free page hit counter

Apa Itu Afiliasi? Keuntungan dan Cara Kerja Afiliasi

Artikel diperbarui pada 2 September 2022.

Apakah kamu seorang pengusaha yang ingin mencoba dunia marketing secara online? Jika iya, maka kamu harus tahu bahwa di dunia marketing bernama afiliasi nantinya akan memberikan banyak keuntungan bagi kamu, loh! Khususnya juga para pebisnis online pemula.

Apakah kamu penasaran dengan apa itu afiliasi?

Yuk, langsung saja baca artikel ini untuk mendapatkan informasi seputar marketing online afiliasi.

Apa itu Afiliasi?

Afilliate-Marketing
Marketing afiliasi, apa itu?. | Carlos Muza – unsplash.com

Jika kamu adalah seorang pebisnis pemula atau yang ingin berkecimpung di dunia marketing online, pastinya kamu pernah mendengar istilah afiliasi ini.

Nah, sebenarnya afiliasi sendiri merupakan bisnis marketing online yang saat ini digemari dan dipilih semua kalangan  pebisnis, apalagi di masa Corona Virus Desember 19 sekarang ini.

Mengapa demikian?

Karena jika kamu menjalankan bisnis marketing online yang satu ini, maka kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, loh!

Sebab afiliasi ini adalah sistem marketing penjualan online yang akan memberikan komisi sesuai dengan barang yang berhasil kamu jual.

Jumlah komisi tersebut juga disesuaikan dengan jenis barang apa yang berhasil kamu tawarkan dan mampu menarik orang lain untuk membeli dan memiliki barang tersebut.

Sebenarnya, bisnis afiliasi online hampir sama dengan sistem makelar, namun perbedaannya jika makelar itu menggunakan sistem ofline, akan tetapi bisnis afiliasi ini menggunakan internet sebagai media utamanya.

Dengan adanya bantuan internet tersebut, kamu sebagai makelar atau penjual barang tidak perlu lagi menawarkan produk secara langsung atau offline, namun kamu bisa menggunakan website yang sudah lebih dulu diciptakan khusus untuk program afiliasi ini.

Setiap kegiatan penjualan yang kamu lakukan, akan dilacak secara otomatis melalui tautan afiliasi dari suatu website ke website yang lainnya.

Nah, yang perlu kamu ketahui dari bisnis afiliasi online ini adalah, terdapat tiga komponen penting yang salaing berhubungan dan saling mendukung satu sama lain yaitu, pembuat produk, jasa pengiklanan, dan konsumen.

Dari ketiga komponen inilah yang akan membuat kegiatan afiliasi yang kamu lakukan akan sangat menguntungkan.

Intinya, di dalam kegiatan afiliasi, kamu harus benar-benar bisa menarik banyak calon konsumen terkait  barang yang kamu jual dan kamu tawarkan.

Semakin banyak konsumen yang dapat kamu tarik, maka semakin banyak pula pemasukan  atau komisi yang akan kamu terima.

Bagaimana Cara Kerja Afiliasi & Apa Keuntungannya?

Bagi kamu seorang pebisnis pemula yang ingin memulai bisnis di afiliasi online, maka kamu wajib untuk mendaftarkan diri kamu terlebih dahulu ke suatu web afiliasi. Setelah itu kamu akan mendapatkan link afiliasi yang dapat digunakan.

Link yang sudah diberikan kepada kamu, harus kamu promosikan dan jika ada yang berminat maka kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan barang atau produk apa yang berhasil kamu jual.

Nah kegiatan afiliasi ini sangat menguntungkan bagi kamu seorang pebisnis pemula, berikut keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  1. Kamu tidak butuh mengeluarkan biaya yang sangat banyak sbeagai modal utama, sebab kamu hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai. Karena pada dasarnya kedua hal inilah yang nantinya membantumu dalam menjalankan bisnis ini.
  2. Kamu juga bisa menjual berbagai jenis produk yang bervariasi, sebab bisnis afiliasi akan menjual semua jenis barang atau produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan manusia di zaman serba modern seperti saat ini.
  3. Kamu tidak perlu membayar gaji karyawan, sebab kamu sendirilah yang menjalankan bisnis afiliasi ini dan gajipenuh adalah milik kami seutuhnya.
  4. Keuntungan yang kamu dapatkan bersifat jangka panjang, sebab calon konsumen bisa mengklik tautan afiliasimu kapan saja dan dimana saja
  5. Pasar penjualanmu akan menjadi sangat luas, sebab afiliasi adalah binsis marketing online yang terhubung dengan calon konsumen dari berbagai tempat.

Banyaknya keuntungan pasti akan membuat kamu lebih bersemangat lagi dalam mendirikan bisnis afiliasi.

Adanya semangat yang tinggi pasti akan membuat usaha tidak akan sia-sia dan justru malah berkembang dengan pesat.

Untuk itulah kamu harus benar-benar mengelola afiliasi dengan sangat baik agar dapat memperoleh pemasukan dan memperoleh banyak keuntungan