free page hit counter

Begini Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Via Email Pahami Syaratnya!

Artikel diperbarui pada 27 Januari 2023.

Bagi yang belum mengetahui bahwa ada cara menutup kartu kredit Bank Mega via email, pasti selalu melakukannya ke bank. Cara ini cukup praktis dilakukan karena tidak perlu mendatangi Bank, cukup melalui HP. Memang ada beberapa alasan untuk menutup kartu kredit.

Bank Mega memang memberikan berbagai tawaran-tawaran yang menarik untuk para nasabahnya yang menggunakan kartu kredit. Tawaran tersebut memang cukup menggiurkan bagi para nasabahnya, seperti bebas admin atau mendapat potongan harga. Namun, terdapat beberapa kerugian juga apabila sering menggunakan kartu kredit.

Tagihan tahunan yang relatif naik tiap tahun atau terlalu besar, belum juga harus memenuhi minimal payment. Atau mungkin terdapat alasan lain sehingga nasabah memilih untuk menonaktifkan kartu kredit Bank Mega. Pahami sebelumnya, terdapat syarat agar pengajuan diterima, syaratnya berikut ini!

Persyaratan dan Ketentuan Penutupan

Pahami syarat sebelum mengetahui cara menutup kartu kredit Bank Mega via email, perlu diperhatikan agar syarat terpenuhi terlebih dahulu. Apabila syarat telah terpenuhi, maka pengajuan penutupan kartu kredit dapat disetujui. Adapun persyaratan yang perlu dipenuhi oleh nasabah, sebagai berikut!

1. Melunasi Semua Tagihan Kredit

Syarat paling utama yang harus dipenuhi nasabah sebelum melakukan pengajuan penutupan kartu kredit, yakni melunasi semua tagihan. Apabila masih terdapat tanggungan biaya kredit, baik itu cicilan maupun bukan, maka proses tidak bisa dilanjut.

Pengajuan akan ditolak apabila masih memiliki tagihan yang belum dibayar. Oleh karena itu, nasabah harus senantiasa memastikan apakah masih terdapat tagihan yang belum terbayar atau lunas semua. Setelah melunasi cicilan maupun tunggakan, simpan bukti tercatat bahwa telah lunas semua tanggungan.

Bukti tersebut diperlukan untuk berjaga-jaga apabila suatu hari diperlukan, atau terdapat suatu masalah. Simpan bukti lunas tersebut ditempat yang aman, jangan sampai dihilangkan. Pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui bank langsung, atau transfer dengan mobile banking dan ATM!

2. Menutup Atau Alihkan Pembayaran Otomatis

Lazimnya, orang menggunakan kartu kredit untuk pembayaran otomatis bulanan seperti pembayaran listrik, PDAM, atau parabola. Untuk dapat diterima pengajuan penghentian kartu kredit, semua pembayaran otomatis harus dihentikan. Dapat pula dialihkan, apabila nasabah memiliki kartu kredit lain, maka lebih baik dialihkan.

Pastikan sebelum melakukan proses pengakhiran kartu kredit, semua penunaian bulanan seperti PDAM, listrik, atau parabola telah ditutup. Jika masih belum ditutup maka tidak dapat segera untuk diproses. Oleh karena itu, perlu dipastikan semua aksesnya telah dipenuhi.

3. Siapkan Dokumen dan Biaya Penutupan

Untuk mengajukan penutupan kartu kredit Bank Mega, lazimnya akan dimintai dokumen berupa kartu identitas serta kartu kredit Bank Mega. Serta siapkan uang untuk membayar biaya penutupan kartu kredit sebesar. Lazimnya biaya tersebut digunakan untuk mengganti materai dan cetak billing.

Biaya tersebut tergantung dengan kebijakan Bank Mega saat nasabah melakukan penutupan kartu kredit. Bayar segera biaya penutupan tersebut sehingga penutupan dapat segera diproses.

Cara Menutup Kartu Kredit Via Email

Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk menghentikan kartu kredit, salah satunya dengan cara menutup kartu kredit Bank Mega via email. Cara tersebut dinilai sangat praktis, dan juga pelayanannya gratis. Namun, dalam pemrosesannya akan lebih memakan banyak waktu.

Sebenarnya cara ini tidak terlalu disarankan, karena pihak Bank Mega pasti lama untuk merespon karena bukan hanya satu pesan perhari. Memang gratis, tapi pengerjaannya akan lebih lama daripada nasabah mendatangi langsung ke bank.

Walaupun melalui email, nasabah juga harus menyiapkan dokumen berupa KTP dan kartu kredit Bank Mega yang hendak di nonaktifkan. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pastikan semua syarat telah terpenuhi dan semua dokumen yang diperlukan telah disiapkan.
  • Kemudian buka aplikasi gmail untuk mengirimkan email di corsec@bankmega.com, dengan mengikuti format yang telah tersedia di laman Bank Mega.
  • Isi format tersebut sesuai dengan data diri, dan lampirkan foto KTP dan kartu kredit Bank Mega.
  • Jangan lupa tulis pada bagian subject dengan “Permohonan Penutupan Kartu Kredit.”
  • Pastikan kembali bahwa data yang diisi telah benar, seperti tanggal melunasi tagihan dan jumlahnya.
  • Jika telah dipastikan benar, kirim pesan email tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara menutup kartu kredit Bank Mega via email ini akan lebih lama prosesnya walaupun gratis. Sebaiknya jika ingin melakukan pengajuan penutupan, lebih dianjurkan untuk langsung menuju Bank Mega terdekat. Semua itu agar cepat ditangani.

Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Secara Langsung

Apabila ingin segera ditangani mengenai penutupan kartu kredit tersebut, ada baiknya untuk mendatangi bank Mega. Adapun cara lengkapnya akan dibahas lebih lanjut berikut ini:

  • Pastikan semua syarat dan ketentuan untuk pengajuan telah dipenuhi dan bawa semua dokumen yang diperlukan.
  • Kemudian, datangi kantor Bank Mega, atau kantor caban Bank Mega.
  • Lakukan pengambilan nomor antrian di customer service, lalu tunggu hingga saatnya nomor antrian dipanggil.
  • Setelah tiba nomor antrian, utarakan tujuan datang kemari yakni untuk melakukan penutupan kartu kredit.
  • Selanjutnya, pihak CS akan memberikan sejumlah pertanyaan mengenai alasan dilakukannya penutupan kartu kredit.
  • Jawab semua pertanyaan tersebut dengan jelas, kemudian berikan kartu kredit Bank Mega yang hendak dimatikan.
  • Pihak customer service akan melakukan pengecekan terhadap kartu tersebut, apakah masih terdapat tanggungan atau tidak.
  • Jika terbukti tidak ada tanggungan, selanjutnya tanda tangani formulir penutupan kartu kredit lalu membayar biaya penutupan.
  • Kartu kredit akan dipotong, dan kemudian tunggu hingga surat penutupan kartu kredit telah dicetak.

Dalam prosesnya memang akan dikenai biaya sebagai pengganti biaya materai atas formulir penutupan kartu kredit dan biaya cetak. Setelah membayar, pengajuan penghentian kartu kredit segera diproses hingga paling lama 2 minggu. Nasabah yang melakukan proses tersebut akan mendapatkan surat penutupan.

Surat tersebut haruslah disimpan karena diperlukan sebagai tanda bahwa nasabah telah melakukan penghentian kartu kredit. Surat ini mungkin diperlukan di kemudian hari, apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan bersangkutan dengan kartu kredit tersebut.

Contohnya seperti tagihan yang tiba-tiba dari pihak debt collector, jika memang sudah dilakukan penutupan maka nasabah dapat menunjukkannya sebagai bukti. Selain itu, jika ada tagihan yang mengatasnamakan nasabah dengan kartu tersebut, tentu dapat diajukan pelaporan dengan bukti tersebut.

Sehingga dapat terhindar dari penipuan maupun kerugian-kerugian lain yang dapat mempengaruhi kartu kredit yang telah ditutup. Ingat selalu bahwa kartu kredit telah ditutup, dan cara menutupnya dapat dilakukan lewat online maupun langsung ke kantor.

Memang terdapat beberapa kendala ketika hendak melakukan penutupan kartu kredit, lebih disarankan untuk mengunjungi kantor pusat. Apabila masih terkendala ajukan kendala tersebut melalui panggilan call center Bank Mega, atau dapat melalui akun media sosial Bank Mega. Harap bersabar menunggu balasan.

Demikian pembahasan mengenai cara menutup kartu kredit bank Mega via email beserta prasyarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan. Perhatikan setiap syarat dan ketentuan yang dibahas tersebut, agar prosesnya dapat segera diterima. Ingat, simpan selalu bukti tercetak dari penutupan kartu kredit.