free page hit counter
aplikasi menulis novel dibayar

Aplikasi Menulis Novel Berbayar Paling Banyak Menghasilkan Uang

Artikel diperbarui pada 7 Agustus 2022.

Tak semua orang gemar dan ahli dalam bidang tulis menulis. Apabila pengguna termasuk ke dalam orang yang diberi anugerah bisa merangkai kata dengan indah, maka tak ada salahnya untuk menuangkan kreativitas tersebut pada aplikasi menulis novel dibayar yang telah tersedia.

Sayang sekali jika tulisan tersebut hanya disimpan sendiri tanpa ada yang membacanya. Terlebih sekarang ini terdapat tempat untuk menampung tulisan tersebut dan bahkan akan diberikan reward berupa uang. Kesempatan emas ini pun harus dicoba agar hobinya bisa tersalurkan.

Beberapa orang masih merasa kebingungan dalam menentukan aplikasi yang akan digunakan untuk menuangkan tulisan tersebut. Supaya tidak tertipu dengan aplikasi bodong, penting sekali menyimak beberapa aplikasi yang recommended untuk menuangkan tulisan berikut:

1. Wattpad

Beberapa orang sudah mengenal aplikasi ini dan bahkan mengunduhnya di dalam ponsel pintar yang dimiliki. Menggunakan aplikasi ini cukup dengan mengunduhnya dan login untuk bisa membaca tulisan yang ada di dalamnya dengan mudah. Pengguna pun akan disuguhkan banyak genre tulisan.

Aplikasi ini memberikan kesempatan secara luas kepada pengguna untuk ikut berkontribusi dalam mengirimkan tulisan. Nantinya akan ada reward tersendiri apabila tulisan tersebut terkenal dan banyak yang membacanya. Tak hanya itu saja, cerita yang ditulis pun bisa dibukukan.

2. Noveltoon

Sebagian orang lebih memilih noveltoon karena menyajikan cerita yang cukup kompleks sehingga menambah rasa tertarik para penggunanya. beragam novel pun bisa dibaca secara gratis agar mampu memberikan hiburan murah kepada orang yang suka membaca.

Pengguna yang ingin menerbitkan novel di aplikasi ini sangat diperbolehkan. Apabila dipublish oleh pihak Noveltoon, maka akan ada uang yang diterima. Mengajukan kontrak kerjasama pun sangat bisa dilakukan demi mendapatkan uang yang semakin melimpah di setiap karyanya.

3. Dreame

Aplikasi menulis novel dibayar ini sering sekali dipromosikan pada IG ataupun FB sehingga semakin banyak yang mengetahuinya. Terdapat beberapa jenis novel yang siap dibaca oleh pengguna secara Cuma-Cuma sehingga sangat cocok sekali untuk menemani waktu luang.

Menariknya, aplikasi ini disertai dengan beberapa bahasa yang ada di dunia sehingga semakin memudahkan para pembaca. Pengguna yang tertarik mengirimkan tulisan di aplikasi ini pun akan disambut dengan baik dan bahkan keuntungan uang yang diterima cukup banyak.

Mulanya pengguna harus mengumpulkan koin terlebih dahulu dengan mengajak orang untuk membaca tulisan nya dan memasukkan ke dalam library. Proses seleksi naskah untuk bisa diterima pun akan lama apabila tidak memiliki banyak viewers sehingga perlu mencarinya terlebih dahulu.

4. KBM App

Ketenaran dari aplikasi ini memang belum setenar aplikasi menulis novel dibayar yang sudah dipaparkan di ata. Namun, KBM App patut diapresiasi karena merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang berasal dari komunitas yang dianggap bisa menulis.

Setiap penulis akan diberikan kebebasan untuk menerbitkan tulisannya sendiri tanpa ada aturan yang ketat sehingga mudah untuk mendapatkan keuntungannya. Silahkan mencoba membuat tulisannya terlebih dahulu dan langsung dikirimkan jika sudah selesai.

Sayangnya, saat ini belum tersedia aplikasi KBM App ini untuk pengguna iOS, namun tak mengapa karena pengguna Android masih bisa menggunakannya. Kapasitas aplikasi ini terbilang cukup besar yaitu 56MB sehingga patut diperhitungkan terlebih dahulu dengan space memorinya.

5. WeRead

Aplikasi menulis novel dibayar  yang bisa dicoba selanjutnya yaitu WeRead. Belum banyak orang yang mengetahui aplikasi ini, namun namanya sudah cukup dikenal beberapa orang yang gemar menulis. Mengirimkan gagasan berupa tulisan ke dalam aplikasi ini pun akan dibayar sesuai hasilnya.

Apabila membuka aplikasi ini, maka kebanyakan tulisan yang ada di dalamnya dibuat dalam Bahasa Inggris sehingga perlu sedikit skill bahasa untuk memahami artinya. Tenang saja karena pengguna bisa mengirimkan tulisan dalam Bahasa Indonesia agar lebih mudah dipahami.

6. Goodnovel

Untuk bisa mendapatkan uang dari aplikasi menulis novel dibayar ini, pengguna harus menyetorkan uang sejumlah 5000 kata terlebih dahulu guna pengajuan kontrak. Kurang lebih ada 7 sampai 12 bab untuk 5000 kata tersebut, namun tergantung pula dengan jumlah kata tiap bab.

Sebelum diterbitkan, novel akan direview terlebih dahulu oleh editor yang sudah ahli. Nantinya editor akan memantau secara berkala perkembangan tulisan dari setiap penulis yang sudah menyetorkan karyanya. Bahkan ada grup WA yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi.

7. Storial.co

Penulis perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk berkontribusi mengirimkan tulisan pada aplikasi ini. Ikutilah panduan penulisan yang ada agar tulisan bisa di publish dalam kurun waktu yang tidak lama. Royalti akan diberikan jika pembacanya sudah mencapai lebih dari 500 orang.

Terdapat beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang contohnya adalah storial premium chapter. Nantinya pembaca bisa menggunakan koin tersebut untuk membaca novel yang berbayar. Nah, koin inilah yang akan masuk ke dalam kantong para penulis.

8. NovelMe.

Pada awal kemunculan aplikasi ini, pengguna bisa membaca semua novelnya tanpa harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu. Namun, sejak tahun 2019 semuanya berubah karena pengembang aplikasi mengunci beberapa novel yang dianggap bagus dan menarik dibaca.

Setiap pengguna harus memiliki koin terlebih dahulu untuk bisa membaca novel tersebut. penulis yang ingin membuat tulisan dan mengirimkannya pada aplikasi ini pun sangat diperbolehkan karena akan ada bayaran yang setimpal untuk para penulisnya. Yakin tidak tertarik mencobanya?

9. Joylada

Melihat tampilan dari aplikasi menulis novel dibayar tentu akan menarik siapapun karena dilengkapi dengan desain lucu dan identik dengan wanita. Ya, aplikasinya memang didesain dengan warna pink yang sangat menggoda dan membuat para wanita tertarik mengunduhnya.

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, pengguna tinggal mengunduhnya dan membuat akun saja. ikutilah petunjuk yang telah diberikan oleh aplikasi ini dengan baik agar bisa mengakses semua kontennya. Jangan lupa pula mengisi semua datanya agar bisa segera masuk aplikasi.

Selain membaca novel dan cerita dalam bentuk chat yang telah tersedia di dalam aplikasi Joylada, pengguna pun bisa mengirimkan karyanya tanpa perlu susah. Nantinya akan ada uang yang disiapkan kepada penulis yang hasil tulisannya diterbitkan.

10. KaryaKarsa

Aplikasi ini menyediakan tempat untuk menampung karya penulis. Namun, penulis juga memiliki kewajiban untuk mencari pengikut dan pembaca demi mendapatkan royalti yang sudah disiapkan oleh aplikasinya. Promosikan karyanya ke semua medsos.

Menghasilkan uang dengan cara menulis memang tidak akan merugikan bagi siapapun. Terlebih sekarang sudah ada aplikasi menulis novel dibayar yang bisa dipilih untuk mengirimkan karya yang telah dibuat oleh penulis tersebut.

Penulis hanya perlu memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk mengirimkan karyanya. Tentu memilih lebih dari satu tidak menjadi masalah berarti asalkan bisa menghasilkan tulisan yang tidak menyimpang dari aturan aplikasinya.

Terus asah kemampuan dalam menulis agar semakin lihai dan bisa diterbitkan pada aplikasi yang telah dijelaskan di atas. Perbanyak juga dalam membaca agar tidak buntu ide ketika sudah mulai menuangkannya ke dalam bentuk tulisan.