free page hit counter
Cara Mencapai Financial Freedom

6 Cara Untuk Mencapai Financial Freedom, Kamu Pasti Bisa!

Uang merupakan salah satu faktor yang penting dalam hidup. Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup, kita juga memerlukan uang agar dapat menikmati level tertentu kenyamanan hidup sesuai yang kita inginkan.

Tidak heran, banyak orang yang rela bekerja banting tulang demi mencapainya. Lantas apakah kita perlu berkerja keras seumur hidup untuk itu? Apa tidak ada cara lain yang lebih mudah?

Maka kemudian muncullah istilah financial freedom yang belakangan banyak digaungkan sebagai tujuan final seseorang dalam hal keuangan. Berikut penjelasannya.

Apa itu Financial Freedom?

Cara Mencapai Financial Freedom
Apa itu financial freedom? | via freepik.com

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah suatu kondisi di mana kamu memiliki kekayaan yang dapat mencukupi semua kebutuhan hidupmu tanpa kamu harus bekerja sangat keras. Bahkan ada kondisi di mana kekayaan kamu justru melebihi dari apa yang kamu butuhkan.

Perlu digarisbawahi bahwa financial freedom tidak sama dengan kondisi kaya, banyak uang dan kemewahan. Karena ketiga kondisi tersebut tidak menjamin kamu terbebas dari keharusan untuk tetap aktif bekerja mencari uang, terbebas dari hutang dan  dari kekhawatiran akan masa depan.

Financial freedom lebih dari sekedar kaya dan banyak uang, tapi juga kebebasan untuk menghabiskan waktu yang kamu punya untuk hal-hal berharga yang kamu sukai, memilih gaya hidup yang diinginkan tanpa pusing memikirkan tagihan dan hutang yang menghantui.

Menarik kan? Itu semua bukan hanya angan-angan kok, kamu juga bisa mencapainya dengan tips berikut ini.

Tips Mencapai Financial Freedom

<a href='https://www.freepik.com/photos/paper'>Paper photo created by freepik - www.freepik.com</a>
Via Freepik.com

#1. Pahami Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami kondisi keuanganmu saat ini. Caranya dengan mengukur pemasukan dan pengeluaranmu.

Kemudian dari situ kamu akan mengetahui apakah penghasilanmu lebih tinggi daripada pengeluaranmu atau sebaliknya. Atau mengapa kamu sulit sekali mencapai tujuan keuangan tertentu, seperti membeli rumah hingga biaya pendidikan anak.

Setelah itu, kamu dapat melakukan perbaikan jika ternyata kondisi keuanganmu ‘tidak sehat’ misalnya dengan mengurangi hutang konsumtif, menambah pendapatan atau mengurangi pendapatan.

Kondisi keuangan yang tidak sehat ini harus diselesaikan terlebih dahulu untuk mencapai financial freedom.

#2. Hindari Hutang Konsumtif

Hindari sebisa mungkin hutang konsumtif, karena hutang jenis ini merupakan hambatan terbesar dalam mencapai financial freedom.

Hutang konsumtif mencakup hutang untuk membeli barang-barang yang dikonsumsi atau habis pakai, yang tidak mendatangkan manfaat secara finansial.

Baca Juga:  Main Saham Pakai Uang Pinjol, Ya Benjol! Simak Cara Main Saham yang Benar

Misalnya menggunakan kartu kredit untuk membeli tas hingga cicilan mobil. Apalagi jenis hutang ini biasanya berbunga tinggi. Alih-alih memperkaya diri, kamu justru akan memperkaya bank.

#3. Belajar Mengelola Keuangan

Mulailah belajar mengelola keuangan dengan baik agar kamu tidak mengalami kondisi di mana pengeluaranmu melebihi pendapatan.

Misalnya dengan melakukan pencatatan atas pemasukan dan pengeluaranmu, membuat pos-pos keuangan yang akan ‘memecah’ uangmu bedasarkan tujuan keuangan agar tidak tercampur.

Jangan lupa untuk hidup sesuai kemampuanmu dan lupakan gengsi yang dapat menyebabkan kamu terjerat hutang karena mengikuti gaya hidup hedon yang tidak sesuai dengan isi kantungmu.

#4. Perbesar Pendapatanmu

Kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini disertai dengan terbuka luasnya peluang untuk meningkatkan pendapatanmu.

Misalnya, selain bekerja, kamu bisa menambah pendapatanmu dengan membuka bisnis secara online. Tidak hanya barang, kamu juga bisa menjual keahlianmu via online seperti jasa desain.

Pilihan lain, kamu bisa membuat blog yang nantinya akan mendatangkan penghasilan dari iklan yang terpasang.

Intinya kamu harus aktif membaca peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan penghasilan tambahan. Sehingga kini pemasukanmu bukan hanya berasal dari gaji, tapi juga dari keuntungan bisnis online.

#5. Utamakan Menabung

Saat kamu gajian, usahakan untuk langsung menyisihkan sebagiannya untuk ditabung sebelum untuk keperluan lainnya. Hal ini untuk menghindari kamu bersikap boros setelah menerima gaji, karena merasa memiliki banyak uang.

Kemudian kamu bisa menggunakan uang yang tersisa untuk keperluan lainnya. Tentunya jangan lupa juga untuk melunasi kewajiban-kewajibanmu.

#6. Mulai Berinvestasi

Photo by <a href="https://unsplash.com/@alexandermils?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Alexander Mils</a> on <a href="https://unsplash.com/s/photos/financial-freedom?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText">Unsplash</a>
Via Unsplash.com

Selanjutnya kamu dapat melakukan investasi untuk mencapai financial freedom, karena selain menghasilkan keuntungan yang menjanjikan di masa depan, investasi juga dapat menjaga kekayaanmu dari tergerus nilainya akibat inflasi, biaya administrasi, hingga potongan pajak.

Kamu dapat mencoba investasi dalam bentuk emas, properti hingga saham.

Pastikan kamu sudah memahami resiko dari investasi yang kamu pilih ya!

Langkah menuju kondisi financial freedom memang tidak mudah dilakukan.

Namun bukan berarti mustahil untuk diwujudkan jika kamu memiliki tekad yang kuat dan konsisten mempraktekkan tips di atas mulai sekarang. Yang penting adalah usaha dan kerja keras kamu, niscaya nasib baik akan menghampirimu.

Selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan