free page hit counter
cara ambil uang tanpa kartu di atm bri via brimo

Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI via BRImo

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Saat membutuhkan uang, katakanlah satu juta rupiah tetapi tidak membawa ATM, apa yang harus dilakukan? Tidak usah panik jika memiliki tabungan BRI dan apk BRI mobile. Cukup tahu cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo, persoalan akan terpecahkan. Tetapi pastikan ada uang kelipatan 100 ribu di tabungan.

Syarat ini harus dipenuhi karena paling sedikit uang yang bisa ditarik ialah seratus ribu rupiah dan paling banyak dalam satu transaksi ialah satu juta rupiah. Jika ingin menarik tunai empat juta rupiah, harus dilakukan empat kali transaksi. Ini hal-hal yang harus diketahui untuk menarik uang tunai tanpa kartu ATM (kartu debit):

1. Mendatangi ATM BRI

Hal penting lain yang mesti diketahui, kode penarikan BRImo cuma berlaku selama lima menit. Setelah lima menit berlalu, kode penarikan tidak akan bisa dipakai. Oleh sebab itu jika ingin melakukan penarikan uang sebaiknya nasabah telah berada pada dekat mesin ATM BRI. Cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo bisa dilakukan tanpa kartu ATM.

Ini berbeda dari setor tunai yang harus membawa kartu ATM. Jadi jika ATM tertinggal atau tertelan, jika ada kuota internet dan aliran internet yang stabil, penarikan uang bisa dilakukan. Maksimal penarikan hanya satu juta rupiah, jadi jika ingin menarik delapan juta rupiah harus dilakukan proses penarikan sebanyak delapan kali.

2. Mengunduh dan Mendaftar di BRIMo

Jika ternyata nasabah belum pernah memakai BRImo tentulah nasabah harus mengunduh apk dan mendaftar terlebih dahulu. Cara mendaftar di BRImo tidaklah sulit. Unduh apk BRImo di PlayStore.

Bila apk sudah diunduh, lakukan pendaftaran dengan mengklik “Daftar Sekarang”. Isikan data yang dikehendaki bank seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor ponsel, jenis kelamin dan email yang masih aktif. Centang untuk menyetujui syarat dan ketentuan di bagian bawah data yang harus diisi.

Klik “lanjutkan” dan buat kata sandi dan memverifikasinya. Klik “lanjut” lalu tunggu sebentar hingga ada sms di nomor ponsel terdaftar yang isinya kode OTP. Input kode OTP tersebut dan pendaftaran akan berhasil serta cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo bisa dilanjutkan.

3. Membuka Aplikasi BRImo

Setelah apk siap, cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo diteruskan saja, buka apk BRImo. Tapi jika apk belum siap, nasabah harus telah melakukan pendaftaran dan mengaktifkan akun BRImo. BRImo ini apk digital memakai basis data internet guna memudahkan nasabah bank BRI ini melakukan transaksi pembayaran secara digital. Apk ini akan mencakup semua rekening yang dimiliki nasabah.

Sesudah membuka apk BRImo, lakukan login pada apk BRImo dengan menginput identitas pemakai dan kata sandi. Login di BRImo juga bisa dilakukan dengan cara scan sidik jari. Setelah berhasil masuk, pilih menu lain, diikuti langkah selanjutnya yang akan diuraikan di bawah.

4. Mengetik Jumlah Uang yang Ingin Ditarik

Sesudah memilih tarik tunai, tentukan rekening mana yang akan ditarik. Cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo akan berlanjut setelah nasabah mengetik nominal uang yang akan ditarik. Misal nasabah memerlukan uang tunai satu juta dua ratus ribu rupiah, nasabah harus melakukan dua kali penarikan sebab sekali tarik paling banyak satu juta rupiah.

Sesudah memasukkan jumlah yang mau ditarik tadi, pastikan jumlah yang akan ditarik sudah benar. Untuk jumlah satu juta dua ratus ribu rupiah, masukkan dulu nominal satu juta, lakukan penarikan uangnya. Sesudah itu barulah dilakukan langkah pengulangan untuk menarik jumlah kekurangannya yaitu dua ratus ribu rupiah.

5. Memasukan PIN Aplikasi BRImo

Yang menyenangkan, cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo ini tidak dikenakan biaya apapun alias free of charge. Walau harus melakukan penarikan dua kali, yang dibutuhkan nasabah hanyalah waktu dan kesabaran untuk melakukan tahapan penarikan saja. Teruskan langkah penarikan dengan memasukkan PIN dari apk BRImo.

6. Mencatat Kode Penarikan Uang

Sesudah memasukkan PIN BRImo, pilih “Lanjut” sebagai cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo yang berikutnya. Nasabah akan mendapatkan kode unik guna melakukan penarikan uang di ATM. Saat kode penarikan uang itu terpampang di layar ponsel, catat saja kode yang muncul itu atau capture kode penarikan uang yang muncul di layar ponsel tersebut.

Ada pertanyaan yang timbul, apakah setelah mendapat kode untuk untuk menarik uang, saldo di rekening juga sudah terpotong? Jawabnya “tidak”, saldo yang dipilih tidak akan berkurang jika tarik tunai di ATM BRI belum berhasil dilakukan. Bila ragu, cek saja rekening pada BRImo untuk memastikannya.

7. Memasukan Kode Penarikan dari Aplikasi BRImo

Setelah mendapat kode unik, langkah berikutnya adalah datang ke ATM BRI terdekat. Jika tadi nasabah sudah berada di dekat ATM, cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo siap dilakukan. Pilih dulu pilihan Bahasa Indonesia lalu tekan tombol paling bawah sebelah kiri di pinggir layar mesin ATM Bank BRI. Masukkan kode unik yang diberikan BRImo untuk menarik uang.

Periksa lagi supaya kode unik yang dimasukkan tidak salah. Sebab jika salah, penarikan tunai tidak bisa terjadi. Bisa dikatakan kekurangan pengambilan uang di ATM BRI pakai BRImo ini adalah tidak bisa memilih nominal sesuai kebutuhan sedangkan bila memakai BCA Mobile nasabah bisa menginput nominal yang dikehendaki. Mungkin kelak BRI dapat meningkatkan pelayanannya.

8. Mengambil Uang Dari ATM

Tadi nasabah sudah mengetuk tombol pada sebelah bawah kiri pada mesin ATM BRI ataupun mesin ATM Bersama dan memilih menu “Tarik tunai” serta memasukkan kode unik BRImo. Langkah selanjutnya cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo ialah mengetikkan no. HP yang telah terdaftar pada BRImo.

Tunggulah sebentar, uang akan dikeluarkan oleh mesin ATM beserta struk sebagai tanda tarik tunai di ATM. Lakukan pengecekan apakah nominal uang yang didapat sudah benar. Pastikan juga saldo tabungan terpotong dengan benar. Setelah itu setelah lima menit lakukan cara yang sama sampai semua jumlah uang yang ingin ditarik yaitu Rp 1,200.000 didapatkan.

Demikian tadi cara ambil uang tanpa kartu di ATM BRI via BRImo. Sesudah mengetahui langkah-langkahnya, bisa disipulkan alternatif penarikan uang tanpa kartu ATM ini bisa membantu nasabah yang kartu ATMnya hilang, tertinggal atau tertelan. Itu keuntungan pertama yang bisa didapat oleh nasabah BRI.

Keuntungan yang kedua, untuk melakukan transaksi penarikan ini tidak dibutuhkan kode OTP jadi tidak memerlukan dan memotong pulsa ponsel. Yang ketiga, nasabah diuntungkan karena transaksi aman, kode penarikan cuma bisa dibikin bila nasabah bisa mengakses BRImo serta tahu PIN transaksi BRImo. Bisa dikatakan fasilitas ini tidak memerlukan biaya atau gratis.