free page hit counter

Franchise Nyoklat Klasik Keuntungan Menggiurkan: Syarat, Cara, & Pilihan Paket

Artikel diperbarui pada 28 April 2023.

Sebelum maraknya kopi, boba, dan minuman lainnya muncul, franchise minuman coklat sudah eksis lebih dahulu. Franchise Nyoklat adalah bisnis minuman dalam cup yang paling sering dipilih untuk dijalankan.

Tren bisnis memang cepat berganti, begitu juga pada bisnis waralaba semacam ini namun, minuman ini masih terus memiliki peminat. Merek yang menjadi pencetus bisnis minuman coklat tersebut adalah Nyoklat Klasik yang masih diminati hingga sekarang.

Dalam dunia franchise, merek dari produk yang dijual akan sangat berpengaruh pada keberhasilan bisnis. Produk dengan nama yang terkenal seperti Nyoklat Klasik tentu penjualannya akan lebih mudah.

Tentang Merek Nyoklat Klasik

Merek yang diresmikan CV Denov Putra Brilian ditahun 2013 ini Booth pertamanya ada di Kota Tulungagung. Brand ini tidak langsung menawarkan kerjasama franchise, paket waralabanya baru ditawarkan 1 tahun setelah peresmiannya.

Hanya dalam waktu 4 tahun franchisee yang telah membuka gerainya mencapai sekitar 2125 di seluruh wilayah terutama Pulau Jawa. Harga yang dikenakan pada setiap menunya yang murah membuat minuman ini begitu buru.

Selain terjangkau, setiap sajiannya juga memiliki rasa yang enak apalagi varian rasanya melimpah. Fakta tentang betapa populernya produk ini jelas memunculkan prospek yang menjanjikan yang tidak bijak untuk diabaikan, yaitu seperti:

  • Dengan franchise ini, pebisnis tidak perlu bersusah-payah melakukan pengenalan produk mulai dari awal karena sudah sangat terkenal.
  • Saat membuka franchise, pebisnis akan memperoleh support langsung dari manajemen Nyoklat Klasik sehingga akan sangat mudah untuk berkembang.
  • Tersedia beberapa paket yang sesuai dengan kondisi finansial setiap calon partner waralaba tersebut sehingga tidak perlu mengkhawatirkan biaya franchisenya.

Seperti namanya, menu yang dimiliki waralaba ini tentu adalah coklat yang tersedia dalam sajian panas dan juga dingin. Sebagai daya tariknya pembeli bisa memilih tambahan rasa atau topping seperti kacang, keju, oreo, dan sebagainya.

Semua menunya dibandrol sekitar 7 hingga 9 ribu, tetapi pada tempat yang sewanya tinggi biasanya akan lebih mahal. Persoalan harga ini juga diatur langsung oleh Manajemen sehingga dapat lebih terkontrol.

Syarat Franchise di Nyoklat Klasik

Untuk bergabung dalam franchise Nyoklat ternyata ada syarat dalam hal pemilihan lokasinya. Persyaratan ini meliputi kriteria lingkungannya, jarak dengan gerai waralaba lainnya dan juga mengenai spesifikasinya, meliputi:

1. Lingkungan

Pasar utama dari produk minuman ini adalah anak-anak sekolah karena harga dan inovasinya yang cocok dengan usia tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka idealnya gerai yang dibuka sebaiknya di sekitar sekolah.

Apabila tidak di lingkungan sekolah, setidaknya tempat yang dipilih harus dengan traffic yang tinggi. Biasanya dalam suatu wilayah terdapat daerah pusat kuliner dan jajanan yang bisa digunakan.

2. Spesifikasi Minimal

Calon pembeli waralaba harus menentukan satu paket yang nantinya akan dibeli dan tahu spesifikasinya. Paket standar yang cukup sering dipilih yaitu Silver yang lengkap dengan sebuah rombong.

Ukuran rombong tersebut sekitar 120 kali 60 cm dan nantinya akan dipakai saat berjualan Nyoklat. Benda tersebut merupakan ciri khas yang juga berfungsi sebagai daya tarik utama untuk para pembeli.

3. Jarak Gerai

Syarat yang perlu dipenuhi dalam kerja sama waralaba terkait jarak gerai pada setia merek tentu berbeda. Umumnya pada satu kota kecil jaraknya harus terpisah setidaknya 5 kilometer untuk masing-masing franchise.

Pada franchise Nyoklat di kota besar jaraknya diatur untuk tidak kurang dari 2 kilometer. Tetapi peraturan ini tidak selalu mutlak, pada kondisi khusus misalkan pemilik franchise adalah 1 orang maka aturan jarak bisa disesuaikan.

Harga Usaha Franchise di Nyoklat Klasik

Seperti yang sudah disinggung, bahwa Nyoklat memiliki pilihan paket yang harganya beragam sehingga tidak memberatkan. Calon pebisnis dengan berbagai kondisi keuangan bisa memilih paket yang paling sesuai.

Setiap paket dengan harga yang berbeda ini memiliki konsep yang berbeda dalam tampilan fisiknya. Dimulai dari paket silver yang tampilannya memakai rombong, sampai dengan tampilan elegan ala bar.

Semakin spesial tampilan yang akan didapatkan maka, harga paketnya juga akan lebih mahal. Brand ini mempunyai pilihan paket yang paling spesial dengan nama Gold dan juga Platinum.

1. Paket Silver 

Merupakan paket dengan nominal harga paling murah ini dihargai dengan nominal 12 juta rupiah. Yang didapatkan adalah gerobak jualan, peralatan pembuatannya meliputi blender, termos, dispenser, parutan dan 7 box penyimpanan bahan.

Selain peralatan, bahan baku dan berbagai jenis toppingnya juga sudah termasuk dalam paket ini. Pembeli waralaba dapat langsung berdagang tanpa harus membeli cup, sedotan, banner, plastik sendiri karena sudah disediakan.

Dalam pelayanannya akan terlihat profesional karena dilengkapi juga dengan 2 seragam dan 2 lembar daftar menu. Lebih spesialnya lagi adalah cup, tutup cup, dan sedotannya juga disediakan dua macam yaitu untuk dingin dan panas.

2. Paket Minibar

Minuman kekinian selalu identik dengan tampilan penjual dan produknya yang modern. Pada franchise Nyoklat ini ada juga paket seharga 17 juta yang ditampilkan dalam konsep mini bar.

Peralatan, bahan, dan perlengkapan jualan masih sama dengan paket yang sebelumnya baik dalam variasi maupun jumlahnya. Perbedaan paket ini adalah booth yang tidak berupa gerobak biasa tetapi minibar dengan konsep seperti cafe.

3. Paket Gold

Franchise Nyoklat ini ditawarkan dengan nominal yang cukup mahal ini akan sesuai dengan fasilitas yang disediakan. Dengan 60 sampai 75 juta pebisnis memiliki hak untuk bloking area kota tertentu dan juga berbagai keistimewaan lainnya.

4. Paket Platinum

Memiliki keistimewaan untuk blocking area dalam sebuah provinsi tertentu dengan 250 juta. Artinya gerai Nyoklat Klasik yang dimiliki akan menguasai area yang di bloking tersebut sehingga pendapatan kemungkinan akan begitu besar.

Keuntungan Franchise dengan Nyoklat Klasik

Sistem kerjasama bisnis ini sifatnya adalah selamanya dimana mitra yang bergabung hanya perlu membeli bahan utama dari Nyoklat Klasik saja. Tidak ada kewajiban berbagi royalti, tetapi ada administrasi tahunan yaitu 1 juta rupiah.

Profit yang dihasilkan tergolong besar karena paket franchise serta bahan baku yang nantinya harus dibeli cukup terjangkau. Merek ini juga memiliki kelebihan yang belum tentu ada di produk franchise yang lain, yaitu:

  • Keuntungan yang dihasilkan dari penjualan setiap cupnya hampir semuanya dapat dinikmati sendiri karena tidak ada royalti.
  • Modal cepat kembali yaitu hanya dengan hitungan 4 sampai 6 bulan saja tergantung kondisi bisnis masing-masing.
  • Dengan nama yang sudah sangat dicintai masyarakat, bukan hal yang mustahil jika keuntungannya mudah diraih.
  • Model bisnis ini mudah dikembangkan asalkan mau berkomitmen untuk terus berinovasi.

Demikian informasi tentang franchise Nyoklat, minuman kekinian yang masih begitu diminati. Tentukan lokasi gerai yang paling sempurna dan lakukan trik promosi terbaik agar bisnis ini bisa cepat menghasilkan keuntungan.

Untuk bergabung dengan bisnis ini sangatlah sederhana, yang dilakukan hanya tinggal menghubungi pihak Nyoklat Klasik saja. Nantinya setelah melakukan pembayaran, maka booth dan semua yang tercantum dalam paket akan dikirim ke partner franchise.

Bisnis waralaba semacam ini cenderung lebih mudah dijalankan karena tidak perlu pusing dengan bahan baku. Sebab, ketika bahan perlu di stok kembali pemilik gerai tinggal menghubungi Nyoklat Klasik untuk membeli bahan-bahan tersebut.