free page hit counter
Aplikasi Menulis Dibayar

Aplikasi Menulis Dibayar Yang Menggiurkan, Paling Direkomendasikan

Menulis merupakan sebuah kegiatan menyenangkan yang dijadikan hobi. Selain berguna untuk mengisi waktu luang semata, menulis bahkan bisa dijadikan sumber mata pencarian. Ada beberapa aplikasi menulis dibayar untuk memberdayakan para penulis. Dari aplikasi ini, kegiatan menulis dapat berubah jadi lebih bermanfaat.

Aplikasi tersebut tersedia dan dibuka untuk umum tanpa memandang usia maupun gender. Jenisnya pun bermacam macam, ada platform berjenis tulisan novel, artikel berita, hingga tulisan random. Coba lihat beberapa aplikasi di bawah ini untuk bisa dijadikan tempat menulis yang dibayar:

1. UC News

Rekomendasi aplikasi yang pertama datang dari UC News. Aplikasi UC News merupakan aplikasi yang dibuat khusus bagi user UC Browser untuk membaca berita. Dari mana asal berita tersebut? Berita datang dari penulis yang membuat artikel informatif kemudian disajikan di laman UC News.

Penulis yang membuat artikel berita akan dibayar sesuai fee yang ada di kontrak. Semakin banyak artikel yang ditulis, otomatis bayaran akan semakin banyak pula yang diterima. Bayaran juga bisa meningkat banyak seiring bertambahnya jumlah pengunjung yang melihat berita tersebut.

2. Joylada

Penulis novel lawas pasti sangat tahu akan aplikasi menulis dibayar yang satu ini. Namanya adalah Joylada dan sudah banyak sekali penulis yang bergabung dalam platform ini. Kebanyakan penulis di Joylada adalah penulis cerita atau novel karangan bebas dengan berbagai genre.

Dari dahulu, Joylada selalu masuk ke dalam platform menulis dan membaca favorit. Tentu saja itu berdasarkan dari beberapa alasan valid.

Salah satunya adalah karena bayaran yang didapat penulis apabila berhasil membuat cerita dan mengumumkan pembaca. Bayaran akan diberikan berupa koin aplikasi yang bisa dicairkan.

3. Dreame

Selanjutnya, ranah menulis yang bisa dibayar adalah Dreame. Aplikasi Dreame merupakan aplikasi baru yang menampung seluruh tulisan karya penulis dan dapat diuangkan.

Proses pencairan dana bahkan bisa sampai pada tahap cash. Penulis hanya memastikan mendaftarkan akun bank atau akun E-Money saja.

Selain mendapatkan uang dari menulis harian, Dreame dikenal sering kali membuat acara yang dapat diikuti oleh penulis. Acara ini sudah pasti berkonten menulis dalam berbagai genre sesuai ketentuan. Hadiah perlombaan acara ini bisa berupa uang yang bernilai puluhan juta rupiah.

4. Storial

Apakah ada yang masih asing dengan nama aplikasi Storial? Sebenarnya itu wajar karena Storial adalah aplikasi menulis dibayar yang masih di tahap baru rintis. Meskipun begitu, pengguna aplikasi ini tetap terhitung banyak dengan bermacam macam genre yang disediakan oleh masing masing penulis.

Aplikasi Storial bahkan bermitra dengan beberapa penerbit besar nan handal di Indonesia. Selain mendapatkan uang dari menulis di sini, ada kesempatan besar untuk penulis yang ingin karyanya dilirik penerbit. Namun, royalti seperti ini bisa didapatkan apabila akun penulis sudah premium.

5. NovelToon

Aplikasi NovelToon merupakan salah satu aplikasi menulis dan membaca yang sedang naik di Indonesia. Banyak sekali benefit yang didapatkan apabila seseorang bergabung dan menjadi salah satu pengguna NovelToon.

Mulai dari disediakannya avatar keren hingga koin yang digunakan untuk membaca cerita. Sistem koin yang ada di NovelToon merupakan sebuah sistem yang diciptakan untuk memberdayakan penulis.

Sebuah cerita dapat dikunci dengan koin, dimana pembaca hanya bisa membaca ceritanya setelah membeli koin. Bayaran ini masuk ke rekening penulis dan dapat dicairkan.

6. Innovel

Kemudian, list aplikasi menulis dibayar selanjutnya adalah Innovel. Termasuk dalam salah satu aplikasi menulis cerita jajaran atas, Innovel diklaim memiliki banyak pengunjung. Mulai dari pembaca hingga penulis penulis yang ingin mendaftar menjadi anggota penulis Innovel.

Rasanya, tidak aneh apabila banyak yang ingin mendaftar menjadi penulis di Innovel. Ada tiga jenis pembayaran yang disediakan di Innovel.

Pertama, pembayaran atas penulis baru, kedua pembayaran apabila cerita berhasil diselesaikan. Terakhir adalah pembayaran per update setiap chapter cerita. Menarik bukan?

7. Jalan Tikus

Platform Jalan Tikus dikenal sebagai sebuah platform yang menyediakan artikel dalam berbagai jenis. Mulai dari artikel berita terkini, artikel seputar tips dan trik, serta artikel aplikasi rekomendasi. Masih banyak lagi jenis artikel atau tulisan yang tertulis di aplikasi Jalan Tikus.

Oleh karenanya, ada banyak pembaca yang tertarik untuk mencari informasi di aplikasi ini. Untuk itu, Jalan Tikus menyediakan lowongan terbuka untuk siapapun masyarakat luas yang berminat ingin bergabung menjadi penulis.

Syaratnya berwawasan luas serta menguasai kepenulisan SEO. Oleh karena itu siapa pun dapat menulis dan dibayar.

8. NovelMe

Kembali pada aplikasi menulis dibayar yang bergenre tulisan novel, selanjutnya ada aplikasi NovelMe. Di NovelMe, ada banyak pembaca yang mencari dan menggantikan jenis tulisan update terseru yang bisa dibaca. Untuk itu, siapa saja dapat bergabung dan menulis di sini.

Sistem royalti yang digunakan oleh NovelMe hampir setara dengan NovelToon. Ada koin yang digunakan oleh pembaca untuk membeli setiap chapter yang diterbitkan di sebuah cerita. Namun, untuk bisa menjual setiap chapter, penulis harus membuat kontrak terlebih dahulu dengan pihak NovelMe.

9. Wattpad

Siapa yang tidak mengenal Wattpad? Zaman milenial ini, hampir semua orang mengetahui bahkan banyak yang menjadi user Wattpad. Platform ini memang mudah digunakan untuk menulis cerita untuk pemula.

Bahkan, pembaca yang ingin mencari bacaan pun dapat mencari di sini karena sangking banyaknya daftar bacaan yang tersedia. Remaja ini, Wattpad telah di upgrade oleh developernya menjadi sebuah aplikasi premium yang berbayar.

Fitur ini dapat mendatangkan keuntungan bagi penulis yang bernaung di Wattpad. Cerita dapat dikunci dan hanya bisa dibuka setelah membeli koin. Hasil yang didapatkan dari koin inilah yang bisa diambil.

10. Vebma

Terakhir, aplikasi menulis yang bisa dibayar juga adalah Vebma. Pernah dengar tentang aplikasi ini? Memang, Vebma nampaknya belum terdengar luas di masyarakat. Namun sebenarnya, Vebma merupakan sebuah aplikasi menulis apa saja yang bisa membayar penulisnya.

Bayaran bahkan bisa berupa cash yang dapat diuangkan. Namun, pembayaran membutuhkan ketentuan pembaca.

Selain itu, dana yang didapat oleh penulis belum bisa ditarik apabila belum mencapai nominal tiga ratus ribu rupiah. Komisi yang dibayarkan penulis adalah Rp. 2 setiap kali satu orang pembaca didapatkan. Jadi memang penulis harus mengumpulkan pembaca yang banyak.

Platform kepenulisan berbayar atau aplikasi menulis yang dibayar yang lain masih ada banyak. Meskipun tidak masuk daftar di atas, ada contoh lain seperti WeRead, Web Novel, dan beberapa contoh lain. Rata rata cara pembayarannya sama atas satu sama lain.

Bayaran didapatkan setelah membaca mencapai target atau setelah chapter yang ditulis selesai. Mengesampingkan hal itu, aplikasi menulis dibayar memang menjadi salah satu alternatif lain untuk mencari uang.

Mungkin bukan tempat untuk sumber pencaharian utama, namun penghasilan yang didapat bisa cukup untuk penambah penghasilan. Jadi, hobi dan hasil dapat dinikmati secara bersamaan.