free page hit counter
Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Peluang Besar!

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Peluang Besar!

Artikel diperbarui pada 10 Agustus 2022.

Shopee dikenal sebagai salah satu tempat berjualan online yang praktis dan mudah dimengerti. Ada banyak jenis produk yang bisa kamu jual disini. Bahkan, para pemula pun bisa ikut serta berbisnis online melalui aplikasi Shopee.

Saat memutuskan berjualan di Shopee, kamu tidak perlu memikirkan terkait stok barang, lho. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat banyak orang tertarik untuk bergabung. Nah, bagi kamu yang tertarik berjualan di shopee tanpa stok barang, maka bisa simak cara-caranya disini.

Sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui apa itu aplikasi Shopee terlebih dahulu, ya.

Aplikasi Shopee: Tempat Terbaik Buat Jualan Online

Jualan online di Shopee. | FREEPIK
Jualan online di Shopee. | FREEPIK

Aplikasi Shopee merupakan salah satu e-commerce terbaru di tanah air. Walau masih baru, tetapi startup asal Singapura ini berhasil mendapatkan banyak peminat yang banyak hanya dalam waktu singkat. Hal itu dikarenakan Shopee berani memberikan beragam diskon, promo, serta kemudahan lainnya, baik itu kepada para konsumen maupun seller-nya sendiri.

Shopee memiliki layanan belanja online dengan konsep mobile marketplace, yaitu khusus dilakukan dari konsumen ke konsumen alias C2C. Dengan begitu, pembeli maupun penjual bisa langsung berkomunikasi di aplikasi secara langsung, tanpa ribet. 

Hal itu dikarenakan Shopee memiliki fitur Live Chat yang membuat e-commerce ini berbeda dengan perusahaan startup lainnya. Melalui fitur live chat, pembeli bisa langsung berkomunikasi bersama penjual terkait barang yang akan dibeli. 

Shopee menghadirkan beragam produk serta promo menarik setiap harinya. Bahkan, di tanggal-tanggal tertentu, Shopee selalu memberikan mega big sale khusus untuk para konsumennya. 

Saat ini, aplikasi Shopee sudah diunduh lebih dari 4 juta kali pengunduh dan diikuti oleh lebih dari 600 ribu pengikut. Di Indonesia sendiri, anak perusahaan Garena ini sudah menggandeng sekitar 1,3 juta pengguna di Indonesia.

Apa Saja Fitur Utama Shopee yang Paling Banyak Disukai?

Fitur utama Shopee. | @mego-studio - FREEPIK
Fitur utama Shopee. | @mego-studio – FREEPIK

Aplikasi Shopee memiliki beragam fitur menarik yang bisa digunakan oleh para konsumen dan sellernya. Beberapa fitur utama dari Shopee yang menarik banyak perhatian orang, yaitu:

#1. Gratis Ongkir

Fitur gratis ongkir dari Shopee ini sangat diminati oleh para pembeli. Tak hanya itu, penjual yang memberikan gratis ongkir di tokonya, seringkali menjadi sasaran para pembeli untuk membeli beragam produk yang ditawarkan. Sehingga, fitur gratis ongkir dapat memudahkan para pembeli maupun penjual itu sendiri.

Para pemilik toko online Shopee bisa mendaftarkan tokonya agar bisa mendapatkan fitur gratis ongkir ini dengan mudah. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah seperti berikut.

Daftar Gratis Ongkir Shopee Melalui Aplikasi 

  • Kamu bisa langsung klik ikon ‘Gratis Ongkir’ di beranda.
  • Silakan pilih ‘Semua Gratis Ongkir’
  • Selanjutnya, klik ‘Daftar Sekarang’ yang ada di bagian bawah halaman.
  • Kamu bisa segera isi nomor E-KTP, sekaligus upload foto diri beserta E-KTP. Perlu diingat, jangan sampai hasil jepretan fotonya terlihat blur alias tidak jelas, ya.
  • Jika sudah, langsung saja centang Syarat dan Ketentuan yang tertera, lalu klik kirimkan.
  • Yeay, berhasil. Kini, kamu hanya perlu menunggu maksimal 2×24 jam dan tokomu akan mendapatkan pemberitahuan terkait program gratis ongkir tersebut. Kalau sudah begitu, promo gratis ongkir akan otomatis terpasang dan bisa digunakan oleh para pembeli.

Daftar Gratis Ongkir Melalui Laptop/PC

  • Silakan pilih ‘Gratis Ongkir Xtra’.
  • Langsung saja pilih ‘Semua Gratis Ongkir’ dan klik ‘Daftar Sekarang’ di bagian bawah halaman.
  • Nantinya, kamu akan melihat QR Code yang muncul dan bisa langsung di scan untuk dihubungkan ke pendaftaran gratis ongkir pada aplikasi Shopee.
  • Berhasil, fitur gratis ongkir sudah otomatis aktif dan terpasang di toko online Shopee kamu.

#2. Cash On Demand alias COD

Para pemilik toko online kini bisa menggunakan fitur Cash On Demand alias COD di aplikasi Shopee. Fitur ini sangat memudahkan para pembeli yang ingin membayar langsung, ketika barang sampai di tujuan. 

Bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur COD untuk toko online di Shopee, maka bisa segera mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Melalui Aplikasi Shopee

  • Di bagian menu Saya, kamu bisa langsung klik menu Toko Saya.
  • Pilih Jasa Kirim Saya.
  • Kamu bisa mengaktifkan jasa kirim yang mendukung pembayaran COD, seperti J&T Express, ID Express, dan Shopee Express.
  • Silakan aktifkan metode pembayaran COD, kemudian klik Simpan.

Tanpa menunggu lama, toko online Shopee milikmu sudah memiliki fitur COD yang bisa digunakan oleh para pembeli.

Melalui Seller Centre

  • Di halaman utama Seller Centre, kamu bisa langsung klik Pengaturan Pengiriman.
  • Di bagian Jasa Kirim, silakan pilih jasa kirim yang ingin digunakan.
  • Klik Konfirmasi di bagian pop up yang muncul.
  • Terakhir, kamu bisa pilih menu ‘V’ dan klik aktifkan COD. 

#3. Beragam Voucher dan Cashback Menarik

Shopee memiliki beragam voucher dan cashback menarik yang bisa diberikan kepada para pembeli. Di antaranya ada voucher shopeepay, voucher koleksi elektronik, voucher murah lebay, voucher segar, flash voucher, dan masih banyak lagi. 

Sementara untuk fitur cashback terdiri dari cashback spesial, cashback Xtra, cashback pilih lokal, cashback koleksi infashion, dan lainnya.

#4. Shopeepay dan Shopee Koin

Fitur Shopeepay diberikan kepada para pengguna Shopee agar bisa melakukan transaksi dengan mudah. Para pengguna bisa membuat akun Shopeepay gratis dengan cara masukkan nomor telepon dan PIN. 

Jika ingin menggunakan Shopeepay premium, maka bisa sertakan foto KTP beserta foto sendiri sambil memegang KTP tersebut. Tak perlu menunggu lama, Shopeepay premium bisa langsung aktif di hari itu juga. Nah, dengan Shopeepay premium, kamu bisa mengirim uang dengan mudah ke rekening bank dan lainnya.

Sementara Shopee koin merupakan fitur yang bisa digunakan oleh para pembeli maupun penjual. Biasanya, untuk pembeli bisa mengumpulkan koin dari hasil bermain Shopee games, membeli produk tertentu, dan lain-lain. 

Sementara penjual berperan sebagai pemberi koin kepada konsumen yang telah melakukan produk gratis koin tertentu.

#5. Shopee Games

Biar gak bosen terus melihat produk belanjaan, Shopee menghadirkan berbagai macam permainan untuk para penggunanya. Beberapa permainan yang ada di Shopee diantaranya, Shopee Tanam, Shopee Bubble, Shopee Pet, Shopee Go, Shopee Candy, Shopee Mancing, Shopee Capit, Shopee Link, dan Lucky Prize.

#6. Shopee Paylater

Fitur Shopee Paylater merupakan salah satu fitur terbaru yang diberikan oleh aplikasi Shopee. Adanya fitur ini memungkinkan kamu bisa berbelanja, lalu membayar belakangan sesuai jangka waktu yang ditentukan. 

Fitur ini bisa kamu gunakan setelah berhasil mendaftar, lalu mendapatkan limit sesuai ketentuan berlaku.

#7. Shopee Food

Nah, fitur ini tergolong sebagai fitur baru yang saat ini sedang booming digunakan.Shopee Food memungkinkan kamu untuk memesan beragam makanan dan minuman di sekitar wilayah domisili kamu. Menariknya, disini kamu bisa mendapatkan beragam voucher serta diskon menarik, lho.

Masih banyak lagi fitur dari Shopee yang bisa kamu nikmati. Tentunya, semua fitur itu hadir khusus untuk kamu, baik itu sebagai pembeli maupun penjual.

Nah, jika kamu ingin menjadi salah satu penjual di Shopee tanpa stok barang, maka bisa segera lakukan cara-cara berikut ini.

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Mudah dan Cepat

Ilustrasi. | FREEPIK
Ilustrasi. | FREEPIK

Berjualan di Shopee tanpa stok barang berarti kamu akan berperan menjadi seorang dropshipper. Disini, kamu tidak perlu menyediakan barang dengan stok tertentu, karena kamu hanya perlu memasarkan barang atau produk dari supplier yang diikuti. 

Kalau kamu tertarik untuk menjadi dropshipper ini, maka berikut merupakan beberapa cara jualan di Shopee yang perlu diperhatikan, yaitu:

#1. Mulai dengan Cari Barang yang Akan Kamu Jual

Saat kamu berniat untuk menjual barang di Shopee, maka harus tentukan terlebih dahulu barang apa yang akan dijual. Sebagai saran, kamu bisa memilih barang atau produk yang lebih banyak dicari oleh konsumen.

Misalnya, bidang fashion, kecantikan, kesehatan, produk rumah tangga dan masih banyak lagi. Nah, dari beberapa bidang itu, produk fashion menjadi salah satu bidang yang memiliki banyak peminat di Shopee.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mulai berbisnis aneka produk fashion khusus anak-anak maupun kalangan dewasa.

#2. Jika Sudah Menemukan Barangnya, Kamu Bisa Langsung Cari Supplier Terpercaya

Jika sudah menentukan barang atau produk yang akan dijual, kini saatnya kamu mulai mencari supplier terbaik dari barang-barang tersebut. Pastikan bahwa supplier yang dipilih terpercaya, memiliki kualitas tinggi, serta harga yang terjangkau.

Kamu bisa mencari supplier di aplikasi Shopee sendiri atau melalui beragam marketplace lain. Di luar sana, pasti ada banyak sekali supplier yang menjual produk sama, dengan beragam kualitas dan harga berbeda.

Disinilah tantangan bagi para dropshipper agar bisa mendapatkan supplier yang cocok. Baik itu dari segi harga, maupun kualitasnya.

#3. Buat Akun Shopee Khusus Untuk Berjualan 

Apabila sudah berhasil mendapatkan supplier, kamu bisa langsung menuju aplikasi Shopee dan membuat akun khusus berjualan disana. Cara melakukan pendaftarannya pun tergolong mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Jika kamu menggunakan PC atau Laptop, maka bisa mendaftar melalui situs Shopee. Namun, jika menggunakan smartphone, maka bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi Shopee.
  • Silakan buat akun baru dengan cara klik Daftar, kemudian lakukan verifikasi nomor telepon dan email.
  • Ubah username Shopee jika diperlukan.

#4. Isilah Data Akun Sesuai Data yang Dimiliki Supplier

Nah, jika sudah memiliki akun Shopee, selanjutnya kamu bisa mulai mengisi data akun sesuai data yang dimiliki supplier. Pastikan kamu meminta izin terlebih dahulu kepada supplier terkait hal ini. Sehingga, toko Shopee bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan nantinya.

Beberapa data akun Shopee yang mesti kamu lengkapi diantaranya sebagai berikut.

  • Profil Toko

Via Seller Centre:

  • Silakan buka Seller Centre terlebih dahulu.
  • Kemudian, pilih Profil Toko.
  • Lengkapi Nama Toko, Deskripsi Gambar, dan Deskripsi.
  • Klik Simpan.

Via Aplikasi Shopee:

  • Silakan buka aplikasi Shopee di smartphone.
  • Klik Saya, lalu pilih Toko Saya.
  • Selanjutnya, pilih Asisten Penjual.
  • Pilih Profil Toko, lalu lengkapi Nama Toko, Deskripsi Gambar, dan Deskripsi.
  • Jika sudah, klik ikon centang di pojok kanan atas menu.
  • Jasa Kirim

Jika sudah melengkapi profil toko, kini saatnya kamu menentukan jasa kirim yang akan digunakan dalam toko online Shopee milikmu. Ada banyak sekali pilihan jasa kirim di aplikasi Shopee, seperti J&T Express, JNE, ID Express, Shopee Express, Grab, Go Send dan lainnya.

Untuk memilih dan menggunakan jasa kirim toko di Shopee, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Melalui Seller Centre:

  • Silakan masuk ke Seller Centre terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, pilih Jasa Kirim Saya.
  • Lalu, kamu bisa langsung memilih jasa kirim yang akan digunakan disana.

Melalui Aplikasi Shopee:

  • Silakan buka aplikasi Shopee di smartphone.
  • Pilih Saya, kemudian Toko Saya.
  • Pilih Jasa Kirim Saya untuk memilih jasa kirim yang akan kamu gunakan.
  • Klik Simpan.
  • Rekening Bank

Setelah melengkapi jasa kirim toko, kamu bisa lanjut ke pengisian rekening bank yang berguna untuk pencairan dana hasil penjualan. Beberapa cara untuk melengkapi rekening bank, yaitu sebagai berikut:

  • Silakan pilih Rekening Bank di Seller Centre. Jika menggunakan aplikasi Shopee, kamu bisa langsung menuju Pengaturan Saldo Penjual.
  • Selanjutnya, klik Tambah Rekening Bank atau Rekening Bank untuk menambahkan data rekening tabungan di Toko Shopee.
  • Upload Foto Produk

Jika sudah melengkapi seluruh bagian toko, kamu dapat langsung mengupload foto produk pertama. Foto produk ini didapat dari supplier yang kamu pilih. Sehingga, beragam informasi atau deskripsinya pun harus sesuai dengan supplier tersebut.

Untuk upload foto produk di Shopee, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Kamu bisa masuk ke situs Seller Centre terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik ‘Saya’, lalu klik ‘Mulai Jual di Aplikasi Shopee’.
  • Klik ‘Tambah Produk Baru’.
  • Silakan lengkapi terkait informasi produk sesuai informasi yang diberikan supplier. Kamu juga harus melengkapi informasi jasa kirimnya, ya.
  • Jika sudah, langsung saja klik ‘Simpan dan Tampilkan’ agar produk yang diupload bisa tampil di toko kamu. 

#5. Jangan Lupa Siapkan Modal

Nah, jika sudah mengupload foto produk di toko online Shopee milikmu, kini saatnya kamu melakukan promosi dan menunggu pembeli datang melakukan transaksi. Jika sudah ada pembeli, maka proses penjualan bisa langsung dilakukan dengan cara pengiriman barang dari supplier ke tempatmu, lalu ke tempat para pembeli tersebut.

Sehingga, kamu memerlukan modal untuk bisa melakukan pembelian terlebih dahulu kepada supplier, ya. Meskipun begitu, modal yang disiapkan juga tidak banyak, kok. Disisi lain, bisnis jualan di Shopee tanpa stok barang ini pun bisa dilakukan tanpa modal juga. 

Caranya, kamu cukup melakukan pengiriman langsung dari supplier ke tempat pembeli. Dengan begitu, kamu bisa memantau proses pengiriman, lalu setelah barang sampai ke tempat pembeli, kamu bisa mendapatkan untung dari penjualan itu sendiri.

Tertarik Berjualan di Shopee Tanpa Stok Barang?

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang. | @jcomp - FREEPIK
Cara jualan di Shopee tanpa stok barang. | @jcomp – FREEPIK

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang ternyata tidak sulit dan mudah, bukan? Kini, kamu hanya memerlukan modal kecil, bahkan tanpa modal untuk bisa mulai berbisnis. Berjualan di toko online nyatanya memiliki banyak kelebihan dibandingkan berjualan secara offline.

Selain tidak perlu menyewa gedung untuk toko, kamu juga akan memiliki jangkauan konsumen yang lebih luas ke seluruh Indonesia. Bahkan, kamu berpotensi untuk mendapatkan pembeli dari luar negeri juga, lho.

Tentu saja, tantangan bisnis online pun jauh lebih besar dibandingkan bisnis offline. Meskipun begitu, kamu bisa berjualan dengan produk-produk berkualitas dan harga terjangkau. Sehingga, kamu dapat berkompetisi di pasar online dengan baik.

Yuk, mulai berjualan di Shopee tanpa stok barang sekarang juga.