free page hit counter
Barang yang Dibutuhkan di Luar Negeri

10 Barang yang Dibutuhkan di Luar Negeri [+Syarat & Cara Ekspor Barang]

Artikel diperbarui pada 11 Agustus 2022.

Apa saja barang yang dibutuhkan di luar negeri? Bagaimana cara kamu ekspor barang dari Indonesia ke luar negeri? Dalam artikel ini, kamu bisa mempelajari syarat ekspor produk Indonesia yang dibutuhkan di luar negeri beserta rekomendasi komoditas maupun produk mentah yang memiliki potensi cuan di pasar internasional.

Kepemilikan sumber daya alam yang melimpah di dunia oleh negara Indonesia, tentu menjadikan negara tersebut sebagai salah satu negara komoditas berbagai barang untuk ekspor ke luar negeri. Berbagai barang yang dibutuhkan di luar negeri banyak berasal dari Indonesia.

Barang-barang yang dibutuhkan juga beragam, seperti makanan, pakaian hingga sumber daya mineral. Informasi mengenai komoditas barang dari dalam negeri yang dapat diekspor ke pasar internasional atau luar negeri tidak jauh dari persyaratan dan cara ekspor barang.

Barang yang Dibutuhkan di Luar Negeri: Kenali Dulu Syarat Ekspor Produk

Kebutuhan barang di luar negeri yang berasal dari Indonesia tentu harus memiliki standar yang didasarkan atas verifikasi dokumen dan persyaratan yang resmi. Terdapat juga proses dan protokol yang harus ditaati. Hal tersebut bertujuan agar aktivitas ekspor-impor dapat sesuai dengan peraturan perdagangan internasional.

Untuk proses ekspor dapat dilakukan apabila pihak pengekspor memiliki salah satu surat izin yang diresmikan oleh pihak pemerintah melalui dinas-dinas tertentu. Terdapat 3 surat penting yang wajib dimiliki oleh pihak pengekspor, yaitu:

  • Dikeluarkan oleh Dinas Perdagangan, yaitu SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.
  • Surat yang dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), yaitu berbagai dokumen izin usaha modal.
  • Dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian, yaitu Surat Izin Industri (SII).

10 Barang dari Indonesia yang Dibutuhkan di Luar Negeri

Setelah mengetahui persyaratan ekspor barang yang dibutuhkan di luar negeri. Masyarakat juga perlu mengetahui jenis barang dari Indonesia yang laku dan menjadi kebutuhan di luar negeri. Terdapat 10 barang yang menjadi kebutuhan luar negeri yang patut diketahui, yaitu:

1. Minyak Olahan

Diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan komoditas minyak olahan dari tumbuhan maupun hewan yang cukup melimpah. Perkebunan kelapa sawit yang dapat dijadikan minyak goreng dan minyak hewani untuk BBM sangat dibutuhkan oleh negara lain.

Maka dari itu, minyak olahan menjadi barang penting yang dibutuhkan oleh negara lain yang mana aktivitas ekspornya semakin banyak. Lalu, tidak dipungkiri bahwa minyak juga menjadi sumber pendapatan ekspor paling vital dari Indonesia.

2. Belut

Siapa yang mengira jika belut merupakan barang yang dibutuhkan di luar negeri. Salah satu UKM di Palembang mengekspor belut hidup ke Tiongkok.

Belut menjadi barang kebutuhan yang cukup penting di negara tersebut. Manfaat belut yang bergizi menjadi salah satu alasan banyaknya permintaan belut dari Tiongkok.

3. Produk Mineral dan Logam

Indonesia juga terkenal dengan sumber daya logam dan mineral, seperti nikel dan alumunium. Maka dari itu, banyak produk logam dan mineral dari Indonesia yang dibutuhkan oleh negara lain sebagai bahan baku industri.

4. Bahan Baku Makanan

Indonesia terkenal dengan berbagai jenis bahan baku makanan, seperti jagung, beras, gandum, kopi hingga teh. Komoditas tersebut menjadi barang yang dibutuhkan di luar negeri dan vital karena berhubungan dengan konsumsi masyarakat.

Indonesia memiliki kualitas bahan baku makanan yang tidak kalah bersaing dengan negara lain, seperti kopi yang mana sudah terkenal dengan kualitas terbaiknya di kancah internasional dan mendapatkan tingkat permintaan yang tidak sedikit dari pasar internasional.

5. Tanaman Sebagai Pajangan

Pasar luar negeri juga membutuhkan produk vegetable plaiting materials atau olahan tanaman dari Indonesia. Produk tanaman ini digunakan sebagai furniture mewah dan eksotis, serta tanaman yang digunakan merupakan tanaman seperti eceng gondok, rotan dan bambu.

6. Daun Pisang

Mungkin kebanyakan orang menganggap bahwa daun pisang tidak memiliki nilai jual yang tinggi. Namun, ternyata daun pisang merupakan barang yang dibutuhkan di luar negeri dan Indonesia menjadi negara pengekspor daun pisang terbanyak.

Contohnya daun pisang di Jepang, yang mana dibanderol dengan harga Rp 300 ribu-Rp 800/lembar. Maka dari itu, daun pisang menjadi salah satu komoditas barang yang sangat penting di pasar internasional.

7. Rambut Manusia

Rambut manusia yang dipotong di salon tidak akan langsung dibuang, melainkan akan digunakan sebagai produk wig yang dapat diekspor ke luar negeri. Indonesia menjadi pengekspor komoditas wig tertinggi di dunia, yang mana konsumennya berasal dari Italia dan Perancis.

Negara-negara penghasil industri fashion dunia tersebut banyak mencari produk wig dari Asia, termasuk Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan wig berwarna hitam yang kualitas terbaik hanya didapatkan di pasar Asia.

8. Sepatu

Barang yang dibutuhkan di luar negeri adalah sepatu atau alas kaki. Diketahui bahwa Indonesia memiliki industri sepatu yang memiliki kualitas terbaik dan dapat bersaing di pasar internasional.

Industri sepatu lokal seperti produk-produk wilayah Bandung dan Bali sangat diminati oleh masyarakat luar negeri. Indonesia memiliki kualitas sepatu yang seharusnya mendapat perhatian lebih dari masyarakat akan kualitasnya.

Bahkan beberapa produk sepatu dalam negeri memiliki kualitas yang jauh lebih bagus daripada kualitas sepatu import. Oleh karena itu tidak heran jika sepatu menjadi komoditas yang sering diekspor ke luar negeri.

9. Peralatan Medis

Peralatan medis buatan dalam negeri juga tidak kalah saing dengan produk luar negeri. Alat-alat medis seperti ventilator, masker dan APD buatan indonesia juga menjadi barang yang dibutuhkan di luar negeri. Maka dari itu, banyak produsen alat medis yang memasarkan produknya ke luar negeri.

10. Bubur Kayu (Pulp)

Sebagai negara penghasil kayu terbesar di dunia, Indonesia juga memproduksi bubur kayu atau pulp untuk  diekspor ke pasar internasional. Bubur kayu dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuat kertas.

Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kebutuhan produksi buku, koran dan lain-lain. Bubur kayu yang berasal dari Indonesia mampu bersaing dengan negara lain.

Hal tersebut tidak hanya kualitas yang bagus. Namun, sebagai negara dengan iklim tropis membuat Indonesia dapat meningkatkan kuantitas produksi bubur kayu dibanding negara lain.

Cara Ekspor Barang Indonesia yang Diperlukan di Luar Negeri

Jika sudah mengetahui informasi syarat beserta daftar barang yang dibutuhkan di luar negeri, maka informasi cara melakukan ekspor barang ke luar negeri harus diperhatikan dan dipahami. Terdapat 5 cara dalam melakukan ekspor barang ke luar negeri bagi pemula maupun profesional, yaitu:

  • Memiliki modal dan produk untuk dikirim ke luar negeri.
  • Mempersiapkan sales contract process.
  • Harus ada letter of credit atau opening process.
  • Mengatur cargo shipment process.
  • Menyiapkan dokumen syarat-syarat shipping and negotiations process.

Cara-cara tersebut wajib dilakukan dengan teliti dan dipahami oleh pihak pengekspor. Karena aktivitas perdagangan antar negara merupakan aktivitas yang cukup rumit dan membutuhkan dokumen persyaratan yang banyak dan keahlian dalam hal negosiasi.

Penutup

Kesimpulannya bahwa barang yang dibutuhkan di luar negeri dari Indonesia tidaklah sedikit. Banyak komoditas asal Indonesia yang dibutuhkan oleh pasar internasional, mulai dari sandang, pangan maupun papan. Semua kualitas barang ekspor Indonesia baik, sehingga dapat diterima di luar negeri.

Maka dari itu, dibutuhkan peningkatan dari segi sumber daya alam maupun manusia dalam negeri. Hal tersebut bertujuan agar Indonesia semakin banyak memproduksi barang-barang yang memiliki kualitas bagus untuk diekspor ke luar negeri, yang mana akan meningkatkan pendapatan negara lebih banyak.

Artikel Lainnya Terkait Jualan Online ke Luar Negeri: