free page hit counter
Cara Jualan di Lazada
Cara Jualan di Lazada agar untuk dalam Seminggu. | via goodscoop.id

Cara Jualan di Lazada Agar Untung 100% dalam Seminggu

Artikel diperbarui pada 2 November 2022.

Seperti apa cara jualan di Lazada agar kamu sebagai seller bisa untung besar? Syarat membuat akun seller di Lazada tergolong ribet. Tapi, usaha yang kamu keluarkan sepadan dengan omset dan laba bersih yang bisa kamu raih. Berikut ini cara jualan di Lazada agar kamu bisa untung dalam seminggu.

Berjualan di marketplace adalah strategi terbaru pemilik bisnis online untuk semakin melebarkan sayap usaha mereka.

Saat promosi di tempat itu, tentu penjual dapat menjangkau banyak pembeli di seluruh Indonesia. Salah satu tempat jualan online yang cocok digunakan untuk pemula adalah aplikasi Lazada.

Lazada merupakan aplikasi belanja online terbaik yang ada di Indonesia.

Kamu bisa bergabung menjadi seller Lazada dengan mendaftar terlebih dahulu, lalu pasarkan produkmu di dalam aplikasi agar bisa dilihat oleh pembeli yang mencari produk-produk tersebut.

Sebelum menjadi seller dan berjualan di Lazada, simak beberapa informasi terkait aplikasi Lazada terlebih dahulu, seperti berikut ini.

Mengenal Lazada, Aplikasi Belanja Online Terbaik di Asia Tenggara

Lazada, marketplace populer di Asia Tenggara. | via lazada.com
Lazada, marketplace populer di Asia Tenggara. | via lazada.co.id

Website e-commerce Lazada telah melakukan launching pada bulan Maret tahun 2012 lalu di sejumlah negara Asia tenggara, yakni Indonesia, Malaysia, Filiphina, Thailand, serta Vietnam.

Seiring berjalannya waktu, kini Lazada sudah bisa diakses melalui aplikasi mobile dengan beragam fitur dan layanan terbaiknya.

Kamu bisa menemukan aplikasi Lazada di Playstore maupun App Store, lalu unduh dan daftar menjadi pembeli atau penjual sesuai keinginan kamu.

Sejarah dan Perkembangan Lazada

Lazada Group didirikan pada 27 Maret 2012 oleh Rocket Internet yang memiliki tujuan untuk mengambil keuntungan dari bisnis online, seperti Amazon. Saat itu, kehadiran Amazon disana masih lemah, sehingga hal ini bisa menjadi peluang besar agar bisa mendapatkan konsumen melalui internet.

Rocket Internet merupakan inkubator Jerman yang membangun perusahaan dengan meniru model bisnis perusahaan teknologi AS, yaitu Amazon, dimana perusahaan tersebut sudah sukses di negara berkembang.

Perlu kamu ketahui, awal mula situs web e-commerce Lazada ini meluncur pada tahun 2012. Sepanjang perkembangannya, Lazada sudah menerima suntikan investasi di empat putaran pendanaan tahun 2012 serta awal 2013.

Saat itu, JP Morgan telah berinvestasi dengan nominal yang tidak diungkapkan pada bulan September. Lalu, ada retailer Swedia Kinnevik yang berinvestasi senilai 40 dollar AS di bulan November, perusahaan ekuitas swasta Jerman Summit Partners berinvestasi sekitar 20 juta dollar AS di bulan Januari 2013.

Pada bulan Juni 2013, Lazada mengumumkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan tambahan senilai 100 juta dollar AS, yang disusul dengan peluncuran aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.

Lalu, pada bulan Desember 2013, Lazada kembali mengumpulkan tambahan senilai 250 juta dollar AS dari Tesco PLC, Access Industries, serta investor lainnya.

Menariknya, di bulan Mei 2014, Lazada berhasil diluncurkan di Singapura. Lanjut di November 2014, Temasek Holdings di Singapura memimpin putaran pendanaan 250 juta dollar AS. Sehingga, total valuasi Lazada telah meningkat menjadi sekitar 647 juta dollar AS.

Masih di bulan yang sama, Lazada mengumumkan bahwa platform pasarnya menyumbang lebih dari 65% dari keseluruhan penjualan.

Lalu, jumlah dana dari pihak ketiga pada platform tersebut telah meningkat dari 500 di bulan November 2013, jadi mulai mendekati 10.000 di bulan Desember 2014.

Perkembangan Lazada Tahun 2014-2016

Di tahun 2014, kerugian operasi bersih Lazada mencapai 15,25 juta dollar AS, dari pendapatan bersih 154,3 juta dollar AS. Namun, persentase kerugian lebih relatif terhadap volume barang dagangan bruto. Ini dikarenakan nilai semua produk yang dijual melalui situs ini, lebih kecil di tahun 2014, ketimbang 2013.

Saat itu, pertumbuhan GMV di tahun 2013 adalah 95 juta dollar AS, menjadi 384 juta dollar AS pada tahun 2014. Hal tersebut didorong oleh penjualan pasar.

Tahun 2015, tantangan Lazada untuk pertumbuhan adalah preferensi untuk berbelanja batu bata serta mortir diantara para pelanggan, dengan hanya sekitar 1% orang yang membeli secara online, dibandingkan dengan 10% dari pembeli internasional.

Itu terjadi karena kurangnya kartu kredit serta persyaratan bersamaan untuk mengatur sistem pengiriman uang tunai, pengiriman yang andal, terutama di pedesaan, serta ancaman persaingan dari e-commerce lain, yaitu Amazon dan Alibaba.

Di bulan Maret 2016, Lazada mengklaim telah mencatat total 1.36 miliar dollar AS dalam GMV tahunan, di enam pasarnya yang terletak di Asia Tenggara. Pencapaian tersebut membuktikan bahwa Lazada kini sudah menjadi e-commerce tersebar yang ada di kawasan Asia.

Alibaba Grup Akuisisi Saham Lazada

Di tahun sama, tepatnya April 2016, Alibaba Group mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi saham pengendali di Lazada. Alibaba membayar sebesar 500  dollar AS untuk saham baru, lalu membeli saham senilai 500 dollar AS dari investor yang ada.

Salah satu perusahaan supermarket Inggris, yaitu Tesla, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah konfirmasi penjualan 8,6 persen kepemilikannya di Lazada ke Alibaba, seharga 129 juta dollar AS.

Alasan Alibaba melakukan investasi adalah, bahwa pasar Asia Tenggara memiliki populasi pendapatan kelas menengah yang sedang tumbuh. Saat itu, diperkirakan berjumlah  190 juta orang di wilayah tersebut, dengan pendapatan sekali pakai 6-100 dollar AS sehari. Hal ini akan diperkirakan tumbuh menjadi 400 juta orang pada tahun 2020.

Kemudian, Juni 2017, Alibaba Group meningkatkan investasinya di Lazada dengan tambahan dana 1 miliar dollar AS, meningkatkan kepemilikannya dari 51% menjadi 83%. Alibaba menginvestasikan sebanyak 2 miliar dollar AS lagi pada Maret 2018. Lalu Alibaba juga menggantikan CEO Lazada dengan eksekutif Alibaba. Lucy Peng.

Di bulan Desember 2018, Peng digantikan oleh Pierre Poignant sebagai CEO Lazada. Sementara Peng sendiri mengambil peran sebagai chairwoman.

Setelah mengetahui sejarah sekaligus perkembangan Lazada dari masa ke masa, kini kamu sudah tidak penasaran lagi terkait latar belakang Lazada berdiri. Nah, kini saatnya kamu mendaftar jadi seller Lazada agar segera jualan dan dapat cuan.

Cara Daftar Jadi Seller Lazada, Mudah dan Cepat

Proses daftar jadi seller Lazada terbilang mudah dan cepat. Kamu bisa melakukannya via HP atau PC sesuai keinginan. Berikut cara daftar mudah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka terlebih dahulu situs Lazada.
  2. Silakan klik tombol Menjadi Seller, lalu Daftar Sekarang.
  3. Kalau usahamu masih rumah produksi, maka bisa pilih Perorangan. Namun, jika usahamu sudah memiliki SIUP, maka bisa pilih Perusahaan.
  4. Isi data tersedia dengan lengkap, seperti Nama Toko, Email, No.HP, serta kata sandi atau Password.
  5. Tunggulah kode unik yang akan dikirimkan via SMS. Jika sudah ada, kamu bisa meng-copas-nya ke kolom tersedia.
  6. Geser tombol untuk lakukan verifikasi.
  7. Centang Syarat & Ketentuan Perjanjian Marketplace Lazada yang ada disana.
  8. Silakan klik Daftar
  9. Pendaftaranmu sudah berhasil dilakukan.

Tak lama kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman khusus untuk mengisi data identitas diri, rekening bank, hingga alamat toko.

Nah, kalau tokonya sudah jadi, saatnya kamu upload foto produk perdana yang akan menjadi permulaan bisnismu di Lazada. Untuk cara upload-nya, kamu bisa lakukan langkah-langkah berikut.

Cara Upload Foto Produk Pertama di Lazada

  1. Silakan masuk ke akun Seller Center Lazada.
  2. Klik menu Produk, lalu Tambah Produk.
  3. Lakukan pengisian produk secara komplit, seperti:
  • Nama Produk
  • Kategori
  • URL Video (opsional)
  • Atribut Produk (Merk, Tipe, Bahan, dan Motif)
  • Deskripsi Pendek
  • Deskripsi Panjang
  • Apa yang ada di dalam kotak
  • Variasi Produk (Warna dan Ukuran)
  • Gambar Produk minimal 3
  • Harga
  • Stok
  • Garansi (opsional)
  • Berat dan Dimensi
  • Jika sudah komplit semua, maka kamu bisaa langsung klik Submit, dan upload produk jualan di Lazada telah berhasil.

Cara Jualan di Lazada Untuk Pemula agar Cepat Laku

#1. Lakukan Optimasi Konten Produk

Setelah toko berhasil di buat daan kamu berhasil upload produk pertama, saatnya melakukan optimasi konten produk agar jualanmu semakin mudah ditemukan konsumen Lazada.

Kamu bisa memulainya dengan membuat judul produk yang jelas dan singkat. Maksudnya, buatlah judul yang memuat tidak lebih dari 15 kata, dan berisi tentang informasi merek, model, serta tipe-nya.

Setelah berhasil membuat judul produk menarik, kini saatnya kamu menentukan kategori produk yang kamu jual. Kategori ini sangat penting kamu lakukan karena sebagian besar konsumen selalu mencari produk yang diinginkannya, melalui kategori produk.

Lalu, jangan lupa untuk membuat deskripsi panjang yang berisi keunggulan produk, benefit yang diterima, material produk, cara penggunaan produk, hingga garansi kalau ada.

Menariknya, di Lazada, terdapat fitur menambahkan gambar di dalam deskripsi. Fitur ini tentu belum ada di banyak marketplace sekarang.

Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan informasi produk dan gambar produk jelas, serta beresolusi tinggi. Hal ini dilakukan agar bisa menarik minat konsumen atas produk jualanmu yang berkualitas.

#2. Gunakan Fitur Promosi Agar Produk Cepat Dilirik Konsumen

Biar produk jualanmu makin terlihat konsumen, manfaatkan fitur promosi tersedia yang sudah disediakan pihak Lazada. Beberapa fitur promosi itu diantaranya, fitur naikkan produk (gratis), afiliasi bersponsor (berbayar), pencairan bersponsor (berbayar), seller voucher (berbayar).

Dikarenakan kamu masih pemula, sebaiknya gunakan fitur promosi gratisan dulu atau naikkan produk. Jadi, kamu tidak perlu membayar dan hanya mengikuti aturan yang diberikan oleh pihak Lazada.

Beberapa produk yang disarankan untuk menggunakan fitur naikkan produk, diantaranya produk campaign, produk terlaris, produk yang paling banyak ditambah ke troli, produk paling tinggi skor kontennya, dan produk yang sedang memiliki promosi.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa kamu lakukan setelah memenuhi syarat, seperti:

  • Ratting seller positif lebih dari 70%.
  • Produk yang telah tayang lebih dari 3.
  • Respon penjual via chatting cepat, yaitu lebih dari 85%.
  • Toko sudah kamu desain custom.

Kalau tertarik untuk menggunakan fitur naikkan produk, kamu bisa melakukannya dengan cara berikut.

  1. Silakkan masuk ke Seller Center Lazada lebih dulu.
  2. Klik menu Promosi, lalu Add Product.
  3. Pilihlah produk yang akan kamu naikkan dengan cara klik Add.
  4. Kuota maksimalnya adalah 3 produk.
  5. Jika sudah, kamu bisa klik Submit dan selesai.

#3. Percantik Dekorasi Toko yang Kamu Miliki

Setelah kamu melakukan dua cara jualan di atas, tentunya angka penjualan produk menjadi lebih meningkat stabil. Produkmu kini sudah mulai dikenal konsumen, bahkan ada yang berlangganan, mengingat kualitas produk kamu tidak main-main.

Kalau penjualanmu sudah baik dan stabil, kamu bisa meningkatkan hal lain yang membuat pembeli semakin tertarik untuk berkunjung ke toko online milikmu. Salah satu hal yang bisa membuat konsumen tertarik adalah dengan mendekorasi toko menjadi lebih cantik.

Ada beberapa cara dekorasi toko Lazada menjadi terlihat cantik dan menarik, yaitu dengan mengatur header toko, membuat banner toko dan banner kategori, menambahkan diskon serta voucher, sampai menambahkan konten terbaru dan terlaris.

Meskipun toko yang kamu miliki berjenis toko online, namun bukan berarti kamu tidak mengurusinya dengan baik, ya. Ingatlah bahwa toko online adalah bisnis yang sedang kamu perkembangan dari nol. Pasti banyak pengorbanan yang sudah dilakukan, hingga sampai di titik kamu memiliki banyak pelanggan.

Untuk itu, agar pelanggan bisa semakin betah, mulailah untuk mengatur header toko dengan tampilan yang memberikan informasi seperti, nama brand, tagline, serta ilustrasi atau maskot produk yang dijual.

Saran untuk ukuran header toko di PC adalah 1200×128 px. Sementara untuk ukuran versi mobile adalah 750×188 px. Jangan lupa untuk cantumkan logo tokomu.

Selain header, kamu juga perlu membuat banner toko yang menarik dengan penggunaan huruf, warna serta layout keren. Untuk ukuran banner, biasanya sekitar 1200 x 600 px.

#4. Tambahkan Diskon dan Voucher Belanja

Bukan sebuah rahasia lagi kalau para pembeli sangat menyukai penawaran diskon serta voucher belanja dari produk yang akan mereka beli. Untuk itu, kamu bisa menambahkan kedua hal itu dalam semua produkmu, agar banyak orang yang berdatangan, sekaligus order produk jualanmu.

Cara untuk menambahkan diskon dan voucher mudah sekali. Silakan buka halaman toko kamu di Seller Center Lazada. Lalu, scroll ke bawah, dan klik bagian banner voucher. Di bagian ini, pastikan bahwa kamu sudah berhasil membuat voucher toko. Selanjutnya, pilih voucher yang ingin ditampilkan, dan klik tombol publish.

Nah, kalau semuanya sudah kamu lakukan, maka saatnya berjualan di Lazada dan raih keuntungan setiap hari. Para pemula yang baru bergabung, kini tidak perlu bingung lagi. kamu bisa mengikuti cara-cara di atas untuk berjualan di Lazada, dan pastikan produk jualanmu akan laris dengan cepat.

Keuntungan Jualan di Lazada

#1. Semua Proses Bisa Dilakukan dengan Mudah

Kini, kamu bisa memulai berjualan dengan memanfaatkan aplikasi mobile Lazada melalui smartphone. Jadi, kamu bisa berjualan kapan dan dimana saja, tanpa ribet.

Cukup buka Google Play Store atau App Store, lalu klik unduh dan mulailah mendaftar untuk menjadi seller Lazada. Setelah itu, lakukan pendaftaran yang memakan waktu satu menit saja, lalu unggah produk pertama yang kamu miliki. Selesai, kamu pun sudah bisa mulai untuk berjualan saat itu juga.

#2. Banyak Sistem yang Mampu Meningkatkan Penjualan

Salah satu sistem yang membuat penjualanmu meningkat adalah sistem rating. Adanya rating akan memberikan nilai tersendiri bagi toko kamu yang didapat dari ulasan baik para pembeli. Jika produk kamu berkualitas serta sesuai ekspetasi pembeli, maka tidak lama lagi akan ada banyak pembeli yang mencoba order di toko kamu tersebut.

Semakin bagus rating yang dimiliki oleh tokomu, maka semakin besar pula kesempatan untuk meraih peluang banyak pembeli. Menariknya, kamu juga bisa memberikan gratis ongkir kepada para pembeli, lho.

#3. Terdapat Fitur Menarik dan Paling Terbaik

Fitur unggulan yang diberikan oleh Lazada tentunya akan mempermudah proses pemantauan kemajuan serta perkembangan toko online milikmu. Semua data penjualan akan disajikan secara real time alias terkini. Sehingga, kamu bisa mulai membuat strategi dan membuat keputusan penting untuk meningkatkan penjualannya.

Kini, Lazada menghadirkan fitur Lazada University sebagai portal khusus untuk para seller Lazada. Disana, kamu bisa mempelajari banyak tips seputar berjualan online, baik dalam bentuk artikel maupun video tutorial.

Selain itu, ada fitur ‘Chat Now’ yang bisa jadi andalanmu untuk merespons setiap pertanyaan dari para pembeli.

10 Produk Paling Laris di Lazada Indonesia

Produk Paling Laku di Lazada Indonesia. | via involve.asia
Produk Paling Laku di Lazada Indonesia. | via involve.asia

Seperti marketplace pada umumnya, Lazada pun memiliki produk-produk yang akan lebih laris jika dijual di marketplace satu ini. Dibanding marketplace lain, barang-brang ini bakal lebih laku jika kamu jual di Lazada.

Dari tabel di atas, bisa dilihat bahwa produk paling laku di Lazada Indonesia per tahun 2021 sesuai urutan peringkat adalah:

  1. Produk kecantikan
  2. Sepatu dan pakaian pria
  3. Aksesoris elektronik
  4. Dekorasi rumah
  5. Kesehatan

Selain 5 kategori produk di atas, kamu masih bisa menjual produk lainnya di Lazada. Berikut ini adalah 10 barang paling laris dan laku di Lazada Indonesia:

#1. Aksesoris Handphone

Saat menggunakan smartphone, kamu membutuhkan 7 aksesoris yang mendukung kinerja ponsel, seperti .

Produk aksesori ponsel yang bisa menjadi pilihan kamu adalah dudukan ponsel Lazypod. Produk ini memiliki berat 500 gram dan dalam kondisi baru. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 30.940.

Selain itu, arm strap untuk HP all size dan merk ARMBAND juga bisa dipilih. Digunakan di lengan kamu, produk ini adalah tempat yang bagus untuk memegang ponsel kamu sekaligus melindunginya selama berbagai aktivitas di luar ruangan. Tali lengan produk ini dapat disesuaikan, tahan air, dan dapat dicuci. Produk ini tidak menimbulkan rasa gatal atau lengket pada kulit saat digunakan. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 21.000.

#2. Peralatan Dapur

Saat memasak, penggunaan peralatan dapur memegang peranan penting karena dapat mempengaruhi kualitas makanan yang dihasilkan. Saat ini ada banyak pilihan produk peralatan dapur dengan harga yang baik dan kualitas yang baik. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat memilih barang-barang dapur ini karena mungkin mengandung bahan kimia tertentu yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Cookset/Peralatan Masak Dhaulagiri DH200 bisa menjadi pilihan tepat Anda dalam memasak. Set memasak ini terbuat dari aluminium anodized keras, yang nyaman digunakan untuk memasak. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 200.000.

Ada juga panci set DineMate stainless steel yang juga bisa menjadi pilihan Anda saat memasak. Peralatan masak ini terbuat dari stainless steel berkualitas tinggi dan dilengkapi dengan tutup kaca. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 119.900.

#3. Jam tangan

Untuk melengkapi penampilan sekaligus penunjuk waktu, sebaiknya kamu memakai jam tangan. Banyak merek jam tangan yang terkenal dengan desain, model, warna dan fitur yang ditawarkannya. kamu dapat membeli jam tangan sesuai keinginan kamu atau bekerja dari jam tangan.

Jam tangan pintar Xiaomi Mi Band 3 original baru internasional bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kamu. Jam tangan ini menggunakan baterai lithium-ion polymer dengan bahan plastik, bahan strap elastomer termoplastik, dan bahan strap paduan aluminium. Jam tangan ini memiliki ketahanan air 5 ATN dan dilengkapi dengan sensor akselerasi triaksial dan sensor detak jantung PPG. Selain itu, jam tangan ini memiliki berat sekitar 20 gram dengan resolusi layar 128 x 80. Produk ini bisa kamu beli di Lazada seharga Rp 355.000.

Pilihan lainnya adalah LIGE Watch Men Fashion Sport Quartz Clock Herrenuhren Top Brand Luxury Full Steel Business Waterproof Watch – intl. Jam tangan terbuat dari kaca mineral kekerasan tinggi dan tahan terhadap goresan kunci, sedangkan kasingnya terbuat dari baja tahan karat tahan aus. Selain itu, jam tangan ini bisa tahan air hingga kedalaman 30 meter atau setara dengan 99 kaki, meski tetap tidak cocok untuk berenang atau mandi. Kamu bisa membelinya di Lazada seharga Rp 289.000.

#4. Tas

Tas memiliki banyak variasi untuk dipilih, mulai dari tote bag, purse, clutch bag, shoulder bag dan lain-lain. Apapun jenis dan bentuknya tas, bagaimanapun, tas harus memiliki aspek fungsional dan sesuai dengan acara atau pakaian yang dikenakan.

Tas ransel hiking Decathlon Quechua Uk 10L bisa jadi pilihan menarik untuk kamu. Tas ini terbuat dari 100% poliester yang nyaman dipakai dan tetap kuat bahkan saat mendaki jarak pendek hingga menengah. Produk ini bisa kamu beli di Lazada seharga Rp 43.850.

Selain itu tas wanita korea / tas wanita import juga bisa menjadi pilihan. Tas ini terbuat dari bahan kulit imitasi berkualitas import dengan model dan desain yang keren, dan tali pengikatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Produk ini bisa kamu beli di Lazada seharga Rp 42.900.

Ada juga tas punggung wanita Nagita. Tas ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi, cocok untuk bersantai, bepergian atau bahkan aktivitas sehari-hari bersama teman dan keluarga. Produk ini bisa kamu beli di Lazada seharga Rp 48.900.

#6. Sepatu & Pakaian Pria

Sepatu dan pakaian pria termasuk salah satu barang yang paling laku untuk dijual di Lazada. Setelah kamu mengetahui cara jualan di Lazada, sekarang saatnya kamu menjual produk sepatu dan pakaian pria.

Tentunya akan lebih mudah jika kamu mengetahui cara pemasaran online yang efektif, seperti melalui Instagram Ads, Facebook Ads, atau TikTok Ads.

#7. Perlengkapan Olahraga

Perlengkapan olahraga masih laris manis di Lazada. Penulis sendiri pernah membeli alat olahraga di Lazada dengan harga diskon dan diantarkan sampai ke rumah.

Kalau kamu merupakan distributor atau supplier alat-alat olahraga baik olahraga dalam ruangan atau luar ruangan, pertimbangkan untuk membuat akun di Lazada dan pahami betul cara jualan perlengkapan olahraga di Lazada.

#8. Perlengkapan Bayi

Satu dari sepuluh konsumsi di Asia Tenggara memiliki anak berusia di bawah satu tahun dalam rumah tangga mereka, lebih tinggi dari rata-rata global 5%. Ukuran pasar susu formula bayi di kawasan Asia-Pasifik juga mencapai US$30,4 miliar pada tahun 2015, membentuk sekitar 65% dari pasar global. Terakhir, tingkat partisipasi tenaga kerja wanita Asia Tenggara juga berarti bahwa lebih banyak orang tua lebih suka membeli produk secara online untuk kenyamanan mereka.

angka-angka itu, mudah melihat mengapa daftar produk secara teratur menduduki puncak rekor penjualan Lazada. Acara belanja besar seperti Festival Belanja 11.11 2019 Lazada melihat berlanjutnya popularitas barang-barang yang bergerak cepat (FMCG) seperti popok, susu bubuk, dan mainan seperti Lego.

Tetapi “ekonomi bayi” telah berjalan kuat jauh sebelum itu. Misalnya, popok yang dijual di Lazada dengan 4%-5% dari semua popok yang dijual di Malaysia pada tahun 2016. Jumlah ini tumbuh menjadi 10% pada tahun 2018, menurut Christophe Lejeune, mantan Chief Executive Officer Lazada Malaysia. Selain itu, botol susu, susu formula, dan pakaian bayi mengalami penjualan besar di kalangan pembeli Malaysia.

Di Filipina, Pampers Baby Dry XL Diaper Pants adalah daftar produk terlaris selama 12 jam pertama Festival Belanja 11.11 tahun lalu.

#9. Peralatan Elektronik Rumah Tangga

Kategori produk unggulan lainnya di Lazada adalah elektronik konsumen. Tahun lalu, produk terlaris di Festival Belanja 11.11 Lazada Singapura adalah semua perangkat elektronik: Nintendo Switch, Xiaomi Mi Roborock 2, dan Logitech M220 Silent Wireless Mobile Mouse.

Di platform eCommerce Asia Tenggara ini, Xiaomi tetap menjadi merek favorit untuk smartphone dan barang elektronik konsumen lainnya. Di Malaysia dan Indonesia, Xiaomi Power Bank S2 masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga untuk penjualan 11,11. Ponsel Xiaomi Mi A1 juga populer di seluruh wilayah pada 11-11 2017.

Meningkatnya tingkat adopsi smartphone juga mendorong permintaan konsumen regional. Ini masuk akal mengingat bagi banyak orang di negara berkembang, smartphone adalah perangkat elektronik pribadi pertama mereka. Sebanyak 90% dari 360 juta pengguna internet di Asia Tenggara juga online terutama melalui ponsel. Dan pada tahun 2020, tingkat adopsi smartphone diperkirakan akan naik menjadi 67% di Indonesia, dan 71% di Filipina.

Bagi penjual yang ingin memboyong ponsel, pertimbangkan model-model terlaris di Lazada’s 7th Birthday Sale tahun ini: Xiaomi Redmi Note 7, Realme 3, dan Samsung Galaxy M20.

Penjualan barang elektronik konsumen terlihat seperti dijamin, tetapi ini juga bisa menjadi bisnis yang rumit. Pembeli mungkin kurang cepat membelinya secara online karena mereka tidak dapat menilai kualitasnya sebelumnya. Dan dibandingkan dengan komoditas lain, titik harga yang lebih tinggi membuat mereka lebih ragu-ragu.

Sebagai penjual untuk eCommerce Asia Tenggara, kamu dapat meyakinkan pembeli dengan membangun citra kamu sebagai penjual tepercaya. Beberapa tip untuk penjual termasuk responsif terhadap pertanyaan pelanggan, memberikan informasi produk yang terperinci, dan memenuhi pesanan tepat waktu.

#10. Pakaian Wanita

Wanita (dan daya beli mereka yang besar) menjadi konsumen online terbesar di Asia Tenggara. Sekitar 80% dari pembelian rumah tangga dilakukan oleh perempuan di seluruh wilayah. Dan di Thailand, wanita adalah pengambil keputusan utama untuk pembelian, bahkan dalam kategori yang secara tradisional bukan wanita, seperti alkohol dan barang tahan lama.

Pembeli wanita berkontribusi paling besar pada produk fesyen dan kecantikan. Kategori tersebut tumbuh “lebih dari tiga kali tahun-ke-tahun,” seperti yang terlihat di Festival Belanja 11-11 dan 12,12 tahun lalu.

Dari segi merek, Maybelline menempati urutan pertama di antara merek makeup terlaris Lazada Asia Tenggara selama 11.11 2018. Push Up Drama Mascara-nya juga merupakan produk terlaris kedua di Indonesia untuk tahun dan acara penjualan tertentu. Selain itu, produk perawatan kulit L’Oréal populer di kalangan pembeli selama obral 11.11 tahun 2017.

Jika kamu ingin memanfaatkan daya beli pembeli wanita yang terus meningkat, Festival Wanita Lazada juga akan menjadi peluang yang menguntungkan. Edisi 2019 menggandakan penjualan untuk produk perawatan kulit dan pakaian Muslim di seluruh wilayah. Tas dan sepatu dengan pegangan atas juga sangat didambakan oleh pembeli wanita.

Adapun kisah sukses, perancang busana Thailand Salisa Cheewapansri melihat penjualan untuk toko Lazada miliknya, Salisa Clothing, tumbuh setidaknya 20 kali lipat dibandingkan volume hari biasa; dan sahamnya terjual habis “dalam waktu setengah hari.” Kampanye selama sebulan juga meningkatkan lalu lintas toko dan jumlah pengikut untuk penjual pasar.

Untuk menargetkan pembeli wanita di platform eCommerce Asia Tenggara teratas ini, pengalaman berbelanja harus mulus dan sosial. Lebih banyak perhatian dapat dihabiskan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi, responsif terhadap kueri, dan menyempurnakan etalase kamu untuk navigasi yang mudah.

Merek Paling Laku untuk Dijual di Lazada Indonesia

Penjualan di platform eCommerce Asia Tenggara ini bisa sangat kompetitif. Membawa produk dan merek yang paling terkenal dan diminati adalah salah satu cara efektif untuk memastikan kunjungan dan pesanan toko.

Sebagai panduan, berikut adalah daftar merek yang didambakan oleh pembeli Asia Tenggara (per 2018), peringkat dari posisi pertama hingga kelima:

Popok:

  1. Huggies,
  2. Mamypoko,
  3. Pampers,
  4. Babylove,
  5. Drypers

Peralatan Rumah Tangga:

  1. Samsung,
  2. LG,
  3. Philips,
  4. Sharp,
  5. Coocaa

Kosmetik:

  1. Maybelline,
  2. L’Oreal Paris,
  3. M.A.C,
  4. Laneige,
  5. Wardah

Susu Formula:

  1. Enfa,
  2. Pediasure,
  3. S-26,
  4. Promil,
  5. Friso

Ponsel:

  1. Realme,
  2. Samsung,
  3. Xiaomi,
  4. Apple,
  5. Huawei

Perawatan Kulit:

  1. L’Oreal Paris,
  2. Olay,
  3. Laneige,
  4. La Roche-Posay,
  5. Garnier

Q&A Seputar Lazada dan Cara Jualannya

Q: Apa itu Lazada Group?

A: Lazada Group merupakan sebuah perusahaan e-commerce terbesar di Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012. Kini, perusahaan ini telah dimiliki oleh Alibaba Group. Kamu bisa berbelanja dan menjual produk usaha secara online dengan menggunakan aplikasi Lazada yang bisa diunduh via HP dan PC.

Q: Kenapa harus jualan di Lazada?

A: Lazada merupakan perusahaan terbesar nomor satu di Asia Tenggara, serta memiliki seller support yang optimal.

Q: Apa Visi dan Misi Lazada?

A: Visi Lazada adalah menjadi tempat belanja online yang terpercaya dan memberikan kualitas terbaik, baik dari segi mutu maupun pelayanan terhadap konsumen. Sementara untuk Misi Lazada adalah melayani segala kebutuhan pembeli, mulai dari pemesanan hingga pengiriman barang.

Q: Bagaimana cara mengisi kategori Produk di Lazada dan mengoptimalkannya?

A: Kamu bisa menggunakan saran kategori yang diberikan oleh algoritma Lazada. Selain itu, kamu juga bisa mengintip toko lain, lalu meniru cara mereka dalam menggunakan kategori produk.

Q: Bagaimana cara membuat deskripsi panjang produk Lazada?

A: Kamu bisa memilih untuk menggunakan Lorikeet dan Text Editor (HTML).

Q: Bagaimana cara belanja di Lazada?

A: Silakan unduh aplikasi Lazada melalui Play Store atau App Store lebih dulu. Lalu, buat akun Lazada dan cari barang yang ingin kamu beli. Kemudian, order atau pesan barang yang kamu inginkan. Selanjutkan masukkan alamat pengiriman barang, dan pilih metode pembayaran. Silakan lakukan pembayaran dan tunggu barang sampai ke tempat kamu.

Q: Apa itu Lazada Credit?

A: Lazada Credit merupakan salah satu bentuk pembayaran yang sudah disediakan oleh Lazada berupa credit. Credit disini adalah saldo akun yang bisa digunakan untuk berbelanja pada layanan jual beli online tersebut. Saat mengaktifkannya, fitur Lazada Credit ini akan secara otomatis terhubung dengan akun DANA milik pengguna.

Q: Bagaimana cara kredit di Lazada?

A: Kamu bisa klik ‘Beli Sekarang’ pada barang yang sudah dipilih. Lalu, ‘Konfirmasi Pesanan’ untuk bisa melanjutkan pembayaran. Kemudian, login kembali ke aplikasi Lazada atau isi data yang diminta secara lengkap dan benar. Terakhir, silakan lakukan pembayaran dengan pilih opsi pembayaran.

Sudah Siap Berjualan di Lazada?

Jika kamu sudah sampai di bagian ini, maka kamu sudah membaca dan memahami pendaftaran seller, hingga cara jualan di Lazada untuk para pemula.

Tentu saja, hal-hal di atas bisa kamu pelajari dengan baik, secara perlahan sembari menjalankan bisnis tersebut.

Walau masih pemula, gak perlu insecure produk kamu tidak dilirik konsumen, ya.

Semua pasti ada waktunya, dan teruslah untuk meningkatkan optimasi produk agar bisa berada di urutan teratas pencarian produk. Dengan begitu, produk jualanmu pasti dilirik konsumen, dan mulai laris hingga cuan.