free page hit counter
Franchise Makanan untuk Pemula
Franchise Makanan untuk Pemula. | via goodscoop.id

11 Franchise Makanan untuk Pemula Tanpa Mulai dari Nol

Artikel diperbarui pada 10 Desember 2022.

Franchise makanan jadi ide bisnis yang mudah dijalankan untuk pemula. Sebab, khas franchise adalah kamu tidak perlu mulai semuanya dari awal. Cukup sediakan dana yang diminta oleh franchise tersebut, maka kamu sudah bisa mulai jualan.

Salah satu bisnis yang paling mudah dijalankan adalah waralaba atau franchise. Diantara beberapa franchise yang paling potensial bisa kamu kerjakan salah satunya adalah franchise makanan.

Kenapa franchise makanan menjadi pilihan usaha yang bagus, alasan utama salah satunya adalah karena setiap orang butuh makanan.

Selain itu, jika kamu memulai bisnis waralaba makanan, maka kamu tidak perlu bersusah payah membangun brand dari nol.

Karena banyak brand franchise makanan yang sudah populer di kalangan masyarakat. Di bawah ini adalah daftar beberapa brand potensial yang bisa kamu jadikan pilihan untuk memulai bisnis waralaba makanan.

1. Kebab Baba Rafi – Franchise Makanan Mulai Rp 75 Juta

Franchise Makanan Pemula Kebab Turki Baba Rafi
Franchise Makanan Kebab Turki Baba Rafi. | via goodscoop.id

Siapa yang tidak mengenal brand Kebab Baba Rafi. Hampir semua pecinta kuliner mengenalnya. Bisa dikatakan Kebab Baba Rafi termasuk salah satu pioneer bisnis franchise makanan di Indonesa.

Cabangnya hampir ada di setiap kota di Indonesia, masyarakat juga sudah sangat familiar dengan Kebab Baba Rafi.

Dengan nama besar dari Kebeb Baba Rafi, tentu akan membuat lebih mudah untuk para mitranya dalam pemasaran. Jadi jangan ragu untuk memulainya dari sekarang.

2. Sabana Fried Chicken – Kemitraan Modal Rp 23 Juta

Franchise Makanan Sabana Fried Chicken
Franchise Makanan Sabana Fried Chicken. | via goodscoop.id

Sabana Fried Chicken juga merupakan bisnis waralaba makanan yang sangat populer. Kelebihan dari waralaba ini adalah pada harganya.

Cukup memiliki harga yang bersaing membuat Sabana Fried Chicken cepat populer di kalangan masyarakat.

Apalagi jika kedai berada di lingkungan kampus, ini potensi yang sangat menggiurkan. Bahkan potensi omzet dari waralaba makanan ini bisa mencapai Rp20.000.000 dalam waktu satu bulan.

3. Donat Bakar – Kemitraan Modal Rp 7,5 Juta

Franchise Makanan Donat Bakar
Franchise Makanan Donat Bakar. | via goodscoop.id

Franchise makanan selanjutnya adalah Donat Bakar.

Waralaba ini mulai berdiri sejak tahun 2008 dan sampai saat ini memiliki puluhan gerai di beberapa kota di pulau Jawa dan Sumatera.

Produk dari waralaba ini cukup unik karena berbeda dengan donat pada umumnya. Jika biasanya donat digoreng, maka sesuai dengan namanya, donat di sini dibakar.

Varian rasa yang ditawarkan juga cukup banyak yaitu mencapai 42 varian rasa. Untuk paket usaha yang ditawarkan sebesar 7,5 juta sudah lengkap mencakup peralatan berjualan.

4. Mr. John Singapore – Waralaba Roti John Modal Rp 12,5 Juta

Franchise Makanan Roti John Singapore
Franchise Makanan Roti John Singapore. | via goodscoop.id

Dari nama franchise sudah sangat menarik. Produk yang ditawarkan dari warlaba ini adalah roti john dengan aneka varian isi.

Mr. John sampai saat ini sudah memiliki puluhan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Potensi keuntungan yang ditawarkan dari waralaba ini mencapai 9 sampai 18 juta per bulan.

Untuk bergabung menjadi mitra, biaya yang dibutuhkan adalah dimulai dari harga 8 juta yang sudah mencakup kelengkapan untuk berjualan. Selain itu mitra juga akan mendapat bonus bahan baku 50 porsi.

5. Bakso Benhil – Franchise Makanan Mulai Rp 4 Juta

Waralaba Makanan Bakso Benhil
Waralaba Makanan Bakso Benhil. | via goodscoop.id

Di wilayah ibu kota nama waralaba Bakso Benhil sudah sangat populer. Karena Bakso Benhil sudah pernah diliput banyak media cetak dan elektronik.

Maka tak heran jika masyarakat sudah begitu mengenal dengan nama brand ini. Bahkan Bakso Benhil ini menurut beberapa kalangan merupakan franchise makanan terlaris di Indonesia.

Jika kamu berabung menjadi mitra, maka kamu diberikan pelatihan yang menyeluruh. Mulai dari menentukan layout rumah makan, pelayanan, harga, perhitungan keuntungan, hingga strategi promosi.

Paket harga untuk bermitra juga sangat terjangkau yaitu mulai dari 4 juta saja.

6. Rocket Chicken – Siapkan Modal Rp 155 Juta

Franchise Makanan Rocket Chicken
Franchise Makanan Rocket Chicken. | via goodscoop.id

Franchise makanan ang satu ini sangat populer. Bukan saja di kota-kota besar, di beberapa daerah juga mulai bermunculan waralaba ayam goreng ini.

Bisnis warlaba makanan ini bermula di Semarang, kini bisnis ini sudah berkembang mencapai 760 restoran dan 9000 karyawan.

Meski berawal dari menu ayam goreng tepung, kini Rocket Chicken menyajikan banyak varian makanan seperti ayam geprek hingga chicken steak.

Dengan kepopuleran nama brand ini, kamu layak menjadikan Rocket Chicken sebagai pilihan untuk menjalankan bisnis waralaba makanan.

Harga bisnis waralaba Rocket Chicken ini mungkin cukup besar karena memang yang dibutuhkan juga besar.

7. Tahu Gila – Franchise Makanan untuk Pemula Modal Rp 5,7 Juta

Franchise Makanan Tahu Gila untuk Pemula
Franchise Makanan Tahu Gila cocok untuk Pemula. | via goodscoop.id

Waralaba makanan ini juga cukup populer. Keunikan pada franchise makanan tahu ini adalah pada kemampuannya membuat tahu menjadi makanan yang istimewa di kalangan anak muda.

Tahu gila ini sebenarnya adalah tahu yang memiliki balutan tepung dengan beragam pilihan rasa. Harga yang ditawarkan untuk bisnis ini mulai dari Rp8.000.000,- sampai Rp15.000.000,-.

8. Martabak San Francisco

Siapa tak kenal dengan Martabak? Martabak adalah jajanan kaki lima yang paling disukai masyarakat Indonesia.

Kalau kamu tertarik untuk franchise makanan di bisnis martabak, cobalah waralaba Martabak San Francisco. Brand ini sudah terkenal di Bandung, Jakarta, dan sekitarnya.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai waralaba Martabak San Francisco paling murah Rp 90juta. Dalam 3 bulan, modal bisa segera kembali. Sebab hanya dalam sehari, kamu bisa mengantongi 1 juta rupiah dari menjual martabak ini.

9. Tahu Jeletot Taisi – Franchise Makanan Pemula Modal Rp 20 Juta

Kemitraan waralaba Tahu Jeletot Taisi
Kemitraan waralaba Tahu Jeletot Taisi. | via goodscoop.id

Makanan pedas dan gorengan masih jadi camilan favorit orang Indonesia. Buat kamu yang masih pemula dalam bisnis waralaba makanan, silakan coba franchise makanan Tahu Jeletot Taisi.

Brand ini memulai kiprahnya di dunia kuliner Indonesia pada tahun 2012 dan segera populer di kalangan orang Indonesia. Berita mengenai Taisi sudah hadir hampir di seluruh TV Nasional. Tak heran jika saat ini Tahu Jeletot Taisi sudah memiliki lebih dari 200 gerai.

10. Es Teler 77 – Franchise Minuman Pemula Modal Rp 85 Juta

Franchise Minuman Pemula Es Teler 77
Franchise Minuman Pemula Es Teler 77. | via goodscoop.id

Es Teler 77 merupakan salah satu gerai fast food yang bisa ditemukan dimana saja karena cocok dengan cuaca Indonesia yang panas. Hampir di setiap pusat perbelanjaan, stasiun, bahkan bandara, kamu bisa menemukan toko ini.

Tidak hanya es teler, restoran ini juga menjual berbagai macam makanan. Tapi, kamu perlu modal yang cukup besar untuk mulai bekerja dengan Es Teler 77, yaitu sebesar Rp 85 juta untuk fee waralaba selama 5 tahun.

11. Restoran Sederhana Masakan Padang – Franchise Restoran Mulai Rp 450 Juta

Franchise Makanan Restoran Sederhana Masakan Padang
Franchise Makanan Restoran Sederhana Masakan Padang. | via goodscoop.id

Rumah Makan Sederhana Masakan Padang menyediakan franchise bagi kamu yang ingin turut berbisnis makanan Minang. RM Sederhana menyediakan paket franchise rumah makan dengan berbagai harga, yaitu:

  • Catering Rp 75 juta
  • Rumah Tangga Rp 175 juta
  • Rumah Makan Rp 450 juta
  • Restoran Rp 5 miliar

Franchise Makanan Pemula – Tanya Jawab

Franchise makanan apa yang bagus?

Untuk memilih franchise makanan pemula, sebaiknya cari waralaba yang memerlukan modal dibawah Rp 10 juta seperti Donat Bakar (Rp 7,5 juta) atau Bakso Benhil (Rp 4 juta).

Tujuannya, agar ketika gagal, kerugian modal yang sudah dikeluarkan tidak terlalu besar. Bagi pemula, pilih franchise makanan yang bisa memberikan bimbingan hingga workshop.

Berapa harga franchise makanan yang murah?

Kalau kamu masih pemula, beberapa franchise makanan murah yang bisa kamu pilih antara lain Bakso Benhil (tanpa royalti dan bisa dimulai dengan modal Rp 4 juta) dan Donat Bakar (Rp 7,5 juta).

Apa itu usaha franchise?

Franchise atau waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh seseorang atau badan usaha terhadap bisnis usaha dengan ciri khas usaha dalam memasarkan barang atau jasa yang sudah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Biasanya, kamu diminta untuk membayar sejumlah royalty fee kepada pemilik waralaba diluar biaya yang harus kamu keluarkan sebagai modal awal.

Apa saja franchise makanan yang ada di Indonesia?

Ada banyak franchise yang ada di Indonesia, seperti:

  • Kebab Baba Rafi
  • Bakso Benhil
  • Donat Bakar
  • Sabana Fried Chicken
  • Pecel Lele Lela
  • Tahu Jeletot Taisi
  • Tocket Chicken
  • Tahu Gila
  • Es Teler 77
  • RM Padang Sederhana

Siap Bisnis Franchise Makanan?

Franchise makanan makin disukai karena mudah dijalankan oleh pemula. Kamu hanya perlu siapkan dana yang diminta oleh waralaba dan cari orang untuk mengerjakan lapak kamu.

ROI yang ditawarkan oleh franchise makanan pun menggiurkan. Sebab, franchise seperti yang disebutkan di atas sudah memiliki nama, brand yang kuat, dan menghasilkan daya tarik sendiri bagi masyarakat.

Bahkan, kamu tak perlu repot memasarkan produk. Alasannya, karena pelanggan dan masyarakat sudah tahu produk yang kamu jual merupakan produk yang sama dari franchise yang kamu ambil.

So, siap jualan makanan mulai hari ini dan bisnis franchise?

Artikel Terkait: