free page hit counter

6 Cara Kreatif Bersedekah yang Perlu Kamu Tiru

Artikel diperbarui pada 1 Desember 2022.

Begging under the bridge with the person who handed the bread. Free Photo
Ilustrasi. | JCOMP_FREEPIC

Sedekah itu selain membersihkan harta juga menjadi sebab keberkahan,  jumlah harta yang sedikit bisa bermanfaat begitu banyak karena efek dari sedekah.

Orang yang merutinkan sedekah pada setiap hari yang dia lalui akan mendapatkan doa dari malaikat supaya diganti dengan yang lebih baik dan lebih banyak dari jumlah yang dia sedekahkan.

Dan sudah pasti kualitas doa dan amin malaikat berbeda dengan efek amin manusia seperti kita.

Oleh karena begitu urgentnya nilai sedekah dalam agama, pribadi maupun sosial, 6 tips sedekah berikut akan membuat nilai sedekahmu lebih bermanfaat dan bonus banyak pahala.

#1. Sedekah pada Hal yang Bernilai Jariyah

Sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah bahwa ketika seorang manusia meninggal dunia maka terputus segala bekal dan amal perbuatan dia kecuali tiga jenis amalan, salah satunya adalah sedekah jariyah. Yaitu sedekah yang nilai manfaatnya tidak terputus dan habis pada satu waktu, tapi berkelanjutan sampai nilai manfaat tersebut habis.

Jenis sedekah ini bisa diserahkan untuk pembangunan masjid, sedekah al quran, pebiayaan fasilitas umum, sarana dan prasarana kebaikan, peralatan dakwah, atau menanggung biaya pendidikan seseorang baik sebagian atau keseluruhan, dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu bisa sedekah Al Quran atau membantu biaya pendidikan seseorang yang membutuhkan karena nilai jariyahnya yang tidak ada hentinya.

Rasulullah bersabda: “Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

#2. Sedekah Dengan Sesuatu yang Paling Dibutuhkan

Kebutuhan makhluk hidup akan air merupakan sesuatu yang pasti, dari manusia, hewan bahkan serangga terkecil pun membutuhkan air untuk hidup. Oleh karenanya Rasulullah pernah menganjurkan untuk bersedekah degan sesuatu yang paling utama yaitu air. Namun bukan berarti sedekah dengan selain air menjadi tidak utama, hal ini karena air adalah sesuatu yang langka dan susah didapatkan di iklim Beliau.

Selain bersedekah air kamu juga bisa bersedekah dengan hal lain yang nilai pahala dan keutamannya bahkan bisa lebih besar daripada bersedekah air. Seperti sedekah masker bagi yang sangat membutuhkan, sedekah makanan kepada orang yang harus mengais sisa makanan dari tempat-tempat sampah, atau bersedekah sesuatu yang dengan hal tersebut orang yang kamu beri akan merasa sangat tertolong.

Saat itulah sedekah kamu menjadi sangat bermanfaat dan berlipat pahala.

#3. Sedekah Pada Hari Jumat

Banyak amalan sunnah pada hari jumat yang bisa kamu kerjakan, seperti memperbanyak shalawat, membaca surat Al Kahfi, memperbanyak doa dan juga bersedekah sebelum shalat jumat dimulai.

Kamu bisa ikut dalam gerakan sedekah jumat yang ada di daerah kamu atau juga bisa dengan memasukkan uang di kotak infak sebelum jumatan dimulai (pastikan jangan ketika khatib sedang berkhutbah, karena akan merusak keabsahan ibadah jumat kamu). Karena sedekah pada hari jumat akan menjadi sebab amal shalih yang dikerjakan setelahnya lebih diterima oleh Allah.

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul, hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum (melakukan) pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih.” (Al Mujadilah : 12)

#4. Sedekah Disaat Jiwa Enggan Bersedekah

Sudah menjadi watak bawaan manusia adalah merasa berat untuk berbagi, kecintaanya atas harta yang telah dikumpulkan selama ini membuat berbagi merasa berat. Jika dalam dirimu timbul perasaan semacam itu maka jangan kamu turuti, timbanglah mana yang paling diinginkan oleh hawa nafsu kemudian tinggalkan dan kerjakan hal yang paling tidak diinginkan hawa nafsu kamu.

Karena sedekah di saat enggan bersedekah merupakan salah satu sedekah yang terbaik, selain mendapatkan pahala sedekah kamu juga mendapatkan pahala bermujahadah mengalahkan hawa nafsu.

“Engkau bersedekah dalam kondisi sehat dan berat mengeluarkannya, dalam kondisi kamu khawatir miskin dan mengharap kaya. (HR. Bukhari dan Muslim)

#5. Sedekah Ketika tidak Ada Orang Lain yang Bersedekah

Yaitu kamu menjadi promotor dan penggerak sedekah di saat orang lain sudah mulai melupakan anjuran bersedekah. Kamu bisa mengajak orang di sekitar kamu membuat forum yang berfungsi untuk menerima dan menyalurkan sedekah kepada yang berhak.

Selain mendapatkan pahala sedekah, kamu juga mendapatkan pahala kebaikan dari orang yang mengikuti jejak yang telah kamu mulai.

“Barangsiapa melakukan perbuatan baik dalam Islam, maka dia mendapat pahala perbuatannya dan pahala orang yang ikut melakukannya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun.”

#6. Jangan Sedekah Ketika Kamu Lebih Butuh

Selain dianjurkan bersedekah kepada orang lain, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk bersedekah ketika dirimu lebih membutuhkan. Karena hukum bersedekah adalah sunnah tapi menafkahi diri sendiri dan juga keluarga adalah wajib, jangan menjadi lilin yang menerangi gelap orang lain tapi harus membahayakan diri sendiri dengan membiarkannya terbakar.

“Dan janganlah engkau jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu (pelit) dan jangan pula engkau terlalu mengulurkannya (sangat pemurah) nanti kamu menjadi tercela dan menyesal.” (Al Isro 29)