free page hit counter

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA Online dan Keuntungannya

Artikel diperbarui pada 12 Januari 2023.

Pengguna BCA (terkhusus pengguna atau calon pengguna kartu kredit harus tahu bahwa pembuatan dan aktivasi kartu kredit BCA online itu adalah dua hal yang berbeda. Pembuatan kartu kredit cukup berfokus kepada langkah-langkah membuat kartu kredit secara fisik dan juga soft file.

Sementara itu, aktivasi kartu kredit merupakan langkah yang menentukan untuk kartu kredit bisa digunakan. Dengan kata lain, semua pengguna bisa membuat kartu kredit namun tidak bisa langsung dipakai. Maka dari itu, kartu kredit harus melewati proses aktivasi terlebih dahulu.

Proses aktivasi ini sekarang bisa dilakukan secara online alias praktis. Setelah mengaktivasinya, yakinlah bahwa berbagai keuntungan bisa dirasakan oleh pengguna kartu kredit BCA sendiri.

Keuntungan Pakai Kartu Kredit BCA

Segala sesuatu harus menawarkan keuntungan agar terlihat menarik. Dalam kasus ini kartu kredit BCA juga pasti memiliki keuntungan yang ditawarkan agar nasabah tertarik untuk membuat kartu kreditnya. Bukan hanya janji saja, namun inilah beberapa contoh keuntungan memiliki kartu kredit yang bisa dirasakan:

  • Limit kredit cukup tinggi, dengan limit yang tinggi ini, seseorang pemegang kartu kredit bahkan bisa dengan mudah membeli sesuatu yang diinginkannya.
  • Merchant BCA cukup banyak dan mudah ditemukan, hal ini jelas menguntungkan karena nasabah bisa dengan mudah melakukan penarikan di mana saja. Selain penarikan, aktivitas bank lainnya juga bisa dilakukan sesuai panduan tanpa kenal tempat.
  • Tagihan kredit cukup fleksibel.
  • Pembayaran cicilan kredit sangat mudah
  • Mudah dipakai untuk persiapan travel ke luar negeri, karena limit yang banyak dan penyicilan yang mudah, travel ke luar negeri itu jadi mudah. Tersedia juga menu pergantian uang sehingga pengguna tidak perlu repot menukar mata uang secara manual dengan jumlah yang banyak.

Syarat dan Ketentuan Membuat Kartu Kredit BCA

Sebelum melakukan transaksi secara online, seseorang harus membuat kartu kredit BCA secara fisiknya terlebih dahulu. Membuat kartu kredit sebenarnya mudah, namun memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat pemenuhan itu adalah dokumen administrasi. Dokumen ini dikumpulkan dan diserahkan kepada petugas pembuat kartu kredit agar bisa memproses pembuatan kartu kredit secara umum. Inilah syarat dan ketentuan membuat kartu kredit BCA:

  • Minimal umur adalah 21 tahun.
  • Ada fotokopi KTP.
  • Minimal penghasilan adalah sekitar 3 juta per bulan dan itu merupakan penghasilan bersih.
  • Fotokopi kartu NPWP.
  • Fotokopi slip gaji bulan terakhir.
  • Fotokopi bukti buku tabungan dari 3 bulan terakhir.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA via Online

Setelah melewati semua proses pembuatan kartu kredit, maka perlu juga dilakukan aktivasinya. Ingat, aktivasi tentunya dilakukan setelah pengguna memiliki kartu kredit. Apabila belum memiliki kartu kreditnya, diharapkan untuk membuat kartu kredit di bank terkait terlebih dahulu.

Saat ini, aktivasi kartu kredit tidak harus dilakukan dengan cara langsung ke bank. Aktivasi kartu kredit BCA online sudah bisa digunakan untuk mempermudah semua proses. Dengan cara online tersebut, pengguna kartu bisa lakukan aktivasi tanpa terhalang waktu dan jarak.

Secara umum, aktivasi kartu kredit BCA online ada tiga macamnya. Masing-masing adalah melalui aplikasi m-banking, SMS, dan juga website resmi. Sebagai penjelasan paling detail, silakan lihat daftatnya berikut:

1. Lewat BCA Mobile

Cara aktivasi kartu kredit BCA online yang pertama adalah melalui BCA Mobile. Seperti yang dikenal, BCA mobile merupakan aplikasi m-banking yang dikeluarkan oleh pihak BCA. Tugas mobile banking ini cukup banyak, mulai dari mengelola keuangan di bank dan juga hal lainnya.

BCA Mobile juga mengurusi hal semacam kartu kredit, termasuk aktivasi dan pengelolaannya. Langkah cara aktivasi kartu kredit BCA online di m-banking sangat mudah, silakan ikuti panduannya berikut ini:

  • Lakukan penginstalan aplikasi BCA mobile apabila belum memiliki aplikasi tersebut sebelumnya. Setelahnya, langsung saja akses aplikasi tersebut.
  • Lakukan proses dan persyaratan login hingga sudah memiliki akun tetap di BCA mobile.
  • Pada halaman awal aplikasi BCA mobile, pilihlah opsi yang bernama m-BCA.
  • Selanjutnya, masukkan kode akses untuk membuka m-BCA.
  • Kemudian, pergilah ke menu m-Admin di halaman utama aplikasi tersebut.
  • Terdapat beberapa pilihan kartu kredit yang tersedia, pengguna silakan pilih jenis kartu kredit yang dimaksud untuk diaktivasi.
  • Bacalah persyaratan dan ketentuan untuk aktivasi kartu, kemudian setujui dan konfirmasi. Setelahnya proses akan berjalan dan kartu kredit berhasil diaktifkan melalui BCA mobile.

2. Lewat SMS Operator BCA

Sebagai salah satu cabang bank yang masih aktif, BCA menyediakan akses komunikasi yang cukup luas. Selain bisa dicapai melalui m-banking, BCA juga bisa dihubungi melalui SMS operator. Biasanya, SMS operator BCA bertugas untuk memberi notifikasi atau konfirmasi, panduan, dan lain-lain.

Selain itu, aktivasi kartu kredit BCA bisa menggunakan perantara SMS operator. Langkah cara melalui SMS ini bisa diikuti untuk pengguna yang sedang tidak punya data kuota. Titik-titik panduannya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama adalah, silakan akses aplikasi pesan.
  • Tulis pesan baru dengan tujuan nomor operator BCA, nomornya adalah 6988.
  • Pergi ke menu buat pesan baru atau tulis pesan, kemudian ketikkan pesan aktivasi yang berisi AKT KK, nomor kartu kredit, dan tanggal lahir. Masing-masing dipisahkan tanda pagar (#).
  • Sebagai contoh, inilah bentuk formatnya; AKT KK#123591690152783#250299.
  • Setelah selesai ditulis pesan aktivasi dengan format seperti itu, silakan langsung kirimkan pesan tersebut ke operator BCA.
  • Secara otomatis, operator akan mengaktivasi kartu kredit BCA. Tunggu sampai ada pemberitahuan notifikasi di ponsel.

3. Lewat Website BCA Online

Variasi cara terakhir aktivasi kartu kredit BCA online adalah melalui website BCA itu sendiri. Sekali lagi, salah satu cara BCA untuk bisa dekat dengan para penggunanya adalah menggunakan website yang tentu bisa dikunjungi oleh siapapun, khususnya nasabah BCA.

Dalam website yang multifungsi tersebut, pengguna juga bisa melakukan aktivasi kartu kredit. Langkah cara pengerjaannya pun tidak jauh berbeda dengan kedua media yang lain. Sebagai petunjuk langsung silakan perhatikan langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, silakan kunjungi link website BCA yang resmi. Hati-hati untuk mengenali website yang resmi tersebut. Jangan sampai salah tekan link.
  • Terdapat beberapa menu di halaman website yang utama, silakan pergi kepada menu bertuliskan Fasilitas Online.
  • Jangan lupa untuk memilih menu Verifikasi Data.
  • Isikan formulir yang terkait dengan data kartu kredit. Setelah memastikan semuanya lengkap dan terisi dengan benar, lanjutkan untuk memproses ke tahap selanjutnya.
  • Masukkan 6 angka sebagai PIN baru dan konfirmasikan.
  • SMS notifikasi akan masuk sebagai persambungan proses dan sebagai tanda bahwa aktivasi sudah selesai dilakukan.

Tiga macam variasi cara aktivasi kartu kredit BCA online di atas semuanya bisa digunakan. Pilih saja salah satu cara yang paling cocok dilakukan di ponsel atau komputer pengguna sendiri. Namun, banyak yang beranggapan bahwa melakukan aktivasi di BCA Mobile lebih mudah dilakukan.

Terlepas dari cara mana yang akan digunakan, ada satu hal yang harus pengguna kartu kredit ingat-ingat. Yakni tentang PIN baru yang digunakan. Meskipun hanya berisi 6 angka, terkadang masih ada beberapa yang melupakannya.

Jadi, pastikan selalu untuk membuat PIN kartu yang mudah diingat untuk diri sendiri. Kemudian, apabila aktivasi kartu kredit seandainya belum berhasil, maka pengguna bisa mencoba untuk mengaktivasi kembali pada hari berikutnya. Periksa juga persyaratannya; apakah ada yang belum dikerjakan atau tidak.