free page hit counter
aplikasi jualan online ke luar negeri

8 Aplikasi Jualan Online ke Luar Negeri dengan User Terbanyak [+Tips]

Artikel diperbarui pada 10 Agustus 2022.

Beberapa aplikasi jualan online ke luar negeri yang direkomendasikan bagi seller di Indonesia adalah Amazon, eBay, Etsy, Alibaba, dan berbagai platform aplikasi lainnya. Temukan rekomendasi aplikasi untuk ekspor barang ke luar negeri dan tips ekspor produk ke luar negeri di sini serta produk Indonesi paling diminati di luar negeri.

Jualan sampai ke luar negeri mungkin menjadi dambaan setiap pengusaha. Perkembangan teknologi dan internet akan sangat berpengaruh terhadap aktivitas tersebut. Salah satu produk teknologi tersebut yakni aplikasi. Lantas, apa saja marketplace atau aplikasi jualan online ke luar negeri yang bagus untuk jualan?

Melalui marketplace internasional, seseorang akan mudah dalam mengembangkan jualannya hingga ke seluruh dunia. Kemudahan ini harus dimanfaatkan dengan baik. Semakin besar cabang penjualan maka dapat dipastikan akan semakin banyak juga pendapatan atau keuntungan yang bisa didapatkan.

Aplikasi Jualan Online ke Luar Negeri

Saat ini banyak marketplace atau aplikasi yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menjual barang dagangannya. Sebelum menjual, biasanya penjual wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Apa saja aplikasinya? Berikut beberapa marketplace atau aplikasi jualan online ke luar negeri untuk referensi:

1. Amazon – Marketplace Terbesar di Dunia

Aplikasi jualan online ke luar negeri pertama yakni Amazon. Marketplace ini merupakan satu dari banyaknya pasar online atau e-commerce paling besar di Amerika Serikat serta dunia. Lebih dari 5 juta penjual di berbagai belahan dunia telah menjual barangnya di sini.

Sudah lebih dari 197 juta pengguna juga telah menjelajahi pasar online ini untuk membeli barang. Para pembeli akan mudah mendapatkan barang kebutuhannya karena ada ribuan jenis produk yang dijual di sini.

Baca Juga: Cara Jualan di Amazon: Langkah & Pilihan Produk Paling Laku

2. Walmart – Aplikasi Jualan Online ke Luar Negeri Paling Efisien

Tidak jauh berbeda dengan Amazon, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk jual beli berskala internasional. Pasar ini cukup ideal untuk pedagang kalangan menengah atas untuk meningkatkan skala penjualannya. Untuk bisa bergabung jualan di sini, pengguna harus memenuhi syarat-syarat terlebih dahulu.

Aplikasi ini cukup efisien untuk berjualan produk-produk ekspor dari beberapa negara berkembang. Ada lebih dari 110 pembeli setiap bulannya yang bisa diberikan penawaran pedagang. Karena marketplace ini berskala internasional, maka tentu saja peluang keuntungan juga akan lebih tinggi.

3. Etsy – Cocok untuk Produk Kreatif dan Vintage

Pernah membeli barang atau produk melalui marketplace Etsy? Selain melakukan pembelian, pengguna juga dapat menjual barang dagangannya di sini. Aplikasi jualan online ke luar negeri ini sangat cocok dimanfaatkan oleh seseorang yang memiliki usaha vintage baik skala kecil atau besar.

Para penjual bebas membuat penawaran sendiri sesuai dengan skil penawaran yang dimiliki. Dengan demikian, penjual bisa menarik pembeli agar bisa menjadi pelanggannya. Ada beberapa hal perlu diperhatikan calon penjual agar bisa bergabung di aplikasi ini.

Baca Juga: Peluang Usaha Ekspor: 25+ Produk Paling Laku di Luar Negeri

4. eBay – Aplikasi Jualan Online ke Eropa dan Jepang

Marketplace ini dirilis sejak tahun 1995 dan semakin besar keberadaannya. Sedikit berbeda dengan yang lainnya, aplikasi ini berguna untuk jual beli barang yang sudah tidak terpakai atau bekas. Marketplace ini sangat cocok digunakan seseorang untuk melelangkan produk-produk mereka.

Walaupun aplikasi ini merupakan tempat untuk jual beli barang bekas, tetapi sangat banyak pembeli yang menggunakan aplikasi ini. Jangan khawatir, marketplace ini menyediakan barang yang masih bagus untuk dipakai. Untuk penjual yang ingin bergabung harus mendaftarkan diri terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Jualan Online ke Luar Negeri Melalui eBay (Panduan Lengkap Terbaru)

5. Rakuten – Aplikasi Jualan Online Internasional untuk Berbagai Produk Mid-End

Marketplace atau aplikasi jualan online ke luar negeri selanjutnya yakni Rakuten. Marketplace ini menyediakan banyak produk baik itu elektronik, peralatan olahraga, kesehatan, kecantikan dan lain-lain. Sudah banyak yang menggunakan marketplace ini untuk membeli barang.

Tidak hanya untuk membeli barang, tempat ini juga bisa untuk jualan barang dengan skala internasional. Dengan menggunakan marketplace Rakuten, seseorang akan memperoleh manager privat atau biasa disebut dengan konsultan Ecommerce. Bagaimana? Tertarik menjual produk di sini?

Baca Juga: 6 Hambatan Bisnis Internasional: Selesaikan Ini Sebelum Mulai

6. Newegg – Platform Ekspor Produk Elektronik

Ingin menjual barang-barang seperti perangkat keras atau barang elektronik tetapi bingung di mana? Newegg adalah jawaban terbaiknya. Sudah lebih dari 40 juta pelanggan dari 20 negara yang menggunakan Newegg untuk melakukan transaksi jual beli.

Banyak yang menjual barang-barang di sini karena keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak. Sebelum melakukan penjualan, pedagang harus memiliki aplikasi Newegg terlebih dahulu. Setelah mengisi data diri dan disetujui, penjual bisa langsung membuat daftar barang dll untuk persiapan penjualan.

Baca Juga: Peluang Usaha Ekspor: Ini 20 Produk Paling Laku di Luar Negeri

7. Depop – Marketplace Barang Bekas Online Internasional

Mirip seperti Ebay, aplikasi ini juga digunakan untuk melakukan jual beli barang bekas secara online berskala internasional. Aplikasi ini mengambil tema pasar komunitas kreatif dengan inspirasi mode. Marketplace ini hanya mengambil 10 persen penjualan yang sudah terselesaikan.

Apa saja yang bisa dijual pada marketplace Depop? Penjual bisa menjual produk-produk seperti aksesoris, tas, pakaian, peralatan rumah tangga dan sebagainya. Sudah banyak orang yang berhasil menjual produk-produk tersebut di aplikasi ini.

Baca Juga: Barang yang Dibutuhkan di Luar Negeri, Biasa Di Dalam, Hebat Di Luar

8. Alibaba – Aplikasi Jualan Online ke Luar Negeri untuk Produk Low-End

Aplikasi jualan online ke luar negeri yang berasal dari China ini sudah sangat terkenal hingga ke seluruh belahan dunia. Marketplace ini akan banyak ditemukan pemasok, pembeli, dan penjual yang melakukan transaksi. Banyak produk yang bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah.

Ada miliaran pengguna yang telah memilih Marketplace berbasis internasional untuk melakukan ekspor impor. Untuk mendapatkan posisi pencarian paling atas memang tidak mudah, apalagi bagi pemula. Para penjual harus sabar, gigih dan telaten agar dalam berniaga di marketplace ini bisa sukses.

Baca Juga: Cara Jualan Online ke Luar Negeri dengan Shopify (Panduan Lengkap)

Tips Sukses Jualan Online ke Luar Negeri Lewat Aplikasi

Tips jualan online ke luar negeri melalui aplikasi
Tips jualan online ke luar negeri melalui aplikasi dan marketplace tenar seperti Amazon. | via goodscoop.id

Setelah mempelajari berbagai aplikasi jualan online ke luar negeri, sekarang waktunya untuk mengetahui tips-tips berjualan. Tips-tips ini sangat penting agar kegiatan berjualan berjalan lancar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips berjualan ke luar negeri:

1. Memahami Cara Pengiriman Produk

Dengan memahami cara pengiriman produk, maka akan memudahkan penjual dalam melakukan penjualan. Untuk bisa mengirim produk ke luar negeri, seseorang biasanya wajib melampirkan beberapa dokumen penting terlebih dahulu. Selain menyiapkan serta melampirkan dokumen-dokumen, penjual harus mengetahui jumlah tarif, jenis kurir, dan durasi pengiriman.

Biasanya tarif pengiriman produk ke luar negeri cukup mahal. Nah, di sini penjual harus pintar-pintar mengatur strategi. Penjual dapat mengirimkan barang secara bersamaan agar tarif bisa lebih murah. Selain itu, penjual juga dapat memakai jasa kargo.

2. Mempunyai Rekening Lintas Negara

Pembeli-pembeli yang ada di marketplace tidak hanya berasal dari 1 negara saja. Mereka berasal dari berbagai belahan dunia sehingga mata uang yang digunakan juga berbeda-beda. Dengan begitu, penjual diharapkan untuk membuat rekening antar negara salah satunya dengan rekening Paypal.

3. Menguasai Bahasa Inggris

Skill ini sangat dibutuhkan penjual ketika terjun ke marketplace yang berskala internasional. Bahasa tersebut merupakan bahasa yang dipakai pembeli untuk membeli barang di marketplace. Dengan Bahasa Inggris seseorang akan mengutarakan atau memesan barang yang diinginkan.

Jika tidak menguasai bahasa tersebut, penjual akan kesulitan mengetahui dan memahami maksud dari pembeli. Saat ini sudah banyak tempat pelatihan untuk meng-upgrade pemahaman bahasa internasional tersebut. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak paham Bahasa Inggris.

Penutup

Itulah aplikasi jualan online ke luar negeri dan tips-tips agar dalam berniaga bisa sukses dan mendapatkan keuntungan. Ada banyak sekali aplikasi atau marketplace internasional yang dapat dipilih penjual untuk memasarkan produknya. Perlu diingat, setiap apk tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Artikel Lainnya Terkait Jualan Online ke Luar Negeri: