free page hit counter
tutup kartu kredit bank mega

Cara Tutup Kartu Kredit Bank Mega Paling Mudah

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Penggunaan kartu kredit bank mega memang digandrungi dan nyaman digunakan bagi penggunanya. Namun, terdapat beberapa hal yang mungkin membuat pengguna ingin tutup kartu kredit bank mega. Ada berbagai alasan dari pengguna yang membuat pemilik ingin menutupnya.

Alasan-alasan tersebut bisa berasal dari pihak bank ataupun dari pihak nasabah sendiri yang mengalami kesulitan dna ketidaksesuaian dengan bank mega. Jika ingin melakukannya, terdapat beberapa prosedur yang perlu dijalani.

Prosedur tersebut disertai dengan beberapa persyaratan yang juga perlu dilengkapi oleh pelanggan. Tanpa adanya berkas persyaratan yang dilengkapi, maka proses penutupan kartu akan sulit untuk diproses.

Syarat Tutup Kartu Kredit di Bank Mega

Seluruh pihak bank yang menyediakan jasa kartu kredit, pasti memiliki ketentuan dan persyaratan tersendiri. Termasuk dalam rangka tutup kartu kredit bank mega, nasabah bank mega perlu melengkapi beberapa persyaratan berikut ini untuk melanjutkan proses penutupan:

1. Melunasi Semua Tanggungan

Tanggungan dalam kartu kredit adalah beban pembayaran yang sangat penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Terlebih, bagi nasabah yang merasa sering melewatkan pembayaran kartu kredit bank meganya di setiap bulan. Tanggungan ini merupakan kewajiban yang mungkin jadi yang utama untuk diperhatikan.

Sebelum nasabah melakukan tutup rekening, pastikan terlebih dahulu telah membayar semua tanggungan yang dimiliki. Jangan sampai tanggungan ini akan memberatkan nantinya disaat proses penutupan telah diajukan oleh nasabah pada bank mega.

2. Memindahkan Pembayaran

Saat nasabah telah memutuskan untuk menutup kartu kredit bank mega, maka pemindahan pembayaran perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah beban biaya pada kartu kredit yang akan ditutup. Oleh karena itu, pemindahan pembayaran ini perlu dilakukan.

Pemindahan pembayaran yang dimaksudkan adalah pemindahan pembayaran beberapa kewajiban yang biasanya dibayar melalui kartu kredit tersebut seperti pembayaran listrik, air, dan lainnya. Proses pemindahan ini sangat disarankan jika nasabah memiliki kartu kredit pengganti lainnya.

Kartu kredit yang menjadi pengganti tidak harus berasal dari bank yang sama yakni bank mega. Pengguna bisa menggunakan kartu kredit lainnya yang dimiliki sebelumnya atau kartu kredit yang baru dibuat.

3. Menutup Pembayaran

Selain mengganti atau memindahkan pembayaran yang dibebankan pada kartu kredit bank mega, nasabah juga bisa menutup pembayaran tersebut. Cara ini merupakan opsi lain selain melakukan pemindahan pembayaran pada kartu lama ke kartu kredit baru.

Syarat ini perlu dilakukan jika ingin melanjutkan prosedur tutup kartu kredit bank mega. Pembayaran yang telah diputus hubungannya dengan kartu kredit yang bersangkutan tetap bisa dilanjutkan melalui prosedur pembayaran lainnya.

Ragam Langkah Tutup Kartu Kredit Bank Mega

Beberapa nasabah dari Mega credit card merasa perlu untuk mengambil keputusan tutup kartu kredit dari bank mega. Dalam hal ini, nasabah bisa melakukan beberapa cara yang cukup mudah untuk menutup kartu kredit milik bank mega. Inilah langkah yang bisa dilakukan:

1. Melalui Telepon

Cara pertama dalam prosedur tutup kartu kredit bank mega yakni melalui telepon. Layanan telepon bank mega juga melayani prosedur non aktif kartu kredit. Tentunya, langkah berikut merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan serta tidak memakan banyak waktu. Inilah langkah-langkahnya:

  • Hubungi nomor telepon CS milik bank mega yakni 1500010 atau 60010. Pastikan untuk memasukkan nomor yang benar sebelum memulai telepon.
  • Jika telepon telah terhubung, pihak CS bank mega akan menanyakan perihal tujuan telepon atau keperluan apa yang butuh dibantu oleh CS bank mega.
  • Nasabah perlu menyampaikan dengan jelas dan tepat terkait keinginan tutup kartu kredit bank mega.
  • CS akan melakukan verifikasi data nasabah sebelum melanjutkan proses penutupan kartu kredit bank mega yang diminta.
  • Selanjutnya CS juga akan menanyakan alasan mengapa nasabah ingin mengajukan penutupan tersebut.
  • CS akan menawarkan beberapa promo atau solusi lain kepada nasabah terkait masalah atau alasan penutupan kartu kredit.
  • Nasabah bisa menolak penawaran jika tidak menginginkannya.
  • Jika telah yakin, maka CS akan melanjutkan proses penutupan kartu kredit.
  • Jika terdapat tanggungan atau tagihan pada kartu kredit, maka CS akan memberikan rincian tagihan yang harus dilunasi terlebih dahulu.
  • Jika tidak ada tagihan, maka proses tutup kartu kredit bank mega akan segera diproses. Tunggu hingga pihak bank memberikan surat pemberitahuan.

2. Melalui Cabang Bank Mega Terdekat

Jika prosedur melalui telepon kurang dipahami dan dirasa membingungkan. Nasabah bisa mengajukan penutupan kartu kredit melalui cabang bank mega secara langsung. Prosedur tersebut bisa dilakukan di cabang manapun yang terdekat dengan wilayah tempat tinggal.

Sebelum mendatangi cabang bank mega, nasabah perlu memastikan untuk membawa berkas yang berhubungan dengan data diri. Berkas tersebut yakni kartu identitas dan kartu kredit bank mega yang bersangkutan. Inilah langkah-langkahnya:

  • Kunjungi cabang bank mega terdekat dengan membawa berkas identitas diri dan kartu kredit yang bersangkutan.
  • Masuk dan ambil nomor antrian seperti pada umumnya.
  • Petugas CS akan memanggil nasabah sesuai dengan nomor giliran yang dimiliki.
  • Setelah nomor dipanggil dna menuju CS, majulah dan jelaskan niat kedatangan dengan jelas.
  • CS akan menanyakan alasan dan berusaha memberikan beberapa opsi untuk menyelesaikan masalah tanpa menutup kartu kredit.
  • Nasabah bisa menolak atau menerima tawaran CS sesuai dengan keinginan dan kebutuhan nasabah.
  • Jika tidak ingin menerima tawaran, tolak dengan segera agar proses penutupan kartu kredit bisa segera diproses.
  • Jika telah yakin dengan penutupan, CS akan meminta kartu ID card dan credit card yang akan di non aktifkan.
  • Customer Service akan memberikan rincian tagihan jika nasabah memiliki tanggungan yang belum dibayarkan pada kartu kredit. Jika tidak memiliki tanggungan, CS akan segera meneruskan penutupan kartu kredit dengan cepat.
  • CS akan memberikan formula yang perlu dilengkapi oleh nasabah. Isi dengan benar data yang terdapat pada formular.
  • Formulir akan digandakan dan disimpan oleh kedua belah pihak.
  • Nasabah akan dimintai biaya penutupan kartu sebesar sepuluh ribu rupiah. Biaya tersebut digunakan untuk materai dan juga cetak billing dari proses penutupan.
  • Tunggu selama beberapa lama hingga proses non aktif kartu kredit dari bank mega bisa diproses dan diselesaikan.
  • Surat penutupan akan dikirimkan oleh bank kurang lebih 20 hari lamanya. Jadi, nasabah tidak perlu menunggu prosesnya di tempat.

Itulah tadi informasi terkait tata cara tutup kartu kredit bank mega melalui beberapa jalan. Keduanya bisa dipilih oleh nasabah karena memiliki langkah yang mudah dan cepat. Nasabah bisa memilih cara manakah yang ingin dilakukan dan yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Asal tidak memiliki tanggungan atau tagihan apapun, proses penutupan kartu kredit akan berjalan mudah dan cepat. Namun, jika nasabah memiliki tanggungan, maka ada prosedur tambahan yakni prosedur pelunasan yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Dalam tahap penutupan kartu, proses yang dijalani memang mudah. Akan tetapi, nasabah perlu menunggu beberapa waktu yang cukup lama untuk pihak bank melakukan verifikasi data dan prosedur lainnya.