free page hit counter
Cara Bangun Bisnis di Instagram
Cara Bangun Bisnis di Instagram. | via goodscoop.id

Cara Bangun Bisnis di Instagram: Ikuti 8 Langkah Ini

Artikel diperbarui pada 24 Maret 2022.

Ingin tahu cara bangun bisnis di Instagram? Cari uang online tidak harus melulu menjadi influencer. Kamu bisa bermain media sosial yang menghasilkan hanya dengan Instagram. Berikut ini 8 langkah cara bangun bisnis di Instagram untuk kamu ikuti.

Instagram menjadi platform besar tidak hanya untuk menjalin interaksi dengan teman di dunia maya saja. Namun, juga bisa berpeluang sebagai salah satu media promosi untuk bisnis. Mungkin bagi anak milenial cara bangun bisnis di Instagram sudah tidak asing lagi. 

Akan tetapi walaupun tidak asing, pasti banyak orang yang masih belum paham bagaimana langkah detailnya. Maka dari itu tidak perlu khawatir pasalnya akan dipaparkan lebih jelas mengenai langkah atau cara bangun bisnis di Instagram yang tentunya cocok untuk para pelaku bisnis. 

Khususnya pelaku bisnis pemula memang sangat cocok untuk memanfaatkan platform ini. Tanpa berbasa basi lagi maka simak ulasan lengkapnya:

1. Membuat Akun Instagram Bisnis Untuk Usaha Tersebut

Ada banyak orang yang ingin memulai usahanya dengan melibatkan platform instagram. Namun, banyak diantaranya yang tidak paham bagaimana cara bangun bisnis di Instagram. Maka dari itu simak ulasannya salah satunya pada artikel ini.

Sebagai cara bangun bisnis di Instagram yang pertama adalah pastikan telah memiliki akun instagram bisnis. Bagi yang belum paham caranya tidak perlu khawatir. Dimana cara pembuatan akun instagram bisnis sangat mudah pertama pastikan pengguna telah memiliki akun instagram. 

Selanjutnya pengguna bisa login pada akun tersebut, tentunya dengan password dan username yang sesuai. Setelah berhasil masuk maka langkah selanjutnya adalah dengan masuk pada bagian profile.

2. Membuat Username Dan Bio Secara Optimal

Dan selanjutnya cara bangun bisnis di Instagram adalah membuat username dan bio pada instagram secara informatif dan optimal. Pasalnya salah satu identitas yang ada di Instagram adalah username dan bio tersebut. Tidak heran jika pengunjung instagram akan langsung mengecek kedua hal itu.

Selain itu dengan nama yang sesuai dan tepat orang lebih mudah memahami jasa atau barang apa yang ditawarkan. Misalnya nama instagramnya adalah Grosirbajubandung maka sudah bisa ditebak jika Instagram tersebut menyediakan baju-baju grosir.

Selain username dan bio yang tepat dan sesuai. Saat proses upload agar konten tersebut menjangkau banyak pihak maka bisa juga digunakan beberapa hastag. Untuk pemilihan hastag bisa dipilih hastag yang sesuai dengan apa yang difoto saat itu misalnya #bajumurah, #bajukualitasbaik dan sebagainya.  

Bukan hanya itu, gunakan juga branded hashtag. Banyak yg belum paham dengan istilah ini. Branded hastag merupakan sebuah hastag yang biasa digunakan banyak orang dalam melakukan promosi terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Misalnya #produksi, #launching dan sebagainya.

3. Jangan Lupa Gunakan Foto Profil Dengan Brand Bisnis 

Pemilihan foto profil yang tepat ternyata bisa dijadikan cara bangun bisnis di Instagram yang baik. Sebab salah satu yang membuat orang lain percaya dengan akun tertentu adalah dengan foto profil yang menarik dan meyakinkan. 

Selain itu, pengguna harus tau bahwa profile Instagram berbentuk lingkaran sehingga saat memasang profil pastikan gambar sudah tepat ada di bagian tengah. Untuk disarankan menggunakan gambar dengan diameter 110 pixel. 

Hal yang perlu diingat lagi, pasang foto dengan profil yang sama untuk setiap media sosial yang digunakan dalam bisnis. Tujuannya agar para pengunjung medsos lebih familiar dengan foto tersebut dan agar konsumen lebih mudah mengenali adanya brand tersebut.

4. Mengikuti Beberapa Akun Yang Sejenis Dengan Bisnis

Cara bangun bisnis di Instagram juga mengikuti beberapa akun yang sejenis dengan bisnis yang sedang dikerjakan atau akun-akun yang sekiranya bisa menjadi target pasar. Pasalnya instagram memiliki algoritma yang akan selalu menghubungkan atau memberikan saran akun yang cocok untuk diikuti.

Namun sebelumnya bagi yang pertama kali membuat akun instagram, usahakan untuk aktif memfollow terlebih dahulu. Dan ketika sudah memfollow maka ada kemungkinan orang tersebut ikut follow back akun tersebut.

Sehingga terjalin pertemanan di dunia maya tersebut, dan jika bagus akan terkoneksi dengan baik. Jadi lebih mudah juga dalam mempromosikan bisnis tersebut. Pastikan juga mengikuti beberapa influencer yang berkaitan dengan bisnis tersebut. 

Hal tersebut juga bisa menguntungkan untuk kedepannya saat ingin menjalin bisnis dengan influencer tersebut. Atau dalam bahasa sekarang dikenal dengan istilah endorse. Sebab jika mengandalkan diri sendiri apalagi masih brand baru masih sangat sulit. Jadi, membutuhkan kerjasama dengan influencer.

5. Memaksimalkan Tujuan Pembuatan Instagram

Selanjutnya cara bangun bisnis di Instagram memaksimalkan tujuan pembuatan Instagram. Seperti saat melakukan banyak kegiatan lain, jika tanpa tujuan maka pekerjaan tersebut hanya akan berjalan tanpa tujuan.

Maka dari itu, pengguna harus atau apa sebenarnya tujuan membuat akun bisnis di Instagram tersebut. Dimana beberapa tujuanya adalah untuk meningkatkan penjualan hingga kepuasan pelanggan. Tidak hanya itu agar lebih bisa terkoneksi dengan banyak influencer dan meningkatkan brand awareness. 

Tentunya dengan mengetahui tujuan tersebut maka bisa lebih bisa memaksimalkan pembuatan instagram bisnis tersebut. Dan bisa membuat instagram tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

6. Memperhatikan Jam Dalam Mengupload Konten

Selain fokus pada tujuan utama dalam pembuatan konten, maka jangan juga dengan memperhatikan waktu dari upload konten tersebut. Pasalnya jangan sampai saat terlalu sering mengupload yang mana malah akan membuat pengikut risih. 

Dan juga pilih waktu upload yang terbaik untuk pengupload foto tersebut. Sebab instagram memiliki algoritmanya sendiri berkaitan dengan waktu upload agar banyak yang melihat. Maka dari itu pengguna bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat komitmen untuk upload setiap jam tersebut.

7. Konsisten Dalam Mengupload Konten

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk mengupload maka saatnya pengguna tidak lupa untuk konsisten dalam mengupload konten. Pasalnya saat para pengikut biasanya akan lebih suka dengan akun yang terlihat aktif dengan cara rajin dan konsisten dalam mengupload.

Sebab, jika jarang membuat konten maka para konsumen akan menganggap akun bisnis tersebut sudah tidak dipakai oleh penggunanya. Bahkan parahnya bisa juga sampai di unfollow sebab dirasa akun tersebut tidak aktif.

8. Rajin Membalas Pesan Dan Komentar

Dan yang terakhir cara bangun bisnis di Instagram adalah dengan rajin membalas pesan dan komentar. Walaupun terlihat sepele namun dengan rajin membalas pesan atau DM yang masuk dan komentar yang ditinggalkan oleh pengikut maka akan membuat pengikut merasa lebih terkoneksi. 

Maka secara tidak langsung ini juga bisa membuat bisnis tersebut menarik banyak perhatian dari warganet. Dan saat mempromosikan sesuatu orang bisa menerima dengan baik tanpa skip. 

Demikian itu beberapa cara bangun bisnis di Instagram yang bisa dipraktekkan oleh semua orang. Khususnya pemula yang hendak melakukan bisnis, tidak ada salahnya juga mencoba peruntungan pada platform tersebut.

Dimana platform Instagram memang menjadi salah satu yang terbesar. Sehingga dijadikan ladang promosi bisnis. Ditambah saat ini instagram juga dilengkapi fitur yang sangat mendukung para penggunanya dalam melakukan promosi bisnis. 

Maka dari itu, tunggu apalagi segera coba Instagram dan mulai praktikkan beberapa cara bangun bisnis di Instagram seperti yang sudah dipaparkan dengan baik. Tidak akan ada yang sulit sebelum mencobanya.