free page hit counter
menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang

Menutup Kartu Kredit Bank Mega Di Kantor Cabang: Cara Lengkap

Artikel diperbarui pada 26 Januari 2023.

Cara menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang yang dimiliki oleh nasabah tidaklah sulit untuk dilakukan. Nasabah hanya perlu untuk memenuhi beberapa syarat dan juga ketentuan yang berlaku saat melakukan penutupan rekening bank tersebut.

Kartu kredit bank ini sendiri digunakan untuk membayar beberapa transaksi secara tunai maupun non tunai. Oleh sebab itu pengguna kartu kredit biasanya akan dibebankan biaya yang harus dibayarkan pada akhir bulan sesuai ketentuan.

Namun perlu diperhatikan untuk pengguna kartu kredit ini harus tahu resiko membayar dikemudian hari. Bagi yang tidak pintar dalam mengatur keuangan maka tidak disarankan menggunakan kartu kredit karena hasilnya akan malam membebankan.

Syarat Dan Ketentuan Yang Harus Dipenuhi Sebelum Menutup Kartu Kredit

Beberapa pengguna yang telah menggunakan kartu kredit ini biasanya memiliki alasan untuk menutup kartu kredit karena over limit. Kondisi over limit tersebut akan membuat tagihan kartu kredit semakin besar dan tinggi.

Oleh sebab itu perlu untuk menyelesaikan beberapa ketentuan sebelum datang ke kantor bank mega untuk menutup kartu kredit. Selain itu biaya yang dibebankan kepada nasabah saat melakukan penutupan kartu kredit sebesar 20 ribu rupiah.

Biaya tersebut biasanya untuk kebutuhan penggunaan materai dan lainnya, namun bisa juga berubah – ubah sesuai regulasi bank yang berlaku. Simak beberapa ketentuan yang wajib dipenuhi sebelum menutup kartu kredit bank mega.

1. Melakukan Pengalihan Biaya Kartu Kredit

Syarat pertama menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang yakni dengan mengalihkan segala tanggungan tagihan kartu kredit yang ada. Semisal sebelumnya pengguna menggunakan kartu kredit untuk pembayaran listrik, air, asuransi dan lainnya maka akan dialihkan.

Bank akan menonaktifkan penggunaan kartu kredit nasabah untuk transaksi yang biasanya dibebankan pada kartu kredit. Otomatis semua penagihan yang biasa ditagihkan kepada kartu kredit yang bersangkutan akan ditutup.

2. Melunasi Tanggungan Kartu Kredit Terdahulu

sebelum menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang tentu nasabah akan diminta untuk melunasi segala tanggungan tagihan. Tanggungan tersebut berkaitan dengan beberapa biaya kartu kredit yang dibebankan.

Oleh sebab itu apabila nasabah ingin menutup kartu kredit bisa lakukan pelunasan terlebih dahulu untuk tagihan kartu kredit. Otomatis pengguna kartu kredit harus menyiapkan dana untuk menutup tagihan kartu kredit.

3. Menyiapkan Beberapa Dokumen yang dibutuhkan

Biasanya dokumen yang diperlukan untuk menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang yakni kartu identitas atau ktp. Selain itu membutuhkan kartu kredit yang akan ditutup dan sebagainya.

Cara Menutup Kartu Kredit

Banyak alasan yang nasabah berikan untuk menutup kartu kredit yang dimilikinya, mulai dari tidak sanggup melunasi limit, sampai kartu kredit yang disalahgunakan. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan yakni dengan memilih untuk menutup seluruh aktivitas terkait kartu kredit.

Nasabah yang melakukan penutupan akan diberikan keringanan untuk melunasi beberapa tunggakan tagihan yang dimiliki. Namun memang untuk proses menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang memerlukan beberapa waktu alias tidak bisa langsung selesai.

Ada 3 cara yang nasabah bisa lakukan untuk menutup kartu kredit bank mega ini, salah satunya visa online. Kemudian bisa juga dengan menelepon call center yang ada dan bisa juga langsung datang ke kantor cabang.

1. Menanyakan Berapa Tagihan Yang Harus Diselesaikan

Nasabah yang ingin menutup kartu kredit yang dimiliki bisa berkonsultasi terlebih dahulu di kantor cabang. Tanyakan apa saja yang dibutuhkan untuk menutup kartu kredit, hal ini meminimalkan untuk membuang waktu yang terlalu banyak.

Jadi prosesnya sekali jalan dan tidak memakan waktu atau membuang waktu dengan sia – sia. Otomatis akan bisa menyiapkan yang harus disiapkan dan tidak bolak – balik untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

Untuk proses ini bisa bertanya langsung pada bagian customer service untuk penjelasan lebih tepatnya dan langkah yang harus dilakukan. namun apabila kondisi kantor cabang ramai biasanya bagian satpam juga bisa membantu untuk mencari informasinya.

2. Mengunjungi Kantor Cabang

Selanjutnya setelah mengetahui beberapa dokumen yang diperlukan seperti KTP, Kartu kredit dan juga buku rekening. Nasabah bisa langsung mendatangi kantor cabang bank mega untuk melajutkan prose penutupan.

Selain itu bisa langsung datang dan mengambil nomor antrian setelah datang ke kantor cabang bank mega. Tunggu saja untuk dipanggilnya nomor antrian yang sesuai dengan nomor yang diambil, untuk proses ini harus memperhatikan cs menyebutkan nomor antrian agar tidak ketinggalan.

3. Memproses Pada Bagian Customer Service

Setelah nomor antrian dipanggil maka bisa langsung datang pada customer service yang tersedia. Nasabah tentu akan ditanyai perihal keperluan yang dibutuhkan, sampaikan saja untuk perihal penutupan kartu kredit yang dimiliki.

Petugas akan menanyakan beberapa persiapan dokumen apakah sudah dibawa atau belum. Sebelum itu pastinya akan ditanyai perihal alasan penutupan kartu kredit, jawab saja sesuai dengan keinginan dan tanpa keraguan.

Kemudian beberapa dokumen akan diminta oleh customer service seperti kartu kredit, KTP dan juga buku rekening. Sodorkan beberapa kebutuhan dokumen yang diinginkan, dan juga cs akan menyelesaikan prosesnya.

4. Pengecekan Identitas Kepemilikan Kartu Kredit

Proses menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang akan dilakukan pengecekan identitas kepemilikan. Dengan begini akan terverifikasi dengan jelas identitas pemilik kartu kredit yang sebenarnya.

Hal ini untuk meminimalisir penyalahgunaan pada kartu kredit apabila tidak sesuai dengan identitas pemilik asli yang sah. Otomatis dalam proses penutupan kartu kredit memang dibutuhkan pemilik asli namun apabila bukan maka bisa dibuktikan dengan surat kuasa.

5. Mengisi Form Yang Diberikan

Setelah itu akan diberikan form untuk yang harus diisi untuk menutup kartu kredit yang dimiliki. Selain itu juga bisa menanyakan mungkin ada kebingungan bagian form yang diisi kepada customer service yang sedang bertugas.

Lanjutkan dengan menandatangani beberapa bagian dari form yang telah diisi sebagai bukti persetujuan dalam menutup kartu kredit. Kemudian cs akan memfotocopy form yang telah diisi dan ditandatangani, Salinan tersebut akan diberikan kepada nasabah.

Bisa sebelum melakukan tanda tangan untuk mengecek beberapa tulisan atau identitas dengan teliti dan benar. hal tersebut untuk meminimalkan kesalahan yang nanti dibuat atau diisikan pada form tersebut.

6. Membayar Biaya Administrasi

Saat proses menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang, maka nasabah akan dibebankan beberapa ribu untuk biaya administrasi. Biasanya biaya tersebut untuk membayar beberapa keperluan seperti materai dan lainnya.

Selain itu juga nasabah juga akan diharuskan untuk memotong bagian chip kartu kredit yang dimiliki, untuk bukti bahwa kartu kredit telah ditutup. Masa tunggu kartu kredit yang ditutup sekitar 7 hari sampai 20 hari kerja.

Demikian uraian terkait dengan cara menutup kartu kredit bank mega di kantor cabang dengan mudah dilakukan. beberapa step dan juga cara diatas tentu akan membantu dalam menutup kartu kredit yang mungkin dirasa memberatkan.

Oleh sebab itu mudah sekali melakukan proses penutupan kartu kredit pada kantor cabang. Biaya adiministrasinya juga murah dan bisa diatasi oleh nasabah.