free page hit counter

8 Cara Mudah Mendapatkan Uang dari TikTok

Artikel diperbarui pada 11 November 2021.

Cara Menghasilkan Uang Dengan TikTok – Bagi Kamu pengguna TikTok, selain mendapatkan hiburan gratis saat menggunakan aplikasi, ternyata Kamu juga dapat menghasilkan uang dengan TikTok.

TikTok merupakan salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di Indonesia, pengguna TikTok di Indonesia mencapai 22 juta orang pada tahun 2020 saja.

Tentunya dengan jumlah pengguna yang begitu besar, TikTok memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan pendapatan tambahan bahkan pendapatan utama bagi penggunanya.

Cara Dapat Uang dari TikTok 2021

Tidak seperti Facebook atau YouTube, yang memiliki jaringan iklan sendiri yang memungkinkan pengguna menjadi penerbit, mereka dapat memonetisasi aplikasi mereka secara langsung.

Sementara itu, jaringan iklan di TikTok belum mendukung penggunanya sebagai penerbit iklan, sehingga mendapatkan pendapatan dari TikTok akan lebih mudah karena tidak memerlukan persyaratan khusus untuk menjadi mitra iklan atau penerbit.

Pengguna TikTok dapat berkolaborasi langsung dengan merek atau individu dan bahkan pengguna TikTok lainnya untuk mendapatkan uang.

Pada kesempatan kali ini, kita akan melihat beberapa cara menghasilkan uang dengan TikTok di tahun 2021.

1. Kerjasama Paid Promote

Cara pertama menghasilkan uang dengan TikTok adalah dengan membuka kemitraan promosi berbayar.

Kerjasama teknis promosi berbayar adalah Kamu dibayar oleh merek atau perusahaan jika Kamu ingin mempromosikan produk mereka melalui konten TikTok yang Kamu buat di akun Kamu.

Biaya mendapatkan bayaran untuk berpromosi di TikTok sangat bervariasi, mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah per kali Kamu berpromosi tergantung berapa banyak pengikut yang Kamu miliki.

Biasanya, merek atau perusahaan mencari pengguna atau influencer TikTok dengan banyak pengikut untuk diajak berkolaborasi.

Tapi bagaimana jika jumlah pengikut TikTok Kamu masih sedikit? Tentu saja, Kamu perlu meningkatkan jumlah pengikut terlebih dahulu.

Jangan patah semangat, misalkan proses menambah jumlah followers adalah cara Kamu mendapatkan aset digital yang akan berguna di masa depan.

Sebenarnya mendapatkan banyak pengikut di TikTok tidak sulit, mendapatkan banyak pengikut TikTok sangat mudah jika Kamu tahu caranya, kami membuat tip orang dalam cara menambah pengikut TikTok dengan cepat di artikel dan Kamu dapat langsung mengunjunginya.

2. Mendapatkan Uang dari Referral TikTok Lite

Cara menghasilkan uang dengan TikTok selanjutnya adalah dengan mengundang teman dengan kode referral TikTok Kamu.

Jika sobat menginstal aplikasi TikTok menggunakan link referral yang sobat bagikan, sobat dan sobat akan mendapatkan Rp. 10.000,. yang dapat dicabut menggunakan aplikasi DANA.

Jika ada event tertentu, Kamu bahkan bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah dengan mengundang 20 orang.

Untuk mendapatkan uang dari referral TikTok Lite caranya cukup sederhana, berikut panduan lengkapnya.

  • Buka aplikasi TikTok Lite. Bisa Kamu unduh di Playstore atau Appstore
  • Temukan dan ketuk menu saya di sudut kanan bawah.
  • Setelah itu, ketuk ikon koin emas di sudut kiri atas.
  • Klik tombol invite maka akan muncul kode invite/kode referral.
  • Kemudian ketuk ikon salin dan bagikan dengan teman Kamu.

3. Mengumpulkan Stiker Gift saat Live TikTok

Apalagi bagi kamu pengguna TikTok yang sudah memiliki banyak followers bisa langsung streaming.

Dalam live streaming, Kamu bisa meminta penonton Kamu untuk memberikan stiker hadiah, Kamu juga bisa mendapatkan stiker hadiah dari penonton tanpa menanyakan apakah konten yang Kamu berikan bermanfaat.

Stiker hadiah yang Kamu dapatkan dari pengikut Kamu selama sesi langsung dapat ditukarkan, karena pengguna TikTok memiliki stiker hadiah dengan membelinya terlebih dahulu.

4. Jual Beli Akun TikTok

Cara mendapatkan uang dari aplikasi TikTok selanjutnya adalah dengan menjual akun TikTok, sudah bukan rahasia lagi kalau jual beli akun media sosial sudah menjadi hal yang lumrah.

Banyak orang mencari akun TikTok dengan jumlah pengikut tertentu untuk membeli dan menggunakan kembali atau mengubah nama pengguna mereka untuk tujuan pencitraan merek untuk berbagai perusahaan.

Tentu saja akun TikTok yang bisa diperjualbelikan bukanlah akun sembarangan, melainkan memiliki kriteria tertentu, semakin banyak jumlah followers dan kesesuaian followers dengan target audience suatu brand maka akan semakin mahal harganya.

5. Menjual Produk

Selanjutnya, dengan akun TikTok Kamu juga dapat menjual produk Kamu sendiri seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa potensi pasar pengguna TikTok sangat besar.

Jadi Kamu bisa menggunakannya untuk menjual produk Kamu sendiri. TikTok juga menawarkan iklan TikTok yang memungkinkan Kamu untuk mengiklankan produk Kamu ke berbagai pengguna TikTok lainnya berdasarkan target pasar produk yang Kamu jual.

6. Menjadi Agency Influencer

Cara menghasilkan uang dengan TikTok berikut ini untuk Kamu yang memiliki tim atau keahlian dalam mendesain dan mengedit foto atau video secara online.

Jika Kamu memiliki tim dengan keahlian desain grafis, copywriting, dan pengeditan video, Kamu dapat menjadi agensi influencer untuk membuat konten untuk mereka.

Tentu saja, para influencer akan kesulitan baik dari segi waktu maupun tenaga jika harus membuat, mendesain, dan mengedit konten sendiri dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat.

Oleh karena itu, para influencer ini biasanya akan menggunakan layanan agensi untuk menyampaikan atau mengelola konten mereka.

7. Membuka Jasa Pengelola Akun TikTok atau TikTok Manager

Peluang penghasilan berikutnya dari TikTok adalah menjadi pengelola akun atau pengelola TikTok.

Pengelola akun memiliki fungsi utama mengelola konten, jadwal posting, dan penelitian, baik konten yang dibuat oleh influencer atau oleh agensi lain.

Pengelola akun memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa konten yang dibuat dapat menghasilkan keterlibatan yang tinggi dan meningkatkan jumlah pengikut.

Agar konten TikTok bisa mendapatkan engagement atau impresi yang tinggi, Kamu bisa memanfaatkan fitur FYP, jika konten Kamu diunggulkan di FYP kemungkinan besar sedang trending dan dilihat banyak orang.

Sebelumnya kami memberikan panduan lengkap video TikTok untuk masuk FYP dengan cara menonton jam FYP TikTok setiap hari.

8. Menggunakan TikTok Sebagai Referral Traffic

Cara terakhir kita menghasilkan uang dengan TikTok adalah dengan menggunakan TikTok sebagai referensi ke platform lain.

Jumlah pengguna TikTok yang besar dan terus bertambah tentunya dapat dijadikan sebagai media untuk mengarahkan trafik ke platform lain yang menjadi situs uang Kamu.

Misalnya, Kamu memiliki blog yang bekerja dengan Google Adsense atau Kamu memiliki situs web toko online yang menjual barang-barang tertentu, dengan menggunakan TikTok Kamu dapat mempromosikan blog atau situs web toko online Kamu dengan akun TikTok atau iklan TikTok sehingga pengguna TikTok dapat mengunjungi situs web Kamu.

TikTok adalah media sosial yang fenomenal dengan perjalanan panjang untuk sampai ke titik seperti sekarang ini.

Jumlah pengguna TikTok yang terus meningkat membuat banyak brand atau perusahaan memandang TikTok sebagai pasar yang sangat potensial.

Dengan berbagai hal di atas, Kamu dapat menggunakannya dengan berbagai cara untuk menghasilkan uang atau penghasilan dengan TikTok.

Semoga informasi yang kami bagikan di atas bermanfaat, silakan bagikan artikel ini ke media sosial Kamu agar teman-teman Kamu juga dapat mengambil manfaat dari artikel ini. Terima kasih.