free page hit counter

45 Usaha Yang Menjanjikan Untuk Kamu Coba

Artikel diperbarui pada 3 November 2021.

Pandemi COVID-19 yang terjadi hampir sepanjang tahun 2020 sejauh ini telah memukul perekonomian di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Banyaknya pemutusan hubungan kerja menyebabkan sebagian orang kehilangan pekerjaan. Berbagai aktivitas bisnis juga memerlukan penyesuaian dari offline ke online.

Pasalnya, aktivitas tatap muka dibatasi untuk menghindari penularan virus secara massal. Sulitnya mencari pekerjaan baru membuat Kamu harus mencari ide bisnis baru dan perusahaan yang menjanjikan untuk bangkit dan tetap hidup.

Tentu saja perusahaan yang menjanjikan ini hanya membutuhkan modal yang kecil dan berbentuk dari bisnis rumahan, jadi lebih fleksibel untuk memulai sekarang.

Lalu apa saja usaha kecil yang menjanjikan dan sukses. Apakah bisnis rumahan dengan modal 50 ribu, 300 ribu atau 500 ribu bisa menjadi bisnis yang menjanjikan? Kali ini kita akan membahasnya secara detail. Simak, yuk!

Usaha Yang Menjanjikan Untuk Kamu Coba

#1. Perusahaan Toko Online

Meski toko online menjamur dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi tren, nyatanya kegiatan ini masih relevan untuk dilakukan pada tahun 2021 mendatang. Selain itu, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung tahun ini membuat platform jual beli online sangat sukses. Kebanyakan orang lebih suka berbelanja online daripada offline karena takut tertular virus. Hal ini membuat toko online menjadi usaha yang menjanjikan untuk masa depan.

#2. Dropship

Bagi Kamu yang tidak memiliki banyak modal untuk berbisnis, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menjalankan bisnis yang menjanjikan di tahun ini dengan menerapkan sistem dropshipping. Dengan Dropship Kamu bisa menjual apa saja tanpa modal. Kamu bisa menjual produk orang lain tanpa harus menimbun atau membelinya terlebih dahulu. Hanya dengan smartphone, Kamu dapat menjalankan bisnis dropship untuk berbagai produk yang Kamu inginkan.

#3. Toko Jajanan di Rumah

Apa yang bisa Kamu lakukan dengan modal 300 ribu?

Pandemi yang sedang berlangsung mempengaruhi aktivitas masyarakat. Banyak orang yang berdiam diri di rumah dan malas keluar rumah. Kebiasaan baru ini bisa Kamu manfaatkan dengan membuka bisnis rumahan yang sedang tren, termasuk bisnis jajanan rumahan. Tak bisa dimungkiri, keinginan jajan semakin kuat saat orang-orang di rumah. Nah, membuka usaha makanan ringan pasti akan mendatangkan pundi-pundi yang lumayan jika dilakukan dengan serius.

#4. Bisnis Katering Sehat

Bisnis menjanjikan lainnya yang patut dicoba adalah bisnis perhotelan yang sehat. Gaya hidup sehat kini telah menjadi tren seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, termasuk dengan mengonsumsi makanan sehat. Sayangnya, tidak semua orang bisa dan tidak punya waktu untuk memasak sendiri yang sehat. Oleh karena itu, ada peluang besar bahwa katering sehat akan ada pada tahun 2021.

#5. Membuat Kue

Hampir sama dengan point bisnis snack, latar belakang bisnis kue memiliki peluang yang sangat besar karena banyak orang yang beraktivitas di rumah. Alhasil, keinginan ngemil pun cukup tinggi. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keterampilan untuk bereksperimen di dapur dan menciptakan berbagai hidangan lezat. Kamu dapat menjembatani kesenjangan ini dengan perdagangan kue. Sebagai permulaan, bisnis kue hanya membutuhkan modal kecil tetapi dapat menghasilkan keuntungan besar di masa depan.

#6. Jual Minuman Kesehatan

Sistem imun tubuh sangat diperlukan untuk bertahan hidup di era pandemi ini. Jadi, apa perusahaan yang paling menjanjikan dalam situasi saat ini?

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi berbagai minuman dan suplemen gizi. Bahkan minuman tradisional seperti empon-empon sangat populer di pasaran di era pandemi saat ini. Oleh karena itu, menjual aneka minuman kesehatan merupakan salah satu usaha modal kecil yang menjanjikan dan layak untuk Kamu coba.

#7. Dapur Bersama atau Dapur Awan

Cloud kitchen merupakan salah satu perusahaan kuliner baru yang sedang naik daun. Dapur awan atau dapur bersama dapat diartikan sebagai dapur yang dibuat untuk membuat dan menyajikan makanan untuk dijual.

Tidak seperti dapur pada umumnya, dapur awan menghasilkan makanan dari satu hingga beberapa merek sekaligus. Bahkan ada dapur awan yang dibuat khusus dan bekerja dengan layanan pesan-antar makanan seperti Gojek dan Grab. Bisa dibilang cloud kitchen adalah salah satu perusahaan yang paling menjanjikan saat ini dan di masa depan.

#8. Pertanian Organik

Peluang bisnis terbaru dan terlaris berikutnya adalah pertanian organik. Di masa pandemi seperti sekarang ini, bertani secara mandiri tentu sangat menguntungkan. Mulai dari sayuran, paprika, hingga buah-buahan. Apalagi jika hasilnya ditradingkan, Kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar. Saat ini, tidak banyak orang yang bekerja di pertanian organik. Ini akan menjadi penyebab yang menjanjikan bagi Kamu yang tinggal di desa.

#9. Pemasok Bahan Makanan Segar

Peluang bisnis yang tidak dimiliki banyak pesaing lainnya adalah menjadi pemasok makanan segar. Restoran, restoran dan kafe pasti membutuhkan pemasok makanan segar seperti buah-buahan, sayuran dan daging. Makanan segar dibutuhkan setiap hari. Sekarang Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjadi pemasok berbagai bahan makanan segar.

#10. Bisnis Air Minum Galon dan Elpiji

Bisnis air minum galon dan elpiji juga menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2021. Air minum galon isi ulang dan elpiji merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap rumah tangga. Kamu bisa membuka usaha ini di teras rumah tanpa harus menyewa tempat usaha. Dengan modal minim, minum galon dan elpiji adalah salah satu bisnis yang pasti laris setiap hari.

#11. Operasi freezer

Menyimpan bahan makanan di lemari es juga menjadi salah satu tren saat ini. Pasalnya, cara ini cukup ekonomis dan praktis, sehingga menghemat waktu memasak. Oleh karena itu, timbul pertanyaan, perusahaan mana yang bagus untuk pemula? Nah, sektor makanan beku juga menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan bagi para pemula. Kamu tidak perlu terlalu banyak modal untuk memulai. Kamu bahkan dapat melakukan bisnis ini dari rumah.

#12. Pelatih Pribadi Virtual atau Pelatih Olahraga

Setiap orang membutuhkan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bukan? Sayangnya, klub olahraga masih terbatas selama pandemi ini. Banyak gym juga tutup. Nah, kondisi ini membuka peluang bisnis baru berupa personal trainer atau pelatih olahraga virtual. Kamu dapat mengakses layanan pelatihan olahraga secara online melalui aplikasi Zoom atau Google Meet. Buka pendaftaran berbayar dan buka kelasnya, maka Kamu bisa mendapatkan potensi keuntungan yang besar.

#13. Layanan Kursus Online

Seperti halnya olahraga, banyak orang juga membutuhkan kursus keterampilan tertentu tetapi dibatasi oleh pandemi. Solusinya, Kamu bisa membuka layanan kursus online yang disesuaikan dengan keahlian Kamu. Hanya dengan internet Kamu dapat membuka layanan kursus online dengan jumlah peserta yang tidak terbatas dan dari mana saja.

#14. Perusahaan Pengecer

Bagi Kamu yang hanya memiliki modal kecil untuk membuka usaha baru, jangan khawatir. Karena dengan bisnis reseller, Kamu bisa menjual apa saja dengan modal yang minim. Kamu tidak harus memikirkan modal untuk produksi barang, tetapi Kamu tetap bisa menjualnya. Keuntungan dari bisnis reseller ini cukup besar sehingga bisa menjadi renungan yang menjanjikan bagi para pemula.

#15. Pemasaran Afiliasi

Pernahkah Kamu mendengar istilah pemasaran afiliasi? Bagi Kamu yang baru mengenal dunia online, mungkin tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, sejak tahun 2000-an, affiliate marketing mulai dikenal di dunia bisnis online. Afiliasi pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan produk atau pedagang tertentu dengan imbalan layanan dalam bentuk komisi. Dengan menjadi affiliate marketing, Kamu bisa mendapatkan komisi yang lumayan hanya dengan memasarkan produk.

#16. Industri Berbasis Aplikasi

Usaha lain yang menjanjikan adalah mencoba peruntungan di industri berbasis aplikasi. Kenyamanan teknologi saat ini memungkinkan Kamu untuk mengembangkan industri aplikasi yang lebih baik di masa depan. Industri aplikasi memiliki peluang yang besar dan dapat bersaing dengan industri konvensional. Contohnya adalah Gojek dan Amazon yang kini sudah mendarah daging di masyarakat dan digunakan oleh banyak orang.

#17. Jual Aksesoris Handphone

Ponsel sudah menjadi barang wajib yang dimiliki hampir semua orang mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. Oleh karena itu, kebutuhan akan aksesoris handphone juga semakin meningkat dan menjadi peluang bisnis baru. Kamu bisa mulai menjual aksesoris handphone seperti case, pendant, hingga screen protector.

#18. Menjual Produk Fashion

Peluang bisnis lain yang menjanjikan adalah penjualan produk fashion. Target pasar untuk produk fashion tidak ada habisnya dan Kamu bisa memilih pasar sendiri. Dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa, masing-masing memiliki target audiens dan peluangnya sendiri. Jika Kamu tidak memiliki modal yang terlalu banyak, Kamu bisa memulai bisnis yang sukses melalui perusahaan fashion dengan sistem dropship atau reseller.

#19. Jual Barang Bekas atau Kesayangan Secara Online

Potensi penjualan online memang menjanjikan karena semua produk bisa dijual secara online. Bahkan menjual barang bekas atau kesayangan berpotensi sukses jika dipasarkan secara online. Media instagram dan sejenisnya memungkinkan Kamu untuk mengambil gambar barang bekas menjadi cantik dan menarik perhatian banyak orang. Alhasil, berjualan barang kesayangan secara online juga menjadi salah satu dari 10 bisnis yang menjanjikan.

#20. Menjahit Baju

Apakah Kamu memiliki keterampilan menjahit? Mengapa tidak menggunakannya untuk mencoba kemungkinan baru? Ya, Kamu bisa mendapatkan uang tambahan dengan menjahit pakaian. Kamu bisa menjual jahitan baik secara online maupun offline dengan sistem pre-order jika modal kerja tidak mencukupi. Namun tentunya potensi penjualan pakaian hingga saat ini masih cukup tinggi. Dan melalui keterampilan menjahit, Kamu juga dapat menerima tugas menjahit. Nanti bisa kamu kembangkan dengan membuka kursus menjahit. Bukankah itu hebat?

#21. Perusahaan Laundry

Kamu mungkin sering bertanya-tanya perusahaan mana yang bagus untuk pemula? Salah satunya membuka usaha laundry. Kamu tidak memerlukan keahlian apa pun untuk membuka binatu. Perusahaan ini hanya memiliki mesin cuci dan ruang kecil untuk meletakkan mesin cuci, wastafel dan rak pakaian. Jika Kamu masih belum mengetahui seluk beluk bisnis laundry secara detail, Kamu bisa memulainya dengan membuka franchise laundry.

#22. Menjual Produk Kecantikan

Tentunya di era modern dengan kiblat kecantikan artis Korea ini, menjual produk kecantikan menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan. Hanya dengan menunjukkan “before after” dengan suatu produk, ribuan mata akan tertarik pada produk kecantikan yang Kamu jual. Apalagi jika produk kecantikan yang Kamu tawarkan benar-benar bagus, Kamu akan mudah mendapatkan rupiah dengan menjual produk kecantikan.

#23. Juru Potret

Apakah Kamu memiliki keterampilan fotografi? Ayo maksimalkan potensimu dengan mencoba kesempatan menjadi fotografer. Dengan kemampuan fotografi Kamu, Kamu dapat membuka studio foto digital, mengambil kursus fotografi dan menjadi fotografer lepas. Kamu juga dapat bermitra dengan penyelenggara acara untuk menangani acara tertentu. Jika kamu rajin, hasil yang didapat dari aktivitas pemotretan yang kamu lakukan cukup bagus, lho!

#24. Penyelenggara Pernikahan

Siapa bilang di masa pandemi ini, aktivitas wedding organizer lumpuh? Justru, pandemi menjadi titik terang bagi wedding organizer untuk mencoba hal baru dengan konsep online. Ya, wedding organizer online memang menjadi tren saat ini di masa pandemi. Pernikahan online menjadi solusi bagi pasangan yang ingin menikah di tengah wabah virus Corona. Proses pernikahan online dilakukan melalui siaran langsung televisi, live streaming di YouTube atau Instagram, serta melalui Zoom atau Google Meet. Disinilah peran wedding organizer online adalah mengatur acara sedemikian rupa agar pesta pernikahan tetap bisa dinikmati oleh keluarga dan kerabat meski tidak bisa datang langsung ke resepsinya. Menjadi penyelenggara pernikahan online adalah usaha yang langka namun menguntungkan.

#25. Penata Rias dan Rias Pengantin

Seperti yang sudah dibahas di atas, banyak orang yang masih ingin menggelar pesta pernikahan dan acara lainnya di masa pandemi. Meski tentu saja dengan pembatasan ketat pada kegiatan sosial. Acara berlangsung melalui media online, namun kedua mempelai pada umumnya masih berpenampilan layaknya pengantin. Nah, itulah mengapa bisnis penata rias dan rias pengantin masih relevan untuk diuji pada tahun 2021.

#26. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di tahun 2021. Jasa tersebut termasuk contoh perusahaan modal kecil, namun memiliki potensi penghasilan yang besar. Dalam menjalankan bisnis jasa desain grafis ini, Kamu tidak membutuhkan modal apapun kecuali keahlian yang Kamu miliki. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis, terutama di masa pandemi. Jika harga jasa desain grafis di Indonesia terlalu murah, Kamu bisa mencoba menjual desain ke luar negeri secara online.

#27. Manajemen Media Sosial atau Manajemen Media Sosial

Contoh pengusaha lain yang menjanjikan di tahun 2021 adalah membuka layanan social media management atau layanan social media management. Media sosial yang terus berkembang, termasuk dalam dunia bisnis, telah menciptakan peluang bisnis baru. Kamu dapat menawarkan layanan manajemen media sosial untuk bisnis baru atau pemula. Hanya dengan internet peluang bisnis ini menjanjikan lho. Apalagi banyak pengusaha yang kurang bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran. Untuk itu, Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menawarkan jasa pengelolaan media sosial.

#28. Layanan Pengembangan Situs Web

Bisnis online juga membutuhkan website sebagai media pemasaran. Namun tidak semua pengusaha tahu cara membuat website yang baik. Sekali lagi, Kamu memiliki pilihan untuk membuka perusahaan jasa pembuatan website. Perusahaan ini cukup menjanjikan karena pasar digital saat ini sedang berkembang pesat.

#29. Penulis Konten Online atau Penulis Konten

Peluang bisnis rumahan lain yang menjanjikan adalah menjadi penulis konten online atau content writer. Setelah situs web dibuat, pemilik bisnis akan membutuhkan penulis konten untuk menulis konten di situs web. Nah, kesempatan ini terbuka lebar bagi Kamu yang memiliki keahlian di bidang jurnalistik. Perusahaan ini tidak membutuhkan modal sama sekali, lho!

#30. Penerjemah atau Translator

Selain menjadi penulis konten, Kamu juga bisa mencoba peluang sebagai translator atau penerjemah. Tawarkan keterampilan bahasa Kamu melalui media sosial. Peluang bisnis ini masih sangat relevan untuk dicoba di tahun 2021.

#31. Kerajinan

Keterampilan atau kemampuan yang Kamu miliki dapat digunakan sebagai peti harta karun yang baik jika Kamu ingin sedikit berusaha. Contohnya adalah kemampuan membuat berbagai kerajinan seperti vas bunga dari botol bekas, tas dari sampah daur ulang, lampu hias dan masih banyak lagi. Percayalah, kreativitas yang diolah dan digunakan bisa menjadi harta karun berupa uang yang lumayan.

#32. Perusahaan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Seperti dibahas di atas, kreativitas adalah kunci untuk mendapatkan penghasilan tambahan dalam jumlah yang layak. Salah satunya adalah mencoba produk kreatif ramah lingkungan seperti kapas, jam tangan bambu, sedotan bambu dan masih banyak lagi. Pemilihan bahan yang ramah lingkungan menjadi nilai plus untuk produk yang Kamu tawarkan.

#33. Rental Mobil

Rental mobil merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2021. Meski bisnis ini menjamur beberapa tahun terakhir, bisnis rental mobil masih memiliki banyak potensi untuk digarap. Apalagi transportasi merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi banyak orang. Dari kebutuhan rekreasi hingga bisnis, rental mobil masih sangat diminati. Meski corona melanda, kebutuhan masyarakat akan sewa mobil masih cukup tinggi.

#34. Usaha Potong Rambut

Perusahaan seperti apa yang cocok untuk diuji di akhir tahun 2020 hingga sekarang? Salah satunya adalah tempat pangkas rambut. Dengan dimulainya pandemi, penjualan layanan tata rambut turun drastis karena pembatasan ketat pemerintah. Namun, seiring berjalannya waktu, bisnis ini perlahan mulai berkembang kembali dengan protokol kesehatan tersebut. Toh, meski ada corona, orang butuh potong rambut, kan?

#35. Perusahaan Waralaba atau Franchise

Bisnis Franchise atau waralaba merupakan bisnis yang menjanjikan dan patut dicoba bagi para pemula. Dengan sistem franchise, Kamu tidak perlu memikirkan sistem bisnis yang sedang Kamu bangun. Cukup dengan mengeluarkan modal awal untuk membeli franchise, maka Kamu sudah bisa mengakses bisnis layaknya seorang profesional. Kamu telah diberikan paket bisnis, nama perusahaan dan SOP untuk menjalankannya. Mudah kan?

#36. Jual E-Book

Jika Kamu memiliki kemampuan menulis yang baik, menjual e-book adalah bisnis yang menjanjikan bagi pemula. E-book memungkinkan Kamu untuk berbagi informasi penting tentang apa pun. E-book adalah cara sederhana dan praktis untuk membaca buku. Pembaca tidak harus membeli buku secara fisik, sehingga menghemat kertas. Membaca buku digital telah menjadi tren akhir-akhir ini, sehingga hasilnya menjanjikan. Menjual e-book juga tidak membutuhkan modal yang besar.

#37. Toko Hewan Peliharaan dan Hotel Hewan Peliharaan

Masih menjadi tren di tahun 2021, toko hewan peliharaan dan bisnis hotel hewan peliharaan layak untuk dilirik. Banyak orang menyukai hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan lain-lain. Apalagi saat pandemi COVID-19 melanda seperti sekarang ini, banyak orang yang berdiam diri di rumah dan mengalihkan kebosanan dengan beternak hewan. Di sinilah peluang bisnis toko hewan peliharaan dan hotel hewan peliharaan muncul. Kebutuhan akan makanan dan perawatan hewan semakin meningkat, dan Kamu juga bisa menjadikan toko hewan peliharaan dan hotel hewan peliharaan menjadi bisnis yang menjanjikan.

#38. Perusahaan Persewaan Pakaian

Bisnis yang menjanjikan di tahun 2021 adalah persewaan pakaian. Bisnis ini terlihat sederhana, namun hasilnya menggiurkan. Kamu bisa menyewa berbagai pakaian adat untuk kebutuhan hari besar atau acara pernikahan. Nah, jika Kamu mematok harga sewa baju dari Rp 100 ribu menjadi Rp 300 ribu saja, maka Kamu bisa meraup untung hingga puluhan juta setiap bulannya.

#39. Jasa Sewa Barang Bermerek atau Branded

Selain perusahaan persewaan pakaian, Kamu juga bisa membuka jasa persewaan barang branded atau bermerek. Tidak semua orang mampu membeli barang branded karena harganya yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis yang menggiurkan ini. Hampir sama dengan jasa persewaan pakaian, jasa persewaan barang branded juga berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

#40. Perusahaan Penyewaan Peralatan Pendakian

Mendaki gunung adalah hobi. Setelah menjadi hobi, orang akan rela melakukan apa saja untuk menjalankan hobi tersebut. Sayangnya, peralatan untuk mendaki gunung ini cukup mahal. Selain itu, peralatan tersebut hanya digunakan beberapa kali, tidak setiap hari. Untuk alasan ini, menyewa peralatan pendakian adalah usaha yang menjanjikan. Apakah kamu ingin mencoba?

#41. Perusahaan Cuci Sepatu

Bisnis lain yang menjanjikan di tahun 2021 adalah cuci sepatu. Dahulu hanya dikenal sebagai laundry pakaian, kini laundry sepatu banyak dikenal dan dibutuhkan oleh masyarakat. Kelompok sasaran laundry sepatu adalah masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk mencuci sepatu. Jika tidak dicuci, sepatu tersebut malah tidak enak dipakai ke kantor atau saat bepergian. Persaingan bisnis laundry sepatu juga masih minim, karena belum banyak pengusaha yang membuka jasa laundry sepatu.

#42. Jual Beli Sewa Mainan Anak

Anak-anak adalah kelompok sasaran yang besar di Indonesia. Orang tua mana yang tidak merasa kasihan dengan anaknya yang mengomel mainan? Sekarang Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha jual beli atau persewaan mainan anak. Baik persewaan maupun jual beli mainan memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan.

#43. Jual Perlengkapan Bayi

Lagi-lagi target pasar bayi dan anak memang sangat besar dan diminati. Kamu bisa mencoba peruntungan bisnis dengan menjual perlengkapan bayi. Dari pakaian bayi, popok hingga botol ASI, Kamu bisa memilih produk yang ingin Kamu jual. Jika penawaran yang Kamu berikan menarik, pasti banyak ibu muda yang tertarik untuk membeli produk Kamu.

#44. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Tak kalah menggiurkan, jasa cuci motor dan mobil juga menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan. Tidak semua orang punya waktu lebih banyak untuk mencuci motor atau mobilnya. Apalagi jika orang tersebut memiliki mobilitas yang tinggi. Nah, peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa cuci motor dan mobil. Kamu hanya membutuhkan lahan dan peralatan untuk mencuci kendaraan untuk memulai bisnis ini.

#45. Membuka Toko Kelontong atau Sembako

Meski Indomaret dan Alfamart saat ini tersebar dimana-mana, toko kelontong atau sembako masih dalam pengawasan. Harga toko kelontong yang seringkali murah membuat masyarakat enggan meninggalkan budaya berbelanja di toko kelontong. Usaha ini bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan teras atau halaman kosong.

#46. Jual Pesanan Hampers atau Bingkisan

Selama pandemi corona, mobilitas masyarakat menurun. Persahabatan dari rumah ke rumah juga terbatas, termasuk saat liburan. Kondisi ini membuka peluang bisnis baru berupa parsel atau pesanan parsel. Jika silaturahmi tidak bisa dilakukan secara langsung, saling berkirim bingkisan atau bingkisan menjadi pilihan untuk tetap menjalin silaturahmi. Jika Kamu adalah penyedia hadiah atau keranjang, dapatkah Kamu membayangkan potensi keuntungannya?