free page hit counter
internet banking bri sering terblokir
internet banking bri sering terblokir

Internet Banking BRI Sering Terblokir, Penyebab dan Solusi

Artikel diperbarui pada 9 April 2022.

Kebutuhan pemakaian internet banking saat ini sudah mengalami peningkatan sejak beberapa dekade lalu. Hampir semua bank di Indonesia sudah mengeluarkan fitur internet banking, termasuk bank BRI. Namun, beberapa kekurangan seperti internet banking BRI sering terblokir menjadi permasalahan yang cukup mengganggu.

Kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi membuat masyarakat lebih memilih untuk menggunakan internet banking daripada pergi ke ATM. Untuk para nasabah atau pengguna internet banking BRI, terdapat beberapa informasi mengenai penyebab internet banking BRI sering bermasalah. Hal tersebut agar pengguna dapat menghindari hal-hal yang memicunya.

Penyebab Umum Internet Banking BRI Terblokir

Pada tahun 2018, masyarakat yang menjadi nasabah atau pengguna internet banking BRI mengalami permasalahan yang dapat mengganggu aktivitas transaksi. Masalah tersebut adalah internet banking BRI sering terblokir dengan keterangan salah memasukkan password.

Padahal pengguna baru memasukkan password yang salah hanya sekali. Bahkan ada pengguna yang dalam sebulan mengalami masalah yang sama sebanyak tiga kali. Hal ini tentu sangat mengganggu aktivitas transaksi dan merusak reputasi Bank BRI itu sendiri.

Semenjak kejadian tersebut, pengguna Bank BRI menjadi waspada dan teliti di dalam mencari informasi lain mengenai penyebab internet banking terblokir. Penyebab-penyebab tersebut dapat dikarenakan sistem atau karena kesalahan penggunanya sendiri.

1. Salah Memasukkan Password Ketika Log In

Penyebab utama internet banking BRI sering terblokir adalah salah memasukkan password atau kode aktivasi. Ini menjadi penyebab yang paling umum dan banyak dialami oleh para pengguna bank.

Hal tersebut dikarenakan, terkadang nasabah atau pengguna memasukkan password yang sulit diingat. Maka dari itu, ketika mencoba log in ke internet banking, pengguna lupa password yang telah dibuat. Biasanya, sistem akan memberikan kesempatan sebanyak 3 kali untuk pengguna dapat memasukkan password yang benar.

Namun, apabila pengguna salah sebanyak 3 kali maka internet banking akan langsung terblokir oleh bank. Maka dari itu, pastikan pengguna menggunakan password yang mudah diingat dan memasukkannya dengan benar sebelum melakukan transaksi.

2. Rekening BRI Diblokir Bank

Rekening pengguna Bank BRI yang diblokir oleh bank menjadi penyebab internet banking dapat terblokir selanjutnya. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi pemblokiran rekening oleh bank, salah satunya yaitu jika bank melacak transaksi mencurigakan pada rekening nasabah.

Dikarenakan bank memiliki akses sepenuhnya terhadap aktivitas rekening nasabahnya, tentu apabila terjadi transaksi tidak wajar bank akan langsung mengambil tindakan. Hal tersebut karena tindakan kriminal pencurian uang di dalam rekening banyak dilakukan oleh para hacker dan scammer.

Pengguna yang memakai internet banking juga belum tentu terlepas dari ancaman ini. Maka dari itu bank sebagai pihak yang memegang otoritas tersebut akan melakukan pencegahan seperti memblokir internet banking. 

3. Penghapusan Akun Internet Banking BRI

Penyebab ketiga mengapa internet banking dapat terblokir adalah penghapusan akun internet banking yang diinginkan oleh nasabah atau pengguna. Biasanya, hal ini dilatarbelakangi oleh keinginan nasabah sendiri.

Alasan paling umum adalah karena kehilangan HP atau laptop yang berisi data-data penting seperti password akun internet banking. Karena kehilangan barang privat yang berisi data penting dapat disalahgunakan oleh pihak lain.

Meminta internet banking BRI untuk diblokir menjadi salah satu aktivitas pencegahan yang dapat dilakukan oleh nasabah bank. Hal tersebut agar tidak terjadi tindakan kriminal pembobolan uang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4. Tidak Aktivasi m-Token Selama 7 Hari

Penyebab terakhir internet banking BRI sering terblokir adalah tidak adanya aktivitas transaksi yang dilakukan oleh nasabah selama 7 hari berturut-turut. Selain itu, jika nasabah tidak log in internet banking selama 45 hari berturut-turut, maka akun akan terblokir otomatis oleh bank.

Maka dari itu, jika pengguna membuat akun internet banking di bank, segera untuk digunakan. Lalu, pastikan pengguna akan memakainya untuk transaksi seperti mentransfer uang, membayar tagihan dan sebagainya.

Solusi Agar Internet Banking Tidak BRI Terblokir

Jika nasabah Bank BRI sudah mengetahui informasi-informasi mengenai penyebab internet banking dapat terblokir, sekarang harus diketahui pula mengenai solusi mengatasinya. Solusi yang akan ditawarkan dapat dilakukan sendiri oleh nasabah atau dengan pertolongan pihak Bank BRI.

Salah satu tips yang perlu diketahui oleh nasabah adalah untuk tidak panik ketika internet banking terblokir. Solusi agar masalah internet banking terblokir sangat mudah cara mengatasinya. Pengguna tidak perlu khawatir uang di rekening akan hilang.

Hal tersebut karena permasalahan internet banking mudah dan cepat untuk diatasi. Selain itu, pengguna juga harus memastikan memiliki data internet yang baik dan alamat email aktif agar proses memperbaiki internet banking yang terblokir dapat lebih efisien.

1. Lakukan Reset Password Secara Mandiri

Langkah pertama, pengguna dapat melakukan reset password secara mandiri. Solusi ini dapat dilakukan oleh pengguna di rumah, tanpa perlu datang ke kantor cabang Bank BRI. Berikut langkah-langkah reset password yang dapat dilakukan pengguna:

  • Buka aplikasi internet banking BRI pada HP pengguna.
  • Pilih “Forgot Password” atau “Lupa Password”.
  • Masukkan “User ID” dan “Email” yang terdaftar.

Pengguna akan mendapatkan password baru yang dikirim lewat email. Maka dari itu, pastikan bahwa alamat email yang digunakan selalu aktif. Jika pengguna sudah mengikuti langkah-langkah tersebut, pengguna akan dapat menggunakan internet banking Bank BRI kembali.

2. Hubungi Call Center BRI

Cara kedua untuk mengatasi internet banking BRI sering terblokir adalah dengan menghubungi Call Center BRI. Pengguna dapat melakukan panggilan tersebut dari rumah. Namun, pastikan pengguna memiliki cukup pulsa untuk melakukan hal ini.

Nomor call center yang dapat dihubungi adalah 14017 atau 021-1500-017, yang mana beroperasi selama 24 jam penuh pada hari kerja maupun hari libur. Layanan operasi call center yang selalu siap sedia seperti ini tentu sangat membantu para nasabah.

3. Datang Ke Cabang Bank BRI Terdekat

Solusi terakhir adalah dengan mendatangi cabang BRI terdekat. Jika pengguna kesulitan untuk mengatasi internet banking terblokir sendiri, maka mendatangi cabang bank terdekat adalah solusi terbaik.

Pengguna dapat langsung mengunjungi Customer Service di jam kerja, yaitu pukul 8 pagi-3 sore WIB. Setelah datang, pengguna akan menjabarkan permasalahan yang dialami dan Customer Service akan membimbing untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Itulah penjabaran informasi penting bagi nasabah yang mengalami permasalahan internet banking BRI sering terblokir. Pengguna perlu mengetahui terlebih dahulu informasi mengenai penyebab umum yang melatarbelakanginya. Karena hal tersebut dapat mencegah pengguna untuk melakukannya kembali di masa depan.

Lalu, jika pengguna sudah berhasil mengidentifikasi penyebab akar masalah maka pengguna wajib mengikuti cara-cara mengatasinya. Informasi mengenai solusi untuk permasalahan internet banking terblokir sangat mudah dipahami dan cepat untuk diatasi.

Hal penting yang harus diketahui adalah bahwa pengguna tidak perlu panik dan khawatir, karena pihak Bank BRI pasti akan membantu pengguna mengatasi hal tersebut. Jika masalah sudah teratasi, pengguna dapat kembali melakukan transaksi perbankan dengan optimal.