free page hit counter

Bingung Mau Usaha Apa? Join Franchise Air Biru Aja

Artikel diperbarui pada 7 Mei 2023.

Seiring canggihnya teknologi ekonomi di masyarakat, sudah banyak yang mendirikan usaha air minum salah satunya franchise air biru di Surabaya. Pendirian franchise ini memiliki tujuan utama untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan primernya terkait minum.

Namun tidak hanya itu, dengan bantuan air biru ini siapapun dapat menggunakannya untuk kebutuhan lainnya seperti memasak, mandi, hingga mencuci. Dikatakan bahwa tanpa adanya air, manusia tidak bisa melakukan apa-apa karena seluruh komponen butuh air.

Berdasarkan fakta tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis air minum dapat dibilang sebagai usaha yang bisa membantu perekonomian. Lalu jika membahas mengenai franchise air biru, sebenarnya apa itu air biru? Dan bagaimana konsep yang diberikan?

Tentang Air Minum Biru

Untuk memperluas bisnisnya, PT Biru Semesta Abadi mengajak para pebisnis air minum untuk menjadi mitra di Air Biru. Dikutip dari laman resminya, usaha air biru ini didirikan sejak 22 Mei 2002 yang berlokasikan di Surabaya.

Filosofi daripada franchise ini adalah “Memberikan Kemudahan Hidup Melalui Penyediaan Air Minum Yang Sehat, Berkualitas Terbaik dengan Biaya Ringan”. Arti yang ditujukan dari filosofi tersebut adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh air yang layak.

Dari segi harga, franchise air biru ini memberikan penawaran harga yang terbaik dengan adanya 100 persen teknologi ozon. Diharapkan bahwa kualitas air yang diberikan selalu dapat dijadikan acuan sebagai air yang menyehatkan namun tak berbahaya.

Konsep Franchise Air Biru

Depot Air Minum Isi Ulang Biru didirikan secara prima yang mana letaknya berdekatan di daerah sekitar perumahan masyarakat. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menarik pelanggan agar tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan air isi ulang.

Gerai franchise dapat dikatakan sebagai gabungan pabrik dan toko. Mengapa demikian? Karena gerai tersebut tak hanya melakukan penjualan air saja, melainkan pengisian ulang langsung. Untuk sumber air didapatkan dari pegunungan alami dimana diangkut dengan

Dengan penempatan yang dibangun dengan rumah warga, tentunya akan memudahkan penjualnya untuk mengantarkan air ulangnya ke kediaman konsumen. Sehingga dengan ini, mitra dari air biru  tersebut dapat memberikan pelayanan dengan sepenuh hati kepada para konsumen.

Keunggulan Air Biru

Terdapat beberapa keunggulan dari air minum biru ini dibandingkan air lainnya. Apa saja? Berikut pemaparannya:

  • Tingkat harga yang relatif terjangkau. harga yang berkisar sepertiga dari harga AMDK.
  • Kaya akan oksigen. Dapat dilihat dari adanya butiran-butiran oksigen dalam botol galon.
  • Memiliki kesegaran yang bisa menghilangkan haus dalam sekejap. Hal ini dikarenakan air langsung dijual setelah diproduksi.
  • Standar kelengkapan produk yang berkualitas.
  • Pelayanan petugasnya yang ramah dan menyenangkan namun tetap profesional.
  • Mengutamakan kenyamanan pelanggan atau konsumen.

Syarat Buka Usaha Franchise Air Biru

PT Biru Semesta Abadi menentukan syarat-syarat khusus yang harus dipahami bagi siapapun yang ingin mendirikan gerai air minum biru. Jika dikutip dari laman resmi franchise air biru, terdapat beberapa syarat penting, antara lain sebagai berikut:

  • Lokasi tempat didirikannya gerai harus berlokasi minimal 90 m2 hingga 120 m2.
  • Ukuran untuk gerai adalah 10 m x 12 m.
  • Gerai memiliki tempat untuk parkir mobil yang kiranya memuat 3 mobil atau lebih.
  • Calon pemilik gerai harus menyiapkan modal investasi Rp 530 juta.

Biaya Pendaftaran Franchise

Setelah mengetahui persyaratannya, juga diharuskan untuk mengetahui berapa besaran modal yang bisa digunakan untuk membuka usaha tersebut. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak terjadi kekurangan biaya ataupun kecurangan yang disebabkan oleh mitra karena tidak membayarnya.

Franchise air biru sendiri memberikan biaya investasi mulai dari Rp 530 juta bagi mitra dengan jangka waralaba 10 tahun. Namun perlu diketahui bahwa biaya yang perlu dikeluarkan tersebut belum termasuk biaya lokasi dan juga renovasi.

Prosedur Tata Cara Pendaftaran Menjadi Mitra

Tentang prosedur dan juga cara mendaftarnya, tentunya mudah. Pihak mitra harus memahami kedua hal ini agar tidak terjadi kesalahan yang fatal saat mendirikan gerainya.  Berikut uraian dari masing-masing kedua hal tersebut.

  • Memahami detail usaha air minum BIRU. Calon mitra harus memahami hal ini sebelum melakukan pendaftaran menjadi mitra.
  • Apabila sudah memahaminya, silahkan isi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan melalui laman resminya ataupun ke kantor langsung.
  • Setelah melakukan pengisian formulir, tunggulah hingga mendapatkan panggilan dari pihak franchise air biru untuk melakukan wawancara.
  • Setelah itu, calon mitra akan diminta untuk melakukan konfirmasi minat berupa deposit tanda minat sebagai minat untuk bergabung sebagai mitra.
  • Tidak hanya itu, calon mitra juga akan diminta untuk perjanjian kerahasiaan terkait franchise.
  • Dalam hal ini, pendaftar juga akan diminta untuk memaparkan bagaimana profil calon mitra, tempat gerai, dan lainnya. Hal lainnya disini termasuk design dan biaya pendaftaran pembukaan gerai, wilayah pemasaran, keuangan, serta memberikan dokumen kelayakan usahanya.
  • Setelah melakukan presentasi kelayakan usaha, pihak franchise akan menentukan bagaimana keputusan realisasi usaha.
  • Berikutnya akan diberikan bagaimana keputusan terbaik untuk realisasi lokasi gerai.
  • Setelah itu, akan dilakukan realisasi perjanjian waralaba dan juga pembayarannya.
  • Apabila sudah dilakukan realisasi pembayaran, akan dibahas mengenai renovasi bangunan gerai untuk kedepannya bagaimana.
  • Berikutnya ada instalasi peralatan dan sistem gerai yang akan diberikan.
  • Apabila keseluruhannya selesai, akan dilakukan pelatihan awal operasional gerai.
  • Selang beberapa waktu dari pelatihan, akan dilakukan pembukaan gerai dengan didampingi pihak franchise.
  • Ketika gerai sudah dibuka, maka langkah selanjutnya adalah dilakukannya promosi. promosi bisa dengan membuat banner ataupun sponsorship melalui media sosial.
  • Hal terakhir adalah diberikannya dukungan manajemen gerai secara berkelanjutan.

Fasilitas Yang Diberikan Bagi Mitra

Tentu saja, dengan menjadi mitra dari franchise air biru ini akan ada fasilitas-fasilitas tertentu demi pengembangan usahanya. Fasilitas tersebut berasal dari modal yang dikeluarkan tadi. Apa saja fasilitasnya? Berikut uraian lengkapnya:

  • Dalam segi manajemen kualitas, mitra akan diberikan pelatihan dalam pengelolaan gerai. Disini mitra juga akan diberikan bimbingan secara langsung oleh franchise.
  • Mitra juga akan diberikan bimbingan dalam segi manajemen keuangan seperti evaluasi tiap bulan, analisa keuangan yang telah dilakukan.
  • Mitra juga akan dibantu dalam memasarkan gerainya seperti akan ditampilkan dalam TV nasional, dan promosi lewat segala media.
  • Tidak hanya itu, mitra juga akan mendapatkan pelayanan manajemen teknik seperti teknik pengembangan produk, siitem, dan teknologi yang digunakan.
  • .

Demikianlah ulasan lengkap mengenai franchise air biru yang mana usaha yang ditawarkan berupa retail air minum. Dengan adanya usaha ini tentunya akan membantu banyak manusia karena air salah satu sumber kehidupan makhluk bumi.

Dengan ragamnya kebutuhan air yang mana salah satunya untuk minum, tentu saja tidak akan kehabisan ide untuk penggunaannya. Air sebagai salah satu sumber khidupan bagi makhluk hidup yang berada di bumi ini.

Dengan dibentuknya mitra Air Biru tentunya akan sangat menguntungkan entah bagi penjual maupun pembeli. Siapapun tak perlu lagi mendatangi tempat isi ulang air yang jauh dari lokasi kediamannya karena ada mitra Biru.