free page hit counter
4 Cloud Hosting di Indonesia, Cocok untuk Pemula hingga Pebisnis

4 Cloud Hosting di Indonesia, Cocok untuk Pemula hingga Pebisnis

Artikel diperbarui pada 15 September 2021.

Tahukah Kamu bahwa ada tiga + satu faktor yang paling menentukan kualitas layanan web hosting, yaitu:

  • Waktu aktif yang stabil (lebih dari 99,90%)
  • Server hosting cepat
  • Dan dukungan yang baik
  • Poin plusnya adalah ia hadir dengan jaminan 30 hari tanpa syarat

Sayangnya, berdasarkan hasil riset kami, tidak satu pun penyedia hosting Indonesia yang kami ulas berhasil dalam keempat faktor tersebut di atas.

Jadi, sejujurnya, sangat sulit untuk merekomendasikan penyedia hosting lokal akhir-akhir ini.

Jika Kamu masih tertarik, saya telah menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing penyedia secara rinci dalam daftar berikut.

#1. DomaiNesia – Cloud Hosting Merakyat

DomaiNesia didirikan pada tahun 2009 dan mengklaim telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan dari seluruh Indonesia dan luar negeri.

Mereka sangat populer karena menawarkan hosting yang sudah termasuk dalam infrastruktur cloud, serta penawaran murah.

Berdasarkan penelitian selama 21 bulan, saya dapat mengatakan bahwa ini adalah penyedia hosting yang cukup seimbang antara harga dan kualitas.

Kamu juga menggunakan cPanel dan Kamu dapat menginstal CMS seperti WordPress, Joomla dan Drupal dengan sangat mudah.

Untuk alasan yang disebutkan di atas, bagi pemula atau mereka yang hanya ingin membangun situs web, DomaiNesia mungkin adalah pilihan hosting terbaik.

Kebetulan, DomaiNesia juga memiliki lima pilihan server yang tersebar di Indonesia, Singapura, Amerika, Inggris dan Jepang. Tergantung dari tujuan pengunjung website Kamu, Kamu bisa memilih server dengan lokasi terdekat.

Namun, jaminan yang mereka berikan hanya 20 hari dan dalam kondisi tertentu (jaminan standar di industri web hosting adalah 30 hari tanpa syarat). Jadi pastikan Kamu mengetahui hal ini sebelum memutuskan untuk membeli atau menyewa hosting dari DomaiNesia.

#2. Niagahoster – Cloud Hosting Pebisnis

Niagahoster adalah penyedia hosting yang sedang naik daun. Sebagian besar dari Kamu mungkin sudah mengenalnya. Mereka ada di mana-mana dan banyak situs web ulasan hosting lainnya merekomendasikannya juga.

Penyedia yang merupakan bagian dari Hostinger (didirikan pada tahun 2014 dan telah melayani lebih dari 50.000 pelanggan), merupakan yang terbaik dalam hal kinerja menurut penelitian kami.

Selama 21 bulan terakhir, rata-rata uptime mereka paling stabil dengan skor 99,92% dan kecepatan loading tercepat dengan skor 845 ms.

Harga hosting di Niagahoster sebenarnya lebih mahal dibandingkan kompetitornya, bahkan jika melihat resource yang tersedia, mulai dari Rp 10.164/bulan (harga 3 tahun). Kamu menerima:

  • Memori 500 MB
  • Bandwidth tidak terbatas
  • SSL gratis
  • Kursus premium gratis
  • Dan diklaim mampu menampung sekitar 15.000 pengunjung/bulan.

Mereka juga menawarkan opsi upgrade dari shared hosting, yaitu cloud hosting dengan sumber daya khusus, CyberPanel VPS, dan VPS cloud hosting yang tidak dikelola.

Jadi jika website Kamu menjadi besar dan membutuhkan hosting dengan spesifikasi yang lebih besar, Kamu tidak perlu khawatir.

Bagaimana dengan control panel yang digunakan Niagahoster?

Mereka juga menggunakan panel kontrol cPanel, sehingga lebih memudahkan Kamu untuk mengelola tugas-tugas terkait hosting, seperti: menginstal WordPress, melakukan backup dan restore, dan banyak lagi.

Dari segi performa, Niagahoster sebenarnya lebih baik dari DomaiNesia, tapi kenapa saya tidak menempatkannya di urutan pertama?

Karena mereka gagal dalam faktor pendukung. Layanan dukungan telah menurun sejak 2019.

Jika Kamu tidak peduli dengan faktor dukungan, saya merekomendasikan Niagahoster. Mereka juga menawarkan jaminan 30 hari tanpa syarat sehingga Kamu dapat memastikan untuk mencoba layanan hosting mereka terlebih dahulu tanpa khawatir uang Kamu tidak akan kembali.

#3. Dapur Hosting – Cloud Hosting Sejak 2005

Dapur Hosting adalah salah satu pemain paling berpengalaman dari daftar hosting yang kami ulas.

Sudah ada sejak tahun 2005, mungkin bersamaan atau tidak lama setelah pemain besar seperti Rumahweb, Masterweb dan IDwebhost didirikan.

Menurut penelitian kami, Dapur Hosting memiliki waktu loading rata-rata 857 ms, nilai ini merupakan yang tercepat #2 dari 19 provider atau hanya sedikit lebih cepat dari Niagahoster.

Namun, waktu pemuatan rata-rata yang cepat ini tidak disertai dengan waktu operasi rata-rata yang stabil. Skor uptime adalah 99,80%. Dalam 21 bulan mereka gagal 6 bulan atau 21/6 gagal.

Harga hosting termurah Kitchen Hosting adalah 100.000 / tahun (tidak ada opsi bulanan yang ditawarkan).

Control panel yang digunakan adalah cPanel, namun jumlah space dan bandwidth masih terbatas kecuali anda memilih Paket Premium Hosting dan Paket Unlimited Hosting dengan harga yang menurut saya lebih mahal dari Competitor tersebut.

Keuntungan lain dari Dapur hosting adalah dukungan yang tersedia sepanjang waktu. Kemudian, seperti halnya Niagahosters, mereka juga menawarkan garansi 30 hari, jika dalam 30 hari pertama Kamu kecewa dengan layanan mereka, Kamu dapat mengklaim garansi dan mendapatkan uang Kamu kembali.

#4. ArdHosting – Cloud Hosting Sejak 2000

ArdHosting adalah salah satu penyedia hosting tertua di Indonesia. Mereka telah berdiri sejak tahun 2000 dan masih menjadi nomor 6 dengan pangsa pasar terbesar di versi HostAdvice.

Kamu sangat berpengalaman. Tetapi apakah pengalaman berbanding lurus dengan kualitas?

Tidak selalu, di banyak bidang juga, termasuk industri web hosting.

Hasil kami menunjukkan bahwa waktu aktif rata-rata mereka cukup stabil dengan skor 99,92% dan waktu muat rata-rata 972 ms. Performa mereka cukup baik dan bersaing dengan tiga provider yang disebutkan di atas.

Kemudian dukungannya juga cukup baik dengan peringkat berdasarkan pengujian terakhir kami.

Namun, mereka gagal pada faktor dampak beban (apa itu dampak beban?), Yang jauh di bawah ideal. Kerugian utama lainnya adalah garansi hanya 7 hari dalam kondisi tertentu. Mengetahui bahwa di industri web hosting, garansi standar adalah 30 hari tanpa syarat tanpa pertanyaan.

Dari segi harga, ArdHosting hanya menawarkan opsi pembayaran tahunan dalam paket termurahnya. Harganya mulai Rp 260.000/tahun (UKM Paket A – Server Indonesia) dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Memori 500 MB
  • Bandwidth tidak diukur
  • panel kontrol cPanel
  • SSL gratis
  • dan domain gratis untuk tahun pertama

Selain paket shared hosting SSD, ArdHosting juga menawarkan jenis hosting lain seperti VPS dan dedicated hosting, serta paket cloud hosting. Ya, mereka adalah pemasok lengkap penawaran produk.

Jadi jika situs web Kamu tumbuh besar dan membutuhkan spesifikasi hosting yang besar, jangan khawatir karena mereka memang menawarkannya.