free page hit counter

Peluang Usaha Serba Sambal: Ini Analisa Kekurangan dan Kelebihannya

Artikel diperbarui pada 5 November 2022.

Peluang-Usaha-Serba-Sambal-Kelebihan
Analisa kekurangan dan kelebihan peluang usaha serba sambal. | via rumahmigran.com

Sebelum kamu memulai usaha serba sambal, coba tengok kekurangan dan kelebihannya. Tujuannya, agar kamu bisa menilai apakah kamu bisa mengatasi kekurangan yang ada dan mendorong kelebihan yang sudah ada.

Dengan memahami kekurangn dan kelebihan bisnis serba sambal, kamu punya kesempatan lebih untuk sukses jualan dibandingkan merek yang sudah lebih dulu ada.

Kekurangan Bisnis Serba Sambal

Sudah sepatutnya sebelum melakukan sebuah bisnis, ada uji analisis SWOT –nya dahulu. Dari sana akan diketahui apa kelemahan, kelebihan, keuntungan dan juga hal dari sebuah bisnis. Sebagai gambaran umum, dari ide bisnis rumahan serba sambal ini, ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan.

Harga bahan baku yang bisa naik secara dratis.

Contohnya saja per bulan Februari 2021, harga cabe rawit menyentuh Rp. 120. 000 / kg. Bukankah ini angka yang luar biasa melonjak untuk jumlah modal operasional yang harus dikeluarkan? Oleh karena itu haruslah bijak menyiasati saat kondisi harga bahan baku tengah kacau tersebut.

Kontaminasi dan sterilisasi

Ini terkait ketika proses produksi secara missal. Pemilik harus paham dasar-dasar sterilisasi dan metode pengawetan produk agar tidak cepat basi dan tetap dalam mutu baik hingga ke tangan konsumen akhir.

Mengingat makanan sangat mudah terkontaminasi mikroba, maka peluang rugi besar ada saat satu produk kena di jaringan distributor, mau tidak mau harus hold dan lakukan proses quality assurance-nya.

Generalisasi rasa

Bagi sebagian orang, menyebut masakan daerah Jawa Tengah cenderung manis. Sedangkan masakan daerah Padang, cenderung asin. Oleh karena itu, perlu standard rasa general untuk sebuah produk yang hendak dipasarkan.

Butuh uji organoleptik dari banyak penguji dan jangan pernah hanya testing ke lidah sendiri. Sebab pendapat orang beda-beda dan perlu ditarik garis tengahnya agar tetap masuk ke semua jenis lidah.

Kelebihan Bisnis Serba Sambal

Bisnis sambal sesungguhnya sudah masuk ranah red ocean, yang artinya harus berdarah-darah untuk survive. Sudah menjadi hukum alam, dimana ada banyak permintaan maka di situ akan ada banyak persaingan.

Demikian juga untuk ide bisnis rumahan serba sambal ini, persaingan yang tinggi menunjukkan di sana ada banyak potensi yang bisa digarap. Sebelum terjun ke bisnis ini, maka ini dia kelebihannya yang bisa kamu incar untuk sumber pemasukan lain.

Fast moving

Dalam artian, proses repeat order – nya bakal cepet. Rata-rata dijual dalam kemasan porsi yang kecil, dan dihitung penyajian maksimal satu bulan. Jika rasa cocok, maka besar peluan untuk kembali order.

Bahkan, bisa sekali order lebih dari satu sebab pola kosumsinya yang cepat. Dibandingkan jual panci misalnya, tentu masa repeat order-nya lebih cepat sambal.

Modal relatif kecil

Hal ini sudah disinggung di atas kan? Jadi modal capital hanya sebatas untuk operasional. Jika produksi tidak jalan, tidak ada modal yang terpakai. Kecuali jika memiliki stock. Akan tetapi, pola industri saat ini sangat menghindari adanya stock apalagi itu dead stock.

Semua sedang berupaya untuk produk, kemas dan langsung jual. Dalam  ide bisnis rumahan serba sambal ini, bisa diakali dengan buat sesuai pesanan saja. Sehingga modal operasional rendah dan tidak ada stock.

Masuk ke banyak segmentasi pasar

Kamu pernah makan sambal kan? Keluargamu pernah makan sambalkan? Terlepas dari apapun jenis sambalnya, sambal tetaplah side dish khas masyarakat Indonesia. Sehingga lebih mudah diterima tanpa harus melakukan promo dan gimmick berdarah-darah.

Jadi ada banyak macam kelebihan lain yang bisa kamu temukan saat menggunakan analisis SWOT dalam bisnis menarik ini. Intinya, jangan ragu untuk lakukan riset, compare dan trial secara efektif untuk mendapatkan produk yang benar-benar minim risiko dan potensi untung bersihnya besar secara cepat.

Potensi Pasar Bisnis Serba Sambal

Dari ulasan mengenai kelebihan ide bisnis rumahan serba sambal ini, maka kamu sudah bisa membayangkan siapa saja nanti yang akan beli produk ini. bentuk persona buyer agar penetrasi pasar makin tajam dan funneling untuk mendapatkan keuntungan yang semakin besar. Dari sekian banyak taget market bisnis serba sambal, maka bisa dilihat dari contoh ini.

  • Mahasiswa/mahasiswi yang kos
  • Pekerja yang kos
  • Pekerja yang sibuk sehingga pilih praktis saja
  • Pendaki gunung
  • Orang-orang piknik
  • Orang-orang yang berlibur untuk oleh-oleh
  • Ibu rumah tangga dengan anak masih kecil atau banyak sehingga butuh yang simpel
  • Buruh migran Indonesia
  • Dan banyak lagi lainnya.

Nah, setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan usaha serba sambal, kapan kamu mau mulai usaha?