free page hit counter

Franchise Mie Kober: Ini Syarat, Harga, dan Cara Daftarnya

Artikel diperbarui pada 26 April 2023.

Sejak tahun 2000 hingga kini, makanan yang memiliki tingkat kepedasan dengan berbagai level menjadi tren yang terus meningkat dan digemari oleh banyak penikmat kuliner. Franchise Mie Kober merupakan salah satu yang tren kali ini.

Berbicara tentang makanan pedas hampir tak ada habisnya, di Indonesia sendiri ada berbagai macam produk makanan pedas yang populer. Beberapa di antaranya yaitu keripik pedas, ayam geprek, mie pedas, seblak, bakso setan, dan lain sebagainya.

Adapun bentuk produk Mie Kober selaras dengan namanya yaitu menawarkan sajian mie pedas yang menggugah selera. Tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang franchise kuliner ini? Simak ulasannya dalam artikel berikut:

Tentang Mie Kober

Berasal dari Malang, Jawa Timur, Indonesia, franchise ini terkenal dengan sajian mi gorengnya yang lezat dan memiliki rasa gurih yang khas. Sejak awal kemunculannya pada 2010, Mie Kober terus-menerus mendapatkan hati masyarakat dengan hidangan andalannya.

Terhitung hingga 2022, outlet mitra Mie Kober sudah tersebar sebanyak 30 buah di berbagai daerah di Indonesia dan outlet terbanyak ada di Denpasar. Dengan Gemmy Ramadhan yang masih menjabat sebagai owner sekaligus pendiri Mie Kober.

Untuk menu utama Mie Kober adalah mi goreng dengan berbagai varian, seperti Mie Setan, Mie Iblis, dan Mie Angel. Selain itu, Mie Kober juga menyediakan makanan pendamping seperti dimsum, pangsit goreng, sushi, gyoza, dan siomay.

Sementara itu, untuk menu minuman ada aneka jus, teh, kopi, dan banyak lainnya. Terbaru ini, Mie Kober menyediakan tiga minuman khasnya yaitu Es Amazon, Es Redwoods, dan Es Tropico yang menyegarkan di hari yang panas.

Syarat dan Harga Franchise Mie Kober

Melihat tren makanan pedas yang tidak juga pudar meski sudah 2 dekade berlalu sejak kemunculannya, membuat franchise Mie Kober menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Di mana hidangan pedas selalu berhasil menarik minat konsumen.

Mie Kober sendiri menawarkan beragam keuntungan bagi calon mitra, seperti dukungan dan pelatihan dari tim manajemen serta dukungan pemasaran. Namun, sebelum bergabung dengan franchise ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, sebagai berikut:

  • Bangunan yang luas. Mie Kober memiliki konsep dine in, di mana konsumen dapat memesan makanan untuk dimakan di tempat. Maka dari itu, menyediakan bangunan dengan luas yang memadai sangat dibutuhkan agar outlet bisa menampung banyak konsumen sekaligus.
  • Lokasi yang luas. Tidak hanya bangunannya yang luas, keseluruhan area luar restoran pun harus luas agar bisa dimaksimalkan untuk area parkir motor dan mobil. Sebab adanya sistem take away yaitu memesan makan dengan cara dibungkus untuk dibawa pulang, maka jumlah kendaraan yang parkir bisa jadi melebihi jumlah konsumen yang dine in.
  • Sistem operasional mengikuti pusat. Mie Kober menerapkan sistem operasional di mana manajemen pusat akan mengontrol seluruh operasional mitra demi terjaganya kualitas restoran. Hal ini berarti, calon mitra harus bersedia mengikuti aturan ini agar bisa bergabung dengan franchise.

Terkait biaya kemitraan Mie Kober terakhir tercatat pada 2014 berkisar antara Rp700 juta sampai dengan Rp1,3 miliar sudah termasuk biaya peralatan dan renovasi. Untuk biaya perizinan dan sewa tanah/bangunan serta hal-hal lainnya menjadi tanggungan mitra.

Cara Daftar Franchise Mie Kober

Untuk saat ini, belum ada informasi resmi mengenai prosedur pendaftaran franchise Mie Kober. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa langkah awal yang harus dilakukan setelah berhasil menemukan calon lokasi outlet adalah menghubungi pihak manajemen Mie Kober.

Selanjutnya, pihak manajemen akan melakukan kurasi terhadap pengajuan dari calon mitra dan akan menghubungi kembali apabila pengajuan disetujui. Untuk bisa memperoleh kontak pihak manajemen, calon mitra dapat menghubungi Mie Kober melalui saluran-saluran di bawah ini:

  • Instagram: @kobermie.official.
  • TikTok: @kobermie.official.
  • Facebook: MIE KOBER.
  • Twitter: @koberbar.
  • Website:https://www.kobermie.com/.
  • Telepon: 081332332336.
  • Email: halo@kobermie.com.

Kelebihan Franchise Mie Kober

Sebagai salah satu franchise kuliner pedas yang populer di Indonesia, Mie Kober tentunya memiliki beragam kelebihan yang dapat dinikmati oleh para mitra bisnisnya. Berikut beberapa kelebihan tersebut:

  • Merek yang sudah terkenal. Mie Kober merupakan merek populer dengan puluhan outlet yang tersebar di wilayah-wilayah paling ramai di Indonesia. Bergabung dengan franchise Mie Kober memungkinkan para mitra untuk memulai bisnis dengan daya tarik merek yang kuat.
  • Dukungan manajemen. Franchise ini memberikan dukungan penuh dari tim manajemen meliputi pelatihan, pemasaran, dan operasional. Dukungan ini akan sangat membantu para mitra dalam menjalankan bisnis dan meningkatkan peluang kesuksesan.
  • Sistem bisnis yang terbukti. Sudah hampir 13 tahun berdiri, Mie Kober berhasil membuktikan bahwa sistem bisnis yang dimilikinya mampu membuat outlet bertahan. Para mitra akan menerima panduan operasional dan manajemen sehingga dapat menjalankan bisnis dengan efisien dan efektif.
  • Skala ekonomi yang besar. Dengan menjadi bagian dari jaringan franchise yang besar, para mitra Mie Kober dapat memanfaatkan skala ekonomi dalam pembelian bahan baku dan perlengkapan usaha. Hal ini pun dapat membantu mitra dalam mengurangi biaya operasional dan meningkatkan keuntungan.
  • Dukungan Komunitas. Bergabung dengan franchise ini berarti mitra menjadi bagian dari komunitas bisnis yang solid. Mitra dapat bertukar informasi dan pengalaman dengan mitra lainnya, serta mendapatkan dukungan dari tim manajemen Mie Kober. Kelebihan ini membantu mengatasi tantangan dan memperkuat bisnis.

Kekurangan Franchise Mie Kober

Seperti bisnis franchise lainnya, franchise Mie Kober juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan oleh para calon mitra sebelum memutuskan untuk bergabung.

Pertama, yaitu biaya awal yang tinggi. Harga franchise ini bisa mencapai 1 miliar lebih di tahun 2014, maka bisa diperkirakan bahwa harga tersebut sudah meningkat di tahun 2023. Belum ditambah dengan biaya perizinan dan sewa yang ditanggung calon mitra.

Tentunya hal tersebut menyebabkan biaya awal ini menjadi tidak terjangkau bagi calon mitra dengan dana terbatas. Bagi pengusaha modal minim, maka pastikan franchise Mie Kober bukan merupakan pilihan yang tepat.

Belum lagi kelemahan bisnis franchise secara umum, yaitu mitra menjadi bergantung pada merek franchise tersebut. Jika terjadi masalah pada merek atau reputasi franchise, maka hal tersebut pun dapat berdampak negatif pada bisnis para mitra lainnya.

Itulah penjelasan tentang franchise Mie Kober, lengkap dengan informasi mengenai syarat, harga, dan cara daftarnya yang perlu diketahui. Menilik kesuksesan yang diperoleh oleh merek kuliner satu ini tak heran membuat banyak pengusaha tertarik untuk bergabung.

Sebelum memutuskan untuk bergabung ke dalam bisnis franchise, tentunya calon mitra harus mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangannya. Ulasan di atas sudah memberikan poin-poin kelebihan dan kekurangan kemitraan Mie Kober yang bisa dijadikan pertimbangan.

Berbagai pertimbangan ini penting agar bisnis yang dimulai bisa bertahan dan berkembang di tengah ketatnya persaingan. Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dapat menghubungi kontak Mie Kober di nomor 081332332336.