free page hit counter
Hosting Murah untuk Toko Online di Indonesia dan Luar Negeri

Hosting Murah untuk Toko Online di Indonesia dan Luar Negeri

Artikel diperbarui pada 15 September 2021.

Memilih host yang “tepat” sulit untuk situs web mana pun. Terutama jika itu adalah situs web toko online!

Mengapa? Karena toko online harus memiliki host yang bagus agar handal, terpercaya dan bisa loading dengan cepat.

Banyak pemilik situs web langsung mencari host murah. Setelah menyadari bahwa mereka membuat keputusan yang buruk, mereka harus pusing untuk bergulat dengan seluruh masalah migrasi situs web.

Jadi hari ini kita berbicara tentang mengapa menemukan host yang TEPAT itu penting, APA yang penting dan pilihan utama kami untuk host toko online terbaik. Siap? Mari kita mulai sekarang.

Situs web toko online perlu loading speed cepat

Kecepatan situs web memang penting. Tetapi untuk situs web toko online, ini sangat penting!

Kecepatan yang baik berarti pengalaman pengguna yang lebih baik. UX yang lebih baik sehingga pelanggan lebih bahagia.

UX yang lebih baik juga membantu membangun kredibilitas merek. Pelanggan yang menelusuri situs web Kamu dengan nyaman lebih cenderung mengunjungi situs web Kamu lagi atau merekomendasikan perusahaan Kamu kepada orang lain.

Tidak banyak pengunjung yang dapat mentolerir waktu buka situs web yang lambat, apalagi menggulir halaman produk hingga menemukan sesuatu yang ingin mereka beli. Dengan standar saat ini, setiap milidetik berarti.

Dan satu hal lagi yang penting – kecepatan juga mempengaruhi SEO website Kamu.

Dan di dunia e-commerce, peringkat yang lebih tinggi dari persaingan di Google memiliki dampak yang sangat besar.

Juli lalu, Google menambahkan “Pembaruan Kecepatan” yang sekarang menyertakan kecepatan seluler dalam algoritme peringkatnya. Semakin cepat kecepatan situs web seluler, semakin baik peringkat SEO.

Kita dapat menyimpulkan bahwa situs web yang lambat berarti keterlibatan yang lebih buruk, halaman keluar yang lebih mudah, dan peringkat SEO yang lebih rendah.

Situs web yang cepat berarti visibilitas yang lebih baik, transaksi secepat kilat, dan konversi yang lebih tinggi. Semua kabar baik untuk Kamu!

Mitra teknologi, bukan hanya penyedia host

Setiap situs web toko online layak mendapatkan penyedia yang menawarkan lebih dari sekadar layanan hosting sederhana.

Ini bukan hanya tentang menemukan server fisik untuk situs web Kamu. Yang harus Kamu cari adalah mitra teknologi.

Seperti halnya pasangan yang baik, Kamu menginginkan seseorang yang dapat Kamu andalkan saat suka maupun duka. Seseorang yang…

Selalu ada untukmu

Di masa-masa sulit, Kamu sering beralih ke dukungan pihak ketiga. Kamu perlu tahu bahwa tim dukungan tuan rumah Kamu dapat diandalkan 24/7.

Dapat diandalkan

Bahkan toko online terbesar pun dapat kewalahan oleh lonjakan lalu lintas yang tidak terduga. Kamu perlu memastikan bahwa Kamu memiliki sumber daya untuk melewati hari-hari tersibuk Kamu.

Dapat menyampaikan rasa aman

Situs web toko online adalah target nomor 1 untuk serangan berbahaya. Sama seperti Kamu bertanggung jawab untuk melindungi pelanggan Kamu, host Kamu juga harus melindungi (situs web) Kamu dengan memberikan pertahanan yang kuat dan membantu (situs web) Kamu melindungi dirinya sendiri.

Kebebasan dan ruang untuk tumbuh

Bahkan jika Kamu tidak memahami seluk beluk teknologi server (yang bisa menjadi sangat teknis), Kamu akan selalu merasa sebagai pemilik, yang memegang kendali penuh atas situs web toko online Kamu.

Itu berarti Kamu dapat mengelolanya agar sesuai dengan perusahaan dan tingkat keahlian Kamu.

Kamu harus merasa bebas untuk melakukan apa saja; memiliki ruang untuk berkembang dan dapat mengubah tarif atau penyedia kapan saja.

Dengan kata lain, mitra teknologi sejati harus memungkinkan Kamu melakukan berbagai hal dengan cara Kamu.

Tidak semua pemilik bisnis memiliki latar belakang teknis, dan tuan rumah yang baik memahami hal itu, misalnya dengan menyediakan panel kontrol intuitif atau dengan memberi Kamu fleksibilitas untuk menggunakan perangkat lunak toko online pilihan Kamu.

#1. Hostinger

Hostinger telah membuat daftar ‘Host eCommerce Terbaik’ kami selama beberapa tahun berturut-turut.

Mereka pertama kali menarik perhatian kami karena paket terjangkau mereka, tetapi dalam beberapa tahun terakhir mereka benar-benar mengungguli pesaing mereka di bidang lain juga.

Faktanya, kami baru-baru ini melakukan penelitian merek dagang dan menemukan bahwa Hostinger adalah host web yang paling dicari di tahun 2020.

 

Untuk menguji kinerja server, kami membeli 3 akun premium dari Hostinger (dengan lokasi pengujian di pusat data Singapura, Belanda, dan AS.

Hostinger diberi peringkat A + – skor tertinggi yang pernah ada! Dan karena mereka memiliki 7 server data yang dapat Kamu host, pelanggan Kamu dapat mengharapkan kecepatan secepat kilat di mana pun mereka berada.

Pemilik toko online juga akan menghargai pembuat situs web drag-and-drop Hostinger sendiri, Zyro (platform toko online pilihan untuk pemula).

Singkatnya, Kamu mendapatkan kecepatan server yang cepat, tim dukungan global yang hebat, dan fitur toko online terkemuka di industri dengan harga terjangkau.

# 2. SiteGround

SiteGround adalah salah satu host favorit kami sepanjang masa, tidak ada perbandingan.

Didirikan pada tahun 2004, mereka telah memenangkan banyak penghargaan sejak saat itu. Bahkan, mereka juga didukung oleh WordPress itu sendiri!

Sulit untuk memutuskan USP atau USP mana yang menonjol, tetapi kami percaya bahwa kekuatan terbesar SiteGround adalah mereka menawarkan hosting premium yang sempurna untuk pengembangan situs web perusahaan.

Untuk menguji kecepatan server SiteGround (yang berjalan pada hard drive SSD yang meningkatkan kecepatan), kami menyiapkan situs web pengujian terpisah yang dihosting di paket GrowBig mereka dan menjalankannya melalui alat kecepatan tepercaya.

Hasilnya: peringkat A + dengan waktu respons rata-rata yang mencengangkan: 136,9 ms!

Dalam praktiknya, waktu pemuatan dipercepat dengan mengaktifkan CDN premium dari Cloudflare dan SuperCacher (dikembangkan oleh teknisi kami sendiri dan diduga meningkatkan waktu pemuatan hingga empat kali lipat).

 

Rekan pengguna paket GrowBig juga menikmati dukungan prioritas premium melalui obrolan langsung atau tiket. Kami selalu sangat terkesan dengan ketepatan waktu tim dukungan mereka, yang tersedia 24/7 melalui telepon, obrolan, dan tiket.

Plus, SiteGround menjamin 99,9% waktu aktif, dan halaman pengujian kami membuktikan bahwa itu benar-benar berarti bisnis.

Jadi dengan Siteground, website e-commerce Kamu dijamin cepat. Dan tentu saja situs web Kamu berada di tangan yang aman.

Kami akan mengatakan SiteGround adalah pilihan tepat untuk situs web yang memiliki anggaran sedikit lebih besar atau membutuhkan lebih banyak fitur premium. Mereka membuat host web yang sangat baik, dan jika Kamu mampu membeli SiteGround, Kamu benar-benar tidak akan rugi.

# 3. Kinsta

Selanjutnya, kita mengenal Kinsta – host WordPress terkelola yang telah ada sejak 2013.

Hal pertama yang perlu Kamu ketahui tentang host ini adalah bahwa host ini didukung oleh Google Cloud.

Fakta ini memberikan keunggulan yang menarik atas para pesaingnya dan membantu Kinsta menduduki puncak daftar hosting toko online paling populer kami.

Bahkan Kinsta mencoba untuk unggul dengan tingkat premium Google Cloud. Ini memungkinkan pengguna untuk membawa kinerja, kecepatan, dan keamanan ke garis depan dunia cloud hosting. Kamu juga dapat memilih dari 20 lokasi pusat data!

Jadi tidak heran mereka begitu CEPAT.

Kami bermain-main dengan halaman pengujian dan menambahkannya ke Speedchecker kami. Ini mendapat nilai A dengan waktu respons rata-rata 196ms (Kamu dapat membaca ulasan Kinsta lengkap kami di sini). Baik sekali!

Dan itu sebelum KinstaCDN premium yang sangat mengesankan tersedia (dalam kemitraan dengan KeyCDN, merek terkemuka lainnya di lapangan).

 

Arsitektur cloud inilah yang, bersama dengan teknologinya yang tak lekang oleh waktu, membuat Kinsta tak tertandingi.

Peningkatan besar dalam lalu lintas situs web? Lupakan. Dengan Kinsta, wadah situs web Kamu akan menyesuaikan secara dramatis dengan menggunakan CPU sebanyak yang diperlukan. Situs web Kamu harus terus berjalan dan yang harus Kamu lakukan hanyalah membayar lebih banyak biaya.

Bandingkan ini dengan hosting bersama atau VPS, di mana lonjakan lalu lintas yang tiba-tiba dapat merusak situs web Kamu. Tidak heran Kinsta juga memiliki jaminan uptime 99,9% yang didukung SLA.

Infrastruktur Google Cloud mereka juga membuat Kinsta sangat skalabel. Jika Kamu membutuhkan lebih banyak bandwidth, mudah untuk mengupgrade paket Kamu. Tidak ada migrasi yang rumit ke server atau host lain. Cukup bayar level berikutnya.

Dengan keunggulan kecepatan dan skalabilitas, menurut kami Kinsta adalah pilihan tepat bagi perusahaan besar atau yang sedang berkembang pesat yang ingin mempertahankan bisnis mereka tetap terbuka.