free page hit counter

Sobat Cashless, Ini 5 Keuntungan Gaya Hidup Kamu

Artikel diperbarui pada 31 Maret 2021.

Keuntungan menjadi pengguna cashless. | FREEPIK
Keuntungan menjadi pengguna cashless. | FREEPIK

10 tahun yang lalu, masyarakat tidak pernah terpikirkan akan melakukan transaksi tanpa uang tunai. Hal ini dikarenakan teknologi canggih seperti, mesin EDC, e-money, mobile banking, kartu kredit dan debit masih sangat awam, bahkan belum ada.

Berkat kecanggihan teknologi, sesuatu yang awalnya tidak pernah terpikirkan, kini sudah ada dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Selain pembayaran atau transaksi menjadi lebih mudah, kamu tidak perlu membawa uang tunai saat akan berbelanja atau menggunakan transportasi umum.

Kemunculan gaya hidup cashless bermula dari munculnya mesin EDC yang digunakan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, mobile banking untuk proses transaksi tanpa haruk ke ATM atau bank, sampai e-money yang bisa digunakan hanya sekali ‘tap’ saja untuk pembayaran segala macam kebutuhan sehari-hari.

Gaya hidup cashless mulai menyebar luas dan menguat saat bermunculan startup e-commerce serta online shop yang membuat masyarakat lebih suka menggunakan mobile banking serta e-money untuk proses transaksinya.

Bukan hanya bank saja yang memberikan fasilitas cashless untuk nasabahnya, berbagai aplikasi online seperti, Gojek, Grab, Shopee juga memberikan fasilitas cashless berupa, Gopay, Grabpay, dan Shopeepay.

Tentunya, masyarakat pun menjadi lebih nyaman menggunakan gaya hidup cashless, terutama mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Gaya Hidup Cashless di Indonesia Semakin Meluas, Ini Faktanya

Gaya hidup cashless. | @katemangostar - FREEPIK
Gaya hidup cashless. | @katemangostar – FREEPIK

Sederhananya, cashless merupakan aktivitas pembayaran yang seluruhnya dilakukan oleh non-tunai dalam bentuk kartu, baik itu kartu kredit, kartu debit e-money dan masih banyak lagi. Selain kartu, kini dukungan untuk gaya hidup cashless didapatkan dari munculnya sejumlah e-wallet seperti, Grabpay, Gopay, OVO, Linkaja, Shopeepay, Tcash, Uangku, QR payment dan masih banyak lagi.

Hasil penelitian Consumer Payment Attitudes Study (2017) oleh Visa mengungkapkan bahwa, sebanyak 76% masyarakat Indonesia percaya diri hidup tanpa menggunakan uang tunai selama 24 jam.

Studi ini dilakukan terhadap 4000 respon berusia 18 tahun, menunjukkan bahwa 57% responden berpindah dari transaksi uang tunai ke uang elektronik, dan 61% merasa aman menggunakan pembayaran non-tunai daripada membawa uang tunai langsung.

Selain itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa ada sebanyak 85% responden sudah melakukan pembayaran digital melalui ponsel cerdas mereka untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, membeli makanan, hingga memesan taksi.

Lalu, 75% respon lebih banyak menggunakan ponsel pintar untuk melakukan transaksi perbankan, minimal satu kali dalam seminggu.

Perkembangan teknologi serta adanya inovasi dari berbagai pihak mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan pembayaran elektronik dari setiap transaksi mereka. Hal ini pun didukung oleh Bank indonesia dalam Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) sejak tahun 2014 lalu.

Fakta ini diperjelas dengan data BI tahun 2017 yang mencatatkan bahwa total transaksi uang elektronik sudah mencapai Rp. 12,3 triliun. Pencapaian itu telah mengalami kenaikan sebanyak 120% dari tahun lalu, yaitu sekitar Rp. 27, 7 miliar.

Gaya Hidup Cashless Ternyata Menguntungkan, Masa sih?

Meskipun saat ini masih banyak orang yang menggunakan transaksi tunai, tetapi manfaat serta fungsi dari pembayaran cashless akan benar-benar menggantikan posisi pembayaran tunai di masa depan nanti.

Tentunya, kemudahan serta praktisnya transaksi ini bukan keuntungan utama yang akan kamu dapatkan. Masih ada beberapa keuntungan lainnya yang bisa didapat, yaitu seperti berikut ini.

Gaya Hidup Cashless Bisa Membuatmu Lebih Aman

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada 57% responden menyadari bahwa membawa uang tunai lebih beresiko memunculkan tindak kejahatan, seperti perampokan, penyuapan, pencurian, hingga penyerangan.

Bukan hanya itu saja, ada sekitar 61% responden juga merasa lebih aman bertransaksi dengan menggunakan kartu pembayaran.

Penelitian di atas membuktikan bahwa gaya hidup cashless atau non tunai akan memberikan rasa aman serta menghindari terjadinya kejahatan yang tidak diinginkan.

Pengeluaran Lebih Hemat dan Mudah Diatur

Setiap akhir bulan, kamu akan menemukan banyak promo bertebaran di berbagai merchant langgananmu. Promo ini bisa membuatmu lebih hemat ketika berbelanja, apalagi dengan transaksi non-tunai akan memudahkanmu dalam mengatur finansial.

Transaksi non-tunai menghadirkan catatan dari berbagai transaksi yang sudah kamu lakukan. Dari laporan ini, kamu bisa menganalisa serta mengatur keuangan setiap bulannya.

Bisa Mendapatkan Diskon dan Promo dari Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi suatu alat pembayaran non-tunai paling trend di kalangan penganut cashless. Tentu saja ini dikarenakan oleh banyaknya potongan harga serta cashback yang ditawarkannya.

Kerjasama bersama ratusan merchant dan toko populer membuat kamu bisa menemukan harga promosi serta diskon dengan mudah dan cepat. Saat berbelanja pun, harga yang ditawarkan akan terasa murah dan kamu bisa membeli banyak produk dari biasanya.

Menariknya, kartu kredit bisa dijadikan sebagai cadangan dana darurat saat dana perbulanmu sudah mulai menipis. Tentunya, tidak sulit untuk menemukan toko yang menerima pembayaran dengan kartu kredit, karena sebagian besar toko di Indonesia sudah memiliki kartu EDC.

Bisa Mendapatkan Reward Khusus Hanya Untuk Pengguna Cashless

Sebagian besar promosi yang diberikan oleh merchant pilihan diberikan khusus pengguna cashless saja. Hal ini dilakukan untuk menarik perhatian masyarakat agar lebih banyak menggunakan transaksi non-tunai daripada secara tunai.

Salah satu produsen e-wallet yang aktif memberikan reward adalah Gopay dan Grabpay. Keduanya seringkali memberikan reward kepada pengguna seperti, diskon makanan, cashback, diskon antar dan masih banyak lagi.

Kamu bisa temukan reward khusus itu saat bulan pertama gajian dan menuju akhir bulan.

Lakukan Transaksi Online Shop Jadi Lebih Simpel dengan Mobile Banking

Sebenarnya, toko online sudah ada sejak dulu dan semakin berkembang saat ini dikarenakan adanya dukungan dari sistem pembayaran digital, salah satunya mobile banking.

Transaksi melalui mobile banking dipandang cukup cepat dan sangat simpel, karena kamu cukup menggunakannya melalui ponsel pintar yang dimiliki.

Jadi, kamu bisa berbelanja online kapan dan dimana saja tergantung keinginanmu. Untuk pembayarannya pun tidak perlu ke bank atau ATM, cukup menggunakan mobile banking dan transaksi-mu akan langsung diproses kurang dari 5 menit saja.

Gaya Hidup Cashless, Berikan Rasa Nyaman Serta Efisien Kepada Pemiliknya

Gaya hidup cashless memberikan rasa nyaman dan efisien. | @whatwolf - FREEPIK
Gaya hidup cashless memberikan rasa nyaman dan efisien. | @whatwolf – FREEPIK

Pembayaran non tunai atau cashless merupakan suatu bentuk kemajuan dari teknologi digital yang memberikan banyak pengaruh positif. Selain mudah dan simpel, kamu bisa merasakan rasa nyaman dan efisien saat sedang menggunakannya.

Selain tidak perlu repot membawa uang tunai, kamu akan dimanjakan dengan banyaknya promo bertebaran dari berbagai merchant serta toko pilihan. Selain itu, kamu pun akan terhindar dari tindakan kejahatan karena tidak perlu mengisi uang di dompet saat akan bepergian.

Nah, itulah sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari gaya hidup cashless atau non tunai. Semua transaksi yang dilakukan bisa kamu selesaikan melalui pembayaran elektronik, bahkan membuatmu menjadi lebih hemat.

Gimana, tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan