free page hit counter
Peluang Usaha Ekspor dengan 20 Produk Paling Laku di Luar Negeri
Peluang Usaha Ekspor dengan 20 Produk Paling Laku di Luar Negeri. | via goodscoop.id

Peluang Usaha Ekspor: Ini 20 Produk Paling Laku di Luar Negeri

Artikel diperbarui pada 7 Desember 2022.

Ada berbagai peluang usaha ekspor yang bisa kamu tekuni. Kalau kamu tinggal di Indonesia, setidaknya ada 20 produk paling laku di luar negeri dan paling diminati yang berasal dari Nusantara. Simak rekomendasi produk-produk ekspor terbaik di sini dan ke negara kamu sebaiknya mengekspor produk tersebut.

Sebagai pelaku UMKM, kamu bisa jualan online ke luar negeri melalui platform dagang-el di 5 negara. Peluang usaha ekspor dari Indonesia paling besar ada di negara-negara tujuan di Asia. Negara tersebut antara lain:

  1. Brunei Darussalam
  2. Malaysia
  3. Taiwan
  4. Singapura
  5. Hong Kong

Tapi kalau kamu memilih untuk jualan di pasar internasional dan memajang produk di marketplace luar negeri seperti Amazon, eBay, Shopify, dan Etsy, pun tak ada salahnya.

Kuncinya, kamu harus memahami produk apa yang laku diekspor dari Indonesia ke luar negeri.

Kebutuhan tiap negara berbeda. Oleh sebab itu, kenali dulu produk atau komoditi apa yang diperlukan di negara target kamu.

Jualan Online ke Luar Negeri dari Indonesia

Jualan Online di Instagram
Kelebihan dan kekurangan jualan online di Instagram

Pelkuang usaha ekspor dari Indonesia adalah menjual barang yang beraneka ragam. Namun, jualan online ke luar negeri harus memperhatikan beberapa produk yang potensial.

Pasalnya setiap negara memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Itulah gunanya kamu harus memiliki pengetahuan terkait pasar yang akan kamu tuju.

Kamu bisa membidik barang ingin kamu jual agar tepat sasaran. Biasanya generasi sekarang lebih kreatif sehingga bisa menghasilkan benda yang unik dan menarik. Kamu bisa jualan barang apa saja ke luar negeri.

Namun,  ada beberapa produk selama ini berpotensi tinggi ketika dijual di luar negeri, yaitu:

  1. Kulit dan produk kulit
  2. Peralatan medis
  3. Tanaman obat
  4. Makanan olahan
  5. Minyak atsiri
  6. Ikan da produk kelautan
  7. Kerajinan tangan
  8. Perhiasan
  9. Rempah-rempah
  10. Peralatan kantor

Sedangkan untuk barang komoditas yang bisa kamu jual ke luar negeri antara lain;

  1. Bahan bakar mineral
  2. Lemak dan minyak hewan atau minyak nabati
  3. Kendaraan dan spare-parts
  4. Perhiasan atau permata
  5. Alas kaki
  6. Barang-barang rajutan
  7. Bijih, kerak, dan abu logam
  8. Bubur kayu atau pulp
  9. Berbagai makanan olahan
  10. Kapal, perahu, dan struktur terapung

Peluang Usaha Ekspor: Siap Jualan Online ke Luar Negeri?

Kunci sukses jualan ke luar negeri dan memanfaatkan peluang usaha ekspor adalah memahami jenis barang yang kamu jual dan pasar yang kamu tuju.Cara kamu jualan online ke luar negeri bisa saja beragam. Tapi, akan lebih baik kalau kamu memiliki website sendiri untuk toko online kamu.

Pasalnya, sudah banyak kasus dimana marketplace tempat kamu menjual produk malah akan mengambil pasar yang kamu ciptakan. Praktek semacam ini disebut dengan data mining.

Cara kerjanya, marketplace memiliki data tentang produk atau jasa apa yang paling laku di marketplace mereka. Selanjutnya, mereka menciptakan produk dan jasa yang sama, dan menawarkan produk mereka sendiri ke pelanggan.

Pada akhirnya, marketplace tersebutlah yang akan menjual barang kamu dan kamu sendiri akan dirugikan. Inilah kelemahan jualan online ke luar negeri menggunakan marketplace.

Kebanyakan pelanggan tahunya mereka membeli barang dari Amazon, eBay, atau Etsy. Mereka tidak mengenal toko kamu. Pelanggan hanya memahami bahwa mereka bertransaksi dengan Amazon, Shopify, dan Etsy.

Oleh sebab itu, sekali lagi, akan lebih baik kalau kamu membuat toko online sendiri dan mulai jualan online ke luar negeri dengan menggunakan nama brand toko kamu sendiri. Jangan sampai kamu melewatkan peluang usaha ekspor barang dari Indonesia. Manfaatkan kesempatan ini dengan menjual barang-barang yang paling diminati di luar negeri.

Artikel Lainnya Terkait Peluang Usaha Ekspor: