free page hit counter
Barang Indonesia yang Laku di Luar Negeri. | via goodscoop.id
Barang Indonesia yang Laku di Luar Negeri. | via goodscoop.id

12 Barang Indonesia yang Laku di Luar Negeri dengan Potensi Buyer WNI & WNA

Artikel diperbarui pada 11 Agustus 2022.

Apa saja barang Indonesia yang laku di luar negeri? Dengan mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, akan ada banyak peluang ekspor yang bisa kamu dalami. Target pemasaran barang-barang dari Indonesia tersebut antara lain Eropa, Australia, Amerika, dan Timur Tengah. Negara-negara dengan jumlah WNI paling banyak merupakan peluang ekspor paling baik di depan mata.

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian masyarakat Indonesia menganggap barang produk dalam negeri tidak memiliki nilai dan kualitas. Sebagian justru lebih bangga dan percaya dengan produk yang berasal dari luar negeri. Padahal banyak sekali barang Indonesia yang laku di luar negeri.

Bisa jadi ketika jalan-jalan ke luar negeri, souvenir yang di beli di sana adalah produk Indonesia. Hal ini mengingat banyak produk souvenir negara tertentu justru dipesan dari Indonesia. Beberapa merk Indonesia bahkan sangat terkenal di luar negeri.

Mencintai negara Indonesia salah satunya diwujudkan dengan mencintai produk dalam negeri. Jangan sampai warga asing justru lebih menghargai produk dari Indonesia. Apa saja barang Indonesia yang laku di luar negeri dan jadi primadona di sana?.

1. Indomie – Barang Indonesia yang Laku di Luar Negeri

Siapa yang tidak kenal merk mie instan yang satu ini?. Bertahan di beberapa generasi sebagai mie instan paling favorit di Indonesia, nyatanya di luar negeri pun Indomie menjadi makanan yang sangat disukai dan laku keras. Bisa dikatakan bahwa Indomie adalah barang Indonesia yang laku di luar negeri.

Merk mie instan memang banyak, tetapi Indomie bertahan sebagai pilihan nomor satu di tengah gempuran saingannya. Di luar negeri, barang asli dari Indonesia bisa ditemukan di berbagai supermarket. Kebanggan tersendiri bagi Indofood tentunya.

2. Batik – Produk Indonesia Paling Laku di Eropa dan Amerika

Kain bercorak yang memiliki daya seni tinggi telah digandrungi masyarakat mancanegara. Bahkan UNESCO sudah menjadikan kain batik peninggalan budaya Indonesia pada tahun 2009. Hal ini menunjukkan nilai batik yang sangat tinggi.

Masyarakat dunia telah memakai batik sejak lama. Bahkan banyak artis dan desainer internasional yang memakai tema batik dalam rancangannya. Di luar negeri, harga selembar kain batik bisa mencapai nilai fantastis.

3. Kopi Kapal Api – Jadi Favorit WNI di Luar Negeri

Produk kopi instan dengan  gambar yang ikonik yaitu sebuah kapal api ini merupakan barang Indonesia yang laku di luar negeri berikutnya. Terkenal dengan aroma robusta nya yang khas, kopi Kapal Api memang sangat memanjakan lidah penyuka kopi.

Produk kopi dengan gula ini tentu bisa disejajarkan dengan kopi hasil racikan café. Terbukti dengan tingginya permintaan pasar luar negeri terhadap produk ini. Hal ini menunjukkan kecintaan dunia internasional terhadap kopi buatan Indonesia.

4. J.CO Donuts – Produk Makanan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Berawal dari sebuah gerai di Supermal Karawaci, Tangerang di tahun 2005, kini J.Co Donuts telah merambah dunia. Warga Indonesia bahkan sempat mengira bahwa ini adalah produk donat luar negeri di saat pertama merk ini diluncurkan.

Namanya kini dapat disandingkan dengan aneka merk donat yang memang berasal dari luar negeri. Kini J.CO Donuts hadir di berbagai negara melalui berbagai cabang dan jadi sahabat minum kopi atau teh di berbagai wilayah di dunia.

5. Nutrisari – Minuman Indonesia yang Disukai di Musim Panas

Siapa sangka jika minuman serbuk rasa jeruk ini bisa menjadi barang Indonesia yang laku di luar negeri? Jus jeruk menjadi minuman favorit di berbagai negara. Nutrisari yang menyediakan produknya dalam bentuk serbuk instan dianggap sangat praktis.

Hadir sejak tahun 1970, Nutrisari mengemas produknya dengan sangat profesional. Walau berupa serbuk instan namun minuman ini bebas dari pengawet. Ini adalah satu alasan produk ini sangat laku di luar negeri.

6. Tolak Angin – Produk Barang Asli Indonesia yang Laku di Eropa

Penyakit tolak angin memang disebut-sebut sebagai penyakit yang hanya ada di Indonesia. Namun siapa sangka produk obat Tolak Angin justru laku keras di luar negeri dan bahkan bisa menembus pasar Amerika Serikat, Arab Saudi dan Inggris?.

Produk herbal yang sudah mendapat izin dari BPOM ini memang sangat ampuh mengatasi penyakit masuk angin. Bisa jadi pada awalnya produk ini diminati warga Indonesia di luar negeri kemudian dikenalkan pada warga asli di sana.

7. Polygon – Produk Sepeda Ini Laris di Berbagai Negara

Selain dari segmen makanan, barang Indonesia yang laku di luar negeri juga ada yang berasal dari jenis sepeda. Sepeda merk Polygon yang merupakan produk asli Indonesia kini telah hadir di 33 negara. Polygon dapat ditemui di 300 gerai yang ada disana.

Dengan konsep sepeda yang otentik, inovatif dan berkualitas, Polygon sukses meraih perhatian dari warga dunia yang memiliki hobi bersepeda. Sepeda ini hadir dengan aneka model yang sesuai dengan kebutuhan peminatnya.

8. Lea – Produk Asli Indonesia yang Disangka Buatan Luar Negeri

Jeans merk Lea awalnya disangka merupakan produk luar negeri. Tak disangka produk yang hadir sejak tahun 1972 memang memiliki pangsa pasar yang besar di luar negeri. Kualitas produk dengan jahitan yang halus namun kuat adalah nilai lebih produk Lea.

Desain jeans yang selalu up to date membuat para penyuka celana jeans di luar negeri jatuh cinta pada produk asli Indonesia ini. Tak heran sejak awal diperkenalkan, Lea langsung mendapat tawaran untuk dipasarkan di luar negeri.

9. Terry Palmer – Produk untuk Hotel Bintang Lima Favorit Hotel

Indonesia memiliki satu produk handuk yang sudah mendunia dan digunakan di berbagai hotel berbintang lima. Produk handuk Terry Palmer yang diproduksi di sebuah pabrik di Tangerang ini menjadi primadona di luar negeri mengalahkan produk sejenis.

Selain digunakan di berbagai hotel bintang lima, handuk Terry Palmer sukses menembus pasar di Jepang, Amerika Serikat, Australia hingga merambah ke benua Eropa. Hal ini sangat mengagumkan dan sekaligus membanggakan bagi Indonesia.

10. Bagteria – Barang Rajut Indonesia yang Laku di Luar Negeri

Dari dunia fashion, hadir sebuah produk asli Indonesia yang sudah mendunia yaitu produk tas Bagteria. Diciptakan pertama kali oleh desainer Nancy Go dengan teknik rajut yang eksklusif, tas ini kini dimiliki banyak artis dan sosialita kelas dunia.

Produk tas yang memiliki karakter dan desain yang unik ini memang diharapkan dapat menembus pasar dunia saat pertama kali diluncurkan. Warga fashion dunia sangat terkesan dengan tas ini hingga langsung menjadi primadona di kalangan sosialita.

11. Permen Kopiko – Permen Kopi yang Diminati di 50 Negara

Kembali ke segmen makanan, kali ini permen Kopiko yang berhasil menembus pasar di kurang lebih 50 negara. Permen legendaris ini ternyata sangat digemari bukan hanya di dalam negeri. Sebuah pencapaian yang luar biasa dari sebuah produk permen kopi.

Permen Kopiko terbuat dari biji kopi asli yang diracik secara pas sehingga aroma kopi nya sangat khas dan memikat. Mengunyah permen Kopiko menjadi salah satu alternatif yang praktis untuk merasakan sensasi minum kopi di mana saja ketika sedang ngantuk.

12. Kacang Dua Kelinci – Produk Makanan Indonesia yang Laris di Luar Negeri

Cemilan yang selalu hadir di banyak acara ini memang sangat digemari di berbagai negara. Kacang Dua Kelinci diproses sedemikian rupa sehingga kadar minyaknya berkurang dan aman bagi penderita kolesterol.

Hadir dengan berbagai variasi dan kemasan yang menarik, kacang ini laku di pasar luar negeri. Bahkan Dua Kelinci menghadirkan rasa jeruk purut yang sangat khas Indonesia. Cemilan ini selalu hadir menemani saat santai atau saat berkumpul bersama teman.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat mengenai barang Indonesia yang laku di luar negeri dan tidak disangka-sangka oleh warga Indonesia sendiri. Bagi para pelancong yang sering ke luar negeri sudah pasti tahu beberapa merk di atas yang bisa ditemukan di berbagai supermarket dunia.

Artikel Lainnya Terkait Jualan Online ke Luar Negeri: