free page hit counter

Mengenal Bisnis Franchise Cincau Station, Lengkap!

Artikel diperbarui pada 11 Mei 2023.

Saat ini, bisnis di bidang food and beverages tengah menjamur di pasaran. Namun, dari sekian banyak franchise yang ada, terdapat satu franchise yang usianya terbilang cukup tua. Franchise Cincau Station adalah nama dari franchise tersebut.

Franchise ini termasuk yang paling stabil dan tetap eksis di daerah asalnya meskipun kini telah muncul banyak brand minuman baru. Mempertahankan kualitas dibanding kuantitas mungkin adalah perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan bisnis minuman tersebut.

Melihat hal tersebut, tidak heran jika banyak pebisnis yang mengincar franchise dari Cincau Station. Penasaran dengan informasi lebih lanjut mengenai bisnis franchise minuman yang satu ini? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Mengenal Lebih Dekat Bisnis Cincau Station

Warga Jawa Timur terutama wilayah Surabaya mungkin sudah tidak asing dengan brand minuman berbahan dasar cincau yang bernama Cincau Station. Brand minuman ini berhasil menyulap jajanan ‘jadul’ tersebut menjadi setara dengan minuman kekinian yang populer.

Bisnis franchise Cincau Station sudah berdiri sejak 2005 dan 15 gerainya dapat ditemukan di tempat-tempat yang populer di Surabaya. Produk-produknya menggunakan bahan alami dan dikemas dalam kemasan food grade yang higienis. Lalu, apa sajakah produknya?

  • Cincau Hijau. Ada cincau soya, ori, syrup, dan cosy di kategori ini. Varian soya memadukan cincau dengan susu kedelai, sedangkan cosy merupakan campuran cincau, sirup, dan santan. Varian syrup perpaduan antara cincau, sirup, dan es.
  • Menu Zueger. Varian ini merupakan es susu dengan campuran yang bervariasi. Ada ‘Guriin’ yang campurannya green tea dan ‘Orenji’ yang campurannya black tea. Ada ‘Kahvi’ yang berbahan kopi, dan ‘Chokatte’ yang memiliki campuran cocoa asli.
  • Menu Heritage. Ada dua menu di sini, yakni ‘Sari Dele’ dan ‘Sinom’. ‘Sari Dele’ merupakan es susu kedelai segar. ‘Sinom’ merupakan minuman segar berbahan asam jawa dan kunyit yang memiliki sensasi rasa asam sekaligus manis. 
  • Seasonal Fresh. Menu yang ada di kategori ini adalah minuman yang memiliki rasa strawberry. Menunya ada 2, yaitu ‘Strawberry Smoothies’ dan ‘100% Strawberry Juice’. Keduanya sama-sama menggunakan es dan puree strawberry yang asli lho!

Layanan Lain yang Tersedia di Cincau Station

Tidak hanya menjual minumannya di gerai yang dimilikinya, franchise Cincau Station memberikan layanan catering. Untuk memesannya, hubungi nomor 085100064846 atau 082245545858  jam 09.00-17.00 WIB.

Pemesan bisa memesan salah satu menunya. Untuk harga, bisa dibicarakan dengan pihak Cincau Station-nya. Ukuran yang bisa dipesan di layanan catering adalah 240 ml dan 405 ml. Penasaran bagaimana rincian produk yang didapat? Berikut rinciannya:

  • 0-50 pax. Karena jumlah ini merupakan pengiriman skala kecil, akan dikenakan biaya pengiriman Rp 10.000. Selain itu, pihak Cincau Station juga tidak menyediakan cooler box, meja, ataupun crew yang akan meng-handle minuman selama acara.
  • 50-300 pax. Untuk pengiriman sebanyak 50-300 pax, pembeli tidak akan dikenakan ongkos kirim barang. Selain itu, pembeli akan diberi fasilitas cooler box saat acara. Tetapi, untuk meja dan crew, pihak Cincau Station tidak akan menyediakannya. 
  • 300-1000 pax. Untuk jumlah pesanan yang sebanyak ini, ongkos kirim untuk pembeli sudah pasti gratis. Lalu, pembeli juga akan diberi fasilitas lengkap, yaitu cooler box untuk minuman, meja untuk display, dan crew yang mengatur minuman.
  • 1000 ke atas. Karena jumlah minuman yang dipesan sangat banyak, sudah pasti ongkos kirimnya akan gratis. Fasilitas yang akan didapatkan pembeli juga penuh, yakni cooler box, meja, dan juga crew yang akan membantu selama acara. 

Keunggulan yang Dimiliki oleh Bisnis Cincau Station

Bisa memiliki bisnis yang stabil dan bertahan sampai saat ini tentu merupakan pencapaian yang luar biasa. Apalagi menu yang dihadirkan merupakan minuman tradisional yang dikemas dengan packaging yang modern. Franchise Cincau Station patut diacungi jempol.

Namun, pencapaian dari Cincau Station merupakan hal yang beralasan. Brand ini mampu mencari peluang meskipun menu yang dijual awalnya hanya minuman tradisional. Lantas, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh brand minuman cincau ini? Berikut rinciannya:

  • Memiliki produk yang segar. Pihak Cincau Station selalu memakai bahan yang fresh untuk produknya setiap hari. Minuman di sini tidak menggunakan pengawet sama sekali, jadi pembeli tak perlu khawatir dengan kandungan dalam minumannya.
  • Mampu masuk ke segala tempat. Cincau Station memiliki sejumlah gerai di mall-mall besar di Surabaya, serta beberapa kios, outlet kecil, dan foodcourt. Selain itu, ada juga 4 gerai yang memiliki konsep cafe di pinggir jalan. 
  • Tetap mempertahankan harga murah. Meski sudah masuk ke tempat seperti mall dan cafe, Cincau Station tetap mempertahankan harganya yang murah. Berbagai menu minumannya tetap bisa dinikmati dengan Rp 8.000-Rp 12.000 saja per cup.
  • Menyediakan layanan catering. Hal ini termasuk unik, karena belum banyak brand minuman seperti ini yang mau melayani pesanan catering. Pesanan minimalnya juga tidak memberatkan, dan tentunya pembeli bisa mendapat harga per cup yang murah.

Sekilas Informasi Mengenai Franchise di Cincau Station

Informasi mengenai franchise Cincau Station pasti adalah bagian yang paling ditunggu oleh para pebisnis yang tengah mencari peluang usaha. Bisnis ini sudah dibuka sejak 2005 dan  mampu bertahan di tengah gempuran minuman kekinian.

Namun, kabar buruknya adalah Cincau Station sudah tidak membuka lagi waralaba atau franchise-nya sejak tahun 2013. Pihak manajemen bahkan sudah memberi pernyataan resmi. Lalu, apa alasan yang menjadi latar belakang ditutupnya peluang franchise tersebut?

  • Banyak peniru. Setelah membuka gerai pertama, Cincau station sebetulnya sempat membuka franchise. Namun, banyak pihak yang mengaku menjual paket usaha atas nama brand tersebut. Akhirnya, keluarlah pernyataan bahwa tidak ada franchise lagi.
  • Mengontrol kualitas. Dengan area bisnis yang masih berada di sekitar Surabaya, owner Cincau Station masih secara rutin melakukan pengecekan gerai. Hal ini merupakan upaya owner guna menjaga kualitas dari minuman yang dijual olehnya.
  • Bisnis keluarga. Awalnya, Cincau Station memang bisnis keluarga. Setelah sempat membuka kesempatan untuk franchise, demi menjaga kualitas akhirnya pihak manajemen memutuskan kembali mengubah sistem bisnis menjadi bisnis keluarga.

Tidak bisa bergabung dengan franchise minuman cincau yang satu ini memang agak mengecewakan semangat para pebisnis. Namun, keputusan manajemen untuk menjaga kualitas dibanding kuantitas produk yang dijual adalah hal yang patut untuk diacungi jempol.

Penggunaan bahan alami dan segar tanpa pengawet di tengah banyaknya minuman yang memakai perisa sintetis juga merupakan keputusan yang berani. Minuman yang sampai ke tangan konsumen merupakan minuman yang bermanfaat dan berkualitas baik bagi tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai bisnis franchise Cincau Station. Apabila tetap ingin menjalankan franchise di bidang food and beverages, carilah franchise yang bukan sekedar ‘untung’. Tetapi, carilah yang memiliki integritas dalam mempertahankan kualitasnya.