free page hit counter
Cara Bisnis Pulsa
Cara bisnis pulsa dengan modal minim tapi profit gurih.

Cara Bisnis Pulsa: Ini 5 Rahasia Modal Minim Tapi Profit Gurih

Artikel diperbarui pada 11 Desember 2022.

Bagaimana cara membangun bisnis pulsa dengan modal minimal namun menghasilkan profit? Bisnis pulsa mudah dijalankan dan bisa dimulai oleh siapa saja. Kalau kamu tinggal di lingkungan melek teknologi dan internet, pilih peluang usaha satu ini.

Cara Bisnis Pulsa
Cara bisnis pulsa dengan modal minim tapi profit gurih. | via goodscoop.id

Seperti kamu ketahui bahwa bisnis pulsa merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Karena semakin hari semakin banyak orang yang membutuhkan pulsa.

Bisnis pulsa juga salah satu bisnis yang paling mudah dijalankan karena relatif tidak membutuhkan modal finansial yang besar.

Baca Juga: 7 Franchise Makanan yang Mudah Dijalankan Pemula

Mungkin sebagian dari kita masih memandang sepele terhadap bisnis pulsa. Namun ternyata jika cara bisnis pulsa dijalankan dengan baik, maka akan mampu meraup keuntungan yang besar juga.

Nah, jika kamu ingin mulai menjalankan bisnis pulsa, coba perhatikan poin-poin di bawah ini.

Riset Pasar Secara Menyeluruh

Ini mutlak kamu perlukan. Ada beberapa objek yang perlu kamu riset. Kebanyakan orang jika menyebut riset pasar maka pikiran hanya tertuju pada harga produk saja.

Sebenarnya bukan saja harga produk yang perlu kamu riset. Kami sarankan kamu juga menggali informasi sebanyak mungkin mengenai calon distributor kamu, calon pesaing kamu dan tentunya juga calon konsumen kamu.

Untuk distributor, tentu kamu harus memilih distributor yang berkualitas. Berkualitas artinya yang bisa melayani kamu dengan cepat dan tidak sering terjadi trouble.

Baca Juga: 7 Franchise Kopi Potensial untuk Warkop, Modal Mulai Rp 3 Jutaan

Kelengkapan jenis layanan juga bisa menjadi pertimbangan. Kemudian calon pesaing, kamu harus sedikit banyak mengerti pesaing bisnis kamu.

Artinya kamu harus bisa lebih bagus dari pada pesaing kamu, misalnya dalam hal layanan atau lainnya.

Nah, untuk konsumen kamu juga harus mempertimbangkan dengan baik.

Jika konsumennya mahasiswa misalnya, kamu tentu juga harus bisa menyesuaikan layanan kamu dengan apa yang banyak mereka butuhkan.

Pilih Distributor yang Murah, Cepat dan Tidak Mudah Gangguan

Setelah riset secara menyeluruh, selanjutnya kamu harus bisa memilih distributor yang tepat. Jika kamu sudah melakukan riset, maka memilih distributor tidaklah sulit.

Poin utama memilih distributor seperti sedikit kami singgung di atas adalah kecepatan layanan karena saat ini semua dituntut serba cepat.

Selain itu, murah tentu harus menjadi pertimbangan kamu dalam memilih distributor.

Baca Juga: Peluang Usaha Ekspor: Ini 20 Produk Paling Laku di Luar Negeri

Karena ini nanti yang akan menjadi senjata utama kamu untuk “perang” di medan laga sebenarnya. Ditambah satu lagi yaitu tidak mudah terjadi gangguan.

Karena bagaimanapun juga ketika sering terjadi gangguan maka tentu saja para konsumen lama-lama akan meninggalkan kamu.

Menentukan Harga Jual Pulsa yang Bersaing

Selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menetapkan harga jual pulsa. Untuk menentukan harga yang bersaing, maka kamu harus tahu harga pulsa di sekitarmu.

Jika sudah tahu, maka sekarang kamu hitung, kamu harus bisa menjual pulsa dengan harga yang bersaing. Apalagi bisnis kamu masih baru, maka harga jual pulsamu sebisa mungkin di bawah dari para pesaingmu.

Baca Juga: 25+ Peluang Usaha 2021 yang Gurih & Bisa Kamu Gas Sekarang

Tidak perlu terlalu banyak dalam mengambil keuntungan, margin Rp500,- sampai Rp1.000,- sudah cukup.

Dengan harga yang lebih murah, tentu akan membuat pelanggan tertarik yang kemudian akan membuat transaksi menjadi lebih banyak meskipun nominal kecil.

Jangan Hanya Satu Server

Untuk memulai atau menjalankan bisnis pulsa sebenarnya satu server saja sudah cukup. Namun untuk menjaga dan menunjang performa bisnis pulsa kamu, maka menggunakan lebih dari satu server akan lebih bagus.

Fungsinya adalah jika ada gangguan pada satu server, maka kamu bisa menggunakan server yang lain. Bayangkan jika kamu hanya bergantung pada satu server, maka ketika ada gangguan akan menghambat kinerja bisnis pulsa kamu.

Baca Juga: Cara Membuat Es Boba Untuk Jualan, Dijamin Laris!

Dan ini sangat berbahaya, karena tipikal orang saat ini adalah serba instan, cepat dan harus tepat. Jika tidak bisa melayani hal itu, maka siap-siap saja pelangganmu akan meninggalkanmu.

Catatan Administrasi Keuangan

Sebenarnya ini mutlak diperlukan untuk semua bisnis. Namun seringkali untuk bisnis pulsa poin ini sering diabaikan.

Kenapa, karena kebanyakan yang mereka catat hanya keuangan transaksi saja. Padahal mencatat keuangan secara komprehensif sangat diperlukan.

Baca Juga: Kenapa Kamu Harus Jualan di Facebook?

Mulai catatan pengeluaran harian, pemasukan, laba dan lainnya harus dicatat dengan teliti. Karena sekecil apapun bisnis yang kamu kerjakan, catatan keuangan harus kamu buat.

Karena dengan catatan inilah nantinya kamu bisa melihat perkembangan bisnis pulsa kamu.

Apakah ada peningkatan atau justru penurunan, dari sini juga kamu akan bisa mengambil kebijakan yang tepat untuk bisnis pulsa kamu.

Baca Juga: Bisnis Frozen Food: Ini Perkiraan Modal, Kekurangan, & Kelebihannya