free page hit counter
7 Tips Anti Mainstream Buat Bayar Utang
Ingin bayar hutang? Coba 7 tips anti mainstream berikut ini. | goodscoop.id

Bingung Bayar Hutang? Ini 7 Tips Anti Mainstream Buat Dapat Duit

Artikel diperbarui pada 12 Juni 2021.

7 Tips Anti Mainstream Buat Bayar Utang
Ingin bayar hutang? Coba 7 tips anti mainstream berikut ini. | goodscoop.id

Sungguh sangat menyenangkan ketika kamu bebas dari utang ataupun tidak mempunyai utang. Karena kamu tidak punya kewajiban untuk membayar cicilan atau apapun itu setiap bulannya, kecuali untuk memenuhi kebutuhan pokok kamu saja dan kewajiban bulanan seperti biaya listrik dan air.

Tapi, disaat seperti sekarang ini rasanya sulit untuk mewujudkannya. Sebabnya tak lain karena semakin besar dan mahalnya biaya hidup yang tidak sebanding dengan pendapatan kamu.

Hal ini mengakibatkan bertambahnya utang. Ketika mau menabung atau investasi pun sudah tidak memungkinkan karena gaji sudah habis untuk membayar cicilan utang. Bahkan bisa jadi ketika utang sudah lunas maka kamu akan mengajukan pinjaman baru demi memenuhi kebutuhan hidup.

Jangan khawatir, karena tidak selamanya hidup dengan utang itu buruk. Asalkan utang kamu itu bukan sesuatu yang konsumtif atau untuk foya-foya ataupun senang-senang. Agar kamu tidak penasaran, berikut cara mudah agar kamu bisa melunasi utang.

#1. Dapatkan pekerjaan sampingan

Salah satu cara agar kamu bisa membayar cicilan utang adalah dengan mendapatkan pekerjaan sampingan. Banyak pekerjaan yang bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan sampingan seperti online shop, agen pulsa, reseller makanan ataupun kosmetik, agen property dan lain-lain.

Dengan gaji ataupun fee yang kamu terima tentu bisa kamu pakai untuk membayar utang.

Kamu bisa menabung atau pun berinvestasi jika gajinya besar. Agar kamu terhindar dari menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Tetapi jika gajinya kecil, maka kamu bisa gunakan semuanya untuk membayar utang, karena memang ini fungsinya untuk membayar utang.

#2. Ambil tabungan

Tabungan menjadi pilihan untuk membayar utang ketika gaji yang kamu peroleh dari kerjaan sampingan tidak mencukupi.

Jangan khawatir, karena kamu hanya mencairkan sedikit saja tabungan kamu untuk membayar utang agar cicilan kamu tidak menumpuk dan bertambah besar.

Tabungan menjadi pilihan di saat kondisi keuangan kamu sudah sekarat, tetapi kamu masih mempunyai kewajiban untuk membayar utang.

Tapi, jangan mencairkan atau mengambil tabungan setiap bulan karena ini bisa berakibat tabungan kamu bisa habis sedangkan kamu masih banyak keperluan yang lain.

#3. Investasi yang menghasilkan

Kamu bisa menyisihkan sebagian keuntungan untuk membayar utang jika kamu punya investasi dalam bentuk deposito, reksadana maupun saham.

Cara ini bisa dikatakan bagus karena kamu tidak perlu mengorbankan uang kamu untuk membayar utang, tetapi menggunakan keuntungan dari investasi yang kamu lakukan.

Hanya saja, jangan sampai kamu mencairkan investasi hanya untuk membayar utang. Karena investasi ini bersifat jangka panjang. Kamu bisa menutup kekurangan untuk membayar utang dari tabungan agar tidak mengganggu investasi kamu.

 #4. Jual barang yang tidak kamu butuhkan

Kamu punya barang yang sudah tak terpakai lagi?

Momen ini tepat sekali untuk kamu menjual sebagian barang-barang kamu agar mendapat uang tambahan. Tentu kamu akan mendapatkan pemasukan yang lumayan jika semakin banyak barang kamu yang terjual.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjual barang-barang kamu yang sudah tidak terpakai. Cara yang paling efektif adalah dengan menjualnya secara online.

Kamu bisa menawarkannya di akun social media yang kamu punya, marketplace ataupun di website jual beli barang bekas supaya jangkauannya lebih luas.

#5. Ikut kuis berhadiah

Di jaman sekarang mencari uang menjadi jauh lebih canggih. Salah satunya dengan ikut kuis berhadiah di media ataupun situs online di Indonesia. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan banyak hadiah menarik baik itu berupa uang ataupun barang.

Tentu kamu sangat beruntung jika kamu menjadi pemenangnya. Terlepas apapun itu hadiahnya. Jika hadiahnya berupa barang, kamu bisa menjualnya. Agar barang lebih cepat laku, kamu bisa menjualnya dengan harga yang lebih rendah dari pasaran. Dan uang hasil penjualannya bisa kamu gunakan untuk membayar utang..

 #6. Isi survey

Selain kuis, kamu bisa juga ikutan mengisi survey agar mendapatkan uang. Biasanya jika ada produk baru yang akan di luncurkan ke masyarakat maka akan diadakan survey untuk menilai produk tersebut. Biasanya layanan ini disediakan oleh beberapa website online yang menyediakan layanan survey berbayar. Dan waktu yang disediakan untuk mengisi survey tersebut biasanya 2-3 menit saja.

Jika nominalnya melebihi batas minimum yang ditentukan perusahaan, maka kamu bisa mencairkan komisinya. Jika website lokal maka transfer bisa dilakukan ke rekening pribadi biasa, sedangkan untuk website luar negeri maka transfernya melalui rekening PayPal. Kamu bisa memilih website terpercaya agar keamanan data kamu terjaga.

 #7. Lakukan negoisasi agar jumlah utang berkurang

Agar nominal utang kamu berkurang, kamu bisa menegosiasikan dengan pihak Bank ataupun kreditur keuangan lainnya. Dan ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan.

Bukan jumlah utang pokoknya yang dikurangi tetapi biaya-biaya yang ditimbulkan selama pelunasan utang. Biaya tersebut bisa berupa denda keterlambatan, bunga ataupun biaya administrasi.

Cara ini bisa jadi pilihan kamu jika memang kondisi keuangan kamu benar-benar terpuruk. Karena pihak Bank tidak asal menerima pengajuan negosiasi kamu. Kamu harus bisa membuktikan kondisi keuangan kamu saat pengajuan supaya pihak Bank percaya dengan pernyataan kamu.

Usahakan untuk tetap membayar cicilan utang sampai lunas walaupun kondisi keuangan kamu sedang sulit. Bayarlah utang dengan cara kamu sendiri. Pilih dan ikuti cara yang mudah dan efektif agar jumlah utang berkurang dari waktu ke waktu.