free page hit counter
Investasi yang Menguntungkan
Apa saja investasi yang menguntungkan tahun ini? | via goodscoop.id

Ini 7 Investasi Menguntungkan yang Cocok untuk Pemula [2021]

Artikel diperbarui pada 21 Desember 2022.

Mempunyai investasi yang menguntungkan menjadi dambaan setiap orang. Berinvestasi merupakan sikap sadar untuk mengakumulasi uang menjadi kekayaan. Sebisa mungkin Kamu mencari jenis investasi yang menguntungkan dengan modal kecil.

Investasi yang Menguntungkan
Apa saja investasi yang menguntungkan tahun ini? | via goodscoop.id

Pandemi yang datang tanpa diundang dipenghujung 2019 membuat banyak orang panik dan banyak usaha jatuh berguguran. Banyak orang yang merasa tidak siap menghadapi pandemi yang datang begitu cepat.

Maka kamu perlu berpikir cerdas, apa investasi yang menguntungkan di masa pandemi ini. Kamu harus sadar bahwa uang bukanlah kekayaan tapi uang sekedar alat pembayaran.

Uang perlu di putar dalam bisnis atau investasi yang menguntungkan untuk menghasilkan profit (laba) atau margin (bagi hasil).

Tanpa kesadaran berinvestasi sejak dini, kamu akan kehilangan banyak uang, kesempatan dan tidak akan pernah kaya.

Baca juga: Investasi Bitcoin. Ini Potensi Untung-Rugi Cryptocurrency Satu Ini

Kenapa Kamu Harus Investasi?

Tahukah kamu bahwa setiap orang pasti ingin kaya: mulai dari punya rumah mewah, mobil mengkilat, uang berlimpah, tabungan tebal dan keluarga bahagia.

Kamu perlu tahu bahwa tidak semua orang bisa mencapai apa yang mereka inginkan. Lantas muncul sebuah pertanyaan “Apakah mereka tidak punya penghasilan?” Oh, penghasilan mereka besar banget.

Mereka tidak bisa kaya karena mereka hanya menghabiskan uang untuk mengejar gaya hidup (life style). bukan berbisnis atau berinvestasi. Padahal, saat bertambah penghasilan, biasanya bertambah pula gaya hidup.

Ahirnya mereka pensiun dari kantor, tiba tiba gaji berhenti. Aset dan investasi nggak ada. Duh, susahnya!

Mereka miskin di masa tuanya karena tidak cerdas secara finansial. Mereka tidak pernah berfikir bagaimana menemukan satu investasi yang menguntungkan.

Padahal penghasilan mereka lumayan besar. Kamu mau seperti mereka? Nggak mau, kan?

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis investasi yang cukup menguntungkan untuk jangka panjang maupun menengah.

Baca juga: Wajib Cek! Daftar Investasi Halal Menurut MUI yang Bisa Kamu Mulai Hari Ini

Reksadana – Investasi Menguntungkan Ramah Pemula

Uang rupiah untuk investasi
Reksadana merupakan jenis investasi yang ramah pemula. | via unsplash.com

Reksadana merupakan sejumlah dana yang dikumpulkan dan dikelola oleh seorang manajer investasi. Dana yang manajer investasi kelola akan diinvestasikan pada beragam instrumen investasi yang lebih menjanjikan.

Reksadana termasuk jenis investasi yang menguntungkan sebanding dengan risiko yang melekat pada reksadana ini.

Secara umum ada 2 jenis pilihan reksadana:

Pertama, Lump sum. Biasa dikenal dengan istilah investasi langsung

Kedua, Cost averaging. Biasa dikenal dengan istilah investasi berkala

Berinvestasi pada reksadana langsung memiliki keunggulan secara jangka panjang. Para investor yang memiliki dana besar berpeluang memperoleh return (bagi hasil) yang lumayan besar pula.

Sedangkan investasi berkala bisa dilakukan setoran setiap bulannya. Reksadana jenis ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki dana terbatas tetapi punya keinginan dan komitmen untuk membangun aset lewat instrumen investasi.

Baca juga: Biayain Nikah dari Investasi, Bisa? Simak Dulu Aturannya!

Deposito – Investasi Jangka Panjang

Investasi menguntungkan modal kecil
Deposito memberi pendapatan pasif stabil. | via unsplash.com

Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang paling aman. Mengapa deposito paling aman? Karena ketika kamu berinvestasi pada deposito, dana kamu akan aman di bank layaknya tabungan.

Tetapi ada sedikit perbedaan antara tabungan dan deposito.

Saat kamu menabung di bank konvensional, maka dana di dalam tabunganmu bisa diambil sewaktu waktu. Uangmu bisa diambil lewat teller bank atau lewat ATM di gerai-gerai yang tersedia di banyak fasilitas publik (umum).

Berinvestasi di deposito nyaris tidak membutuhkan skill (keterampilan) apapun dalam berinvestasi. Kamu bisa mulai mendaftarkan diri ke bank untuk memperoleh bilyet deposito.

Kamu juga bisa memilih deposito dengan jangka waktu tertentu. Mulai dari 1, 2, 3, 6, 12 atau 24 bulan. Semakin lama, maka kamu akan memperoleh bunga dalam prosentase yang lebih besar.

Kamu bisa ambil dana deposito kamu bila sudah jatuh tempo. Depositomu juga bisa diperpanjang, dan kamu ambil bunganya saja, atau kamu ambil semua dananya.

Baca juga: Wajib Tahu! 18 Perusahaan Investasi Tanpa Ijin yang Ditutup OJK

Obligasi – Imbal Hasil Investasi Tinggi dengan Risiko Rendah

Investasi Obligasi
Obligasi atau surat berhaga pun kini diminati anak muda. | via unsplash.com

Obligasi merupakan salah satu investasi yang menjanjikan. Obligasi adalah jenis investasi berupa surat-surat berharga kepada pihak yang membutuhkan modal.

Mereka biasanya terdiri dari pihak swasta dan pemerintah. Kamu menanamkan dana sebagai investasi kepada mereka, maka mereka akan memberikan bunga (bagi hasil) kepadamu dengan prosentase tertentu.

Jangka waktu obligasi rata-rata di atas satu tahun. Tapi adakalanya obligasi yang kurang dari 1 tahun. Kamu bisa memilih sesuai dengan tingkat risiko yang bisa kamu prediksi.

Emas – Investasi Defensif untuk Melindungi Aset

 Keuntungan investasi emas online
Emas merupakan investasi defensif yang aman dan ramah pemula. | via unsplash.com

Investasi emas termasuk salah satu jenis investasi yang aman dan menjanjikan. Emas masuk dalam golongan investasi paling aman dan menguntungkan. Kamu bisa memilih emas perhiasan atau emas batangan. Tapi sangat disarankan memilih emas batangan. Dari sisi harga emas cenderung stabil harganya. Bahkan harga emas dari tahun ke tahun cenderung naik.

Bukan hanya itu,  emas juga mempunyai fungsi sebagai penjaga kekayaan. Emas terhindar dari inflasi. Berbeda bila kamu menabung uang di rekening bank. Maka uang kamu akan mengalami inflasi setiap tahunnya.

Investasi Tanah dan Rumah – Menguntungkan & Ramah Pemula

Keuntungan Investasi Tanah
Properti masih memberi janji imbal hasil investasi yang menguntungkan. | via canva.com

Secara umum tanah dan rumah tergolong investasi jangka panjang. Investasi properti tanah dan bangunan merupakan salah satu investasi yang menawarkan keuntungan tinggi dibanding dengan investasi lainya.

Investasi properti menawarkan keuntungan besar dalam jangka panjang karena harga tanah yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya. Rata-rata kenaikan properti sebesar 20-25%.

Sebuah angka yang fantastis untuk bisnis jangka panjang.

Ketika kamu memutuskan masuk dalam bisnis properti, maka pertimbangan utama adalah modal. Investasi di bidang properti tanah dan rumah membutuhkan modal yang cukup besar sebanding dengan potensi keuntungnan yang akan kamu dapatkan.

Franchise – Imbal Hasil Tinggi dengan Risiko Tinggi Pula

Franchise
Franchise makanan dan minuman masuk dalam kategori investasi berisiko, namun diminati. | via unsplash.com

Semakin hari semakin mudah bagi kamu untuk terjun dalam dunia investasi. Banyak sekali instrumen investasi yang menawarkan potensi hasil besar dan menggiurkan. Salah satunya adalah bisnis franchise. Franchise biasa dikenal dengan waralaba.

Untuk sukses dalam waralaba kamu akan memeroleh panduan dan pemilik franchise. Ketika kamu memutuskan bergabung dengan bisnis franchise kamu perlu menyiapkan dana dalam jumlah tertentu. Biasanya jumlahnya besar, hingga ratusan juta.

Kamu akan memperoleh SOP bisnis, panduan, peralatan dan bahan-bahan lainnya. Semua sudah disiapkan oleh tim pengelola waralaba.

Bila kamu merasa berminat dengan bisnis model ini, kamu bisa mencari informasi bisnis apa saja yang menawarkan sistem waralaba.

Franchise tidak selalu membutuhkan modal besar ya. Ada juga franchise yang menawarkan kerjasama dengan harga jutaan hingga puluhan juta saja.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Harus Investasi di Deposito Syariah Sekarang

Saham – Investasi Menguntungkan Khas Milenial

Investasi Saham
Investasi saham dikenal sebagai investasi high return high risk. | via unsplash.com

Saham tergolong investasi yang beresiko tinggi. Saham merupakan bukti bahwa kamu memiliki hak pada sebuah perusahaan. Biasanya saham bisa kita beli pada perusahaan yang sudah Go Publik.

Saat kamu punya investasi dalam lembar saham, kamu memperoleh hak bagi hasil berupa deviden pembagian laba sebuah perusahaan yang pada ahir tahun.

Kesimpulan

Investasi adalah sebuah skill (keterampilan) yang perlu dikuasai dan diasah oleh setiap orang. Setiap orang punya penghasilan setiap hari tapi berapa banyak orang yang mampu mengendalikan pengeluarannya?

Alih alih berinvestasi. Maka belajar investasi dan menemukan investasi yang menguntungkan, tepat  dan aman adalah PR kamu selanjutnya. Are you ready?