama yaitu untuk mempermudah transaksi belanja di Shopee. Apalagi, jika di akhir bulan namun belum ada uang untuk berbelanja. Pengguna pun bisa menggunakan Akulaku untuk melakukan cicilan.

Jadi, bisa dikatakan sebagai solusi juga ketika tidak ada uang untuk membeli kebutuhan pokok. Tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial juga. Jangan sampai limit habis dan tidak bisa membayar cicilan.

2. Bunga Rendah

Kelebihan yang kedua adalah bunga yang diberikan cukup rendah. Jadi, pengguna bisa membayar cicilan dengan tenang. Karena, bunganya yang sangat rendah yaitu hanya 2,5% saja untuk setiap bulannya.

Tak seperti aplikasi cicilan lainnya yang memberikan bunga terlalu tinggi. Sehingga, banyak pengguna yang kewalahan dan akhirnya tidak bisa membayar cicilan dengan tepat. tentunya hal tersebut akan merugikan sekali.

3. Tanpa Uang Muka

Terdapat beberapa aplikasi cicilan yang mengharuskan si pengguna untuk membayar uang muka. Namun, Akulaku tidak menggunakan sistem tersebut sepenuhnya. Untuk barang yang nominalnya sedikit, Akulaku tidak menggunakan uang muka.

Namun, untuk barang yang nominalnya besar biasanya Akulaku akan mengenakan uang muka. Tentunya hal tersebut untuk menghindari jumlah cicilan yang terlalu banyak. Hal tersebut bisa dikatakan menguntungkan si pengguna tersebut.

Kekurangan Bisa Mencicil Shopee Pakai Akulaku

Selain kelebihan terdapat juga berbagai kekurangan yang ada di dalam sistem ini. Berikut akan dijabarkan apa saja kekurangan dari adanya sistem pembayaran cicilan menggunakan Akulaku. Mari, perhatikan bersama penjelasan berikut:

1. Tenor Tidak Pasti

Kekurangan yang pertama adalah tenor cicilan yang tidak pasti. Meskipun Akulaku mengklaim memberikan tenor hingga 12 bulan. Namun, nyatanya tidak semua pengguna akan mendapatkan tenor hingga 12 bulan.

Hanya pengguna lama saja yang bisa mendapatkan tenor hingga 12 bulan. Untuk pengguna baru, biasanya akan mendapatkan tenor hingga 3 bulan saja. Namun, jika rajin dalam membayar cicilan maka akan mendapatkan kenaikan tenor.

2. Terror Penagihan

Untuk kekurangan yang selanjutnya adalah terdapat terror penagihan. Namun, hal ini hanya berlaku untuk pengguna yang tidak tepat dalam membayar cicilan. Apalagi, untuk yang gagal bayar sudah pasti akan mendapatkan terror dengan rutin.

Apalagi, untuk yang tidak segera membayar cicilan setelah adanya teror tersebut. Sudah pasti akan didatangi oleh petugas lapangan alamat yang digunakan untuk mendaftar. Jadi, pastikan untuk membayar tagihan dengan tepat dan sesuai dengan perjanjian.

Itulah cara cicil di Shopee pakai Akulaku dengan mudah, praktis, dan juga simple tentunya. Belanja pun lebih mudah dan bisa dibayarkan bulan selanjutnya. Sehingga, tidak perlu lagi menunggu gajian untuk membeli barang kebutuhan.

Namun, tentunya dengan berbagai ketentuan dan juga syarat. Seperti memperoleh limit dan tidak ada tanggungan cicilan di aplikasi lain. Karena, jika ada maka akan sulit untuk memperoleh limit di aplikasi Akulaku tersebut.

Sebenarnya, sistem ini bisa membantu dan merugikan juga. Membantu jika digunakan untuk membeli kebutuhan pokok yang mendesak. Bisa merugikan bila digunakan untuk membeli barang yang tidak penting dan akhirnya tidak bisa membayar cicilannya dengan tepat waktu.