free page hit counter
Tips Atur Gaji Agar Awet
Tips Atur Gaji Agar Awet

Sudah Punya Gaji? Ini 6 Tips Supaya Uang Kerja Keras Kamu Awet

Artikel diperbarui pada 11 Juni 2021.

Tetap hemat, walau sudah mapan. | @jofreepik - FREEPIK
Tetap hemat, walau sudah mapan. | @jofreepik – FREEPIK

Memiliki kehidupan yang mapan merupakan dambaan semua orang, termasuk kamu. Punya kerjaan tetap, gaji besar, dan keuangan stabil adalah ciri-ciri hidupmu sudah mulai mapan.

Merasakan kehidupan tanpa masalah keuangan bisa membuatmu tenang dan nyaman. Bahkan, bisa saja kamu mulai terlena dengan mengabdi gaya hidup konsumtif, boros alias suka menghambur-hamburkan uang, sampai berfoya-foya setiap hari.

Jangan sampai seperti itu, ya. Justru kamu harus lebih berhemat dengan menghargai satu sen uang yang kamu hasilkan dari keringatmu sendiri. Jika masih bingung cara berhemat saat sudah mapan, kamu bisa mengetahui tipsnya seperti berikut ini.

Belanja Boleh, Tapi Jangan Berlebihan

Belanja online
Belanja online. | @surasak.ch – FREEPIK

Belanja saat baru gajian memang menyenangkan. Apalagi saat kamu pergi ke mall atau pusat perbelanjaan lainnya, kamu menemukan barang baru yang lagi diskon. Pasti nafsu belanjamu auto bangun dan tergiur untuk memborong semuanya. Padahal, semua barang yang ada bukanlah barang yang kamu butuhkan.

“Cuma laper mata, padahal kalo udah dibeli malah nyesel. Awalnya mau hemat, tapi jadi boros.”

Pemandangan produk-produk terbaru memang seringkali membuatmu kalap. Ditambah lagi dengan adanya tawaran diskon, promo, hingga cashback yang membuatmu semakin gelap mata.

Jangan sampai kamu terjebak oleh pemandangan indah sesaat. Tahan hasrat ingin membeli semuanya, lalu belilah barang yang kamu butuhkan saja. Ingat kembali bahwa kamu bisa menjadi seorang yang mapan karena rajin bekerja keras, lembur hingga pulang malam.

Untuk menghargai usahamu itu, belilah barang-barang yang dibutuhkan saja, bukan barang yang kamu inginkan atau tengah viral. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat dan menghindari kesia-siaan atau mubazir.

Boleh Memanfaatkan Diskon, Tapi Sesuai Kebutuhan

Wanita-Belanja
Ilustrasi. | @odua – freepik.com

Jika kamu ingin membeli barang diskon, tentu saja boleh. Tapi, belanjalah dengan bijak, sehingga hanya membeli barang-barang yang kamu butuhkan saja.

Walaupun barang diskon cenderung lebih murah, tidak menutup kemungkinan kalau dibeli dengan jumlah besar akan membuatmu tetap menjadi boros. Untuk menghindari hal itu, ingat kembali barang yang dibutuhkan saja. Selain itu, kamu bisa melakukan pembayaran dengan kartu kredit agar lebih murah dan hemat.

Selalu Mengingat Tujuan yang Ingin Kamu Capai

Ingat tujuan yang ingin dicapai. |@blancoblue - FREEPIK
Ingat tujuan yang ingin dicapai. |@blancoblue – FREEPIK

Kamu pasti punya tujuan untuk lima atau sepuluh tahun ke depan, ‘kan? Misalnya, ingin membeli rumah, menikah, punya bisnis, memberangkatkan haji orangtua atau tujuan lainnya.

Tentu saja tujuan ini harus kamu ingat setiap kali kamu akan berbelanja melebihi daftar belanjaanmu. Pikirkanlah masa depan yang akan kamu hadapi, bukan hari ini saja. Jadi, lakukan penghematan selama masih muda, agar hari tuamu bisa dinikmati dengan santai.

Lakukan Gaya Hidup Sederhana

Viral-Redenominasi-Uang-Bergambar-Jokowi
Mata uang rupiah. | JOHAN111 – FREEPIK

Meskipun kamu sudah mapan, bukan berarti malah jadi pribadi yang konsumtif. Tetap jalani gaya hidup sederhana, seperti tidak menggunakan barang-barang mewah, makan di restoran tiap hari dan masih banyak lagi.

Lihatlah kehidupan Mark Zuckerberg dan Bill Gates yang meskipun sudah mapan, tetapi masih menggunakan gaya hidup sederhana. Karena mereka menyadari, kekayaan itu penting, namun terlihat kaya bukanlah sesuatu yang teramat penting.

Sikap sederhana akan membuka peluang besar untukmu dalam mendapatkan berbagai aset. Kamu bisa menggunakan uang tabungan yang disisihkan untuk merintis usaha, membeli properti dan menyewakannya, hingga menambah portofolio investasi.

Tak heran, jika pundi pundi rupiah akan mengalir deras ke kantongmu, hingga kamu bisa menikmati masa tua dengan tenang dan terjamin keuangannya.

Jangan Lupa Untuk Membahagiakan Diri Secukupnya

Tips-Remaja
Ilustrasi. | freepik.com

Apabila kamu tipikal orang yang suka memberikan penghargaan atas pencapaian yang sudah dilakukan, maka lakukanlah dengan bijak. Berilah reward secukupnya, agar keuangan tetap terkontrol.

Membahagiakan diri sendiri setelah bekerja dengan keras memang suatu kegiatan yang positif. Kamu bisa pergi berlibur, membeli sesuatu yang sangat diinginkan dan apapun yang membuatmu bisa bahagia.

Jika ingin berlibur, carilah tempat liburan terdekat yang bisa menenangkan pikiran sekaligus membuatmu bahagia. Lakukanlah semua yang ingin kamu lakukan, tapi masih dalam batasan yang ditentukan. Tidak perlu berlibur ke luar negeri, tempat liburan dalam negeri pun tak kalah indahnya, lho.

Buat Catatan Seluruh Pengeluaran dan Lakukan Evaluasi

Bisnis-Jasa-Tulis-Konten
Ilustrasi. | FREEPIK

Tips untuk konsisten hemat saat sudah mapan bisa dilakukan dengan membuat catatan seluruh pengeluaran. Kamu bisa mencatat pengeluaran untuk belanja kebutuhan, makan, hingga jajan dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan melihat kemana saja uang mengalir selama ini.

Cara ini bisa membuatmu lebih mudah mengontrol pengeluaran, sekaligus terhindar dari pemborosan. Bahkan, kamu bisa menentukan anggaran keuangan lebih tepat dan efisien.

Jika sudah, kamu bisa mengecek apakah belanja harian sudah sesuai dengan catatanmu atau masih saja berlebihan. Tahapan ini bisa kamu lakukan di akhir bulan sebagai bentuk evaluasi catatan pengeluaran.

Jangan lupa untuk mengecek setiap pos pengeluaran agar bisa mengetahui mana saja yang sesuai dan tidak sesuai. Apabila sudah sesuai dengan rencana anggaranmu, bahkan masih ada dana tersisa, berarti kamu sudah sukses membuat rencana anggaran. Sebaliknya, jika belum sesuai, lakukanlah perbaikan di bulan berikutnya dan pastikan kali ini bisa berjalan dengaan sesuai.

Meskipun kini kamu sudah mapan, tetapi jangan sampai melupakan hidup hemat karena penghematan bisa membuat kamu bahagia di masa depan nanti. Bahkan, kamu bisa hidup lebih mapan lagi dan memiliki kekayaan yang sangat banyak

Tinggalkan Balasan