free page hit counter
peluang usaha ekspor

Peluang Usaha Ekspor: 25+ Produk Paling Laku di Luar Negeri

Artikel diperbarui pada 17 Juni 2022.

Melakukan bisnis ekspor, memang cukup menggiurkan bagi para pebisnis. Tidak hanya meningkatkan brand awareness dari suatu usaha sampai ke luar negeri, trafik penjualan usaha juga akan meningkat drastis. Tentunya, hal itu apabila peluang usaha ekspor dapat dikelola dengan baik.

Seperti yang diketahui, bahwa Indonesia sendiri memiliki berbagai keanekaragaman. Terdapat banyak komoditi yang bisa dijadikan peluang usaha dan diekspor ke luar negeri.

Namun, penting diketahui, bahwa tidak semua barang atau produk bisa dipasarkan dalam tingkatan pasar global. Tentunya, sebelum melakukan ekspor seseorang perlu sekali untuk melakukan riset mengenai pemasaran produk pada negara yang akan dituju.

Paling penting selain mempunyai syarat untuk menjadi eksportir, seseorang juga harus memiliki produk yang memang berpotensi tinggi untuk mendapat profit yang tinggi. Dalam ekspor juga tidak hanya mendapat keuntungan pada pemilik usaha, namun juga pada negara. Berikut ada beberapa keuntungan serta berbagai produk yang memiliki peluang usaha ekspor yang menjanjikan.

Keuntungan Ekspor Bagi Indonesia

Melakukan ekspor dalam usaha, tentu akan memiliki berbagai keuntungan yang akan di dapat. Selain, akan mendapat keuntungan yang lebih banyak, merambah pasar luar negeri tentu akan membuat brand semakin dikenal banyak.

Nah, selain itu keuntungan juga tidak hanya di dapat untuk pribadi saja, melainkan untuk negara juga. Adapun berikut beberapa keuntungan ekspor bagi Indonesia:

1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Melakukan kegiatan ekspor akan memberikan pengaruh yang baik kepada semua industry. Dimana, ekspor akan membuat jangkauan pasar semakin luas. Dengan begitu, apabila jangkauan pasar semakin luas, maka profit yang didapatkan akan semakin banyak.

Selain itu, kegiatan ekspor juga akan dapat memicu industry dalam negeri semakin meningkatkan produksinya. Sehingga, akan lebih kompetitif serta bisa mendatangkan inovasi dan segmentasi pasar yang baru.

2. Dapat Meningkatkan Pendapatan Negara

Paling penting mengenai kegiatan usaha tentu akan mendatangkan sebuah profit. Hal itu, juga tentu berlaku pada kegiatan ekspor yang akan dapat mendatangkan profit. Keuntungan dari ekspor sendiri akan dapat meningkatkan pendapatan negara.

Perlu diketahui juga, bahwa ekspor juga jadi salah satu sumber pemasukan negara yang terbilang besar. Barang atau produk yang di ekspor akan dapat dihargai berkali lipat dibanding dijual di dalam negeri saja.

Namun, tentunya hal tersebut akan sesuai dengan kondisi dari negara yang dituju. Dalam kegiatan ekspor ini terdapat pajak, yang nantinya bisa masuk ke dalam kas negara.

3. Mengenalkan Nama Bangsa Ke Seluruh Dunia

Terdapat berbagai peluang usaha ekspor yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Dimana, Indonesia ini memiliki keanekaragaman yang berpotensi menghasilkan profit jika dikelola dengan baik. Dengan begitu, selain mendapat keuntungan dari kegiatan ekspor tersebut, nama Indonesia juga akan semakin dikenal di dunia.

Mereka akan mengetahui, tentang Indonesia yang memiliki kekayaan dengan barang ekspor yang berkualitas. Hal ini, juga bisa dilakukan dengan menempelkan label berupa Made in Indonesia. Dengan begitu, luar negeri akan tahu bahwa itu barang atau produk yang berasal dari Indonesia.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Negara yang Lain

Bentuk kerjasama yang dapat cukup baik terjalin dengan negara lain adalah dengan kegiatan ekspor. Berawal dari hubungan ekspor dan impor antar negara, akan memungkinkan untuk melakukan kerja sama di bidang lainnya. Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan bagi kedua negara.

5. Dapat Menghindari Kompetisi Dalam Negeri

Kompetisi atau persaingan antar bisnis, memang bukan hal rahasia lagi. Tentunya, ada saja persaingan antar bisnis dalam suatu bidang. Nah, dengan adanya ekspor akan dapat menghindari kompetisi yang terlalu ketat dalam negeri. Dengan begitu juga akan membuat banyak usaha bisa berkembang dengan baik.

Produk Peluang Usaha Ekspor yang Menjanjikan

Kegiatan ekspor, memang memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Dimana, di Indonesia sendiri memiliki berbagai keragaman yang bisa diKelola lebih baik lagi. Nantinya, akan bisa diperjual belikan di pasar global. Dengan begitu akan mendapatkan keuntungan yang semakin besar.

Selain keuntungan ada banyak hal yang bisa didapatkan seperti merk yang semakin dikenal. Nah, berbagai produk yang sangat berpeluang untuk bisa mendapat profit dan diterima pada pasar global ada banyak sekali. Adapun berikut beberapa produk peluang usaha ekspor yang cukup menjanjikan:

1. Rempah-rempah

Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa Indonesia ini memiliki berbagai kekayaan untuk jenis rempah-rempah. Dimana, Indonesia memiliki rempah-rempah yang berlimpah. Menjual rempah-rempah ke luar negeri merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Diketahui bahwa dahulu bangsa Portugis serta Belanda sangat mengincar rempah-rempah. Dimana, rempah tersebut menjadi suatu buruan untuk negara yang ada di Eropa. Sebenarnya, Indonesia sekarang masih melakukan ekspor rempah ke banyak negara di berbagai benua.

Namun, tidak menutup kemungkinan agar bisa mengembangakan usaha suplay rempah lebih banyak lagi ke luar negeri. Terdapat jenis rempah yang banyak dilakukan ekspor yakni cengkeh, kunyit, bunga pala, dan kayu manis. Selain itu, ada beberapa lagi yang menjadi andalan.

2. Kayu

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia ini memiliki banyak hutan, yang mana memiliki banyak kekayaan di dalamnya. Salah satunya adalah berbagai jenis kayu. Komoditas ekspor yang cukup memiliki peluang usaha ekspor adalah kayu.

Produk hutan yang satu ini sangat berguna di berbagai negara yang membutuhkan kayu. Pasalnya, kayu di Indonesia ini memiliki kualitas yang baik. Kebutuhan kayu ini dimanfaatkan untuk dibuat berbagai hal.

3. Ikan dan Produk Olahan Ikan

Seperti yang diketahui bahwa negara Indonesia ini merupakan maritim, yang mana memiliki banyak sekali pulau dan daerah perairan yang luas. Untuk itu, terdapat banyak keragaman ikan yang jadi salah satu komoditas ekspor menjanjikan.

Menjadi komoditas yang sangat berpeluang, sebab produk hasil laut di Indonesia terkenal mempunyai kualitas yang baik. Ada banyak jenis ikan untuk di ekspor. Mulai dari ikan Kakap, ikan Tenggiri, ikan Sarden, ikan tuna, ikan Mahi-mahi, dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk negara yang dituju dari ekspor ini adalah Hingkong, Jepang, Amerika, Vietnam, Spanyol, dan Kanada. Selain itu juga ke Malaysia, Korea Selatan, Tiongkok, serta Singapura.

4. Kopi

Indonesia memang memiliki kekayaan yang bisa dijadikan peluang usaha ekspor yang menjanjikan. Dimana, Indonesia ini telah lama melakukan ekspor untuk komoditas jenis kopi yang mempunyai kualitas yang bagus. Ada beberapa contoh kopi yang cukup famous di mancanegara adalah Kopi Gayo.

Produk kopi asal Aceh ini telah dikenal dunia dengan cita rasa yang unik dan khas. Tidak hanya itu, ada banyak kopi lain seperti Kopi Toraja dan lainnya. Tentunya, melakukan ekspor pada produk kopi ini cukup berpeluang.

Terlebih lagi, Indonesia sudah memiliki nama akan produk kopinya yang berkualitas dan enak. Biasanya, negara tujuan kopi ini ke Spanyol, Brazil, Argentina, Turki dan India. Selain itu, ke Thailand, Amerika Serikat, Pakistan, Brazil, Italia, Iran, Bangladesh, dan Sri Lanka, Mesir, serta Jepang.

5. Minyak Kelapa Sawit

Minyak dari kelapa sawit juga jadi produk andalan Indonesia untuk melakukan ekspor. Minyak dari kelapa sawit ini memang memiliki banyak sekali kegunaan mulai dari kosmetik, biodiesel, bahan makanan, hingga produk kebersihan. Biasanya produk minyak sawit diekspor ke Singapura, Vietnam, Pakistan, India, Jerman, Spanyol, Iran Amerika Serikat, Turki, Rusia, dan lainnya.

6. Kakao

Selain dari Kelapa Sawit, ada juga Kakao yang menjadi andalan Indonesia untuk melakukan ekspor dan juga cukup memiliki peluang usaha ekspor. Pasalnya Kakao ini atau yang dikenal dengan Coklat, bisa dijadikan bahan makanan maupun minuman olahan. Biji Kakao memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Hal itulah yang menjadi incaran luar negeri untuk mendapatkan biji Kakao. Dengan begitu, Indonesia cukup berpeluang untuk memasarkan Kakao di luar negeri. Adapun, negara yang dituju yakni China, Singapura, India, Malaysia, Filipina, Kanada, Jerman, Inggris, Belanda dan lainnya.

7. Kulit

Seperti yang diketahui Indonesia punya banyak keragaman yang ada di dalamnya. Hal itu, juga mencakup hewan yang memiliki banyak sekali jenisnya yang hidup di Indonesia. Hewan-hewan tersebut juga menjadi suatu komoditas Indonesia yang di jual ke luar negeri.

Namun, khusus untuk bagian kulit saja dan hanya hewan tertentu saja yang dibolehkan untuk diambil kulitnya. Hewan tersebut misalnya Sapi.

Indonesia merupakan salah satu eksportir untuk kulit Sapi ke berbagai negara. Adapun negaranya yakni Jepang, Spanyol, Norwegia, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Arab, Jerman, India dan lainnya.

8. Batu bara

Negara Indonesia memang menyimpan banyak sekali kekayaan di dalamnya, yang salah satunya adalah Batu bara memiliki peluang usaha ekspor cukup menjanjikan. Indonesia mempunyai cadangan batubara berlimpah dengan kualitas bagus. Ada banyak perusahaan tambang di luar Jawa yakni Sulawesi, Kalimantan, serta Sumatera. Untuk negara yang dituju pun ada banyak.

9. Alas Kaki

Tidak hanya pada sektor perkebunan serta pertambangan. Di Indonesia juga memiliki banyak sekali produk industri yang sangat berpeluang melakukan ekspor ke luar negeri. Salah satunya adalah produk alas kaki berupa sandal maupun sepatu.

Adapun jenis bahan untuk alas kaki tersebut, mulai dari karet, kain, bahan kulit dan lainnya. Bahkan, ada juga produk alas kaki yang khusus dibuat untuk difabel.

Alas kaki dari Indonesia juga terkenal akan kualitasnya yang baik. Nah, untuk negara yang dituju tersebut seperti Korea Utara, Thailand, jerman, Swis, Inggris, Prancis, Hongkong, Meksiko, Malaysia, Cina, Amerika dan lainnya.

10. Obat-obatan Herbal

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan dengan khasiat yang bermacam-macam. Hal itulah yang bisa menjadi peluang usaha ekspor yang cukup menjanjikan. Dimana, Indonesia mempunyai khas untuk racikan obat dengan bahan dasar dari tumbuhan berkhasiat.

Hal itu, juga cukup terkenal di luar negeri. Obat-obatan herbal yang diwariskan dengan turun temurun, membuat kualitasnya tidak diragukan lagi.

Indonesia sendiri telah beberapa yang melakukan ekspor untuk bidang yang satu ini. Sebagai warga Indonesia, juga bisa terus mengeksplor obat-obatan herbal yang dibutuhkan luar negeri.

11. Suku Cadang

Indonesia memang bukan menjadi produsen otomotif. Tetapi, Indonesia memiliki peran yang penting dalam memproduksi suku cadang dengan kualitas bagus. Suku cadang ini bisa menjadi peluang usaha ekspor ke luar negeri. Adapun negara tujuannya yakni Amerika Serikat, Belanda, Italia, Jepang serta Inggris.

12. Udang dan Lobster

Wilayah perairan di Indonesia memang sangatlah luas, dimana ada banyak hasil laut yang menjadi peluang usaha ekspor Indonesia. Salah satunya adalah Lobster serta Udang.

Bahkan, di Asia Tenggara, Indonesia merupakan eksportir Udang serta Lobster paling besar dan berkualitas terbaik di dunia. Paling banyak Lobster serta Udang ini di ekspor ke Amerika, Jepang dan masih banyak lainnya.

13. Kayu Manis

Perkebunan di Indonesia memang ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan yang sangat penting. Dimana, hal itu dapat menjadi suatu peluang usaha dalam kegiatan ekspor. Salah satunya adalah kayu manis yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tercatat bahwa per tahunnya Indonesia mengekspor 100 ribu metrik ton. Bahkan, Indonesia telah menguasai pasar pada Kayu Manis sekitar 35 persen. Untuk negara tujuannya pun telah di ekspor ke banyak negara. Mulai dari AS, Dubai, Malaysia, Singapura dan masih banyak lagi.

14. Kolang-kaling

Bahan makanan kolang kaling juga ternyata banyak diminati oleh orang-orang luar. Selain dijadikan bahan makanan, kolang kaling juga dijadikan sebagai bahan kosmetik serta obat-obatan. Hal ini dikarenakan kandungan dari kolang kaling yang memiliki kaya vitamin serta mineral.

Kolang kaling juga memiliki khasiat penting dalam penyembuhan untuk pencegahan osteoporosis, penuaan dini, memperlancar pencernaan dan lainnya. Untuk komoditas kolang kaling ini di jual ke banyak negara. Mulai dari Australia, Arab Saudi, hingga negara-negara di Eropa.

15 Cincau

Bahan makanan dan minuman berupa cincau juga menjadi salah satu peluang usaha ekspor. Dimana, cincau ini bisa dijadikan sebagai minuman maupun makanan. Sekarang juga telah banyak cincau yang dikemas dalam produk kemasan praktis, sehingga mudah untuk dikonsumsi. Cincau menjadi peluang untuk ekspor, dengan peminat yang cukup banyak di beberapa negara.

16. Tekstil

Salah satu peluang usaha ekspor yang cukup menjanjikan dari Indonesia adalah komoditas tekstil. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan yang cukup pesat industri di bidang tekstil di Indonesia. Terdapat banyak merek di Indonesia yang sudah memiliki tempat di hati orang-orang luar negeri akan kualitasnya.

Dengan begitu, akan menjadi sebuah peluang bagi para pebisnis yang akan melakukan ekspor tekstil ini. Biasanya negara tujuan untuk menjual tekstil ini ada Jerman, Italia, Amerika Serikat, Prancis, serta Arab Saudi. Selain itu juga ke Meksiko dan juga Belanda.

17. Kerajinan Tangan

Selain kekayaan alam yang banyak, Indonesia juga terkenal akan produk kerajinan tangan. Dimana, komoditi ini menjadi peluang yang cukup besar. Mengingat Indonesia ini memiliki sumber daya yang kreatif, dengan menciptakan berbagai inovasi produk yang memiliki nilai jual serta estetika.

Misalnya seperti tas rajutan, yang cukup banyak peminatnya di luar negeri. Selain itu, ada hiasan dinding, gantungan dan berbagai pernak Pernik dan barang terapan yang memang cukup menarik pembeli. Indonesia juga telah melakukan ekspor produk kerajinan tangan ke berbagai negara.

18. Minyak Atsiri

Selain minyak kelapa sawit, minyak Atsiri juga menjadi peluang usaha ekspor yang menjanjikan. Dimana, minyak Atsiri ini berasal dari tumbuh-tumbuhan yang memang hidup di Indonesia.

Terdapat beberapa tumbuhan yang menghasilkan minyak Atsiri yakni Sirih, Cengkeh, Akar wangi, daun nilam, gandapura dan lainnya. Minyak Atsiri ini memiliki berbagai kegunaan yang juga dibutuhkan luar negeri.

Misalnya untuk obat-obatan, relaksasi dan masih banyak lagi. Indonesia telah melakukan ekspor untuk komoditi yang satu ini ke berbagai negara tujuan.

19. Batik

Seperti yang diketahui bahwa Indonesia memiliki Batik sebagai kain yang bernilai dan itu sudah diakui oleh seluruh dunia. Hal tersebut jadi peluang usaha untuk kegiatan ekspor yang cukup banyak peminatnya.

Sebenarnya, Indonesia sendiri telah melakukan ekspor kain batik sejak lama, ke berbagai negara tujuan. Batik ini memiliki berbagai motif dan warna yang menarik sesuai dengan masing-masing daerah.

Kain batik juga dibuat dalam berbagai barang terapan seperti baju, celana, rok, tas dan berbagai aksesoris lainnya. Beberapa negara tujuan seperti Srilanka, India, Malaysia, Thailand dan lainnya.

20. Kain Tradisional

Selain batik, peluang usaha ekspor Indonesia yang menjanjikan ada kain tradisional. Tidak jarang setiap daerah di Indonesia punya kain khas tradisional yang unik dan menarik.

Berbagai kain tradisional tersebut, dapat menjadi peluang yang mana memiliki banyak peminatnya. Misalnya kain tradisional berupa tenun yang memiliki khas tersendiri oleh buatan tangan manusia.

Tercatat bahwa ekspor kain tenun Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan permintaan pasar. Kualitas dari kain tenun dan kain tradisional lainya juga menjadi faktor banyaknya peminat. Adapun negara tujuan dari ekspor ini seperti Amerika Serikat, Jepang, Belanda dan lainnya.

21. Bulu Mata Palsu

Berbagai peluang ekspor Indonesia juga ada di banyak bidang yang salah satunya adalah bulu mata palsu. Dimana, produk bulu mata palsu ini telah banyak diproduksi dan dipasarkan ke berbagai negara.

Produk bulu mata Indonesia juga terkenal dengan kualitas terbaik. Bahkan, ekspor bulu mata mengalami lonjakan kenaikan sejak beberapa tahun terakhir.

Volume ekspor bulu mata yang tinggi membuat semakin berkembang industri bulu mata. Bahkan, tercatat pada BPS Indonesia merupakan negara terbesar dalam eksportir bulu mata palsu. Negara yang dipasok antara lain Jerman, Korea, Malaysia, China, Afrika Selatan, Prancis dan lainnya.

22. Sambal

Orang Indonesia dikenal dengan selera pedas yang tinggi. Selain itu, di Indonesia juga memiliki banyak petani cabe. Setiap daerah di Indonesia mempunyai sambal khas dengan cita rasa yang mantap.

Pecinta sambal juga tidak hanya ada di warga Indonesia saja, melainkan banyak negara lain yang menyukainya. Hal ini, menjadi suatu peluang usaha ekspor yang cukup menjanjikan.

Produksi sambal bisa dilakukan dengan berbagai varian yang dikemas sedemikian rupa.

Sebenarnya Indonesia sendiri juga telah beberapa kali melakukan ekspor sambal ke luar negeri dengan hasil yang positif. Bahkan, terdapat kontrak untuk memasok saus sambal serta saus tomat untuk negara China. Selain itu juga ada di beberapa negara lainnya.

23. Kerupuk dan Bawang Goreng

Peluang ekspor makanan yang ada di Indonesia tidak sampai disitu saja. Bahkan kerupuk juga memiliki banyak peminta di berbagai negara. Dimana, kerupuk di Indonesia memiliki banyak sekali varian dengan berbagai rasa serta bentuk.

Kerupuk Indonesia punya cita rasa yang unik serta lezat. Sehingga, banyak orang luar negeri yang berminat. Bahkan, ekspor untuk kerupuk serta bawang goreng mengalami peningkatan di berbagai restoran negara lain.

Mulai dari Malaysia, Vietnam, Kanada, Tiongkok, Thailand dan lainnya. Selain itu, peminat bawang goreng juga sama banyaknya seperti Kerupuk. Terdapat keunggulan dari cita rasa kuliner yang ada di Indonesia, memiliki kesan yang khusus bagi masyarakat Kanada.

24. Bubur Kayu (Pulp)

Siapa yang tidak tahu, bahwa bahan dasar kertas adalah kayu? Tentu hal tersebut sudah tidak asing lagi. Pasalnya disekolah tentu diajarkan mengenai pengelolaan kertas yang ternyata memiliki bahan dasar dari kayu. Nah, dimana kayu ini akan diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan kertas.

Adapun, salah satu bagian prosesnya adalah kayu dibuat menjadi bubur kayu. Nah, di Indonesia ini melakukan kegiatan ekspor berupa bubur kayu atau pulp. Hal ini jadi peluang usaha ekspor, mengingat Indonesia memiliki hutan dengan berbagai kayu yang bisa diolah. Ada berbagai negara yang telah dilakukan ekspor oleh Indonesia.

25. Perhiasan

Seperti yang diketahui bahwa tanah Indonesia menyimpan banyak sekali kekayaan. Salah satunya adalah mineral yang ada di dalamnya seperti emas, perak, tembaga, dan lainnya. Indonesia memiliki komoditi ekspor berupa perhiasan ke berbagai negara.

Perhiasan di Indonesia memiliki kualitas yang baik dengan berbagai bentuk serta varian yang cantik. Banyak negara yang menjadi sasaran untuk penjualan perhiasan tersebut. Mulai dari Singapura, Swiss, Jepang, Taiwan, Hongkong dan lainnya.

26. Batu permata

Selain logam berupa perak atau emas, Indonesia juga melakukan ekspor berupa batu permata. Batu permata yang dihasilkan tersebut biasanya dipasang pada perhiasan yang akan membuat tampilan perhiasaan semakin cantik dan bernilai. Di Alam Indonesia banyak sekali ditemukan batu permata yang indah.

Hal inilah yang menjadi peluang usaha ekspor menjanjikan. Selain untuk perhiasan, batu permata juga bisa dijadikan sebagai sebuah hiasan estetik dan lainnya dengan nilai yang berharga. Ada banyak negara tujuan untuk melakukan ekspor batu permata ini. Mulai dari Arab, Singapura, Hongkong dan lainnya.

27. Karet dan Produknya

Indonesia memiliki perkebunan karet yang cukup luas serta tersebar di banyak wilayah Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika Indonesia ini telah dinobatkan sebagai penghasil karet terbesar setelah Thailand. Hal ini, menjadi peluang usaha ekspor yang cukup menjanjikan.

Karet ini terkadang diekspor dalam bentuk asli dan juga produk turunannya. Karet memiliki banyak sekali kegunaan untuk dibuat berbagai barang terapan yang dibutuhkan manusia.

Tentunya, untuk negara yang tidak menghasilkan karet ini menjadikan karet sebagai barang mahal yang perlu didapatkan. Misalnya untuk produk rumah tangga, bahan kemasan, produk kesehatan, bahan konstruksi, dan lainnya.

Indonesia sendiri telah melakukan ekspor karet ke banyak negara. Adapun negara tujuannya seperti Taiwan, Italia, Belgia, Mesir, Arab, Korea Selatan, Jepang, Belanda dan lainnya.

28. Furniture

Produksi kayu yang banyak di Indonesia, membuat banyak sekali produk dari kayu yang dijadikan furniture. Dimana, furniture yang terkenal di dunia ada mebel, kursi dan lainnya. Kualitas mebel Indonesia memiliki kualitas yang terbaik.

Misalnya mebel dari Jepara yang memiliki khas, sehingga dihargai mahal oleh luar negeri. Adapun peluang usaha ekspor ikan ke negara Inggris, Perancis, Belanda dan Spanyol. Selain itu juga dipasok ke Amerika Serikat, Australia dan banyak lagi.

Itulah tadi, mengenai beberapa peluang usaha ekspor Indonesia ke luar negeri yang menjanjikan. Tentunya, kegiatan ekspor tersebut sangatlah memberikan untung kepada negara Indonesia maupun pelaku bisnis di dalamnya.

Ada banyak produk, mulai dari bahan mentah sampai bahan jadi untuk bisa dikelola dengan baik. Dengan begitu, nantinya dapat menarik minat pembeli luar negeri.

Alhasil, akan mendapat banyak profit yang di dapat dan akan meraih peluang pangsa pasar yang lebih besar serta luas. Tentunya, sebelum melakukan ekspor tersebut seseorang perlu memiliki kajian serta skill yang diperlukan.