free page hit counter
kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM
kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM

Tidak Bisa Cek Saldo BRI di ATM? Sebab & Solusinya

Artikel diperbarui pada 8 April 2022.

Banyaknya bermunculan uang non tunai alias cashless, namun fungsi uang tunai masih tetap eksis dan tidak tergantikan. Mungkin banyak orang yang bingung kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM sekadar memeriksa saja.

Saldo yang dimiliki di ATM tentu menjadi keperluan untuk dicek, sebab dapat digunakan untuk perencanaan ke depan. Banyak juga yang melakukan pemeriksaan saldo secara rutin dan berkala untuk memeriksa ada tidaknya kemungkinan terjadinya transaksi ilegal.

Selain itu, banyaknya orang yang tidak menggunakan internet atau sms banking juga menjadi celah tersendiri pada pelayanan. Nah simak yuk alasan kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM dan penanggulangannya yaitu:

Alasan Umum Mengapa Tidak Dapat Cek Saldo Di ATM BRI

Langkah pertama tentunya harus mengetahui alasan kenapa tidak bisa mengecek saldo BRI di ATM untuk menyesuaikan dengan penanganannya. Selain itu, mengetahui alasan akan memudahkan ketika akan melaporkan kepada petugas yang berwenang.

Ada beberapa alasan atau penyebab kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM yang mungkin dapat menjadi salah satunya. Tidak perlu menunda waktu dan langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Kartu ATM Sudah Usang atau Rusak

Kemungkinan pertama dalam alasan mengapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM adalah kartu yang digunakan sudah usang atau rusak. Mungkin pengguna telah menjadi nasabah selama berpuluh-puluh tahun dan penarikan tentu telah dilakukan cukup banyak.

Oleh karena itu, kemungkinan kartu yang usang atau rusak bisa menjadi penyebab pertama tidak dapat dibaca, sehingga tidak dapat memeriksa saldo. Biasanya kartu yang usang juga memiliki tanda seperti banyak goresan, warnanya luntur, dan sebagainya.

Kemudian, belakangan ini juga banyak peningkatan pelayanan yang dilakukan oleh pihak perbankan dan berpengaruh juga pada kartu. Contoh mudahnya, beberapa waktu yang lalu kartu ATM yang dahulu hanya berbentuk kartu saja, kini telah ditambahkan chip.

Tentunya untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggannya, setiap nasabah perlu mengganti kartu yang dimilikinya dengan yang terbaru. Sebab jika tidak menggantinya, maka mesin ATM tidak akan dapat menerima atau membaca kartu lama yang dimiliki tersebut.

2. Jumlah Saldo dalam Rekening Di Bawah Minimal 

Kemudian kemungkinan kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM berikutnya adalah jumlah saldo yang ada dalam rekening berada di bawah batas seharusnya. Seperti yang diketahui bahwa setiap bank memiliki minimal saldo tertentu untuk tetap dapat menjadi nasabah.

Akan tetapi, hal ini berbeda ketika nasabah memiliki saldo di bawah yang seharusnya karena jumlah administrasi tergantung dari sana. Hal tersebut bukan lagi menimbulkan kartu ATM jadi tidak dapat dibaca, melainkan diblokir oleh sistem.

Untuk itu, perlu diwaspadai dan dicermati juga ketika mengambil saldo jangan sampai menyebabkan hingga ke batas minimal. Umumnya BRI memberikan batas saldo minimal senilai 50 ribu rupiah, namun dapat berbeda pada layanan lain.

3. Rusaknya Mesin ATM

Alasan ketiga dari kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM adalah mesin ATM yang sudah rusak atau terlalu lama dipakai. Sebenarnya mesin ATM yang ada di beberapa tempat tertentu memiliki yang “punya” masing-masing.

Oleh karena itu, perlu diketahui juga bahwa setiap mesin ATM memiliki perbedaan dalam karakteristik hingga perawatan yang dilakukan. Oleh karena itu, bisa jadi ketika tidak dapat melihat saldo disebabkan oleh mesin ATM yang rusak.

Beberapa bagian yang rusak dan mungkin tidak terbaca oleh sistem misalnya pita magnetik, perintah yang tidak terdeteksi, dan sebagainya. Untuk kedepannya, jangan khawatir atau bingung ketika kartu atau saldo baik-baik saja sebab ATM juga bisa rusak.

4.  Jaringan atau Server ATM yang Rusak

Terakhir yang menjadi alasan mengapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM adalah jaringan atau server ATM yang rusak dan masih berhubungan dengan sebelumnya. Ketika sebelumnya, mungkin badan ATM yang rusak sedangkan ini adalah server ATM yang bermasalah.

Perlu diketahui juga bahwa pasalnya ATM melakukan perintah layanan adalah karena disambungkan dengan internet. Oleh karena itu, kecepatan untuk memproses atau bahkan ketika error pada setiap ATM berbeda.

Mengatasi Ketika Tidak Bisa Cek Saldo Di ATM BRI Sesuai Penyebab

Beralih ke topik selanjutnya yaitu mengatasi kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM sesuai alasan yang disampaikan sebelumnya. Memang benar untuk mengetahui alasan merupakan hal yang terbaik dan perlu diketahui dahulu.

Akan tetapi, jika hanya mengetahui alasannya saja tanpa berusaha untuk menanganinya maka hal tersebut akan sia-sia. Ikuti penjelasan langkah tepat dan jitu untuk menangani ketika tidak dapat mengecek saldo di ATM seperti:

1. Ganti atau Perbarui Kartu ATM

Untuk mengatasi alasan kenapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM yang pertama adalah tentu saja mengganti kartu ATM dengan yang terbaru. Untuk memperolehnya, nasabah dapat melakukannya secara gratis di bank pembuat atau terdekat dari rumah.

Selain itu, sebelum mendapatkan kartu ATM pastikan untuk membawa KTP, buku tabungan, dan juga kartu ATM yang lama. Kemudian datang ke bagian customer service pada bank yang berbeda dengan teller, jadi jangan sampai salah.

2. Tambah Saldo ATM Sesuai Ketentuan

Langkah berikutnya adalah menambahkan saldo ATM sesuai batas minimal di BRI yaitu 50 ribu rupiah. Teknik ini dapat dilakukan dengan mengirimkan uang melalui metode cashless atau meminta orang lain mengirimkan saldonya.

Perlu diketahui juga bahwa hal ini dapat dilakukan ketika ATM belum terblokir atau saat saldo hampir mencapai 50 ribu rupiah. Ketika ATM sudah terblokir atau tidak bisa digunakan sepenuhnya, maka dapat mencoba cara penanganan berikutnya.

3. Coba Ganti Di Mesin ATM Lain

Setelah sebelumnya telah disampaikan, nah coba ganti mesin ATM yang telah dipakai tersebut. Biasanya akan mudah untuk mengidentifikasinya yaitu beberapa orang nasabah lainnya akan merasakan hal yang serupa ketika menggunakannya.

Akan lebih baik untuk memilih mesin ATM yang berada di suatu kawasan bersamaan dengan bank. Ketika mengalami kesulitan, nasabah hanya perlu memanggil petugas atau meminta bantuan dengan orang yang bersangkutan.

4. Hubungi Call Center atau Datang ke Bank

Terakhir dalam melakukan penanganannya adalah menghubungi call center bagi nasabah yang kesulitan untuk datang ke bank. Biasanya dapat dilakukan oleh pekerja yang ketika weekday berada di kantor seharian penuh.

Selain itu, untuk cara teraman adalah dengan datang ke bank secara langsung dan khusus bagian customer service. Di sana akan dijelaskan mengenai bantuan, penggunaan, penanganan, dan berbagai hal yang berhubungan dengan masalah yang dialami.

Pasalnya memang mengecek saldo di ATM sangatlah mudah dibandingkan melihatnya melalui teller di bank yang sangat ramai. Ditambah kehadiran ATM BRI diyakini lebih banyak dibandingkan bank secara langsung, sehingga dapat lebih mudah mengeceknya.

Keuntungan mengecek saldo di ATM BRI adalah pengguna juga dapat langsung melakukan transaksi lainnya. Oleh karena itu, ATM disebut juga sebagai layanan mandiri yang dilakukan untuk memenuhi tujuan atau penggunaan para customer.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dan sangat penting untuk mengetahui alasan mengapa tidak bisa cek saldo BRI di ATM secara langsung. Kemudian ketahui cara menanggulangi jika ditemukan indikasi buruk terhadap pergerakan saldo yang ada.